Bali Gate

Usai menikmati pantai Bali yang hangat, kamu bisa melanjutkan liburan kamu dengan mengunjungi dataran tinggi di Bali. Yups, Pulau Dewata memang nggak cuma punya pantai saja sebagai daya tarik wisatanya, tetapi juga ada tempat wisata indah di daerah dataran tinggi. Salah satu lokasi wisata di Bali yang sudah populer di kalangan wisatawan yakni kawasan Bedugul.

Terletak di Kabupaten Tabanan, Bali, Bedugul sering jadi destinasi wisata untuk melepas penat dari hiruk pikuk pantai atau kawasan urban di Bali. Banyak banget tempat wisata di Bedugul yang bisa kamu kunjungi. Suasana di tempat ini sangat asri dan sejuk. Sepanjang jalan kamu bakal disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan.

Foto: Unsplash/Sebastian Pena Lambarri

Di Bedugul juga banyak tempat wisata ikonik yang wajib kamu kunjungi. Mulai dari danau, pura hingga kebun raya. Kawasan Bedugul sangat cocok buat kamu yang ingin berwisata alam bersama keluarga dalam suasana yang tenang dan lengang. Kamu bisa menjadikan Bedugul sebagai alternatif wisata yang ramah bagi segala usia.

Infoliburan.com telah merangkum 11 rekomendasi wisata Bedugul yang wajib kamu kunjungi. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pura Ulun Danu Beratan

Menurut namanya, Ulun artinya tepi. Sedangkan untuk Danu adalah danau. Jadi, Pura Ulun Danu merupakan Pura yang berada di tepi danau. Tepatnya berada di tepi Danau Bratan dengan ketinggian 1.200 mdpl. Dulunya di tempat ini, foto dari pecahan uang Rp 50.000 diambil. Untuk kamu yang menyukai arsitektur khas Bali, tatanan kebun bunga, dan lingkungan alam yang masih asri, harus banget mengunjungi wisata yang satu ini. Pemandangan pura seperti terapung di air dengan kabut tipis yang turun akan membuat liburanmu tak terlupakan.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Cafe dan Tempat Nongkrong di Bedugul

Foto : Instagram.com/@transportbali.id

Alamat : Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191
Jam Buka : 07.00 – 19.00 WITA
Telepon : +623682033143
Check lokasinya di Google Maps

Danau Beratan Bedugul

Sebenarnya jika kamu sudah mengunjungi Pura Ulun Danu, kamu juga sudah mengunjungi Danau Beratan. Namun, banyak orang yang belum tahu kalau Danau Beratan juga ada wisatanya. Nggak cuma mengunjungi Pura Ulun Danu, kamu bisa menyewa kapal atau speedboat untuk berkeliling danau yang mempunyai air sangat jernih ini. Wisata memancing di Danau Beratan juga disediakan lho. Sewa peralatan pancing di sana cukup dengan harga mulai 15.000 rupiah saja.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Kuliner Malam Bali

Foto : Instagram.com/@sanjaya_mekenyem

Alamat : Batunya, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
Jam Buka : 07.00 – 18.00 WITA
Check lokasinya di Google Maps

Leon’s Strawberry – Petik Starwberry Bedugul

Memetik langsung buah strawberry dan juga mencicipinya bisa kamu lakukan di Leon’s Strawberry yang ada di daerah Bedugul. Pemandangan pegunungan yang ada membuat suasana memetik strawberry menjadi lebih asyik. Sambil menikmati udara yang segar, strawberry juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang tersayang.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata di Ubud yang Paling Hits

Foto : Instagram.com/@balikidsdayout

Alamat : Jl. Raya Pancasari, Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Jam Buka : 07.00 – 18.00 WITA
Telepon : +6281238328885
Check lokasinya di Google Maps

Kebun Raya Bali Bedugul – Kebun Raya Terbesar di Indonesia

Kebun Raya Bedugul merupakan salah satu hutan lindung di Bali. Beberapa spot yang bisa kamu nikmati di Kebun Raya Bedugul seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Patung Kumbakarna Laga, Pemandangan Danau Beratan, dan masih banyak yang lainnya. Di sini juga banyak tempat yang cocok untuk piknik cantik bersama keluarga sambil belajar flora dan fauna alam. Asyik kan?

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Kuliner Ubud – Daftar Makanan Enak di Ubud yang Wajib Kamu Coba

Foto : Instagram.com/@picnictime_bali

Alamat : Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WITA
Telepon : +623682033211
Check lokasinya di Google Maps

Danau Buyan Bedugul

Pemandangan Danau Buyan bisa kamu lihat dari pinggir jalan raya Pancasari. Di sepanjang jalan sudah disediakan kursi-kursi untuk menikmati danau yang berada di dataran tinggi ini. Tepi Danau Buyan sangat cocok digunakan sebagai perkemahan. Suasana sejuk disertai hutan tropis dan kabut tipis membuat Danau Buyan menjadi destinasi wisata terbaik.

