Chicken Satay Bali

Selain menikmati keindahan pantai di Bali, Ubud wajib masuk daftar tempat wisata yang bakal kamu kunjungi. Menawarkan keindahan budaya Bali dengan landscape hijau yang menyegarkan, Ubud memang selalu jadi pilihan tepat untuk melepas penat. Kamu bisa bersantai sambil menikmati udara sejuk Bali yang menenangkan deh. Banyak banget tempat beristirahat yang nyaman di Ubud. Mulai dari cottage, villa, hingga resort mewah lainnya.

Ubud juga menjadi tempat yang menarik untuk mencicipi kuliner khas Bali. Ada banyak tempat makan di Ubud yang menyediakan masakan khas super enak dan wajib kamu coba. Mulai dari makanan halal dan nonhalal ada semua di Ubud. Kamu nggak usah khawatir untuk berwisata kuliner di sini. Soalnya, siapapun bisa mencicipi masakan lezat yang menggugah selera.

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Makanan Halal di Ubud Bali

Foto: Unsplash/Maddi Bazzocco

Kuliner Ubud tersebar hampir di sepanjang jalan yang kamu lalui. Tapi beberapa tempat menjadi rekomendasi utama saat berburu kuliner di Ubud. Kamu wajib tahu restoran-restoran legendaris hingga yang paling hits di Ubud nih. Sudah siap buat mencoba salah satu kuliner di bawah ini?

Infoliburan.com telah merangkum 11 rekomendasi kuliner Ubud atau daftar makanan enak di Ubud yang wajib kamu coba.

Warung Babi Guling Bu Oka

Kuliner Bali sangat terkenal dengan babi guling yang sangat menggoda. Kalau kamu pergi ke Ubud, jangan lupa untuk mampir ke kuliner legendaris Warung Babi Guling Bu Oka. Tempat makan yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Lembutnya daging babi, renyahnya kulit, dihidangkan dengan lawar dan nasi putih membuat hidangan yang satu ini tak mungkin bisa kamu lewatkan. Kamu juga bisa melihat proses masak babi guling di sini lho.

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Babi Guling Terenak di Bali

Foto : Instagram.com/@tokonyalisa

Alamat : Jl. Tegal Sari No.2, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 11.00 – 18.00 WITA
Telepon : (0361) 976345
Check lokasinya di Google Maps

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Didirikan sejak tahun 1964, Warung Ayam Kedewatan Ibu Mangku jadi tempat makan yang sangat legendaris di Ubud. Di sini kamu hanya akan menemukan satu menu makanan yaitu nasi ayam kedewatan. Hidangan ini juga salah satu makanan khas Bali lho. Satu porsi nasi ayam kedewatan terdiri dari ayam bumbu, nasi, urap, dan sambal. Buat kamu pecinta pedas, kuliner yang satu ini cocok buat menemani liburanmu.

>>Baca juga : Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Bali

Foto : Instagram.com/@jastipbaliose

Alamat : Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WITA
Telepon : +62361974795
Check lokasinya di Google Maps 

Warung Mina

Warung Mina adalah tempat makan yang menyediakan berbagai olahan ikan maupun seafood dengan rasa yang super lezat. Menggunakan bumbu rempah bali yang sangat menggugah selera, membuat Warung Mina tidak pernah sepi pengunjung. Desain tempat yang nyaman membuat kamu betah berlama-lama di sini. Dengan harga 15.000 rupiah sampai 20.000 rupiah kamu sudah bisa menikmati makanan dengan tempat yang cozy abis.

>>Baca juga: Babi Guling Ibu Suna Ubud: Surganya Babi Guling Bernuansa Lokal

Foto : Instagram.com/@warungmina_ubud

Alamat : Ambengan, Jl. Gn. Sari No.2, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka : 10.00 – 21.00 WITA
Telepon : +6282339105050
Check lokasinya di Google Maps

Warung Makan Bu Rus

Menyajikan hidangan khas pedesaan Bali yang lezat, Warung Makan Bu Rus cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tempat yang menenangkan sangat cocok buat kamu bersantai. Konsep warung makan ini semi outdoor yang bikin kamu bisa makan dengan suasana nyaman dan segar. Kamu bisa memesan berbagai macam makanan di sini, mulai seafood, ayam capcay, bihun dan yang lainnya. Namun, makanan andalan di sini adalah nasi campur khas Bali ditambah sate lilit dan side dish lainnya.

Foto : Instagram.com/@warungmakanburus

Alamat : Jl. Suweta No.9, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 10.30 – 19.00 WITA
Telepon : +6281338010084
Check lokasinya di Google Maps

Ayam Betutu Pak Sanur

Kuliner khas Bali yang wajib kamu cicipi adalah ayam betutu. Warung ayam betutu yang sangat legendaris di Ubud adalah Ayam Betutu Pak Sanur yang sudah buka sejak tahun 1987. Citarasa gurih dan daging yang juicy sangat disukai wisatawan. Cara memasaknya pun unik, karena ayamnya di bungkus alumunium foil selanjutnya dibakar dengan bara sekam. Kamu bisa menikmati hidangan ini dengan usus goreng, kacang tanah, sayur tumis, dan sambal. Pasti rasanya membuatmu ketagihan.

