Sate Babi

Jalan-jalan ke Bali kayaknya belum lengkap nih kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Nah, salah satu kuliner yang paling diburu waktu di Bali yakni hidangan yang berbahan dasar daging babi. Buat kamu yang hobi makan daging babi, Bali adalah pilihan tepat buat menikmati sajian non-halal ini. Bagaimana tidak? Ada banyak banget kudapan khas yang pakai daging babi sebagai menu utamanya. 

Kalau kamu pernah mendengar masakan babi guling, pasti kamu bakal langsung terpikir sama Bali. Yang perlu kamu tahu, nggak cuma babi guling aja lho makanan khas Bali yang bisa kamu nikmati. Daging babi bisa diolah jadi banyak kudapan nikmat yang nggak kalah menggugah selera. Kamu bisa pergi ke tempat makan spesialis daging babi buat menemukan menu-menu variatif berbahan dasar pork.

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Babi Guling Terenak di Bali

Foto: Unsplash

Salah satu restoran atau tempat makan daging babi yang paling terkenal di Bali yakni IBAB BALI. Tempat makan di daerah Legian ini salah satu yang paling populer untuk kategori makanan non-halal. IBAB BALI Legian menyediakan berbagai kudapan nikmat berbahan dasar daging babi yang bisa kamu cicipi. Menu masakannya cukup beragam yang bikin kamu nggak bakal bosan kalau mampir ke sini. Kamu juga bisa mampir bareng sama keluarga untuk menikmati berbagai varian menu sekaligus.

>>Baca juga: Babi Guling Pak Malen Bali

Foto: Instagram.com/@ibabbali

Di sini, kamu bisa menikmati masakan babi yang dikombinasikan dengan berbagai sambal. Cara pengolahan babi juga beragam. Ada yang digoreng, ada juga yang dipanggang hingga dijadikan sate dan sup. Variatif banget kan menu yang ditawarkan? Nggak cuma itu aja, di IBAB BALI Legian  juga menyediakan menu non-babi yang bisa kamu cicipi. Ada menu berbahan dasar ayam, sapi hingga udang. Kamu bisa memesan menu-menu ini sebagai side dish saat makan.

Nggak cuma makanan yang savoury aja nih, kamu juga bisa pesan makanan manis-manis yang disediakan. Makanan manis ini bisa sekaligus jadi desert kamu. Menu manis ini antara lain es campur khas IBAB BALI, menu chocovendish yang berbahan dasar pisang, coffeeberry dan lain sebagainya. Di sini juga tersedia banyak minuman yang bisa kamu nikmati sebagai teman makan. Ada jus, susu, soda, kopi hingga bir yang bisa kamu pesan.

>>Baca juga: Sate Babi Bawah Pohon Bali – Kuliner Babi Legendaris Khas Bali

Foto: Unsplash

Nah, khusus menu utama dari daging babi, kamu bisa mencoba berbagai varian menu seperti babi goreng sambal matah, babi goreng saus padang, babi rica-rica, sop daging babi, babi panggang, sate babi dan lain sebagainya. Pokoknya menu di sini super lengkap dan menggoda selera. Paling recommended sih babi goreng sambal matahnya nih.

Harga Ibab Bali

Kamu nggak perlu khawatir soal budget, karena menu di sini harganya sangat bersahabat. Kamu bisa menikmati hidangan daging babi mulai dari Rp 42 ribu saja. Kamu bakal dapat hidangan daging babi lezat yang disajikan di atas piring rotan dengan alas kertas bergambar logo IBAB BALI yang lucu. Dengan budget yang ramah di kantong, kamu juga bisa menikmati suasana restoran yang klasik dan unik.

>>Baca juga: Babi Guling Ibu Suna Ubud: Surganya Babi Guling Bernuansa Lokal

Foto: Zomato

Kuliner Babi Khas Bali yang Hits

Desain bangunan di IBAB BALI memang konsepnya klasik dengan aksen jendela kayu warna-warni. Desain ini membuat kesan  Siapa saja yang mampir dan singgah untuk makan di sini bakal merasakan suasana nyaman seperti di rumah. Menu makanan yang sederhana tapi lezat juga jadi salah satu alasan kenapa kamu harus mencoba untuk mencicipi kuliner di sini. Meskipun ada aksen tradisionalnya, tapi restoran yang satu ini memiliki interior yang sangat modern lho. Mulai dari sofa hingga kursi kayu yang nyaman. Tempat ini juga punya desain industrialis yang keren. Ambiance di tempat ini memang juara banget deh.

