FOLLOW
Breaking News
  • 3 seconds ago / Add newsticker form Dashboard > Breaking News
11 Destinasi Wisata Kintamani yang Instagramable dan Wajib Dikunjungi

11 Destinasi Wisata Kintamani yang Instagramable dan Wajib Dikunjungi

By : Weni Arfiyani - Category : Indonesia / PAKET WISATA / TEMPAT WISATA
19
Jan 2023

Sobat Travellers yang sedang berlibur ke Bali, tentunya jangan sampai melewatkan destinasi wisata Kintamani. Kintamani merupakan sebuah daerah yang terletak di wilayah timur Pulau Dewata. Kawasan ini juga dikembangkan sebagai sebuah kawasan wisata alam yang menawarkan pemandangan dataran tinggi Pulau Bali. Tak kalah indah dari panorama pantai di wilayah selatan, Kintamani menawarkan berbagai kawasan wisata yang menyejukkan mata.

Pemandangan pegunungan, danau serta hamparan pepohonan hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kintamani. Kawasan pariwisata ini bisa menjadi alternatif untuk sobat Travellers yang ingin menghindari padatnya tempat wisata Bali di bagian selatan. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk wisatawan yang mengincar hawa dingin. Dibanding dengan kawasan Bali Selatan yang didominasi oleh panorama pantai, Bali Timur menonjol dengan wisata pegunungan yang asri dan menyegarkan.

Gunung Batur merupakan salah satu ikon wisata di Kintamani yang paling banyak dikenal. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif di Pulau Bali. Tak sedikit tempat wisata di Kintamani yang menawarkan pemandangan indah Gunung Batur tersebut. Termasuk Akasa Kintamani, tempat nongkrong paling populer yang kerap dikunjungi para artis di kawasan tersebut. Pemandangan indah Gunung Batur dari atas dataran tinggi memang memanjakan mata para Travellers di Pulau Dewata.

Kawasan Kintamani menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Infoliburan.com telah merangkum dari berbagai sumber, berikut 12 destinasi wisata di Kintamani yang Instagramable dan wajib dikunjungi wisatawan.

1. Desa Penelokan

Foto: Instagram/@widawyn02

Desa Penelokan adalah desa yang populer di Kecamatan Kintamani. Kawasan ini menawarkan pemandangan pedesaan yang indah dengan latar belakang Gunung Batur. Sobat Travellers yang mengincar pemandangan alam ke penjuru Kintamani, bakalan dimanjakan dengan panorama yang terlihat dari desa ini. Bentangan Danau Batur dan Gunung Batur akan memanjakan mata para wisatawan yang datang.

Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk berwisata di Desa Penelokan. Di momen ini, suasana terasa sejuk dan asri. Kamu bisa melihat pepohonan hijau yang membuat liburan kamu semakin sejuk. Para Travellers juga bisa berfoto dengan latar belakang gunung dan danau sekaligus dari bukit Desa Penelokan. Tak ayal kalau tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata hits dan paling populer di Kintamani. Check lokasinya di Google Maps.

2. Black Lava

Foto: Instagram/@blacklavacamp

Sobat Travellers yang menyukai kegiatan menantang bisa menjajal tour Black Lava dan Black Sand di kawasan Kintamani. Para wisatawan akan diajak menaiki mobil jeep di kaki Gunung Batur selama kurang lebih dua jam. Selama menjalani tur, Travellers akan disuguhi pemandangan super Instagramable. Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan Gunung Batur, beralaskan pasir hitam serta gugusan batuan hitam yang ikonik.

Para pelancong juga bisa mengambil paket tur sekaligus dengan kegiatan glamping di kawasan Kintamani yang sangat sejuk. Paket tur ini memungkinkan Travellers untuk merasakan sensasi wisata yang berbeda dan lebih unik. Untuk bisa merasakan keseruan yang menantang adrenalin ini langsung klik lokasinya di sini.

3. Gunung Batur

Foto: Instagram/@gunung_batur_bali

Para wisatawan pendaki bisa menjajal tracking ke puncak Gunung Batur. Meskipun statusnya merupakan gunung berapi aktif, namun Gunung Batur cenderung aman untuk pendakian. Ada paket wisata yang menawarkan panduan mendaki gunung serta informasi yang berguna untuk para pendaki mandiri. Medan pendakiannya cukup menantang untuk ditaklukkan. Sesampainya di puncak gunung, sobat Travellers bakalan disuguhi lautan awan yang indah serta panorama langit yang sangat jelas.

Meskipun begitu, Travellers wajib untuk memerhatikan informasi dan panduan pendakian demi keselamatan. Informasi cuaca serta medan tracking juga penting untuk diikuti agar pendakian berjalan lancar. Kamu bisa mengetahui informasi seputar Gunung Batur dengan klik link ini.

