asbak bali lolok

Nggak ada bosannya kalau ngomongin hal-hal unik yang ada di Bali. Destinasi nomor wahid di Indonesia ini memang punya banyak pesona yang nggak ada duanya. Setiap tahun ribuan orang berkunjung ke pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini. Turis dari berbagai daerah hingga mancanegara kerap memadati Bali yang eksotis ini. Entah sekadar untuk menikmati embusan angin pantainya, gemerlapnya kehidupan malam di jalan-jalan atau sekadar healing di wilayah pegunungannya.

Selain banyak tempat wisata yang dibangun dengan arsitektur dan pemandangan luar biasa, Bali juga jadi surga kuliner bagi pecinta makanan non-halal. Eits, tapi bukan berarti kamu yang nggak makan makanan non-halal nggak bisa menikmati kuliner enak di sini ya. Soalnya, Bali juga menyediakan banyak sekali tempat hits buat kamu yang pengen makan makanan halal. Nggak heran deh kalau bali ini terkenal sebagai tempat pariwisata yang multikultural. Gimana nggak? Setiap suku, ras dan agama bakal diterima di sini dengan fasilitas yang juga memadai.

Kalau ngomongin soal liburan atau wisata di Pulau Bali, apa sih yang pertama terbersit di pikiran kamu? Pantai, kuliner, danau, resort mewah atau bahkan oleh-oleh khasnya? Ya, memang sih liburan kamu bakal terasa kurang lengkap kalau kamu nggak berburu oleh-oleh khas daerah tersebut. Biasanya, di tempat-tempat wisata udah ada nih toko atau pusat perbelanjaan oleh-oleh. Jenis oleh-olehnya pun banyak banget. Mulai dari cemilan, makanan, aksesoris dan barang-barang lainnya.

>>Baca juga: Rumah Adat Suku Bali Beserta Penjelasannya

Foto : Instagram.com/@ziporarolentina

Nah, kalau kamu lagi berwisata ke Bali, apa sih oleh-oleh yang bakalan kamu buru? Yang terkenal dari Bali tentunya ada pie susu. Kelembutan pie dipadukan dengan vla susu yang manis bikin kamu bakal ketagihan sama cemilan yang satu ini. Ada banyak merek pie susu yang bisa kamu pilih buat oleh-oleh orang terdekatmu. Bali juga punya produksi kopi yang bisa kamu jadikan oleh-oleh juga. Ada kacang bali, dodol dan berbagai jenis makanan lainnya.

Buat kamu yang berburu oleh-oleh berupa pakaian, sudah pasti bakalan mencari kaos Joger yang cuma ada di Bali. Kaus ini punya ciri khas di kata-katanya yang tersemat pada setiap kaosnya. Selain Joger, para wisatawan biasanya memburu kaos barong yang dijajakan hampir di setiap tempat wisata. Kalau ada pasar tempat jualan pakaian, pasti kamu bakalan ketemu sama kaos barong deh. Nah, kamu juga bisa berburu kain bali yang punya motif batik unik. Kain-kain ini biasa dipakai oleh masyarakat Bali ketika sembahyang.

Foto: Instagram.com/@lapakdaster.id

Kain bali yang bisa kamu temukan di pasar ini bermotif prada. Buat cowok-cowok, biasanya oleh-oleh yang dicari adalah udeng. Ada juga yang mencari kain kotak-kotak yang Bali banget deh pokoknya. Kebaya-kebaya khas Bali juga sering jadi buruan. Pokoknya banyak banget deh jenis oleh-oleh pakaian di pulau ini.

Sekarang kita bahas oleh-oleh aksesoris yang bakalan kamu temukan di Bali. Ada gelang, kalung, cincin hingga anting-anting dan masih banyak lainnya. Kamu pasti udah nggak asing sama gelang tridatu yang sering dipakai masyarakat Bali kan? Nah, banyak juga masyarakat luar Bali yang memakai gelang ini lho. Selain itu, yang paling unik ada souvenir dari Bali yang pasti bikin kamu sering bertanya-tanya atau bahkan bikin kamu heran dan tertawa.

Foto : Instagram.com/@sukawatigrosir

Alasan Kenapa Asbak Bali dan Pembuka Tutup Botol Bali Berbentuk Penis

Apalagi kalau bukan Lolok. Souvenir khas Bali satu ini memang kelewat unik deh. Beda dari yang lain, Lolok adalah suvenir yang berbentuk menyerupai alat kelamin pria atau penis. Kamu pasti tahu dong? Hampir di setiap tempat yang menjual souvenir Bali, ada Lolok juga. 

