pura bali

Sebagai rumah bagi pemeluk agama Hindu di Indonesia, Bali tentu saja punya ikon-ikon wisata religi yang unik dan eksotis. Salah satu objek wisata sekaligus tempat peribadatan sakral bagi umat Hindu di Bali yakni Pura Ulun Danu Beratan. Pura indah yang dikelilingi kekayaan alam berlimpah ini jadi salah satu ikon wisata Bali yang sudah dikenal banyak orang. Bahkan, saking indahnya, potret pura ini diabadikan dalam uang pecahan Rp 50.000 yang sempar beredar.

Letaknya berada di tengah Danau Beratan yang jadi spot terpopuler kawasan wisata Bedugul. Dikelilingi perbukitan hijau yang terlihat segar, serta air danau yang tenang menjadikan ikon religi ini semakin menarik bagi wisatawan. Nggak cuma kemolekan bangunannya yang mengundang rasa penasaran, tapi kekayaan budaya di dalamnya juga jadi daya tarik tersendiri. Di bagian dalam pura ini, kamu tidak hanya akan menemukan tempat peribadatan yang sakral, tapi juga sumber mata air suci yang dikeramatkan.

Masyarakat Hindu percaya bahwa air suci yang mereka sebut Tirta Ulun Danu ini merupakan sumber air kesuburan dari Danau Beratan. Tak hanya jadi rumah bagi sumur air suci yang sakral, danau ini bangunannya di desain begitu indah. Terdapat lingga putih yang diapit oleh dua batu yakni batu hitam dan merah di pura yang satu ini. Sejatinya tidak hanya Pura Ulun Danu Beratan saja yang ada di kawasan ini. Tetapi memang pura inilah yang jadi simbol keindahan religi umat Hindu di Bali.

>> Baca juga: 11 Rekomendasi Wisata Bedugul yang Wajib Kamu Kunjungi

Foto : Instagram.com/@lazymidnight

Di balik keindahannya, Pura Ulun Danu Beratan punya sejarah panjang. Dari namanya, Pura Ulun Danu punya arti yakni Pura Yang Berada di Atas Danau. Sementara itu, pura ini sendiri memiliki maksud sebagai tempat pemujaan Sang Hyang Widhi yang dikhususkan untuk Dewa Kemakmuran. Meskipun begitu, tempat ini juga dikenal sebagai tempat pemujaan Dewi Laksmi yang menjadi simbol kesuburan dan keindahan yang konon bersemayam di Danau Beratan.

Banguan Pura Ulun Danu memiliki tempat pemujaan yang disebut masyarakat Bali sebagai pelinggih. Di antara tempat pemujaan tersebut terdapat dua bangunan yang sangat sakral yaitu Palebahan Pura Tengahing Segara dan Palebahan Pelinggih Lingga Petak atau Ulun Danu. Kedua bangunan tersebut posisinya menjorok ke tengah danau. Konon, nggak ada Pura Ulun Danu lainnya yang memiliki bangunan dengan posisi seperti itu. Hal ini yang menjadikan Pura Ulun Danu Beratan sebagai tempat wisata religi yang memiliki nilai spiritual tinggi.

Foto : Instagram.com/@ayuuantarrii_

Terkenal  sebagai tempat spiritual bagi umat Hindu, Pura Ulun Danu Beratan juga menjadi ikon wisata Bedugul yang mengundang cukup banyak wisatawan, baik turis lokal maupun mancanegara. Daya tarik dari pura ini terletak pada Palebahan Pura Tengahing Segara yang berwujud bangunan 11 meru tumpang dan Palebahan Pelinggih Lingga Petak yang punya 3 meru tumpang.

Terletak di atas danau, pura ini terlihat seperti sedang mengapung. Letaknya yang berada di ketinggian 1239 mdpl membuat udara di tempat ini tentu saja sangat dingin dan sejuk. Pemandangan danau yang indah, pegunungan hijau yang menjulang tinggi ditambah bangunan pura yang ikonik, pas banget buat jadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi dalam liburanmu ke Bali. Keunikan puranya serta pemandangan indah di sekelilingnya bisa jadi latar foto yang sempurna buat kamu.