4. Danau Batur

Foto: Instagram/@tepidanaubatur.camping

Danau Batur bisa menjadi alternatif pilihan wisata jika sobat Travellers nggak menyukai kegiatan terlalu ekstrem. Sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan danau di lereng Gunung Batur ini bakal sangat menyenangkan. Lokasi Danau Batur berada tepat di bawah gunung membentuk pola bulan sabit jika dilihat dari ketinggian. Para wisatawan yang pernah berkunjung ke Danau Batur mengagumi tempat ini sebagai sebuah kaldera terindah yang pernah dikunjungi.

5. Pura Ulun Danau Batur

Foto: Instagram/@jeropuraulundanubatur

Sobat Travellers pasti sudah tidak asing dengan destinasi wisata di Kintamani berikut ini. Pura Ulun Danu Batur bisa dilihat dalam uang pecahan Rp 50.000. Sebuah pura indah yang terletak di tengah Danau Batur ini selalu menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Kintamani. Pura Ulun Danu Batur merupakan salah satu pura yang sakral bagi umat Hindu di Bali. Konon, tempat peribadatan ini pernah hancur akibat letusan Gunung Batur, lalu dibangun kembali pada tahun 1926. Saat ini, Pura Ulun Danu Batur menjadi salah satu ikon wisata Kintamani yang menarik dikunjungi.

6. Toya Bungkah Kintamani

Foto: Instagram/@gemamerdekabali

Kintamani juga menawarkan pemandian air panas yang cocok untuk relaksasi. Salah satu tempat mandi air panas yang ada di sini adalah Toya Bungkah Kintamani. Destinasi wisata ini cocok untuk sobat Travellers yang mengincar sensasi relaksasi di alam terbuka dengan latar pemandangan Gunung Batur serta Danau Batur. Sebuah perpaduan yang sempurna untuk mengakhiri liburan dengan rileks dan menyenangkan.

7. Desa Trunyan

Foto: Instagram/@salma_nta

Desa Trunyan atau Terunyan merupakan salah satu kawasan yang terletak di Kecamatan Kintamani. Desa tersembunyi ini memiliki keunikan budaya yang membuat para wisatawan penasaran. Salah satu budaya di tempat ini yakni tradisi pemakaman yang tak biasa. Di desa ini, orang yang sudah meninggal tidak dikuburkan melainkan disemayamkan di bawah pohon. Tradisi ini menarik untuk para Travellers yang penasaran bagaimana warga desa ini merawat jenazah. Uniknya, meski hanya disemayamkan, jasad yang ada di pemakaman Trunyan ini tak berbau busuk.

8. Toya Devasya

Foto: Instagram/@toyadevasyabali

Toya Devasya juga menjadi salah satu destinasi pemandian air panas yang menyuguhkan pemandangan indah Gunung Batur dan Danau Batur sebagai latar belakangnya. Tempat ini cukup populer di kawasan wisata Kintamani dan kerap dikunjungi wisatawan. Bahkan selebriti Tanah Air juga nggak ketinggalan datang ke tempat ini. Sebuah kolam seperti infinity pool terlihat menyatu dengan pemandangan Danau Batur yang menyegarkan.

9. Desa Songan

Foto: Instagram/@bobby_ranteg

Sobat Travellers yang ingin mencari pemandangan indah Gunung Batur di Kintamani, bisa berkunjung ke Desa Songan. Kawasan ini menyuguhkan hamparan sabana dengan black lava yang eksotis. Membuat tempat ini sangat asyik untuk dijadikan destinasi camping bersama teman-teman. Dari perbukitan yang ada di desa ini, kamu bisa melihat Gunung Batur dan Danau Batur serta warna-warni langit dengan matahari yang berpendar. Tempat ini sangat cantik di pagi dan sore hari.

10. Desa Pinggan

Foto: Instagram/@pesona.indonesia

Salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kintamani ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan Instagramable. Area perbukitan di Desa Pinggan menawarkan kesejukan yang terasa segar. Sobat Travellers yang menginginkan suasana hijau yang asri serta udara dingin yang kontras dengan panasnya kawasan Bali Selatan wajib banget untuk mengunjungi desa yang satu ini.

11. Akasa Kintamani

Foto: Instagram/@akasa_kintamanicoffee

Tidak lengkap rasanya jika liburan ke Kintamani tanpa menjajal tempat nongkrong hits di kawasan ini. Salah satu tempat nongkrong hits yang wajib dikunjungi adalah Akasa Kintamani Coffee. Tempat ngopi yang berlatar belakang Gunung Batur ini sangat populer di kalangan wisatawan. Sobat Travellers wajib mampir ke sini kalau ingin merasakan sensasi ngopi di dataran tinggi Kintamani yang sejuk dan dingin.

Add widget form Dashboard > Widget > Left Footbar
Add widget form Dashboard > Widget > Center Footbar
Add widget form Dashboard > Widget > Right Footbar