FOLLOW
Breaking News
  • 3 seconds ago / Add newsticker form Dashboard > Breaking News
12 Rekomendasi Tempat Wisata Nusa Penida Paling Hits Terbaru

12 Rekomendasi Tempat Wisata Nusa Penida Paling Hits Terbaru

By : Weni Arfiyani - Category : PAKET WISATA / TEMPAT WISATA
22
Jan 2023

Nusa Penida merupakan salah satu destinasi wisata di Pulau Dewata yang nggak kalah indahnya. Merupakan pulau yang terpisah di kawasan tenggara Bali, Nusa Penida dikelilingi oleh pantai-pantai dan lautan yang seringkali belum terjamah. Namun berkat promosi dan pengembangan wisata yang terus dilakukan, saat ini pulau ini pun menjelma sebagai surga wisata yang tidak pernah sepi pengunjung.

Kebanyakan dari wisatawan mengincar hidden gem di Nusa Penida serta pemandangan alam yang tiada duanya. Kalau sobat Travellers ingin berlibur di Nusa Penida, biasanya sudah ada paket tour dan travel yang sudah termasuk wisata ke Nusa Penida. Karena pulau ini terpisah dari pulau utama, sudah pasti harus menempuh perjalanan dengan ferry atau speed boat dari berbagai pelabuhan yang ada.

Untuk menuju pulau ini, salah satu pelabuhan yang bisa dituju sekaligus jadi pelabuhan favorit untuk menyeberang yakni Pelabuhan Sanur. Travellers yang mengincar pemandangan alam terindah di Nusa Penida sebaiknya harus mengetahui dulu destinasi apa yang hendak dituju. Tak cuma pantainya yang eksotis, tempat ini juga memiliki beragam destinasi wisata lainnya yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi.

Infoliburan.com telah merangkum dari berbagai sumber, 10 tempat wisata terbaik Nusa Penida yang paling hits dan terbaru.

1. Angel’s Billabong

foto: Instagram/@travellingpenida

Destinasi wisata ini menjadi salah satu yang populer dan tengah naik daun di Bali. Tempat ini merupakan sebuah kolam alami yang terbentuk di tengah bebatuan karang yang airnya sangat jernih. Cerukan ini berbatasan langsung dengan laut yang membuatnya terlihat semakin eksotis.

Tak heran jika Angel’s Billabong menjadi salah satu destinasi unggulan di Nusa Penida. Kolam alami ini dikelilingi batu karang yang tajam sehingga para wisatawan yang hendak berenang sebaiknya berhati-hati.

2. Bukit Teletubbies

foto: Instagram/@dinarasri15

Kawasan perbukitan juga menjadi tempat wisata menarik di pulau Nusa Penida. Disebut sebagai Bukit Teletubbies lantaran dipenuhi gundukan hijau bak di film Teletubbies yang pernah populer dulu.

Wisatawan bakalan disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Walaupun sejatinya bukit ini terbentuk dari batuan kapur, namun terlihat tanah yang menutupinya sehingga tumbuh rerumputan hijau di atasnya.

3. Kelingking Beach atau Pantai Kelingking

foto: Instagram/@kelingkingbeach

Pantai Kelingking dulunya merupakan sebuah hidden gem yang belum terjamah wisatawan. Namun, seiring berjalannya waktu, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi di Nusa Penida. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati pemandangan unik gugusan batu karang yang menjorok ke Samudera Hindia.

Pantai ini memiliki medan karang yang terjal sehingga tidak mudah untuk dijamah. Kebanyakan wisatawan menikmati pantai ini dari atas bukit karang. Tapi meski tak turun ke pantainya, pengunjung tetap bisa mendapatkan foto yang eksotis dan tentunya Instagramable abis.

4. Crystal Bay

foto: Instagram/@edwardmukisa

Crystal Bay Beach bisa dibilang merupakan sebuah kawasan wisata di Nusa Penida yang aksesnya paling mudah. Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga ramah untuk wisatawan. Pantai Crystal Bay memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, karena deburan ombak yang tidak besar, Crystal Bay juga cocok buat Travellers yang hobi snorkeling, diving maupun fishing. Ekosistem yang tersimpan di bawah laut Pantai Crystal Beach merupakan salah satu yang paling indah di dunia. Apalagi tempat ini masuk ke dalam salah satu kawasan segitiga terumbu karang dunia. Tak heran jika keindahan bawah lautnya sangat memesona.

5. Broken Beach

foto: Instagram/@tiniindahputri_

Broken Beach sangat identik dengan Nusa Penida. Bak menjadi ikon, tak lengkap rasanya jika sobat Travellers nggak mampir ke destinasi yang satu ini. Broken Beach ini terliat seperti kolam yang berbatasan langsung dengan laut yang dilingkupi oleh batu karang yang memiliki lubang pada dindingnya.

Tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk menikmati pantai ini, sobat Travellers bisa menyaksikan keindahan alamnya dari atas bukit karang. Wisatawan bisa juga turun ke pantai namun sangat sulit karena tebing yang tinggi serta medan yang terjal.

6. Bukit Atuh

foto: Instagram/@adventure__couple

Pantai dan Bukit Atuh di Nusa Penida menyajikan pemandangan layaknya di Raja Ampat. Dengan gugusan karang yang membentuk gunungan sempurna, serta pemandangan laut Samudera Hindia membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa merasakan sensasi liburan di Raja Ampat padahal cukup pergi ke Bali saja.

Di atas bukit tersebut, ada ikon wisata berupa rumah pohon yang biasa digunakan sebagai latar belakang foto wisatawan. Sobat Travellers bisa berfoto di tempat tersebut untuk mendapatkan hasil gambar yang bak lagi liburan di Raja Ampat nih.

7. Goa Giri Putri

foto: Instagram/@hidwii

Kapan lagi bisa merasakan tetesan stalaktit yang ada di dalam sebuah goa yang berukuran cukup besar? Ya, Goa Giri Putri di Nusa Penida ini merupakan alternatif pilihan wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Bali. Di dalam goa ini terdapat sebuah pura tempat peribadatan umat Hindu yang suci.

Bagian dalam Goa Giri Putri cukup luas dan bisa menampung ratusan orang. Tapi, uniknya jalan untuk masuk ke goa ini sangat sempit dan hanya cukup dilalui satu orang saja. Wah, kebayang kan betapa menantangnya pergi ke goa ini? Sobat Travellers bakalan dibikin takjub dengan keindahan pura di dalamnya lho.

8. Manta Point

foto: Instagram/@deeprootspenida

Ini nih yang tidak boleh dilewatkan sobat Travellers saat berkunjung ke Nusa Penida. Manta Point akan memberikan kamu sensasi menikmati keindahan bawah samudra yang luar biasa. Di sini merupakan spot untuk melihat sekaligus berenang bersama ikan pari yang ukurannya besar.

Kamu bisa melakukan diving di sini dan menyaksikan gerombolan ikan pari yag berenang. Untuk menuju spot diving di Manta Point ini tentunya kamu harus menyewa perahu yang ada di pelabuhan terdekat.

9. Smoky Beach

foto: Instagram/@courtandangus

Smoky Beach menawarkan sensasi menikmati pantai yang berbeda dari biasanya. Kalau biasanya yang dicari dari pantai adalah pasir putih atau gugusan karangnya, kalau di Smoky Beach ini justru hempasan ombaknya. Ya, kamu bisa menikmati hempasan ombak yang menabrak batu karang sehingga menyembul menyerupai asap. Semburannya bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter lho.

Selain disebut sebagai Smoky Beach, tempat ini juga disebut Devil’s Tears. Hal ini lantaran semburan ombaknya begitu kencang. Tempat ini termasuk dalam salah satu hidden gem yang ada di Nusa Penida.

10. Malibu Point

foto: Instagram/@iris_sem

Sudah bukan rahasia lagi kalau Bali adalah salah satu destinasi wisata terbaik untuk sobat Travellers pecinta diving. Ya, kekayaan bawah laut yang masih terjaga membuat Bali khususnya Nusa Penida sangat cocok untuk kegiatan diving. Salah satu spot diving yang cukup populer adalah Malibu Point. Di tempat ini, kamu bakal menemukan keanekaragaman terumbu karang dan biota-biota laut yang jangan sampai dilewatkan.

11. Pantai Suwehan

foto: Instagram/@maemelalikenusapenida

Pantai Suwehan di Nusa Penida menjadi salah satu destinasi pilihan yang wajib kamu kunjungi. Gugusan batu karang yang membentuk sebuah gunungan sempurna terpampang nyata di pantai yang satu ini. Sobat Travellers bisa menikmati keindahan batu karang, pasir putih sekaligus air laut yang biru saat berkunjung ke sini. Dijamin nggak bakalan menyesal deh kalau mampir ke Pantai Suwehan.

12. Mata Air Tembeling

foto: Instagram/@dondonceboba

Batu karang menjadi salah satu ikon Nusa Penida yang membuat kawasan ini menjadi terkenal karena keindagannya. Nah, selain pantai yang dilingkupi karang, Nusa Penida juga memiliki sumber mata air yakni Tembeling Water Spring dengan luas 5 meter. Sumber mata air ini membentuk sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Namun untuk sampai ke sini, sobat Travellers harus hati-hati. Selain karena letaknya yang tersembunyi, medan menuju tempat tersebut cukup licin dan curam.

Add widget form Dashboard > Widget > Left Footbar
Add widget form Dashboard > Widget > Center Footbar
Add widget form Dashboard > Widget > Right Footbar