Nusa Penida Bali

Salah satu wisata yang populer di kota Bali adalah Nusapenida Bali. Nusa Penida merupakan salah satu pulau yang ada di Bali yang memiliki daya tarik wisata yang unik dan menarik.

Nusa Penida Terdapat banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di Nusapenida Bali. Seperti menikmati indahnya pantai, snorkeling, scuba diving, berfoto di tebing tinggi yang indah, dan lainnya.

5 Tempat Wisata di Nusapenida Bali yang Populer

Nusapenida Bali memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi. Namun, agar kamu tidak bingung ketika memilih tempat wisata. Berikut kami berikan informasi mengenai tempat wisata di Nusa Penida yang populer dan wajib kamu kunjungi.

>>Baca juga: Taman Dedari Bali, Wisata Baru di Bali dengan Harga Terjangkau

Foto: Unsplash/Alfiano Sutianto

Broken Beach

Broken beach merupakan pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai ini dinamakan broken yang dalam Bahasa Inggris berarti rusak, karena pantai Broken Beachterletak di dalam sebuah tebing yang melingkari pantai atau menjorok ke laut.

Di tengah-tengah tebing ini terdapat bagian yang roboh dan membentuk lingkaran, sehingga air laut dapat masuk ke pantai melalui terowongan.Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik di hari libur maupun hari biasa.

Kami menyarankan kamu untuk berkunjung ke Broken Beach, karena pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto ria dengan pemandangan yang cantik.

>>Baca juga: Pantai Suluban Uluwatu, Hidden Gem Wisata Terbaru di Bali

Foto: Instagram/@traviway

Crystal Beach

Objek wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ketika mengunjungi Nusapenida Baliadalah Crystal Beach. Sesuai dengan namanya Crystal atau kristal, pantai ini memiliki air yang sangat bening sebening kristal.

Pantai ini menyuguhkan pesona pemandangan yang sangat indah dengan keindahan terumbu karangnya. Sehingga, pantai Crystal Beach sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat snorkeling dan diving.

Untuk kamu yang ingin menikmati alam bawah laut Nusapenida Bali, pantai ini sangat kami rekomendasikan. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan memiliki terumbu karang dan flora fauna yang beragam, sehingga akan memberikan pengalaman snorkeling dan diving menjadi berkesan.

Foto: Unsplash/Kilarov Zaneit

Angel’s Billabong

Angel’s Billabong memiliki arti ujung dari sebuah sungai yang buntu. Pantai ini dinamakan demikian karena objek wisata ini merupakan muara dari sebuah sungai.

Pada muara ini terdapat kolam yang terbentuk alami dari cerukan karang. Kolam alami ini diisi dengan air laut yang tenang dan jernih. Kolam ini membuat pantai ini menjadi menarik dan unik.

Kamu dapat berenang dan mengambil foto ketika air sedang surut. Sangat tidak disarankan untuk kamu berenang ketika air sedang pasang. Karena ombak yang besar dapat menyeret kamu keluar.

Foto: Unsplash/Muhammad Arief

Bukit Teletubbies

Selain memiliki wisata pantai, Nusapenida Bali juga memiliki objek wisata perbukitan dengan hamparan rumput hijau yang luas seperti bukit yang ada di film teletubbies.

Bukit ini juga disebut dengan Teletubbies Hills. Kami menyarankan kamu untuk berkunjung ke tempat ini tidak pada musim kemarau. Karena, pada musim kemarau rumput-rumput akan mengering.

Sehingga tidak terlalu indah untuk dijadikan tempat berfoto, Namun, ketika rambutnya masih berwarna hijau segar, bukit ini menyuguhkan pemandangan yang sangat sempurna dan akan sangat indah apabila kamu mengambil foto disini.

Foto: Unsplash/Sebastien Gabriel

Amok Sunset

Amok merupakan salah satu bar dan restoran di Nusapenida Bali yang menyuguhkan pemandangan sunset yang sangat indah. Objek wisata ini dibuat dengan bambu diatas tanjung yang menghadap ke laut.

Objek wisata ini wajib untuk kamu kunjungi ketika berlibur ke Nusa Penida. Kamu dapat menikmati makan siang dan makan malam dengan pemandangan yang istimewa.

Disini juga tersedia kolam renang, sehingga kamu dapat berenang atau sekedar bersantai di tepi kolam sambil menikmati indahnya matahari terbenam. Amok sunset merupakan restoran nomor 1 yang ada di Pulau Nusa Penida.

