Pantai Suluban Uluwatu Bali

Berwisata akan sangat menyenangkan jika berkunjung ke pantai. Banyak orang yang memilih pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik, apalagi di pantai orang-orang bisa melakukan apa saja. Jika berlibur, kamu bisa berenang di pantai dan menikmati panorama alam indahnya.

Kamu bisa melihat sunrise dan sunset dengan mudah di pantai, sebab di pantai matahari akan terlihat dengan jelas tanpa ada halangan apapun. Apalagi di Indonesia memiliki banyak pantai yang cantik dan menawan.

Salah satunya Bali, di Bali, kamu bisa mengunjungi pantai Suluban yang memberikan panorama alam indah dan menawan. Lalu, apa saja sih keunikan dari pantai yang satu ini? Dimana lokasinya dan ada apa saja di pantai ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lebih baik langsung baca lebih lengkapnya di bawah ini, ya.

Foto: Instagram/@anukmau

Sejarah Nama Pantai Suluban

Saat orang berkunjung ke Bali, mayoritas hanya mengetahui pantai Kuta saja dan lebih banyak yang berkunjung ke pantai tersebut. Padahal, kamu perlu tahu lokasi pantai lainnya di Bali yang tidak kalah keren dan cantik untuk dikunjungi selain pantai Kuta.

Pantai Sulubanberasal dari bahasa Bali yaitu mesulub, dimana artinya adalah berjalan di bawah sesuatu. Pemberian nama itu mengacu pada adanya terowongan batu karang yang terdapat di area pantai. Dari terowongan itulah kamu harus melewatinya agar sampai di pinggir pantai.

Perlu kamu ketahui bahwa pantai ini terkenal juga dengan nama Blue Point Beach Uluwatu. Nama ini juga biasa disebut oleh turis asing yang berkunjung karena sebelumnya mereka belum mengetahui nama pantai yang satu ini di Bali.

Selain itu, karena adanya juga hotel yang berada di dekat pantai yang bernama Blue Point Hotel. Jadi, untuk mudah diingat, para turis tersebut menyebut pantai Suluban ini dengan sebutan Blue Point Beach Uluwatu.

>>Baca juga: Pantai Melasti Bali, Informasi Lengkap dan Harga Terbaru

Foto: Instagram/@maingetrip

Lokasi dan Harga Tiket Pantai Suluban

Lokasi pantai ini berada di Jl. Pantai Suluban, desa Pecatu, Kuta, kab. Badung, Bali. Tempat ini tidak terlalu jauh dari kawasan wisata di Kuta atau bandara Internasional Ngurah Rai. Jadi, kamu yang berasal dari luar Bali, bisa berkunjung langsung ke pantai ini karena lokasinya yang dekat dengan bandara.

Tetapi, jika kamu berada di Bali dan ingin berkunjung ke pantai ini, kamu bisa melalui beberapa rute. Rute dari bandara, pantai Jimbaran, pantai Kuta, kota Denpasar, pelabuhan Gilimanuk, Gianyar, dan juga Nusa Dua.

Sementara itu, untuk harga tiket masuk, kamu tidak perlu membayar tiket sepeser pun. Kamu bisa memasuki pantai ini secara gratis dan bebas masuk ke dalamnya. Namun, jika kamu pergi bersama anak-anak, harus berhati-hati karena ombak di pantai ini termasuk ombak yang besar.

Pantai ini juga kurang cocok digunakan untuk berenang terlalu jauh karena ombaknya yang besar tersebut. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika berkunjung ke pantai ini, sebab kamu masih bisa menikmati pemandangan laut di pinggir pantai. Kamu juga bisa berfoto ria dengan bebas dengan latar belakang laut yang indah.

Di dekat pantai ini juga kamu bisa sekaligus berkunjung ke tempat-tempat yang termasuk ke dalam objek wisata Pecatu, diantaranya pantai Dreamland, atau desa adat Pecatu. Di sana, kamu bisa menemukan tempat wisata baru yang lebih menyenangkan.

Daya Tarik dan Keunikan Pantai Suluban

Pantai Suluban Bali memiliki panorama alam yang indah dan eksotis, sehingga menawarkan banyak daya tarik dan juga keunikannya tersendiri. Lalu, apa saja daya tarik wisata dan keunikan dari pantai cantik ini? Berikut ulasannya.

