FOLLOW
Breaking News
  • 3 seconds ago / Add newsticker form Dashboard > Breaking News
Cara Ke Nusa Penida Via Sanur, Informasi Jadwal Kapal dan Harga Tiket

Cara Ke Nusa Penida Via Sanur, Informasi Jadwal Kapal dan Harga Tiket

By : Weni Arfiyani - Category : PAKET WISATA
28
Nov 2022

Nusa Penida merupakan salah satu pulau paling eksotis yang ada di Bali. Nusa Penida menjadi pulau paling besar di antara dua pulau lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Kawasan ini terkenal karena memiliki pemandangan laut yang cantik dan juga mempesona, sehingga tidak heran kalau tempat ini menjadi buruan para turis lokal maupun mancanegara saat berlibur ke Pulau Dewata. Pulau ini juga menawarkan pesona pantainya yang belum terjamah serta gugusan batu karang yang timbul di permukaan.

Nusa Penida sendiri mulai dikenal sejak tahun 2014 dengan perkembangan yang cukup pesat berkat dari dampak positif media sosial. Selain kepopuleran tempat wisatanya yang meningkat, perekonomian penduduk di sekitar pulau tersebut juga ikut meningkat. Hal itu terjadi karena kepintaran mereka dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada di sana. 

Liburan ke Nusa Penida cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan atau healing. Kebanyakan pantai di pulau ini masih belum dijamah wisatawan. Dengan begitu kamu bakalan menemukan ketenangan jika berlibur ke Nusa Penida. Cara untuk ke Nusa Penida sendiri bisa ditempuh dengan beragam pilihan transportasi. Tapi sebelum ke Nusa Penida, kamu harus tahu dulu nih apa saja sih yang bikin pulau ini jadi destinasi wisata pilihan buat kamu yang pengen liburan dengan sensasi berbeda di Bali?

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Daya Tarik Nusa Penida

Hal pertama yang membuat tempat ini banyak dikunjungi adalah keindahan alam serta cantiknya panorama laut Nusa Penida. Kamu akan dimanjakan dengan air pantainya yang berwarna biru dan tidak ketinggalan pasir putih lembut yang dimiliki pulau tersebut. Kamu juga bisa melihat barisan bukit karang yang nggak kalah eksotisnya. Pantai di pesisir Nusa Penida memang banyak yang dikelilingi bukit karang sehingga bisa dibilang pantai-pantai di sini bak surga yang tersembunyi atau hidden gem.

Di Nusa Penida kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa seperti pemandangan Samudra Hindia dari atas tebing, keindahan alam di bawah laut dan juga lingkungannya yang masih sangat alami. Dijamin kamu nggak akan menyesal kalau datang kesini karena ada berbagai hal unik lainnya yang bisa kamu temui di sini.

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Aktivitas di Nusa Penida

Kalau kamu tipe orang yang tidak bisa berdiam diri saja saat berlibur sepertinya mencoba aktivitas seru di Nusa Penida adalah pilihan yang terbaik. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Bali tak terkecuali saat kamu berkunjung ke Nusa Penida. Berikut adalah aktivitas-aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Nusa Penida.

Menyelam

Menyaksikan keindahan bawah laut adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Nusa Penida. Saat menyelam kamu akan disuguhi ragam jenis biota laut dan terumbu karang yang sangat cantik. Apalagi kamu bisa melihatnya dengan jelas karena perairan di sini cukup jernih. 

Melihat Sunset

Aktivitas yang satu ini wajib kamu lakukan saat berada di Pulau Bali. Seperti di pantai-pantai yang ada di Bali lainnya, kamu juga bisa loh melihat pemandangan eksotis matahari tenggelam di Nusa Penida. Salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset adalah di Pantai Crystal Bay. 

Berenang 

Kurang lengkap rasanya kalau ke pantai tapi nggak berenang. Namun biasanya ada beberapa pantai yang melarang pengunjungnya untuk berenang demi keselamatan. Tapi kamu nggak perlu khawatir atau takut buat berenang saat di Nusa Penida. 

Aktivitas satu ini bisa kamu jajal di Angel’s Billabong. Tempat ini merupakan muara akhir dari berbagai sungai yang ada di Nusa Penida. Dengan perairan yang begitu tenang didukung dengan jernih dan bersihnya air di sini kamu jadi nggak perlu khawatir lagi saat ingin berenang dengan catatan kamu tidak boleh melakukan aktivitas ini saat air laut sedang pasang. Jadi pastikan kamu bertanya dulu soal keselamatan berenang pada pengelola setempat ya.

