Pantai Melasti Bali

Awalnya hidden gem, sekarang jadi surga wisata buruan netizen. Hayo, siapa yang belum kenal sama Pantai Melasti di Bali? Popularitas pantai yang satu ini memang lagi naik akhir-akhir ini. Terletak di balik bukit kapur yang tinggi, bikin pantai indah ini mungkin sedikit terlambat dieksplorasi. Tapi, karena keindahannya yang sayang buat dilewatkan, akhirnya rekonstruksi di area Pantai Melasti pun dilakukan. Hasilnya? Pantai ini jadi salah satu tujuan wisata yang dikenal luas sama wisatawan.


Lokasinya dekat dengan wisata Pura Uluwatu. Hanya berjarak sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus melewati bukit batu kapur yang eksotis. Belum sampai ke area pesisir-nya aja, kamu udah bakal dimanjakan dengan pemandangan indah dari atas bukit. Buat kamu yang hobi foto, pas banget nih kalau mau mengabadikan momen dengan latar belakang pantai yang indah plus dapat angle dari atas bukit. Keren banget kan?


Memang deh, kalau sudah berbicara tentang Bali, nggak akan pernah ada habisnya. Ibarat sebuah paket, Bali adalah paket super lengkap buat menghabiskan waktu liburan kamu. Mulai dari pantai pasir putih yang indah, kuliner yang lezat, hiburan malam, resort menawan dan pastinya wisata budaya yang nggak ada duanya.

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Arti Nama Pantai Melasti

Kalau biasanya pantai dinamai dengan nama daerah pantai itu berada, berbeda dengan pantai ini. Kata Melasti diambil dari upacara adat masyarakat Hindu yang sering dilakukan di sumber mata air seperti laut, danau, dan yang lainnya. Arti kata Melasti sendiri adalah pembersihan. Masyarakat dekat Pantai Melasti sering melakukan upacara tersebut jadi diambillah kata Melasti untuk menamai pantai ini. Sampai sekarang Pantai Melasti masih sering dijadikan sebagai tempat untuk upacara adat umat Hindu. 

Di Bali sendiri, Pantai Melasti nggak cuma ada satu lho. Ada juga Pantai Melasti lain yang berada di Tabanan. Untuk membedakannya, masyarakat biasa menyebut Pantai Melasti Tabanan dan Pantai Melasti Ungasan. Nah, kali ini infoliburan.com akan membahas tentang Pantai Melasti Ungasan.

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Wisata Baru di Bali

Kalau kamu yang memperhatikan detail, pasti menyadari kalau konstruksi Pantai Melasti ini mirip banget sama Pantai Pandawa yang sudah lebih dulu terkenal. Bahkan, awal mula adanya pantai ini juga hampir sama dengan Pantai Pandawa. Pantai Melasti tadinya merupakan pantai yang nggak dijamah oleh banyak orang karena letaknya sangat sulit di balik bukit. Meskipun tergolong pantai baru, tapi popularitas dan keindahannya sudah bisa disandingkan dengan Pantai Pandawa.

Sama seperti pantai-pantai di Bali pada umumnya, Pantai Melasti juga menyuguhkan pemandangan sunset yang luar biasa indah. Kamu bisa menikmati lembutnya deburan ombak, disertai angin sepoi-sepoi dan semburat jingga di langit senja. Bisa jadi pilihan nih kalau kamu lagi ingin cari suasana baru selain Pantai Pandawa ataupun Pantai Kuta.

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Untuk menuju ke Pantai Melasti kamu harus melewati jalanan yang berkelok-kelok. Karena jalanannya dibuat dengan membelah bukit, kamu bakalan bertemu dengan banyak kelokan, jalan menurun dan menanjak. Karena itu, pengemudi wajib hati-hati ya waktu melewati jalur ini.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, jalan yang dibuat sudah diaspal halus, tebal dan lebar. Jadi kamu akan tetap nyaman berkendara meskipun dengan sepeda motor, mobil, atau bus. Jalan yang dibuat dijamin aman dan akan membantu kamu ke Pantai Melasti tanpa kesusahan.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Beach Club Bali yang Paling Hits

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Fasilitas Pantai Melasti

Fasilitas di Pantai Melasti juga sudah cukup lengkap lho. Meskipun baru, pantai ini sudah punya berbagai sarana prasarana yang memadai seperti toilet, tempat cuci kaki, dan tempat ganti pakaian. Bahkan tempat ganti pakaiannya sudah tersedia di pinggir pantai. Semua fasilitas tersebut dijaga kebersihan dan keindahannya. Untuk tarifnya, pihak pengelola belum membanderol tarif khusus. Jadi, berapapun yang diberi oleh pengunjung pihak pengelola akan menerimanya. 

