Sate Babi Bawah Pohon Bali

Bagi kalian para pecinta olahan daging babi yang tengah berlibur ke pulau Bali, tentu tidak sabar untuk mencoba kuliner-kuliner babi legendaris khas pulau dewata ini.Sate Babi Bawah Pohon Bali merupakan salah satu kuliner legendaris yang telah dikenal oleh banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kuliner babi khas Bali ini telah banyak dipasarkan baik secara offline maupun online karena ketenaran dan kelezatannya yang belum ada tandingannya. 


Foto: GrabFood/Sate Babi Bawah Pohon

Sejarah Berdirinya Sate Babi Bawah Pohon

Berawal dari usaha penjualan sate penyu, Pak Made telah memulai usaha kecil-kecilannya sejak tahun 1997. Namun usaha sate penyu ini harus diberhentikan karena munculnya peraturan daerah yang melarang penjualan daging penyu pada awal tahun 2000an. Karena munculnya larangan tersebut, Pak Made kemudian mengganti bahan utama satenya dengan daging babi, mengingat daging babi cukup mudah ditemukan di Bali dan memiliki penggemar yang cukup banyak. Dengan menggunakan resep rahasia temuan Pak Made ini, Sate Babi Bawah Pohon kini telah berkembang menjadi salah satu bisnis kuliner tersukses di Bali. Hingga kini, olahan bumbu dan resep yang digunakan Pak Made untuk Sate Babi Bawah Pohon ini masih sama dengan pertama kali beliau memulai bisnis sate babi.

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Babi Guling Terenak di Bali


Foto: Sintia Astarina

Penyajian dan Bumbu Sate Babi Bawah Pohon

Dengan olahan bumbu rahasia yang rasanya manis, gurih, dan aroma asap yang khas, Sate Babi Bawah Pohon menghidangkan sajian satenya secara unik. Satu porsi Sate Babi Bawah Pohon ini akan ditemani dengan sejumput garam dan beberapa biji cabai rawit hijau untuk dicocol. Kalau kamu lebih suka asin, kamu bisa menaburkan sate babi ini dengan tambahan garam di piring. Tapi tenang aja, tanpa tambahan garam pun, Sate Babi Bawah Pohon ini sudah memiliki rasa yang maknyus dan dijamin bikin ketagihan.

>>Baca juga: Babi Guling Pak Malen Bali


Foto: Pegipegi

Asal Mula Nama Sate Babi Bawah Pohon

Nama Sate Babi Bawah Pohon ini muncul karena pada saat awal berjualan, Pak Made menjajakan satenya di bawah pohon besar di Jalan Patih Pelantik, Bali. Namun hingga tahun 2018, kawasan tersebut harus disterilkan dari pedagang pinggir jalan. Oleh karena itu, pada tahun yang sama, Pak Made memindahkan bisnis kulinernya ini ke Jl. Campuhan 1 Dewi Sri IV Legian, Kuta, Bali. Setelah memindahkan warung sate nya ini, Sate Babi Bawah Pohon melakukan ekspansi yang cukup besar dengan menambah tempat parkir, tempat makan yang lebih luas, dan fasilitas yang lebih lengkap apabila dibandingkan dengan tempat lamanya.


Foto: Retno Dwinika

Menu Sate Babi Bawah Pohon

Menu Sate Babi Bawah Pohon sudah bertambah banyak seiring berjalannya waktu. Kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas bali seperti Tipat Cantok, Urutan Babi, Siobak Babi, Tipat Plecing, Soto Babi, Gorengan, Jajanan Pasar Khas Bali, hingga Rujak Buah dengan bumbu khas Bali. Variasi minuman pun telah bertambah seperti Es Jeruk, Teh, Kelapa Muda, Es Buah, Es Cincau, dan lain sebagainya.

>>Baca juga: Babi Guling Ibu Suna Ubud: Surganya Babi Guling Bernuansa Lokal


Foto: Pergi Kuliner/Novi Ps

Harga Sate Babi Bawah Pohon

Harga satu porsi sate babi delapan tusuk dengan nasi dan sambal dihargai 30.000 rupiah saja, cukup terjangkau untuk kamu yang bisa kenyang dengan porsi sederhana. Apabila kamu tidak ingin memakannya dengan nasi, kamu bisa memilih sate babi saja sebanyak 10 tusuk dengan harga yang sama yaitu 30.000 rupiah. Harga tersebut merupakan harga dine-in, apabila kamu ingin membawa pulang sate babi ini, kamu bisa membeli paket vakum dengan harga 33.000 per 10 tusuk tanpa nasi di tempat tersebut. Jangan ragu untuk mencoba urutan babinya, karena ini merupakan salah satu kuliner Sate Babi Bawah Pohon yang cukup underrated, banyak turis yang lebih memilih urutan mereka karena rasanya yang super duper maknyus. Kamu bisa membeli urutan Sate Babi Bawah Pohon ini dengan harga 50.000an rupiah saja untuk bisa mendapatkan urutan sebesar 250 gram. Harga minuman mereka pun cukup standar, 5.000 rupiah untuk variasi es jeruk dan es teh nya.

>>Baca juga: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Bali


Foto: BigGo

Alamat dan Jam Buka Sate Babi Bawah Pohon Bali

Alamat : Jalan Dewi Sri IV Campuhan I No.I, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka : 08:00 WITA – 21:00 WITA
Telephone : 0819-3625-3567
Check Lokasinya di Google Maps