Taman Dedari Bali

Wisata Terbaru di Bali

Tempat wisata baru di Bali tapi punya daya tarik yang kuat? Apalagi kalau bukan Taman Dedari. Salah satu hidden gem di Pulau Dewata ini memang baru dibuka pada 9 Januari 2021. Umurnya sih baru setahunan, tapi tenang, taman yang satu ini punya pesona yang nggak boleh kamu lewatkan. Terletak di kawasan Ubud, Gianyar, Taman Dedari Bali sudah pasti menyajikan pemandangan alam yang indah dan menarik banget. Cocok buat kamu yang menginginkan wisata selain pantai di pulaunya para dewa ini.

Foto : Instagram.com/tamandedari

Meskipun tergolong baru, taman yang satu ini punya ciri khas tersendiri. Di sini kamu akan merasakan layaknya berwisata di negeri dongeng. Konsep yang diusung saat pembuatannya adalah perpaduan seni dan alam yang indah. Kamu bisa menemukan pemandangan pegunungan yang hijau dan patung-patung bidadari yang unik saat berkunjung ke tempat ini. Taman Dedari juga bisa kamu jadikan tempat nongkrong bareng orang terdekat. Dan pastinya cocok buat hunting foto-foto hits dan Instagramable.

>>Baca juga: 9 Makanan Khas dari Bali Anti Mainstream, Wajib Coba

Foto : Instagram.com/tamandedari

Arti Nama Dedari

Penamaan Dedari sendiri diambil dari cerita Resi Markandeya yang saat sedang bertapa melihat bidadari turun di Sungai Ayung. Resi Markandeya disebut sebagai sosok penting yang menyebarkan agama Hindu di Pulau Dewata. Sungai Ayung yang dimaksud letaknya nggak jauh dari Taman Dedari. Arti kata Dedari sendiri adalah Bidadari. Nggak heran kan kalau di taman ini banyak sekali patung bidadari yang bakalan kamu jumpai?  Kamu bisa menemukan kurang lebih 50 patung yang disusun rapi di pinggir sungai Ayung. Taman yang berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektar ini juga memiliki pemandangan sunset yang sangat indah dari atas pegunungan. Nggak kalah dengan pemandangan sunset di pantai-pantai Bali yang jadi buruan para wisatawan.

Taman Dedari memiliki daya tarik yang lumayan banyak. Salah satunya patung bidadari yang sangat tinggi dengan ketinggian mencapai 10 meter. Di sini kamu bisa menemukan sekitar 4 patung yang memiliki ukuran besar. Patung yang lainnya berukuran sedang atau kecil. Taman yang baru dibuka ini kini salah satu tujuan wisata alam dan budaya yang hits di Bali. Banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk menikmati budaya yang kental dan pemandangan alam yang eksotis.

Karena banyaknya pengunjung yang mulai menjamah taman yang satu ini, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas buat kamu. Yang paling penting di sini, ada fasilitas restoran yang bisa kamu jadikan sebagai tempat makan sekaligus nongkrong dan ngobrol asyik sama orang tersayang. Nggak mungkin kan kalau kamu udah seharian jalan-jalan tapi nggak ada tempat makan? Selain fasilitas ini, tentunya ada tempat khusus buat pengadaan event, ada tempat buat bersantai juga dan masih banyak lainnya. Nggak heran deh kalau tempat ini sekarang jadi salah satu objek wisata terkenal di Bali.

Plusnya lagi, suasana yang adem dan sejuk di sini bakalan bikin kamu betah berlama-lama. Buat kamu yang lagi healing dari penatnya pikiran, tempat ini bisa cocok banget buat kamu. Sejuknya angin sepoi-sepoi yang menerpa dan pemandangan yang memanjakan mata pastinya bikin healing kamu semakin warna. Kamu bisa nongkrong di sini bareng teman-teman juga sambil menikmati hidangan yang kamu pesan direstorannya.

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Paket Tour Bali Murah, Lengkap Dengan Harga

Foto : Instagram.com/@tamandedari

Selain pemandangan alam dan patung-patung bidadari yang indah, Taman Dedari juga memiliki desain interior bangunan yang sangat klasik. Ornamen kayu di bagian restorannya membuat vibes di sini semakin adem dan sejuk. Meja dan kursi yang unik juga mempertegas nuansa klasik yang dibangun di tempat ini. Pokoknya kamu bakalan dimanjakan dengan budaya Bali yang kental di tempat ini.