Mendaki Bukit Teletubbies

Jika bosan dengan pemandangan lautan, kamu bisa mencoba mendaki bukit yang namanya terinspirasi dari serial kartun Teletubbies. Mengapa disebut demikian, mungkin karena bukit ini menyerupai bukit yang Ada di kartun tersebut. Mata kamu akan disegarkan dengan pemandangan hamparan rumput hijau yang sangat luas. Kalau kamu kesini pasti terasa seperti nostalgia dengan bukit yang biasa kamu lihat di serial Teletubbies.

Bermain Watersport

Kegiatan satu ini ditawarkan untuk mereka yang menyukai hal-hal yang memacu adrenalin. Di Nusa Penida kamu bisa menjajal banana boat, flying fish, jet ski, dan beraneka macam watersport lainnya. 

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Cara ke Nusa Penida Dari Sanur

Untuk dapat sampai di Nusa Penida kamu diharuskan menyebrang terlebih dahulu dari Pulau Bali. Sebenarnya ada beberapa pilihan tempat untuk kamu menyebrang, namun penyeberangan yang paling populer dan paling gampang dijangkau adalah via pelabuhan Sanur. Pelabuhan ini jadi pilihan karena memang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Denpasar dan juga berbagai kawasan wisata lainnya di Bali.

Di pelabuhan ini kamu akan menemukan penyedia jasa kapal penyebrangan menuju Nusa Penida seperti; 

  • Fast Boat Dwi Manunggal yang tiba di Nusa Penida tepatnya di Pelabuhan Toya Pakeh.
  • Idola Express yang akan tiba di Nusa Penida tepatnya di Dermaga Sampalan.
  • Mola-mola Express yang akan tiba di Dermaga Sampalan.
  • Angel Billabong Fast Cruise yang akan tiba di pelabuhan Toya Pakeh.
  • El Rey Junior Fast Boat yang akan berlabuh di pelabuhan Toya Pakeh.
  • Caspla Fast Boat berlabuh di Dermaga Sampalan.
  • Golden Queen Fast Boat yang akan berlabuh di pelabuhan Banjar Nyuh.

Tarif Penyeberangan dari Sanur Ke Nusa Penida

Untuk biaya penyeberangannya sendiri tergantung pada penyedia fast boat yang kamu naiki. Namun biasanya rata-rata harga tiket kapal dari Sanur ke Nusa Penida sekali jalan Rp. 75.000 untuk dewasa, dan Rp. 50.000 untuk anak-anak (untuk kategori anak umur 5-10 tahun). Harga tiket kapal tersebut adalah untuk wisatawan lokal ya.

Untuk harga tiket kapal bagi wisatawan mancanegara biasanya akan sedikit lebih mahal. Dalam sekali jalan akan dikenakan tarif Rp. 100.000 untuk dewasa, dan Rp. 75.000 untuk anak. 

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Jadwal Penyebrangan ke Nusa Penida Dari Sanur

Hal paling penting selain lokasi penyebrangan dan harga tiketnya adalah jadwal keberangkatan kapal. Namun jadwal fast boat di bawah ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. 

Golden Queen Fast Boat

Dari Sanur ke Nusa Penida: 08.15 WITA.

Dari Nusa Penida ke Sanur: 16.30 WITA.

Dwi Manunggal Fast Boat

Dari Nusa Penida ke Sanur: 07.00, 09.00, 14.30, 17.00 WITA.

Dari Sanur ke Nusa Penida: 08.00, 11.00, 15.30, 18.00 WITA.

Idola Express Fast Boat

Dari Nusa Penida ke Sanur: 07.00, 15.00 WITA.

Dari Sanur ke Nusa Penida: 08.15, 16.15 WITA.

Mola-Mola Express

Dari Nusa Penida ke Sanur: 07.30, 16.00 WITA.

Dari Sanur ke Nusa Penida: 08.30, 17.00 WITA.

Angel Billabong Fast Cruise

Dari Nusa Penida ke Sanur: 06.30, 07.30, 13.00, 16.00 WITA.

Dari Sanur ke Nusa Penida: 07.30, 08.30, 14.00, 17.00 WITA. 

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Alamat, Jam Buka, dan Lokasi Pelabuhan Sanur

Alamat: Jl. Sanur Beach Street Walk, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227.

Jam Buka: 07.00 WITA

Kamu bisa check lokasinya di Google Maps

Add widget form Dashboard > Widget > Left Footbar
Add widget form Dashboard > Widget > Center Footbar
Add widget form Dashboard > Widget > Right Footbar