Kebun Raya Bedugul Bali

Selain punya panorama alam dan budaya yang indah dan beraneka ragam, Bali juga memiliki kebun botanical terbesar di Indonesia lho. Yaps, apalagi kalau bukan Kebun Raya Bedugul. Sesuai dengan namanya, Kebun Raya ini masih berada dalam satu lokasi objek wisata terkenal lainnya di daerah Bedugul, seperti Pura Ulun Danu dan Bloom Garden. 

Buat kamu yang ingin berwisata ke daerah Bedugul pas banget buat singgah ke tempat yang sering disebut Kebun Raya Bali ini. Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat ke tempat ini. Selain bisa menikmati liburan yang asyik kamu juga bisa menambah ilmu tentang berbagai macam tanaman yang tumbuh di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Foto : Instagram.com/@transportbali.id

Kebun Raya Bedugul merupakan salah satu tempat wisata paket komplit. Memadukan penelitian botani, pendidikan, rekreasi, dan pelestarian berbagai macam tumbuhan. Kamu juga bisa melihat hutan hujan tropis beserta semua ekosistemnya. Tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang pas.

Taman-taman di tempat ini dibuat sangat indah dan tertata rapi. Selain itu udara yang segar dan sejuk menambah asri saat berlibur ke Kebun Raya yang satu ini. Tempatnya yang dekat dengan pegunungan tentunya memberikan pemandangan hijau yang menyegarkan. Cocok banget deh buat kamu yang lagi pengen healing.

>>Baca juga: Pura Ulun Danu Beratan, Cek Informasi & Harga Terbaru Disini

Foto : Instagram.com/@maukasitau

Sebelumnya Kebun Raya Bedugul bernama Kebun Raya Eka Karya Bali. Nama ini diusulkan oleh I Made Taman, Kepala Instansi Konservasi dan Pengawetan Alam yang menjabat di waktu ini. Kata Eka sendiri berarti satu dan Karya  artinya hasil kerja. Arti dari nama Kebun Raya Eka Karya Bali bisa disimpulkan sebagai Kebun Raya pertama yang dibangun dari hasil kerja Bangsa Indonesia setelah merdeka. 

Kebun yang memiliki ketinggian 1250-1450 mdpl ini dibangun pada 15 Juli 1959. Yang sebelumnya hanya seluas 50 hektar sekarang menjadi 157,5 hektar. Saking luasnya kamu bisa berkeliling menggunakan kendaraan pribadi lho. Nggak heran kalau Kebun Raya yang berada di Pulau Dewata ini menjadi Kebun Raya terbesar dan terluas di Nusantara.

>>Baca juga: Taman Dedari Bali, Wisata Baru di Bali dengan Harga Terjangkau

Foto : Instagram.com/@maukasitau

Koleksi tanaman yang pertama kebanyakan diambil dari Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas. Beberapa koleksi tersebut diantaranya adalah Cupressus Sempervirens dan Pinus Masoniana. Tapi ada juga lho tumbuhan yang asli berasal dari wilayah ini seperti Podocarpus Imbricatus dan Casuarina Junghuhniana. 

Selain itu kamu juga bisa menemukan berbagai tanaman kaktus, anggrek, tanaman obat yang bisa mencapai 300 jenis dan tanaman bumbu. Bahkan berbagai jenis tanaman dari negara lain bisa kamu lihat disini seperti pohon sakura. Kamu juga bisa melihat koleksi tanaman air, palma, herbarium, bambu sampai lumut. Jika ditotal jumlah tanaman yang ada di Kebun Raya Bedugul sekitar 2000 spesies tanaman. Bisa banget nih buat memberikan edukasi ke anak-anak soal jenis-jenis tanaman.

Foto : Instagram.com/@kebunraya_bali

Nggak cuma tanaman aja nih yang bisa kamu temui di Kebun Raya Bedugul. Banyak spesies burung liar berkeliaran di dalam kebun. Jumlahnya sendiri bisa mencapai 79 jenis burung liar. Waktu yang tepat untuk melihat burung di Kebun Raya Bedugul adalah di pagi atau sore hari. Jika kamu beruntung kamu juga bisa melihat monyet, kupu-kupu, dan ayam hutan juga lho.

