Sate Klatak Pak Jede Jogja

Sate Klatak Pak Jede merupakan salah satu kuliner legendaris khas Jogja yang sudah terkenal hingga pelosok nusantara. Warung sate yang menyediakan kuliner kambing muda ini telah beroperasi sejak tahun 2013. Sate Klatak Pak Jede hingga kini tidak pernah sepi dari pengunjung dan tetap mempertahankan citarasa yang sama sejak awal tahun berdiri.

>>Baca juga: Sate Klatak Pak Pong Jogja

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Sate Klatak Terbaik di Jogja

Apa Itu Sate Klatak?

Sate Klatak adalah kuliner sate kambing muda yang diproses dengan cara ditusuk menggunakan besi jeruji sepeda dan dibakar di atas bara api. Tenang aja, jeruji sepeda ini sudah dipastikan steril, bersih, dan aman digunakan sebagai tusuk sate klatak. Keunikan lain dari sate klatak ini juga terletak pada komposisi bumbunya yang berbeda dari sate pada umumnya. Sate klatak pada umumnya memiliki bumbu yang sangat sederhana yaitu sebatas taburan garam krosok (sejenis garam laut kasar), serta disajikan bersamaan dengan kuah gulai kambing yg khas. Walau memiliki bumbu yang sederhana, Sate Klatak Pak Jede ini bebas dari bau langu khas daging kambing lainnya. Nama Klatak itu sendiri muncul karena adanya bunyi klatak-klatak dari gesekan jeruji besi sebagai media tusuk sate pada saat dibakar di atas arang.

>>Baca juga: Sate Klatak Pangestu – Kuliner Kambing Terbaik di Jogja Utara

Sejarah Sate Klatak

Sate Klatak pertama kali muncul pada awal tahun 1960an di Jogja, tepatnya di daerah Pasar Jejeran, Imogiri, Jogja. Pada saat itu, terdapat tiga pelopor sate klatak khas jogja yaitu Mbah Ambyar, Mbah Cupet, dan Mbah Umar. Hingga kini, sudah terdapat banyak warung sate klatak di Jogja yang dapat kamu coba, salah yang paling direkomendasi adalah Sate Klatak Pak Jede Jogja.

Sate Klatak Pak Jede menghadirkan suasana sederhana khas Jogja yang tenang dan tempat dine-in yang cukup luas untuk bisa menampung pelanggan yang banyak tiap harinya.Kambing muda yang diproses menjadi sate merupakan kambing yang berusia 7-8 bulan untuk menjaga keempukkan daging sate pada setiap gigitannya. Pada saat sebelum pandemi, warung ini bisa menghabiskan sebanyak 7-10 ekor kambing dalam satu hari, namun sejak pandemi COVID-19, warung Sate Klatak Pak Jede hanya dapat memproses setengah dari omset harian pada biasanya.

Harga Sate Klatak Pak Jede Jogja

Harga satu porsi Sate Klatak Pak Jede dibanderol dengan harga 25.000, lengkap dengan kuah gulai dan sambalnya yg mantab. Menu makanan lain di Sate Klathak Pak JeDe Khas Jejeran ini juga dibanderol dengan harga yang cukup ramah dikantong yaitu berkisar pada harga 10.000 hingga 30.000 untuk satu porsinya.

Alamat dan Jam Buka Sate Klatak Pak Jede

Alamat: Jl. Nologaten No.46, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jam Buka: Setiap hari, 10:00 WIB – 23:00 WIB
Telephone: 0822-4343-4455
Check Lokasinya di Google Maps