Karena bentuknya yang unik banget, sebagian orang pasti akan kaget dan bingung saat melihat Lolok ini. Sesuai dengan bentuknya dalam Bahasa Bali, arti kata Lolok adalah alat kelamin pria. Kata Lolok sendiri berasal dari benda bersejarah bernama lingga. Di mana lingga sendiri merupakan atribut terkuat dari Dewa Siwa dalam agama Hindu. Lingga merupakan tanda kelaki-lakian yang melambangkan kesuburan. Biasanya dibuat dari batu untuk tugu peringatan.

>>Baca juga: 11 Fakta Menarik Tentang Anjing Kintamani Asli Bali

Foto : Instagram.com/@sukawatigrosir

Lolok dan Lingga

Lingga merupakan sebuah simbol untuk menunjukkan organ maskulin. Benda yang untuk sebagian orang terlalu vulgar ini digambarkan sebagai pilar cahaya dan simbol benih dari alam semesta. Nggak cuma di Bali, penggambaran lingga juga ada di situs atau candi Hindu Kuno. Namun, penggambarannya ada yang vulgar ada juga yang hanya simbolik.

Contoh penggambaran Lolok bisa kamu jumpai di Candi Sukuh, Candi Cetho dan Candi Badut. Bentuknya sekedar batu atau arca tegak, berdiri, memanjang, atau benar-benar menyerupai alat kelamin pria. Lawan dari lingga adalah Yoni, yaitu atribut yang menyerupai alat kelamin wanita.

>>Baca juga: Apa itu Hari Raya Nyepi 

Foto: Instagram.com/@panoramasolo

Lolok Sebagai Lambang Seni

Di Bali sendiri, penggambaran lingga sangat diterima di masyarakat umum. Karena bagi mereka lingga merupakan karya seni. Masyarakat Bali terbuka untuk semua konsep lingga, bahkan seks itu sekalipun. Untuk masyarakat Bali sendiri lingga bukan sesuatu yang porno melainkan bagian dari alat reproduksi.

Souvenir atau oleh khas Bali ini bisa kamu dapatkan di berbagai pasar seni seperti Sukawati, Kuta, dan Ubud. Dan juga bisa kamu beli Lolok ini  di pusat oleh-oleh. Lolok dibuat dengan berbagai ukiran, hiasan hingga warna. Ada yang warnanya coklat kayu, ada juga yang berwarna-warni seperti merah, biru hingga putih. Ada yang penampakannya polos, ada juga yang dibubuhi motif bunga dan lain sebagainya. 

Harga Lolok

Selain sebagai pembuka botol dan asbak, lolok juga diaplikasikan ke gantungan kunci juga asbak. Harga yang ditawarkan untuk satu buah Lolok juga sangat variatif. Mulai dari 10.000 rupiah hingga 90.000 rupiah. Harga ini tentunya masih cukup terjangkau untuk jadi buah tangan kamu sepulang liburan.

Foto : Instagram.com/@abhigya_s

Nah, buat kamu yang sedang berlibur ke Bali, lolok bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang cocok nih. Bentuknya yang unik dan khas ini bisa jadi oleh-oleh nggak terduga buat orang tersayang. Meskipun bentuknya agak nyeleneh, tapi sebenarnya punya makna dan filosofi tersendiri, terutama bagi masyarakat Bali. Seperti diketahui, Bali memang punya beragam budaya unik yang bikin wisatawan tertarik. Kalau dilihat dari kacamata budaya dan filosofinya, Lolok ini sebenarnya bukan sesuatu yang vulgar.

Begitulah ulasan mengenai souvenir khas Bali yakni Lolok. Gimana nih? Kamu yang udah pernah atau lagi liburan di Bali pasti udah nggak asing lagi kan sama benda yang satu ini? Meskipun penampakannya cukup bikin heran, tapi banyak orang yang menjadikan Lolok sebagai oleh-oleh super unik dari Bali lho. Kamu udah pernah beli dan menjadikan Lolok sebagai oleh-oleh buah keluarga belum nih? Kalau belum, ulasan ini bisa jadi referensi buat kamu ya. Selamat liburan~~

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.