Nggak cuma makanan yang bisa kamu makan di tempat, tapi IBAB BALI Legian juga menyediakan makanan dalam kemasan yang bisa kamu bawa pulang. Ada beberapa varian makanan yang bisa kamu beli dan dinikmati di rumah. Bahkan kamu juga bisa memesan makanan kemasan ini melalui akun Instagram resminya. Adapun makanan kemasan yang disediakan antara lain sambal samchan dan crispy udang. Eits, tapi kamu juga bisa memesan berbagai menu makanan seperti babi goreng, ayam dan lain sebagainya dalam bentuk kemasan lho.

>>Baca juga: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Bali

Foto: Instagram.com/@ibabbali

Buat kamu yang pengen makan hidangan ala IBAB BALI Legian tapi nggak sempat ke restorannya langsung, kamu bisa memesan iBAB Pouch via Instagram. Kamu cukup klik link di bio Instagram @ibabbali, lalu klik iBAB Pouch Order Form. Ya, untuk memesan masakan khas IBAB BALI, kamu wajib mengisi form pemesanan terlebih dahulu nih. Kamu bakal diminta untuk mengisi identitas pelanggan, tanggal pengambilan atau pengiriman, pilihan pengambilan, menu yang dipesan dan yang terakhir kamu harus mengunggah bukti pembayaran sebelum submit form.

Buat kamu yang kebetulan lagi liburan di Bali dan pengen menyantap daging babi dalam berbagai varian masakan, kamu bisa datang ke alamat berikut ini:

Alamat dan Jam Buka IBAB BALI

Alamat: Jl. Dewi Sri No. 88XX, Kuta, 80361, Bali Indonesia atau klik di Google Maps
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WITA
Telepon: 0819-1000-1100

Pecinta daging babi nggak bakalan nyesel deh kalau mampir ke sini. Restoran ini cocok buat kamu yang mau menyantap brunch, makan siang hingga makan malam. Hidangan di sini cocok buat mengisi waktu makan kamu deh. Jadi jangan sampai kelewatan buat mencoba makan di tempat yang satu ini ya kalau lagi singgah ke Bali.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Kuliner Malam Bali

Foto: Instagram.com/@ibabbali

Ya, wisata kuliner di Bali memang beragam banget. Dari satu bahan dasar daging babi saja, bisa diolah jadi berbagai sajian yang menggugah selera. Dipadukan dengan rempah-rempah khas Indonesia, bikin hidangan yang satu ini jadi istimewa. Kamu juga wajib coba makanan-makanan khas Bali lainnya. Nggak perlu khawatir ya, buat kamu yang nggak bisa makan makanan non-halal, di Pulau Dewata tetap banyak kok kuliner halal yang bisa kamu coba.

>>Baca juga : 11 Rekomendasi Cafe di Canggu yang Super Instagramable

Foto: Unsplash

Kamu bisa memilih ragam kuliner yang tersedia di hampir setiap penjuru tempat di Bali. Sebagai salah satu tempat wisata multikultural, Bali memang sangat ramah buat dikunjungi wisatawan dengan latar belakang ras, suku dan agama yang berbeda. Setiap pelancong juga bisa menemukan fasilitas-fasilitas yang mereka butuhkan. Mulai dari fasilitas tempat hiburan, hingga tempat ibadah masing-masing agama juga tersedia di sini. Dan pastinya, tempat wisata kuliner pun nggak luput dari perhatian.

Dengan beragam fasilitas yang sudah dibangun dan ada di Bali ini, nggak heran kalau Bali selalu ramai wisatawan. Meskipun harus menghadapi pandemi yang belum berkesudahan, tapi Bali mulai bangkit dan dikunjungi wisatawan. Hingga saat ini, Bali masih menjadi salah satu pilar pariwisata di Indonesia. Meskipun banyak wisata di daerah lain yang mulai dikembangkan, tapi nggak mengurangi ketertarikan turis untuk berwisata ke pulau ini. Apalagi Bali memang jadi pioneer pariwisata dan jadi ikon Indonesia sejak lama.

By Weni Arfiyani

A professional writer.