>>Baca juga: Ayam Betutu Khas Gilimanuk Tuban Bali

Foto : Instagram.com/@betutu_ayam_pak_sanur

Alamat : Peliatan, Ubud, Gianyar Regency, Bali 80571
Jam Buka : 07.00 – 14.00 WITA 
Check lokasinya di Google Maps

Kedaton Ubud

Memiliki konsep khas warteg, Kedaton menjadi salah satu tujuan kuliner di Ubud. Dengan menu andalan nasi campur, tempat makan ini juga memiliki banyak variasi menu yang bisa kamu cicipi. Ada paru goreng, urap, ayam goreng, peyek udang, dan masih banyak yang lainnya. Kamu bisa menikmati hidangan ala rumahan di Ubud dengan harga mulai dari 20.000 rupiah saja.

Foto : Instagram.com/@balifoodtester

Alamat : Jalan Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WITA
Telepon : +623619082949
Check lokasinya di Google Maps

Bebek Betutu Pak Rimpin

Selain ayam betutu, bebek betutu khas Bali wajib kamu coba. Tempat makan bebek betutu di Ubud yang legendaris dan wajib kamu datangi adalah Bebek Betutu Pak Rimpin. Berdiri sejak tahun 1975, banyak wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke tempat makan ini untuk merasakan kelezatan hidangannya. Tekstur daging bebek yang lembut dengan citarasa gurih sangat pas karena dimasak dengan minyak kelapa dan rempah-rempah yang lengkap.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Pusat Oleh Oleh di Bali

Foto : Instagram.com/@infobandungkuliner

Alamat : Jl. Arjuna No.10, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Check lokasinya di Google Maps

Kopi Desa Ubud

Kalau kamu ingin nongkrong santai saat di Ubud, pergi ke Kopi Desa Ubud adalah solusinya. Kamu bisa menikmati suasana khas pedesaan Bali di sini. Sesuai dengan namanya, berbagai pilihan kopi bisa kamu nikmati sambil membaca buku. Untuk harganya juga sangat terjangkau buat para pelancong. Mulai dari 20.000 rupiah saja kamu bisa bersantai di sini dengan interior yang cozy membuat kamu betah berlama-lama.

Foto : Instagram.com/@kopidesaubudcafe

Alamat : Jl. Banjar Penestanan Kaja, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 09.00 – 21.00 WITA
Telepon : +62361974317
Check lokasinya di Google Maps

Cafe Pomegranate Ubud

Cafe Pomegranate Ubud menawarkan pemandangan sawah yang tak bisa kamu lewatkan. Berbagai jenis masakan bisa kamu cicipi di sini mulai dari pizza, hingga masakan Indonesia. Menikmati hidangan dengan pemandangan sawah asri khas Bali membuat kamu akan betah berlama-lama di tempat ini. Makanannya juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Cukup dengan 100.000 rupiah kamu bisa menikmati hidangan yang enak banget.

>>Baca juga: 11 Pantai Sunset di Bali yang Cocok Untuk Liburan Romantis

Foto : Instagram.com/@cafe_pomegranate_ubud

Alamat : Jl. Subak Sok Wayah, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 11.00 – 20.00 WITA
Telepon : +6287860803632
Check lokasinya di Google Maps

Folk Pool & Gardens Ubud

Pengen suasana makan yang hits tapi sejuk dan alam? Kamu bisa datang ke Folk Pools & Gardens di Ubud. Restoran ini punya konsep laguna dan gazebo yang keren dan Instagramable banget. Kamu bisa menikmati berbagai macam hidangan di gazebo yang sudah disediakan. Hidangannya mulai dari chicken prawn, blue dragon, banyak varian mojito hingga pizza. Kamu bakal merasakan sensasi makan yang menyenangkan di tempat ini.

Foto: Instagram.com/@folkubud

Alamat:  Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka: 12.00-21.00 WITA
Telepon: (0361) 9080888
Check lokasinya di Google Maps

Sweet Orange Warung Ubud

Tidak sesuai dengan namanya, warung makan yang satu ini justru memiliki pemandangan hijau yang sangat mengagumkan. Bahkan banyak pasangan yang mengabadikan moment romantis mereka di tempat ini. Sweet Orange Warung menyajikan berbagai menu makanan yang lezat dan bisa kamu nikmati. Kopi di tempat ini tidak kalah enaknya lho.

Foto : Instagram.com/@sweetorangewarung

Alamat : Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 10.00 – 18.00 WITA
Telepon : +6281338778689
Check lokasinya di Google Maps

Yuk buat kamu yang lagi singgah di Ubud, bisa banget cobain deretan kuliner Ubud di atas. Dijamin kamu bakal merasakan pengalaman wisata kuliner di Bali yang menyenangkan.

By Weni Arfiyani

A professional writer.