Berbagai aktivitas juga bisa kamu lakukan saat berada di Kebun Raya Bedugul ini. Kamu bisa bersantai, bersepeda, piknik, atau bahkan hunting foto-foto yang hits dan Instagramable. Karena disini banyak sekali spot foto keren yang bisa kamu abadikan. Buat kamu yang butuh healing untuk mengobati stress pergi ke tempat ini juga bisa menjadi pilihan. 

Beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kebun Raya Bedugul adalah Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Taman Bunga, Pemandangan Danau Beratan, Patung Kumbakarna, Rumah Tradisional Bali, Pura Teratai Bang, dan Usada Kafe. Tempat unik yang lainnya ada Rumah Kaca Kebun Kaktus, Taman Anggrek, Taman Air, dan Taman Begonia.

Foto : Instagram.com/@picnictime_bali

Kebun Raya Bedugul memiliki 6 taman yang dibagi berdasarkan jenis tanaman yang tumbuh di taman tersebut. Ada Taman Usada, Nirwana, Rhododendron, Cyathea, Mawar dan Bambu. Taman Nirwana merupakan taman yang paling populer di kebun raya ini. Sering juga disebut sebagai Taman Surya Nirwana, taman ini terletak di bagian timur dengan pemandangan Danau Beratan dan Bukit Pengelengan. Di taman ini juga ada beberapa tempat duduk yang dibuat dengan arsitektur khas Bali. 

Buat kamu yang suka dengan permainan pemacu adrenalin, di sini juga ada lho. Tapi tentunya harus mengeluarkan biaya tambahan. Beberapa wahana permainan yang bisa kamu mainkan di sini ada Flying Fox dan Flying Swings, Spider Nets, Tarzan Jumps, dan Suspended Bridges. Permainan-permainan tersebut sangat cocok untuk kamu yang ingin outbound  atau outing bareng rombongan. Permainan yang saat ini sedang tren dan hits juga bisa kamu coba di sini lho. Kamu bisa menikmati sensasi mengendarai skuter sambil berkeliling di Kebun Raya Bedugul.

Foto : Instagram.com/@jingganovawidiyalinda

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bedugul

Wisata yang satu ini sangat cocok untuk semua kalangan dan usia. Dan juga bisa buat edukasi untuk kamu yang memiliki anak-anak. Harga tiket masuknya pun sangat ramah di kantong. Untuk tiket masuknya hanya Rp  20.000 per orang saat weekdays dan Rp 30.000 saat weekend. Biaya parkir motor Rp 5.000 per motor. Untuk parkir mobil Rp 20.000 dan parkir bus Rp 50.000. Kamu juga bisa berkeliling ke area Kebun Raya Bedugul menggunakan kendaraan bermotor dan hanya perlu budget Rp 15.000 saja saat weekdays dan Rp 20.000 saat weekend. Sangat murah meriah bukan untuk semua tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di sini? 

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang super lengkap di Bali ini kamu bisa berkunjung ke alamat berikut ini.

Alamat:

Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191 atau bisa check lewat Google Maps

Akan lebih baik jika kamu mengunjungi Kebun Raya Bedugul di pagi atau sore hari. Karena kamu akan melihat berbagai jenis spesies hewan dan udara yang ada akan terasa lebih segar dan sejuk. 

Namun kamu nggak perlu khawatir Kebun Raya Bedugul buka mulai jam 08.00 – 16.00 WITA untuk hari Senin – Jumat dan jam 08.00 – 17.00 untuk hari Sabtu dan minggu. Pastikan kamu berkunjung ke tempat ini bareng keluarga, pasangan, atau teman kamu ya. Sambil menikmati bekal yang dibawa dan duduk diatas tikar pasti buat suasana piknik kamu semakin berkesan.

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.