Foto : Instagram.com/@tamandedari

Tempat Makan Instagramable dengan Pemandangan Sunset di Bali

Saking indahnya pemandangan alam hijau dan pahatan patungnya, Taman Dedari bisa menjadi salah satu spot foto romantis juga. Taman ini juga biasanya digunakan untuk foto prewedding. Banyak pasangan yang memilih Taman Dedari sebagai latar belakang dalam foto mereka karena merepresentasikan Bali dengan apik banget. Buat kamu yang memilih konsep adat Bali buat foto prewedding, bakalan cocok banget mengambil latar belakang tempat ini.

Seperti yang sudah diulas tadi, Taman Dedari juga punya pemandangan sunset yang indah. Berkunjung ke sini bakal lebih syahdu jika kamu mengunjunginya saat menjelang matahari terbenam. Pemandangan sunset di sini bisa jadi opsi buat kamu yang selain tentunya sunset di Pantai Bali yang udah terkenal indahnya. 

Foto : Instagram.com/@tamandedari

Spot Foto Prewedding di Bali

Selain spot foto prewedding, Taman Dedari juga banyak digunakan sebagai tempat pengadaan acara atau event. Dengan kapasitas restoran yang cukup untuk menampung hingga ratusan pengunjung, taman cantik ini juga cocok untuk acara gathering kamu. Bahkan beberapa acara besar di Bali sering menggunakan Taman Dedari sebagai tempat penyelenggaraan acara lho. Nggak usah bingung saat kamu ingin mencari penginapan di sekitar sini. Banyak sekali penginapan, hotel, atau villa yang bisa kamu pilih untuk menginap.

Foto : Instagram.com/@tamandedari

Harga Taman Dedari Bali

Bicara soal harga, harga makanan dan minuman di restorannya memang bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tapi tenang, ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kantong kamu ya. Makanan dan minuman di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 33.000  sampai Rp. 135.000. 

Menu makanan paling recommended di restoran Taman Dedari adalah Bebek Crispy Dedari yang harganya Rp 135 ribu. Pilihan lainnya, kamu bisa memesan Ayam Betutu Bakar dengan harga yang sama. Buat kamu yang suka menu ikan, ada Gurame Goreng Kriuk yang harganya Rp 69.500. 

Buat pilihan menu yang agak hemat di kantong, kamu bisa memesan salad mulai dari Rp 29.500. Untuk beberapa makanan pendamping seperti tahu dan tempe goreng harganya Rp 19.000. Selain itu ada menu Tipat Kuah Bali yang harganya Rp 33.000. Beberapa menu makanan Western seperti Burger, Pizza dan Spaghetti juga ada di restoran ini. Untuk harga menu Western mulai dari Rp 40.500. 

Minuman yang disediakan juga sangat beragam. Yang paling favorit ada Es Jeruk Kelapa Muda dengan harga Rp 25.000, Es Daun Mint Madu Rp 29.000, Es Lunak Dedari Rp 29.000, dan berbagai pilihan menu lainnya yang bisa kamu pilih sesuai selera. Semua makanan dan minumannya memiliki cita rasa yang lezat dan pasti terasa bumbu khas Bali-nya. Nagih banget deh makan di tempat yang satu ini.

Foto : Instagram.com/@tamandedari

Harga Tiket Masuk Taman Dedari Bali

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi Taman Dedari, nggak perlu was-was soal harga tiket masuk. Pihak pengelola belum menerapkan harga tiket masuk untuk Taman Dedari lho, jadi tiket masuk Taman Dedari Bali ini gratis. Tapi, kamu yang datang ke taman ini harus memesan makanan maupun minuman. Kamu nggak mungkin leluasa untuk masuk taman kemudian foto-foto lalu pergi. Karena memang awalnya taman ini bertujuan untuk komersial dan konservasi sosial budaya serta adat istiadat Bali.

Yuk berwisata ke Taman Dedari. Selain bisa melihat pemandangan yang indah, kamu juga bakal disajikan budaya Bali yang unik banget. Langsung aja datang ke alamat di bawah ini ya buat berkunjung ke Taman Dedari Bali.

Alamat: Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Atau check lokasinya langsung di Google Maps

Taman Dedari buka pukul 10.00 WITA dan tutup pukul 21.00 WITA. Jika kamu ingin reservasi atau tanya-tanya bisa ke nomor telepon  (036)1977801. Selamat berlibur!

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.