Selain fasilitas itu, Pantai Melasti juga memiliki fasilitas kuliner. Meski belum lengkap namun udah cukup banget buat mengganjal perut saat kelaparan di pinggir pantai. Ada baiknya kamu membawa bekal saat ke pantai yang satu ini. Area parkir di Pantai Melasti juga sangat luas. Kamu nggak akan kesusahan untuk mencari tempat parkir di sini. Saking luasnya, kamu bisa berpindah parkir untuk menikmati fasilitas yang lain.

Kamu juga bisa menikmati pertunjukan tarian khas Bali di pantai ini. Setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu, Pantai Melasti mengadakan pertunjukan Tari Kecak. Sejak tahun 2021, pertunjukan Tari Kecak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tari Kecak di Pantai Melasti terlihat sangat mengagumkan dengan berlatar belakang laut dengan pemandangan sunset yang sangat super eksotis. Kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar 150.000 rupiah per orang untuk menikmati tarian khas Bali yang satu ini. Pertunjukan Tari Kecak dimulai pukul 18.00 WITA. Catat jamnya ya, jangan sampai ketinggalan.

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Beberapa fasilitas lain di Pantai Melasti belum rampung pengerjaannya. Kedepannya di pantai ini akan ada watersport seperti jet ski dan banana boat. Tapi kamu nggak perlu khawatir saat ini kamu sudah bisa menikmati Pantai Melasti dengan kegiatan berenang atau snorkling lho. Pastinya nggak kalah seru dong sama watersport lain.

>>Baca juga: Romantis, 11 Rekomendasi Pantai di Seminyak dan Sekitarnya

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Banyak spot yang bisa kamu ambil sebagai latar belakang foto saat ke Pantai Melasti. Spot-spot ini sangat hits dan Instagramable tentunya. Yang paling hits adalah di atas tebing batu kapur, gapura pintu masuk dan tebing batu kapur itu sendiri. Eits, tapi pemandangan laut dan pasir putih juga nggak kalah mengagumkan kok. Bahkan banyak yang melakukan sesi foto prewedding di spot-spot tersebut. Untuk kamu yang ingin melakukan sesi foto dengan fotografer profesional di Pantai Melasti, kamu harus membayar sekitar 500.000 rupiah untuk mem-booking tempat tersebut. Tapi kamu juga akan dapat fasilitas yang menguntungkan seperti toilet dan ruang ganti pribadi. Wah, menarik banget kan?

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Harga dan Biaya Masuk Pantai Melasti

Buat kamu yang ingin mengunjungi Pantai Melasti, kamu harus membeli tiket dan membayar parkir. Uang tersebut digunakan untuk pembangunan dan perawatan pantai itu sendiri. Harga tiket masuk Pantai Melasti tergolong murah lho. 

Untuk wisatawan domestik hanya 8.000 rupiah untuk pengunjung dewasa dan 2.000 rupiah untuk anak-anak. Dan untuk wisatawan asing 10.000 rupiah untuk orang dewasa dan 3.000 rupiah untuk anak-anak. Biaya parkir juga sangat terjangkau. Hanya 5.000 rupiah untuk parkir mobil, 10.000 rupiah untuk parkir bus dan 2.000 rupiah untuk parkir motor. Sangat ramah di kantong kan? Bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang nggak mengeluarkan banyak biaya.

Gimana? Udah tertarik buat berkunjung Pantai Melasti? Kamu bisa langsung berkunjung ke alamat berikut ini ya

Pantai Melasti, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, atau bisa juga langsung check di Google Maps. Pantai ini juga buka 24 jam lho. Jadi kamu bisa ke Pantai Melasti kapanpun kamu mau. 

Foto : Instagram.com/@melastibeach.official

Kalau kamu berkunjung ke Bali jangan lupa sempatkan untuk singgah di Pantai Melasti ya. Selain pantai dan pemandangannya indah, pantai ini memiliki tarif yang sangat terjangkau. Nggak akan nyesel deh jika kamu berkunjung ke pantai ini.

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.