Ayam Betutu Gilimanuk Khas Tuban Bali

Apa yang terbesit di pikiran kamu waktu mendengar kata kuliner khas Bali? Pasti hidangan Ayam Betutu termasuk salah satu yang kamu ingat nih. Ya, bicara soal kuliner halal di Bali, masakan Ayam Betutu memang nggak boleh kelewatan. Apalagi hidangan khas Bali ini nggak cuma bisa dijumpai di Pulau Dewata, tapi juga sudah menjangkau wilayah lain di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia kamu bisa menemukan kuliner khas Bali yang satu ini.

Dari ragam kuliner Bali lainnya, Ayam Betutu emang cukup populer. Meskipun ada masakan khas lainnya seperti sate lilit, nasi campur dan lain sebagainya, tapi nama Ayam Betutu sendiri lebih dikenal masyarakat terutama yang ada di luar pulau Bali. Setiap restoran Bali yang kamu temui, biasanya menyediakan menu Ayam Betutu. Nah, sebenernya hidangan Ayam Betutu ini istimewanya apa sih? Ternyata kamu wajib tahu dulu nih asal-usul dari ayam bercita rasa legit ini.

5 Tempat Makan Ayam Betutu di Bali yang Pedas dan Gurihnya Nampol
Foto: Instagram/@makanan.sibolang

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Restaurant Halal di Bali

Ayam Betutu merupakan hidangan khas Bali yang bercita rasa pedas dengan bumbu yang kaya akan rempah. Makanan ini dulunya digunakan saat upacara adat di Bali. Pada dasarnya, bumbu betutu ini nggak cuma cocok diolah dengan ayam, tapi juga unggas lainnya seperti bebek. Cita rasanya yang lezat bikin Ayam Betutu ini sangat digemari oleh sebagian besar orang. Nggak heran kalau masakan khas Bali ini sekarang ini dijual dan dipasarkan secara luas di Bali maupun di luar Bali.  

Foto : Instagram.com/@rudycah09

>> Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Halal di Canggu, Bali

Sebagai kuliner yang dulunya merupakan bagian dari adat dan tradisi masyarakat Bali, Ayam Betutu ini bisa ditemukan di seluruh penjuru daerah di Bali. Setiap daerah, memiliki gaya masak sendiri untuk hidangan Ayam Betutu. Namun, Ayam Betutu yang paling terkenal adalah dari daerah Gilimanuk khususnya Jembrana. Bahkan, banyak warung makan Ayam Betutu khas Gilimanuk yang bisa kamu jumpai ketika di Bali. Salah satunya adalah Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali.

Foto : Instagram.com/@_meryling26

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Halal di Denpasar, Bali

Warung makan Ayam Betutu khas Gilimanuk ini, berada di Jalan Raya Tuban Bali. Tempat yang satu ini sangat terkenal dengan ayam betutunya yang lezat dan pedas dengan bumbu Bali yang sangat lengkap. Olahan daging yang empuk berpadu bumbu betutu yang khas bakal menggoyang lidah kamu. Tapi apa sih yang bikin Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali ini jadi istimewa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Suasana Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali

Sebagai salah satu tempat makan dengan menu khas Bali, Ayam Betutu khas Gilimanuk yang berada di Tuban, sangat ramai oleh pengunjung. Konsep warungnya cukup unik nih. Soalnya tempat makan ini dipenuhi ornamen Bali. Ada lukisan-lukisan gadis Bali hingga warung yang setengahnya berpagar anyaman bambu. Pokoknya, kalau kamu ke tempat makan ini, bakal betah karena suasananya yang homey. 

Foto : Instagram.com/@h_cecephernawan

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Babi Guling Terenak di Bali

Meskipun ramai, tempat makan Ayam Betutu khas Gilimanuk di Tuban sangat luas. Jadi meski banyak pengunjung kamu tetap bisa kebagian meja kok. Cocok banget deh kalau kamu mau makan bareng sama keluarga di sini. Meja dan kursi tertata dengan rapi seperti rumah makan tradisional. Terdapat tempat makan indoor dan outdoor yang bisa menampung sampai kurang lebih 100 orang. Jadi buat kamu pecinta pedas harus banget cobain hidangan khas Bali yang satu ini.

