Bosan dengan suasana kantor itu-itu saja? Atau kamu butuh penyemangat baru untuk menjalankan aktivitas yang bikin penat? Atau masalah yang mungkin belum ketemu solusinya? Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit mereka. Banyak faktor penyebabnya mulai dari kerjaan, keluarga, finansial, percintaan dan masih banyak yang lainnya. Hal itu bisa berpengaruh pada kesehatan mental lho. Untuk mengatasi hal itu, berbagai cara dilakukan. Ada yang berlibur, menjalankan hobi, makan, dan sebagainya. Namun, tahukah kamu tren untuk mengatasi masalah mental tersebut? Yaps, Self Healing. Nama masa kini yang dipakai untuk mengatasi capek mental bagi siapa saja yang mengalaminya.

Self Healing sendiri merupakan penyembuhan mental yang hanya melibatkan diri sendiri. Tujuannya adalah untuk bisa lebih memahami, menerima dan menyembuhkan luka batin dari individu itu sendiri. Kira-kira metode self healing apa yang cocok untuk kamu? Pastinya bisa buat kamu bangkit secepat mungkin.

Foto: Unsplash/Paula

Berlibur sejenak ke Bali dan menikmati tempat-tempat sunyi dan indah sendirian mungkin bisa jadi obat untuk kamu. Nggak perlu diragukan lagi, Bali selalu memiliki banyak lokasi wisata yang indah. Tapi, Bali juga memiliki banyak spot healing yang nggak kalah menarik lho. Bisa banget kamu jadikan tujuan self healing saat berada di Bali. Infoliburan.com sudah merangkum 11 spot self healing yang hits di Bali dan wajib kamu kunjungi. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Air Terjun Sekumpul

Melihat nuansa hijau dan suara gemericik air akan pas untuk self healing pertamamu. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang tenang di Air Terjun Sekumpul. Masalah yang mengganjal pikiran dijamin akan lupa dalam sekejap. Nggak usah ragu untuk mengunjungi air terjun yang satu ini. Air terjun yang berada di Bali Utara ini merupakan air terjun terindah di Bali lho. 

Foto : Instagram.com/@wonderfultripid

Alamat : Sekumpul, Kec. Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali
Jam Buka : 08.00–17.00 WITA
Check lokasinya di Google Maps

Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk merupakan area trekking jogging yang berada di area Bukit Campuhan. Memiliki pemandangan yang asri membuat tempat satu ini cocok untuk tujuan healing kamu. Ditambah saat sunrise dan sunset. Pasti bikin kamu tenang.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata di Ubud yang Paling Hits

Foto : Instagram.com/@soulexplorerspace

Alamat : Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : Bua 24 jam
Check lokasinya di Google Maps

Pantai Diamond

Pantai Diamond merupakan pantai eksotis yang berada di Nusa Penida. Kamu bisa menemukan tebing-tebing indah yang berbentuk meruncing seperti mutiara. Memiliki pemandangan yang indah membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini. Hamparan pasir putih, debur ombak, dan semilir serasa pas dengan suasana pantai yang damai.  Nggak heran kalau pantai ini menjadi salah satu spot untuk self healing kamu.

Foto : Instagram.com/@balidriverandguide

Alamat : Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam Buka : Buka 24 jam
Check lokasinya di Google Maps

Air Terjun Banyu Wana Amerta

Air Terjun Banyu Wana Amerta merupakan air terjun yang berada di kawasan Buleleng Bali. Salah satu spot healing yang satu ini nggak perlu lagi kamu ragukan. Memiliki pemandangan hijau yang yang indah ditambah air yang ada di air terjun ini berasal dari mata air hutan lindung. Sudah pasti sangat menyegarkan. Bermain air dan berenang di air terjun ini bisa buat lupa akan penatmu lho. 

Foto : Instagram.com/@beixin

Alamat : Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Jam Buka : 08.00–17.00 WITA
Telepon : 082246169096
Check lokasinya di Google Maps

Yoga Ubud House

Suasana Bali sangat cocok untuk menghilangkan stress dengan yoga lho. Kamu bisa berkunjung ke Yoga Ubud House. Meditasi dan yoga akan sangat cocok untuk self healing. Ditambah pemandangan terasering hijau yang sangat indah dipandang. Yoga Ubud House tergolong murah lho. Untuk pemula kamu hanya perlu mengeluarkan sebesar 100.000 rupiah saja untuk yoga di tempat ini.

