tanah lot Bali

Tanah Lot merupakan salah satu Pura yang sangat penting bagi Umat Hindu dan juga salah satu tempat yang sangat disucikan di Bali, Indonesia. Tempat yang kini menjadi salah satu destinasi wisata eksis ini tak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, banyak sekali keistimewaan dan keunikan yang dapat ditemukan di Tanah Lot yang terletak di Desa Beraban, Kabupaten Tabanan Bali.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi di Tanah Lot adalah Goa Ular Suci, kamu dapat berkunjung  ke Goa Ular Suci yang berada di bawah tebing. Hal menarik dari Goa ini adalah kamu hanya dapat mengunjunginya ketika air laut surut. Selain itu ada pula Batu Bolong Temple yang dapat dikunjungi.  Batu Bolong Temple adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yang senang menikmati matahari terbenam. Keindahan sore hari ini akan memberikan suasana yang begitu menenangkan.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Spot Self Healing Paling Hits di Bali

foto: Instagram/@thitisak_watthano

Sejarah Tanah Lot

Menurut sejarah, Tanah Lot dibangun oleh seorang Brahmana bernama Dang Hyang Niratha yang dulunya merupakan seorang pengembara di Pulau Jawa. Beliau berhasil menguatkan kepercayaan mayoritas warga Bali tentang ajaran Hindu pada abad 16. Namun saat beliau menjalankan misinya Bendesa Beraban yang merupakan pemimpin di desa tersebut merasa iri dan ingin mengusir Danghyang Niratha dari tempat meditasinya. Karena diusir, Danghyang Niratha mengeluarkan kesaktiannya untuk memindahkan batu karang (tempat bermeditasi) ketengah pantai dengan kekuatan spiritual. Batu karang tersebut diberi nama Tanah Lot yang berarti Batu karang yang berada di tengah laut.

Sejarahnya memang begitu menarik untuk diulas, serta cerita rakyat yang berkembang menjadi incaran para wisatawan untuk mencari tahu lebih jauh mengenai mitos dan fakta Tanah Lot.

>>Baca juga: Informasi dan Harga Terbaru Wisata Tari Barong Bali

foto: Instagram/@explorealamofficial

Fakta dan Mitos Tanah Lot

Ada 8 pura yang terdapat diarea tanah lot, Pura Penataran, Pura Penyawang, Pura Jero Kandang, Pura Enjung Galuh, Pura Batu Bolong, Pura Batu Mejan, Pura Pakendungan dan Monumen Tri Antaka.

  1. Ular yang berada di Tanah Lot dipercaya merupakan selendang yang diubah untuk dijadikan penjaga pura, dan ular suci yang berada di Tanah Lot diyakini menjadi alat untuk menghindari masyarakat dari ancaman kejahatan dan kerusakan. Ular tersebut juga dijadikan penanda dan isyarat jika terjadi bencana alam, tanda yang akan terlihat adalah adanya ratu atau raja ular laut berwarna merah yang akan muncul.
  2. Tanah Lot dibangun oleh seorang Brahmana dari jawa, Danghyang Niratha yang juga membawa ajaran Hindu ke Bali Pada abad ke-16.
  3. Pengunjung wanita yang sedang menstruasi dilarang masuk karena adanya ajaran Hindu yang mempercayai bahwa darah kotor yang didapat wanita datang bulan dapat mengotori rumah ibadat (Pura) yang suci.
  4. Fakta Tanah Lot berasal dari kata Tanah yang berarti daratan atau pulau dan lot yang berarti laut.  Jika diringkas Tanah Lot berarti pulau kecil yang mengapung di tengah laut. Pura Tanah Lot sering terkena abrasi dan pengikisan karena ombak dan angina, oleh karena itu dipasang tetrapod sebagai pemecah gelombang yang berupa karang buatan, renovasi telah dilakukan sejak 1987 hingga 2003, dengan biaya kurang lebih Rp 95 miliar yang dipinjam negara pada Jepang.
  5. Fakta Pura Tanah Lot diperingati setiap 210 hari sekali, biasanya dekat dengan Hari Raya Galungan atau Kuningan, pada saat itu Tanah Lot akan di penuhi oleh masyarakat Bali.
  6. Mitos lain yang dipercaya masyarakat adalah air di Tanah Lot dapat membuat orang awet muda. Banyak pengunjung datang untuk membuktikan mitos tersebut, tetapi belum ada penelitian tentang kebenaran air suci ini.

Dibalik itu semua ada hal menarik lainnya yang dapat menjadi daya Tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali dan datang langsung ke Tanah Lot.

Jika anda ingin berkunjung ke tanah Lot , alangkah baiknya mengenali sejarah Pura Tanah Lot  Berikut ini beberapa daya tarik tanah lot yang yang akan membuatmu kagum.

foto: Unsplash/Aditya Nara

1.      Pura Penataran

Pura Penataran adalah salah satu dari beberapa pura di daerah Tanah Lot, Pura Penataran adalah tempat untuk berdoa kepada Dewa dan manifestasiny yang ada di pura Tanah Lot untuk kesehatan dan kebahagiaan.

