Jogja, salah satu destinasi kota wisata yang selalu ramai pada setiap musim liburan. Tidak hanya terkenal dengan berbagai lokasi wisatanya yang kaya unsur sejarah dan alam, wisata kuliner Jogja juga tidak kalah populer. Jika kita berwisata ke kota Jogja yang ada di benak kita untuk kulinernya pastilah gudeg atau bakmi. Namun kini, beberapa waktu terakhir opsi Sate Klatak Jogja menjadi pilihan utama para wisatawan untuk memanjakan lidah dan memenuhi bucket list mereka.

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Sate Klatak Terbaik di Jogja

Tempat makan sate klatak jogja yang wajib untuk anda kunjungi ialah Sate Klatak Pak Pong. Sate Klatak Pak Pong merupakan salah satu destinasi kuliner legendaris dan utama di Jogja. Sudah banyak wisatawan yang datang untuk membuktikan rasa dan kualitas olahan daging kambing muda dari tempat makan yang berlokasi di daerah Pleret, Bantul ini. Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tapi tidak merasakan nikmatnya sate daging kambing muda ini. Terlebih jika anda adalah pecinta olahan daging kambing, jangan sampai terlewatkan untuk merasakan nikmatnya Sate Klatak Pak Pong khas Jogja!

Foto: Instagram/solofoodgram

Berbeda dengan tempat lainnya, Sate Klatak Pak Pong bebas dari bau menyengat yang biasa ada pada olahan daging kambing. Bahkan dalam proses pembakarannya pun tidak tercium bau prengus. Sehingga tidak jarang mereka yang tidak menyukai kuliner olahan daging kambing, begitu mencicipi Sate Klatak Pak Pong langsung jatuh cinta pada kuliner Jogja satu ini. 

>>Baca juga: 7 Tips Liburan ke Bali yang Murah, Asyik, dan Aman

Potongan daging kambing muda yang besar, lembut, dan bumbu sederhana yang meresap sangat memanjakan lidah konsumen. Disajikan secara terpisah bersama kuah bening dan bumbu kecap manis-pedas akan menambah kekayaan rasa pada setiap gigitannya jika dimakan secara bersamaan. Sudah cukup membuat penasaran?

Foto: Instagram/jogjaculinary

Untuk anda yang mungkin belum pernah mencoba sate klatak maka akan menemukan hal unik yang hanya ada pada jenis sate ini. Daging kambing muda tersebut kemudian ditusuk dengan menggunakan tusuk besi yang bentuknya seperti jeruji sepeda. Tenang saja sudah pasti bersih dan tidak berkarat. Panas yang dihasilkan dari proses pembakaran akan dihantarkan dengan baik dan membuat daging matang dengan lebih sempurna.  

Sate Klatak Adalah

Nama ‘Klatak’ pada sate klatak konon berasal dari bunyi garam yang ditaburkan pada daging  saat proses pembakaran, sehingga muncul suara ‘klatak klatak klatak’. Mungkin nanti saat anda berkunjung ke Sate Klatak Pak Pong bisa menyempatkan diri untuk membuktikan hal tersebut? Sate Klatak Pak Pong sudah berdiri sejak 1960an. Sejak saat itu Sate Klatak Pak Pong turut meramaikan khasanah kuliner Jogja. Walaupun sudah berdiri cukup lama, rasa dan kualitas dari Sate Klatak Pak Pong tidak pernah mengecewakan. Justru semakin memuaskan. Mulai dari alur pelayanan yang lebih rapi, tempat yang lebih luas dan bersih. Tentu saja pelayanan ini semakin ditingkatkan karena jumlah pengunjung yang semakin banyak. Tidak jarang konsumen harus menunggu sekitar 1-1,5 jam untuk menikmati olahan daging kambing di tempat ini. Namun anda bisa mengantisipasi dengan datang pada jam-jam yang tidak terlalu ramai.

Harga Sate Klatak Pak Pong

Tidak hanya menyajikan sate klatak saja, di warung makan ini anda bisa mencoba berbagai menu lain. Seperti gulai, tongseng, kicik, tengkleng, dan menu lainnya. Rasanya pun tidak kalah enak dan lezat dibandingkan dengan sate klatak yang merupakan menu andalan disini. Jadi sudah pasti anda akan sangat puas jika berkunjung ke tempat ini. Untuk harga hanya berkisar Rp20.000 – Rp30.000, cukup murah bukan untuk masakan olahan daging kambing? 

Jangan ragu untuk memasukkan Sate Klatak Pak Pong dalam salah satu tujuan utama anda jika berkunjung ke Jogja. Karena tidak lengkap bukan jika ke Jogja tapi tidak menikmati kuliner Jogja satu ini? Yuk nikmati lezatnya sate klatak ini di: 

Alamat dan Jam Buka

Alamat: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791
Jam Buka: Setiap Hari, 09:00 WIB – 23:00 WIB
No. Hp: 0811-2645-251
Check Lokasinya di Google Maps