>>Baca juga: Romantis, 11 Rekomendasi Pantai di Seminyak dan Sekitarnya

Foto: Instagram/@travelsurfphotography
  • Pemandangan Indah

Pantai selalu memiliki keindahannya sendiri dengan adanya laut yang terpampang luas dan juga warnanya yang biru. Banyak pantai di Indonesia yang menyajikan pemandangan alam yang indah, salah satunya adalah pantai Suluban di Bali.

Pantai ini memberikan pemandangan alam yang indah dan menawan dengan hamparan lautnya yang luas dan biru. Selain itu, pasir pantainya berwarna putih dan juga lembut. Suasana pantainya bersih, asri, dan tidak terlihat adanya sampah manusia yang berserakan.

Ya, seperti yang kamu tahu bahwa masih ada juga pantai di Indonesia yang berserakan sampah, membuat pemandangan dan wilayah pantai menjadi rusak dan tidak cocok untuk digunakan sebagai spot wisata.

Dari pasir putihnya yang lembut ini, kamu akan merasakan kelembutan dari pasir ini dan juga terkena air ombak yang menyentuh kakimu. Ombak pantainya menghasilkan suara yang nyaman dan menggema, dan tentunya kamu bisa bersenang-senang di pantai Suluban ini.

Foto: Instagram/@ikganaarbali
  • Tebing Karang

Satu hal yang unik dari pantai di Bali yang bernama Suluban ini adalah adanya tebing karang yang berada di tepi pantai. Ketika kamu akan memasuki wilayah pantai, kamu akan menemukan tebing ini dengan terowongan yang menjulang tinggi, lebar, dan cukup besar.

Terowongan ini dikelilingi dengan batu karang yang besar dan mirip dengan goa, sehingga akan menjadi spot foto yang menarik juga untuk dikunjungi. Dan juga sebab adanya terowongan ini, banyak wisatawan lokal atau mancanegara yang turut berkunjung ke pantai ini dan mengambil banyak gambar.

Dari terowongan tebing karang ini akan memanjakan matamu untuk melihat kecantikan pantai yang dilengkapi dengan adanya batu karang yang sangat besar. Kamu bisa berfoto ria di bawah terowongan ini untuk menghasilkan  gambar yang bagus.

Foto: Instagram/@elang.o.panjaitan
  • Wisata Berselancar

Bagi kamu yang menyukai kegiatan outdoor terutama kegiatan di air, kamu bisa berselancar di pantai ini. Ombak di pantai ini bisa mencapai 1 hingga 3 meter kaki dengan ukuran gelombang airnya sekitar 1 hingga 1,5 meter. Sehingga menjadikan ombak di pantai ini cocok untuk peselancar profesional.

Walaupun begitu, kamu tetap harus berhati-hati jika ingin berselancar, sebab kita tidak tahu kapan ombak besar akan datang dan mungkin bisa membahayakan peselancar. Jadi, sebaiknya kamu sudah memiliki pengetahuan lebih dan pengalaman dalam berselancar.

Waktu yang terbaik untuk dapat berselancar dipantai Suluban ini adalah antara bulan April sampai Agustus, hal ini karena angin bertiup dari arah timur ke barat. Kemudian, dari arah tiupan angin ini akan menciptakan ombak yang sesuai untuk melakukan kegiatan berselancar.

Foto: Instagram/@stephaniecalista
  • Spot Foto Menarik

Liburan tanpa berfoto rasanya sangat hampa, tentu kamu harus berfoto saat sedang mengunjungi pantai Suluban. Sebab, pantai ini sudah menyediakan berbagai spot foto yang menarik untuk dapat dikunjungi, mulai dari latar belakang laut yang biru dan luas, pasir putih pantai yang lembut, atau batu karang besar dengan terowongan.

Dari spot-spot tersebut, kamu bisa mengambil gambar sebanyak mungkin sepuasnya, mumpung sedang berada di pantai tersebut. Selain itu, jika ada sunset, pemandangan pantai semakin mempesona sebab cahaya matahari mulai turun dari ujung garis pantai yang terlihat. Bentuk matahari juga semakin terlihat jelas dan berwarna oranye kekuningan.

Bahkan, pantai ini juga sangat cocok digunakan sebagai spot foto pre wedding atau atau foto keluarga sebab keindahan alamnya yang memukau dan memanjakan mata. Jadi, jangan ragu untuk mengambil foto sebanyak mungkin dari pantai ini.

Nah, itu dia daya tarik dan keunikan dari pantai Suluban di Bali. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengunjungi pantai ini karena dijamin kamu tidak akan menyesal! Temukan destinasi tempat wisata menarik lainnya sekitar di Bali melalui blog kami.