2.      Pura Penyawang

Pura Penyawang terletak di sisi barat Pura Penataran. Pura ini di bangun untuk berdoa kepada dewa dan dan manifestasinya yang ada dan memiliki kuas di Pura Tanah Lot sebagai dewa lautan.

3.      Pura Pakendungan

Pura pakendungan ini adalah satu kesatuan dengan Pura Tanah Lot dan bagian dari sejarah Tanah Lot

4.      Pura Njung Galuh

Pura ini dibangun untuk berdoa kepada Dewi kemakmuran, yaitu Dewi Sri, sebagai kekuatan, yang disebut Shakti, dan Dewa Wisnu, Manifestasi Dewa Pelindung

5.      Pura Batu Mejan

Pura Batu Mejan dibangun untuk penduduk desa sebagai tempat memohon belas kasihan dari Dewa melalui air suci. Upacara Pura Batu Mejan diadakan setiap Sabtu Kliwon, Wara Kuningan sesuai kalender Bali.

6.      Pura Jero Kandang

Pura Jero Kandang adalah tempat untuk berdoa kepada Dewa dengan manifestasinya sebagai Dewa dari semua hewan dan tumbuhan dan juga tempat berdoa kepada Dewi Sri sebagai manifestasi Tuhan sebagai Dewi kemakmuran.

7.      Sunset Teras

Sunset Teras adalah sebuah tempat di Tanah Lot yang menyediakan tempat untuk menikmati keindahan momen terbenamnya matahari di Pulau Dewata.

8.      Yeh Kutikan

Yeh Kutikan adalah tempat menikmati keindahan ombak yang sangat indah, tempat ini terletak di Barat Warung Mandala dan kerap dijadikan sebagai tempat untuk memancing baik bagi wisatawan domestic maupun mancanegara.

9.      Pasar Seni

Tanah Lot memiliki sebuah pasar yang menjual bermacam  souvenir berupa hasil seni budaya Bali. Contohnya seperti kemeja, sarung, sandal, topi, lukisan, patung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

10.  Mata air suci

Umat Hindu percaya bahwa mata air tersebut adalah air suci (tirtha pangelukatan) yang dapat digunakan untuk memurnikan semua keburukan dan penyakit yang ada.

11.  Monumen Tri Antaka

Dikawasan ini terdapat sebuah monumen untuk mengenang perjuangan rakyat Bali dalam melawan NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang pada 1946 berhasil menguasai Bali. Monument ini didirikan tepat ditempat I Gusti Ketut Kereg, I Wayan Kamias dan I Nyoman Regug dibunuh ketika berjuang.

Nah ini lah beberapa tempat bersejarah dan menarik untuk dikunjungi selama anda berada Tanah Lot yang sayang bila di lewatkan.

Terdapat perbedaan harga tiket masuk untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Wisatawan anak-anak dan orang dewasa juga dikenakan biaya berbeda meskipun begitu selisihnya tidak terlalu jauh.

Hanya dengan harga tiket yang sangat terjangkau wisatawan dapat menikmati keindahan Tanah Lot sepuasnya. Selain tiket masuk wisatawan juga harus membayar biaya parkirnya dan setiap jenis kendaraan berbeda pula tarifnya, untuk parkir roda dua paling murah sedangkan Bus dikenakan biaya parkir lebih mahal.

foto: Unsplash/Made Caesario

Daftar Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali Terbaru (2022)

Kategori Tiket                                            Harga Tiket
Tiket Masuk untuk orang Dewasa              Rp20.000/Orang
Tiket Masuk untuk Anak-Anak                   Rp15.000/Orang
Parkir Kendaraan Roda Dua            Rp2.000/Orang
Parkir Kendaraan Roda Empat          Rp5.000/Orang
Parkir Bus                                                    Rp10.000/Orang

Waktu Terbaik Berkunjung ke Tanah Lot

Bagi kamu yang tidak suka keramaian , maka waktu terbaik liburan ke Tanah Lot adalah di pagi hari sebelum pukul 10:00. Karena setelah pukul 10:00 objek wisata Tanah Lot akan ramai dengan kunjungan wisatawan. Jika kamu tidak ingin liburan saat Tanah Lot ramai, namun tetap ingin melihat pemandangan Tanah Lot maka waktu pada pertengahan Januari sampai April, begitupun September sampai akhir November. Pada bulan-bulan itu Tanah Lot terbilang sepi.

Jika kamu ingin melihat keindahan pemandangan sunset Pura Tanah Lot yang indah maka waktu terbaik berkunjung sekitar pukul 17:00-17:30, karena rentang waktu matahari terbenam di Bali terjadi antara Pukul 17:40-18:25. Namun dengan mengunjungi Pura Tanah lot pada waktu menjelang sunset maka kamu harus siap dengan ramainya pengunjung, karena mereka juga mengincar keindahan matahari tenggelam. Maka ada baiknya bila kamu tiba lebih awal sekitar pukul 16.30.