makanan india

Kamu yang lagi liburan di Bali pasti nggak bisa melewatkan wisata kuliner Bali yang beragam. Apalagi banyak makanan khas Bali yang menggugah selera. Mulai dari makanan halal hingga makanan non-halal yang bisa kamu cicipi. Nah, kalau kamu sudah menikmati masakan-masakan khas Pulau Dewata yang kaya rempah, nggak ada salahnya nih untuk mencoba makanan lain yang nggak kalah lezatnya. Banyak makanan khas negara lain yang tersedia di Pulau Dewata. 

Mulai dari makanan Western, Oriental, Timur Tengah, Asian, dan masih banyak yang lainnya. Untuk makanan Western kayaknya sih udah nggak asing lagi. Makanan Oriental pastinya sudah sering kamu nikmati. Makanan Timur Tengah juga lagi hits akhir-akhir ini. Nah, tapi ada satu masakan khas yang menggugah selera tapi kadang kamu lewatkan nih. Yups, apalagi kalau bukan makanan atau masakan khas India. 

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Bali Instagramable

Foto: Unsplash/Andy Hay

Nggak kalah sama makanan khas Bali yang punya cita rasa rempah yang lengkap, makanan India juga terkenal dengan bumbunya yang otentik. Meskipun masakan khas India ini bisa dibilang segmented, tapi sebenarnya rasanya juga bisa dinikmati oleh banyak orang lho. Jadi, nggak ada salahnya buat kamu mencoba makanan khas India. Atau kalau kamu penasaran nih seperti apa makanan-makanan yang sering muncul di serial Bollywood favorit kamu, kamu bisa langsung mencari restoran India terdekat.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Cafe di Canggu yang Super Instagramable

Foto: Instagram.com/@bombayindiaa

Kuliner India Murah di Bali

Beruntung kalau kamu lagi di Bali, kamu bisa menemukan restoran India yang otentik dengan harga terjangkau. Salah satu restoran India terbaik yang bisa kamu temukan di Pulau Dewata yakni JIB FUSION. Restoran India sendiri memang telah berkembang di Indonesia. Hampir di semua tempat, terutama di kota besar, kamu bisa menemukan restoran yang menjual makanan khas India. Biasanya, pemilik restoran atau warung makan ini adalah orang India asli yang sudah menetap di Indonesia. 

Rempah-rempah yang kuat dan bau yang tajam menciptakan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Rempah-rempah yang digunakan di masakan India ternyata juga banyak dijumpai di Indonesia. Nggak heran kalau masakan India juga bisa pas dengan lidah orang Indonesia. Beberapa rempah-rempah yang digunakan seperti jinten, ketumbar, kunyit, tentunya sudah nggak asing lagi buat orang Indonesia. Rempah-rempah ini juga sering digunakan untuk memasak makanan khas Indonesia.

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Bar di Bali dan Club di Bali yang lagi Hits

Foto: Instagram.com/@shashi_blogs

Menu Jib Fusion Bali

JIB FUSION punya varian menu makanan yang beragam. Sebagian orang mungkin udah nggak asing lagi dengan masakan india seperti kari, ayam masala atau chicken masala, roti chanai, nasi biryani, dan lain sebagainya. Semua menu yang disebutkan tadi tersedia di JIB FUSION lho. Buat para vegan, kamu bisa banget makan di restoran yang satu ini. Soalnya, tempat makan ini memang menyediakan hidangan yang ramah bagi para vegetarian.

Menu makanan yang ditawarkan di antaranya yakni Indian Classic Curry, Butter Chicken, Yellow Dhal, Kadai, Malai Kofta, Masala dan lain sebagainya. Buat kamu yang nggak pengen makan nasi, ada menu roti seperti Chanai, Naan, hingga Martabak.  Nama-nama menunya memang terdengar sedikit asing nih. Tapi jangan khawatir, kamu bakal menemukan deskripsi setiap hidangan di buku menu yang disediakan. Jadi kamu nggak akan salah pesan deh kalau makan di JIB FUSION.