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Makanan Halal di Ubud Bali

Foto : Instagram.com/@danaubuyanbali

Alamat : Jl. Raya Wanagiri, Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Jam Buka : Buka 24 jam
Telepon : +6236221342
Check lokasinya di Google Maps

Desa Wisata Wanagiri

Desa yang luasnya kurang lebih 280 hektar ini menawarkan pemandangan alam yang sangat lengkap. Air terjun, persawahan yang luas, pura, atraksi budaya, hingga panorama Samudra Hindia bisa kamu lihat di Desa Wisata Wanagiri. Namun, tempat ikonik yang ada di Desa Wisata ini adalah Goa Raksasa dan Air Terjun Tikiakah. Kedua spot wisata ini sangat cocok untuk mengabadikan momen di Bali.

>>Baca juga : Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Bali

Foto : Instagram.com/@desawisatawanagiri

Alamat : Jalan Raya Wanagiri – Munduk Desa Wanagiri, Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WITA
Telepon : +6281339128607
Check lokasinya di Google Maps

Bali Handara Gate – Gapura Bali

Bali Handara Gate memiliki daya tarik yang unik yaitu pintu gerbang yang dibuat dari batu dengan ornamen khas Bali. Perpaduan gerbang yang megah dan rumput golf hijau membuat tempat ini menjadi spot foto yang hits dan Instagramable. Nggak heran banyak pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai pilihan spot romantis. Selain berfoto kamu juga bisa bermain golf dan menikmati kuliner yang disediakan di Bali Handara Gate.

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Pemandian Air Panas Bali yang Wajib Kamu Kunjungi

Foto : Instagram.com/@girlstravelbuzz

Alamat : Jl. Raya Singaraja-Denpasar, Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Telepon : +62811388199
Check lokasinya di Google Maps

Bali Botanical Garden – Kebun Botani Bali

Menikmati dataran tinggi Bali yang sejuk nggak ada salahnya buat berkunjung ke Bali Botanical Garden. Kamu bisa melihat tanaman-tanaman tropis yang langka. Untuk yang suka memacu adrenalin, nggak ada salahnya buat coba beberapa wahana yang disediakan di tempat ini. Ada flying fox sepanjang 160 m, mainan ayunan, dan masih banyak lagi. Wahana-wahana tersebut bisa kamu nikmati di Bali Treetop Adventure Park yang ada di Bali Botanical Garden.

Foto : Instagram.com/@ahrin1980

Alamat : Jalan Kebun Raya, Batunya, Baturiti, Candikuning, Baturiti, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WITA
Telepon : +623682033211
Check lokasinya di Google Maps

Bukit Catu Agro Bedugul

Bali nggak melulu soal pantai aja nih, tapi kamu bisa menikmati panorama hijau yang memanjakan mata. Suasana alam pegunungan yang asri pasti nggak bakal bikin kamu bosen. Bukit Catu Agro merupakan kawasan wisata dataran tinggi yang berada di daerah Bedugul. Selain menikmati suasana alam yang sejuk dan segar, kamu juga bisa mengelilingi bukit menggunakan ATV yang sudah disediakan. Menariknya, tempat ini menyediakan lokasi untuk kemah yang cocok untuk liburan keluarga. 

Foto : Instagram.com/@damayanti4658

Alamat : Banjar Bukit Catu, Candikuning, Baturiti, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82161
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WITA
Telepon : +6281337423666
Check lokasinya di Google Maps

The Blooms Garden Bedugul

Taman yang terinspirasi dari Dubai Miracle Garden ini menjadi taman bunga paling besar di Bali. Walaupun baru dibuka tahun 2019, The Blooms Garden menjadi destinasi wisata yang menarik saat kamu pergi ke Bedugul. Beberapa wahana juga bisa dinikmati di sini, seperti berkemah, mengendarai ATV, bersepeda, dan masih banyak yang lainnya. 

Foto : Instagram.com/@thebloomsbali

Alamat : Br. Batusesa, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WITA
Check lokasinya di Google Maps

The SILA’S Agrotourism

Destinasi ramah anak yang berada di Bedugul selanjutnya adalah The SILA’S Agrotourism. Berbagai wahana permainan bisa kamu nikmati di sini mulai dari berkuda, memancing, mengendarai ATV, dan yang lainnya. Tempat yang hits ini banyak diburu oleh anak muda yang suka traveling dan selfie-selfie. Dengan luas tanah yang mencapai 10 hektar kamu juga bisa menikmati permainan seperti bianglala, ontang-anting, kora-kora, dan permainan-permainan lainnya.

Foto : Instagram.com/@the_silas_agrotourism

Alamat : Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
Jam Buka : 08.00 – 117.00 WITA
Telepon : +6285737103000
Check lokasinya di Google Maps

By Weni Arfiyani

A professional writer.