>>Baca juga : 11 Rekomendasi Cafe dan Tempat Nongkrong di Bedugul

Foto : Instagram.com/@balaftaafr

Pura Ulun Danu Beratan juga memiliki penataan ornamen yang apik banget. Terlebih lagi dengan kebersihan lingkungan yang sangat dijaga. Membuat wisatawan yang berkunjung selalu memberikan ulasan positif tentang pura mengapung ini. Di area sekitar pura juga terdapat taman-taman yang luas untuk kamu berjalan-jalan sambil menikmati udara segar dan angin sepoi-sepoi yang berembus. Di tempat ini juga ada fasilitas restoran yang bisa kamu jadikan tempat untuk beristirahat dan menikmati hidangan khas Bali yang memanjakan lidah.

Banyak aktivitas yang juga bisa kamu lakukan saat berada di Pura Ulun Danu selain berfoto. Salah satunya adalah menikmati wahana watersport dengan berbagai sarana dan prasarana yang disediakan. Kamu bisa bermain speedboat, berlayar menggunakan perahu angsa, hingga memancing. Semua fasilitas yang kamu butuhkan bisa didapat dari penyewaan watersport yang ada di tempat ini. 

Kamu bisa berkunjung ke sebelah kanan pura yang berbentuk dermaga kecil jika ingin menyewa sarana bermain watersport. Saat berlayar menggunakan perahu angsa, pemandangan pura dari  jarak dekat bisa kamu nikmati. Tapi tetap harus mengutamakan keselamatan ya. Karena danau ini punya kedalaman kurang lebih 23 meter. Jadi buat yang membawa anak-anak wajib banget untuk didampingi oleh orang tuanya.

Foto : Instagram.com/@emiasolavide

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Beratan Bali

Sudah membahas soal keindahan tempat wisatanya. Nggak lengkap kalau belum menjawab rasa penasaran wisatawan mengenai budget berwisata di tempat ikonik ini. Tenang, harga tiket Pura Ulun Danu Beratan yang dipasang pengelola relatif murah kok. Dengan harga Rp 30.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 75.000 untuk wisatawan asing kamu langsung bisa menikmati keindahan pura ini. Tapi, kalau kamu bawa anak-anak, mereka juga harus memesan tiket sendiri ya, harganya dibanderol Rp 20.000  untuk wisatawan anak domestik dan Rp 50.000 untuk wisatawan anak asing. Selain tiket masuk kamu juga harus membayar parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Sedikit tips dan trik nih jika kamu berniat buat mengunjungi pura ini  Kamu dianjurkan menggunakan pakaian yang sopan dan rapi karena tempat ini merupakan tempat beribadah yang sakral bagi umat Hindu. Pastikan untuk mematuhi peraturan dan tidak merusak bangunan, tumbuhan maupun sarana dan prasarana yang ada ya. 

Jangan lupa untuk mencoba wisata air dengan kapal. Ini merupakan kegiatan yang paling recommended untuk kamu yang ingin menjelajah pura via Danau Beratan. Lebih baik buat datang ke Pura Ulun Danu Beratan saat pagi hari karena masih sepi. Buat kamu yang hobi foto, hasil fotonya bakal lebih menawan karena belum banyak orang. 

 Foto ; Instagram.com/@shaniswell

Jika kamu ingin mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan, kamu bisa berkunjung ke alamat berikut ini.

Alamat:

Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191 atau check langsung di Google Maps

Akses menuju tempat ini juga sangat mudah kok. Karena memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Bedugul. Pura dengan pemandangan indah ini buka mulai pukul 05.00 sampai dengan 19.00 WITA. Dengan begitu kamu bisa leluasa menentukan untuk berkunjung di pagi hari saat sunrise atau di sore hari saat sunset.

Kamu juga bisa menghubungi nomor telepon (036) 82033143 jika ingin melakukan reservasi atau keperluan yang lainnya. Jangan sampai melewatkan wisata yang satu ini saat ke Bali ya. Selain mendapat wisata alam yang indah kamu juga akan dapat banyak pengetahuan baru tentang budaya Bali yang unik banget.

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.