Nggak cuma menu makanannya saja yang beragam, tapi menu minumannya juga nggak kalah lengkap lho. Kamu bisa memesan berbagai jenis minuman di tempat ini. Menu minuman yang ditawarkan antara lain fresh juice, squeezed, softdrinks, milkshake, minuman panas, raita atau yogurt dip, samosa dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memesan dessert atau makanan penutup seperti sizzling brownies, gajar helwa  atau scoope ice cream.

Foto: Instagram.com/@jibpererenan

Harga JIB Fusion Bali

Ngomong-ngomong soal JIB FUSION, warung makan India yang satu  ini menyediakan berbagai hidangan  dengan rasa yang sangat lezat. Tak hanya rasa hidangannya yang enak, JIB FUSION juga membanderol harga makanannya dengan cukup terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa menikmati makanan khas negara Asia Selatan ini tanpa khawatir sama budget. Kamu bisa menikmati sensasi makanan India tanpa harus jauh-jauh pergi ke sana. 

Untuk menu hidangan India yang ditawarkan, harganya termasuk cukup terjangkau lho. Kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 36 ribu untuk makanan berat. Untuk varian roti kamu cukup membayar mulai harga Rp 12 ribu. Sementara itu, menu minuman bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 8 ribu aja. Untuk dessert nih kamu bisa menikmatinya mulai dari Rp 12 ribu. Harganya masih bisa masuk ke budget liburan kamu nih.

>>Baca juga: IBAB BALI – Kuliner Babi Paling Terkenal di Bali

Foto: Unsplash/Dolores Preciado

Nah, selain makanannya yang khas dan unik banget, JIB FUSION juga menawarkan ambiance yang nggak kalah uniknya. Ya, desain tempat makan ini dibuat seolah-olah kamu benar-benar lagi di India lho. Meskipun sederhana banget konsepnya, tapi tempat makan ini didesain dengan ornamen-ornamen khas India yang kental. Kamu bisa melihat ornamen ini di dinding restoran yang bernuansa kecoklatan.

Untuk menambah kesan Bollywood vibes, warung makan ini juga didesain dengan tirai-tirai tipis yang menjuntai di bagian depan restoran. Ada juga lampu berjajar di depan restoran yang menjadi sumber pencahayaan yang terang. Pokoknya kalau kamu singgah di tempat yang satu ini bakal merasa seolah-olah lagi di India nih. Tempat makan ini terbagi jadi dua, nuansa India kental banget di salah satu bagiannya. Sementara bagian lain di desain dengan ornamen hijau meskipun nggak menghilangkan kesan Indianya.

Foto: Google.com/@Suta Maharguna

Tempat makan ini memang cukup sederhana, tapi makanan yang ditawarkan di sini cukup menggugah selera. Buat kamu yang penasaran pengen menjajal salah satu Indian Food terbaik di Pulau Dewata ini, kamu bisa datang ke alamat berikut ini:

Alamat dan Buka JIB Fusion Bali

Alama: Jl. Pantai Pererenan, Mengwi, 80351, Bali Indonesia atau kamu bisa klik langsung di Google Maps
Jam Buka: 12.00 – 22.00 WITA
Telepon: 0831-1444-8884

Nah, kamu tertarik nggak nih buat mencicipi makanan khas India terbaik di Bali? Kalau kamu lagi bosan sama makanan yang itu-itu aja, atau kamu lagi bingung mau makan apa, JIB FUSION bisa jadi salah satu tempat makan alternatif pilihan. Dengan beragam menu yang bisa kamu nikmati, dijamin liburan kamu di Bali bakal makin berkesan deh.  Nggak ada salahnya buat mencoba pengalaman baru makan di tempat yang satu ini. 

Foto : Instagram.com/@yogaveganjourney

Udah bukan rahasia lagi kalau Bali tuh punya banyak tempat wisata kuliner yang cocok buat kamu. Kayaknya kalau berwisata tanpa mencicipi kuliner unik tuh nggak lengkap rasanya. Oleh karena itu, mumpung kamu lagi di Bali, jangan lupa buat mencari tahu informasi soal tempat kuliner yang wajib kamu kunjungi. Ada banyak banget nih pilihannya. Hampir di setiap tempat wisata tujuan kamu, pasti ada tempat wisata kuliner populer, legendaris dan pastinya rasanya mantap abis. Tunggu apa lagi? Kamu udah bisa mulai menulis wishlists!

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.