Cara Menuju Pulau Nusapenida Bali

Pulau Nusa Penida dengan Pulau Bali dipisahkan oleh lautan. Sehingga untuk mencapai Nusapenida Bali kamu perlu untuk melewati lautan yang luas. Terdapat dua cara yang dapat ditempuh, yaitu melalui jalur udara dan jalur laut.

Untuk jalur udara, kamu dapat menggunakan helikopter. Namun tentunya menggunakan helikopter dapat menguras dompet. Sehingga kami merekomendasikan untuk menggunakan jalur laut dengan kapal cepat.

Terdapat beberapa tempat di Pulau Bali yang menyediakan rute keberangkatan dari Pulau Bali menuju ke Pulau Nusa Penida menggunakan kapal cepat. Berikut beberapa tempat yang menyediakan fast boat ke Nusa Penida.

  1. Pelabuhan Pantai Sanur

Tempat yang paling terkenal dan banyak dijadikan pilihan wisatawan ketika ingin pergi ke pulau Nusa Penida adalah Pelabuhan Pantai Sanur. Hal ini dikarenakan, pelabuhan ini memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu berada di Selatan Bali.

Selain itu, pelabuhan pantai sanur juga menyediakan banyak pilihan fast boat mulai dari harga yang murah hingga mahal. Kamu dapat memilih untuk menggunakan fast boat ataupun menggunakan perahu tradisional.

Di pelabuhan pantai sanur terdapat banyak operator fast boat yang menyediakan layanan penyeberangan dari Pulau Bali menuju Pulau Nusa Penida. Semua operator memiliki layanan yang sama baiknya. Sehingga kamu dapat memilihnya berdasarkan jam keberangkatannya.

  1. Pelabuhan Serangan

Pelabuhan lainnya yang menyediakan penyebrangan dari Pulau Bali menuju Pulau Nusa Penida adalah Pelabuhan Serangan. Pelabuhan Serangan juga terletak di Selatan Bali, lebih tepatnya dekat dengan Pelabuhan Benoa.

Beberapa operator yang tersedia di Pelabuhan ini menyediakan penyebrangan menuju Pulau Nusa Penida. Namun, sebagian besar operator fast boat yang tersedia di pelabuhan ini menyediakan layanan penyebrangan menuju Gili Trawangan dan Lombok.

Pelabuhan in sering dijadikan pilihan oleh wisatawan yang mengutamakan kenyamanan dibanding harga. Karena, pelabuhan ini didesain khusus pelabuhan fast boat dengan menawarkan fasilitas penunjang pelabuhan yang menarik.

Di pelabuhan serangan terdapat restoran dan juga ruang tunggu yang sangat nyaman. Apabila kamu menaiki fast boat dari pelabuhan ini, maka kaki kamu tidak akan basah karena terdapat dermaga yang tersedia.

  1. Pelabuhan Tribuana Pantai Kusamba Klungkungan

Pelabuhan Tribuana merupakan pelabuhan yang terletak di klungkungan. Pelabuhan ini menyediakan layanan penyebrangan menuju Pulau Nusapenida Bali.

Sehingga, masyarakat klungkungan ketika ingin menuju Nusa Penida memilih untuk menggunakan pelabuhan ini karena jaraknya yang dekat dengan rumah mereka.

Selain sering digunakan oleh masyarakat klungkungan, pelabuhan tribuana juga sering dijadikan pilihan pelabuhan oleh wisatawan yang menginap di kawasan ubud. Pelabuhan ini menawarkan harga tiket fast boat yang cukup terjangkau.

Terdapat tiga operator di pelabuhan tribuana yang menyediakan layanan penyebrangan menuju Pulau Nusa Penida. Yaitu Sekar Jaya Fast Boat, Gangga Express, dan Sebrang Hill.

Perjalanan dari pelabuhan pantai kusamba menuju pulau Nusa Penida membutuhkan waktu selama satu jam menggunakan fast boat. Dan nantinya akan berlabuh di pelabuhan Toya Pakeh.

Demikianlah informasi mengenai tempat wisata Nusapenida Baliyang wajib untuk kamu kunjungi beserta informasi cara untuk menuju Pulau Nusa Penida. Semoga liburanmu menyenangkan ya! Ingin tahu informasi tempat menarik untuk liburan lainnya. Yuk, baca di blog Info Liburan.