Foto : Instagram.com/@yoginizkorea

Alamat : Jl. Subak Sokwayah, Ubud, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 07.00–19.00 WITA
Telepon : +62082144181058
Check lokasinya di Google Maps

Terasering Desa Wisata Gunung Salak

Spot healing yang terbaik saat ke Bali adalah Terasering yang berada di Desa Wisata Gunung Salak. Kamu bisa menemukan keindahan sawah saat berada di sini. Buat kamu yang jenuh dengan pikiran atau masalah, kamu bisa berteriak kencang saat berada di terasering ini. Dijamin bisa buat kamu plong.

Foto: Unsplash/Marvin Meyer

Alamat : Kec. Selemadeg Tim., Kabupaten Tabanan, Bali 82162
Jam Buka : Buka 24 jam
Telepon : 087861424888
Check lokasinya di Google Maps

Bukit Nampo

Berada di ketinggian 795 mdpl, Bukit Nampo bisa dibilang surganya Bukit Bali. Pemandangan yang ditawarkan adalah lautan hijaunya Bali. Selain itu, pemandangan saat matahari terbit dan terbenam juga nggak kalah indah.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Wisata Kintamani Bali

Foto : Instagram.com/@karangasemcamping

Alamat : Jungutan, Kec. Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali 80861
Telepon : 08113833455
Check lokasinya di Google Maps

Gunung Batur Kintamani

Saat kamu ke Gunung Batur Kintamani, pemandangan indah danau alami akan kamu lihat dari sini. Walaupun merupakan salah satu gunung aktif, Gunung Batur selalu menjadi spot terenak untuk healing. Kamu bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan negeri diatas awan yang sangat indah.

Foto : Instagram.com/@gunungbaturtrekking

Alamat : Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Jam Buka : Buka 24 jam
Check lokasinya di Google Maps

Pantai Nunggalan

Untuk kamu yang mencari pantai di Bali namun tidak terlalu ramai, Pantai Nunggulan jawabannya. Suasana sepi yang ada di pantai ini sangat cocok untuk pelampiasan emosi. Adanya spot kapal karam, suara ombak, dan pasir putih yang indah membuat healingmu menjadi lebih mudah.

Foto : Instagram.com/@apkasi

Alamat : Jl. Batu Nunggalan, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka : Buka 24 jam
Telepon : 03619009270
Check lokasinya di Google Maps

Aliran Air Telaga Surya

Aliran air Telaga Surya merupakan spot healing yang wajib kamu kunjungi. Nggak seperti pemandiannya yang tergolong ramai, kamu bisa bersantai dengan aliran air yang ada. Tentunya suasananya sangat sepi. Selain itu pemandangan hijau juga bisa menambah suasana tenang kamu.

Foto : Instagram.com/@maingetrip

Alamat : Jl. Surya Indah No.17, Menanga, Kec. Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali 80863
Jam Buka : 08.00–18.00 WITA
Telepon : 085239176671
Check lokasinya di Google Maps

Desa Munduk

Nama lain dari Desa Munduk adalah “Desa Atas Awan di Bali”. Pemandangan asri yang ditawarkan di desa ini nggak ada duanya. Terletak di ketinggian 900 Mdpl, Desa Munduk menjadi desa wisata dengan daya tarik tersendiri. Sangat cocok untuk menenangkan pikiran saat ke tempat ini.

Foto : Instagram.com/@balidriverandguide

Alamat :  Kec. Banjar Kabupaten Buleleng Bali
Jam Buka : Buka 24 jam
Check lokasinya di Google Maps

Nah berikut 11 spot self healing versi infoliburan.com. Jangan ragu untuk mengunjunginya ya. Saat kamu sedang galau atau sedih pergi ke tempat tersebut bisa menjadi pilihan lho.

By Weni Arfiyani

A professional writer.