Foto : Instagram.com/@claudio_edi

>>Baca juga: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Bali

Menu Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali

Berkunjung ke tempat makan, pasti yang bikin penasaran adalah menu yang ditawarkan. Yup, di tempat makan Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali ini punya banyak pilihan menu buat kamu untuk bersantap hidangan. Meskipun nama tempat makannya adalah Ayam Betutu khas Gilimanuk, tapi menunya nggak cuma ayam aja nih. Ada banyak pilihan makanan buat kamu yang kurang bisa menikmati hidangan betutu yang bumbunya pedas.

Makanan khas Bali yang lain juga tersedia disini lho, seperti sate lilit, nasi campur Bali dan makanan lain ada soto surabaya, pecel plecing, ayam goreng, ayam bakar dan  ati ampela. Selain ayam, di sini juga disediakan bebek betutu dengan berbagai variasi masakan. Mulai dari digoreng hingga dibakar. Kamu juga bebas memilih ukuran ayam atau bebek betutu yang ingin dipesan. Ada yang satu ekor penuh, setengah ekor, dan seperempat ekor. Harganya pun juga mengikuti ukuran yang kamu pesan.

Kebanyakan, pengunjung lebih memilih memesan satu ekor utuh Ayam Betutu karena untuk harga relatif lebih murah dan dapat dibagi ke teman atau keluarga. Nah buat kamu yang bingung bedanya ayam betutu dengan ayam goreng biasa ada di kuah nya lho. Jadi, ayam betutu memiliki kuah yang pedas dan nikmat yang cocok untuk dicelupkan ke daging ayam goreng dengan tekstur kering.

Foto : Instagram.com/@keylayubbi

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Bar di Bali dan Club di Bali yang lagi Hits

Proses memasak Ayam Betutu dimulai dengan mengungkep ayam dengan bumbu Bali komplit.  Bahan untuk membuat bumbunya antara lain bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai, dan rempah-rempah yang lainnya. Proses ungkep memakan waktu yang lumayan lama sampai tekstur daging ayamnya empuk dan bumbunya meresap.

Foto : Instagram.com/@official_ayambetutugilimanuk

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Halal Di Seminyak, Bali

Harga Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali

Menu yang disediakan memang menarik banget buat dicoba ya. Karena terkenal dengan kelezatannya, Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali ini harus banget jadi salah satu daftar tempat kuliner yang wajib kamu coba. Nggak perlu khawatir soal harga, soalnya menu makanan di Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali ini dibanderol dengan harga yang terjangkau dan ramah di kantong pelancong.

Untuk satu ekor ayam betutu dibandrol dengan harga mulai dari 110.000 rupiah, setengah ekornya mulai dari 60.000 rupiah dan setengah ekornya mulai dari 34.000 rupiah. Masih affordable banget kan harga makanan yang ditawarkan? Untuk itu, kamu wajib cobain deh menu-menu masakan di sini.

Foto : Instagram.com/@official_ayambetutugilimanuk

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Pusat Oleh Oleh di Bali

Warungnya memang berkonsep sederhana nih. Tapi kamu bakal merasakan suasana yang nyaman dan hangat kalau bersantap makanan di kedai ini bersama keluarga. Karena porsi Ayam Betutu cukup besar, sebaiknya kamu memang datang ke sini bersama keluarga. Jadi kamu bisa menikmati Ayam Betutu khas Bali yang utuh bareng-bareng sama keluarga kamu nih. Dijamin bakal lebih nikmat deh. 

Nggak ada salahnya buat para pelancong terutama dari luar Bali untuk singgah dan menikmati hidangan di tempat ini. Kamu bakal merasakan kudapan yang otentik dari Bali dengan rasa nikmat dan tentunya dijamin halal ya. Kalau kamu tertarik buat mencoba hidangan Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali, kamu bisa cek lokasinya di sini ya!

Alamat dan Jam Buka Ayam Betutu khas Gilimanuk Tuban Bali

Jl. Raya Tuban No.2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka : 08.00 – 22.00 WITA
Telepon : +62361757535
Check lokasinya di Google Maps