Gunung Batur Bali

Indonesia memiliki keragaman wisata alam yang tidak ada habisnya, apalagi wisata alam di Pulau Dewata, banyak sekali yang bisa dikunjungi. Disamping terkenal dengan wisata pantainya yang menawan, Bali juga memiliki beberapa destinasi menarik lainnya, salah satunya objek wisata Gunung Batur.

Nah, bagi kamu yang belum pernah mengunjunginya atau bahkan belum mengenal gunung ini, berikut akan kami ulas seputar gunung berapi yang satu ini. Yuk, intip beberapa fakta menarik dari gunung tersebut yang penting kamu ketahui.

Fakta Menarik Seputar Gunung Batur

Sebagai informasi yang perlu diketahui, Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif yang berada di Bali, tepatnya di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangil, Provinsi Bali.  Ketinggiannya sendiri yaitu 1717 m dan menjadi gunung berapi aktif yang ada di Bali.

Keindahan alamnya membuat banyak wisatawan tertarik untuk mendaki atau sekedar berkunjung untuk berfoto pas dengan viewnya. Namun, Gunung satu ini juga memiliki beragam fakta unik dan menarik, yang penting kamu ketahui.

Foto: Unsplash/Sebastian Pena Lambarri

  • Meletus ribuan tahun lalu

Gunung ini adalah gunung berapi raksasa dan tercatat sudah meletus sejak tahun 1804, kemudian melahirkan anak Gunung Batur.  Adapun letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2000 silam.

Gunung berapi ini sudah mengalami letusan sebanyak 26 kali dari tahun 1804 sampai tahun 2000. Adapun letusan terbesarnya terjadi pada 2 Agustus serta 21 September 1926.

  • Kaldera di dalamnya

Perlu kamu ketahui, kaldera sendiri merupakan suatu fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah sesudah letusan vulkanik. Kaldera sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang artinya wajan.

Gunung ini mempunyai salah satu kaldera terbesar di dunia dengan berukuran 13,8 x 10 km. Tingginya berkisar antara 1267 hingga 2152 meter, wow tidak terbayang luas dan tingginya ya!

Kalderanya sendiri berbentuk danau yang menyerupai bulan sabit. Terbentuknya kaldera ini dikarenakan akibat letusan besar yang terjadi pada 29.300 serta 20.150 tahun yang lalu.

  • Berdekatan dengan Gunung Agung

Fakta menarik lainnya yakni, Gunung ini juga bersebelahan dengan Gunung Agung yang berada di sebelah timur. Seperti diketahui, kedua gunung ini mempunyai keistimewaan bagi masyarakat Bali.

Keduanya dianggap sebagai lingga alam atau lingga buana yang mempunyai arti penting untuk kehidupan religi masyarakatnya. Gunung Agung dianggap sebagai perwujudan Purusha atau laki-laki, sedangkan Gunung Batur dianggap sebagai wujud Pradhana atau perempuan.

  • Terbentuk danau

Gunung di Pulau Dewata ini, selain melahirkan anak gunung, letusannya pun melahirkan sebuah danau besar yang berbentuk bulan sabit. Ini dinamakan sebagai Danau Batur.

  • “Ibu” Gunung Agung

Seperti yang sudah disinggung sedikit, Gunung Batur dan Gunung Agung memiliki arti penting bagi masyarakat Bali. Gunung yang satu ini disebut juga sebagai ibu dari Gunung Agung, sebab antara Purusha dan Pradhana, keduanya tidak bisa dipisahkan, karena senantiasa bersinergi.

Hingga melahirkan kesuburan serta menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat disekitarnya. Gunung Batur sendiri merupakan salah satu gunung purba di Bali yang keberadaanya lebih lawas dibandingkan Gunung Agung.

Jadi karena usia serta kesinambungan antara keduanya, gunung ini sering disebut sebagai “Ibu” dari Gunung Agung.

Itulah kelima fakta unik dan menarik seputar Gunung Batur sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Bali. Melihat betapa pentingnya gunung yang satu ini bagi masyarakat Bali, tentu akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menjadikan salah satu list yang harus dikunjungi saat berlibur ke Bali.

Foto: Unsplash/Arya Krisdyantara

Obyek Wisata Menarik Sekitar Gunung Batur

Disamping menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Bali, terdapat beberapa destinasi wisata alam yang sangat indah di sekitaran gunung indah ini. Seperti halnya:

Desa Trunyan dan Desa Bayung Gede

Di area Gunung ini terdapat desa unik yang jarang dilewatkan para wisatawan untuk berkunjung. Memang kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa berkunjung ke desa serta melihat kebudayaannya disana.

Ya, desa tersebut yakni Desa Trunyan dan Desa Bayung Gede. Keduanya memiliki berbagai macam tradisi yang sangat unik dan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang mengunjunginya.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Wisata Kintamani Bali

Foto: Unsplash/Arya Krisdyantara

Museum Geopark Batur

Selanjutnya, destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan di daerah gunung ini yakni Museum Geopark Batur. Museum yang satu ini menyediakan berbagai informasi seputar Gunung Batur.

Mulai dari proses pembentukan Pulau Bali, sejarah panjang Gunung Buyan-Bratan pada 30.000 tahun silam, dan informasi serta edukasi penting lainnya.

Danau Batur

Tentunya danau yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Danau yang terletak pada ketinggian 1.050 mdpl di lereng gunungnya ini dikelilingi oleh perbukitan serta pepohonan yang mempunyai udara segar dan sejuk.

Para wisatawan bisa berkemah di pinggir danau, menyewa perahu untuk menikmati keindahan danaunya, mandi air panas, hingga bisa mengunjungi restoran apung.

Berwisata ke Gunung Batur tentu akan lebih sempurna lagi jika kamu mengunjungi berbagai destinasi wisata yang telah disebutkan diatas. Sebab, tentunya bagi kamu yang berada di wilayah luar Bali akan jarang sekali untuk bisa berkunjung lagi.

Jadi, nikmati kesempatan yang ada sebelum kamu menyesalinya.

>>Baca juga: 9 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Bali, Gratis Tiket Masuk

Foto: Unsplash/Spenser Sembrat

Tips Mendaki Gunung Batur, Amankah Untuk Pemula?

Apakah mendaki gunung merupakan kegiatan rutin yang sering kamu lakukan? Jika memang iya, kamu juga bisa coba mendaki gunung indah di Bali ini.

Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan wisata alam yang akan memberikan kepuasan tersendiri untuk para pecinta pendakian atau hiking. Nah, jika memang kamu belum pernah mendaki gunung yang satu ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebagai persiapan mendaki gunung ini, diantaranya:

  • Persiapkan mental dan fisik

Hal terpenting yang perlu kamu persiapkan tentunya fisik dan mental yang kuat. Stamina dan fisik saja tentu tidak akan cukup jika mental kamu lemah. Oleh karenanya, lakukanlah pemeriksaan kesehatan tubuh sebelum kamu mendaki, agar dapat memperkirakan apa saja yang perlu dibawa, seperti halnya obat-obatan akan diperlukan atau tidak.

Ingat, jangan pernah memaksakan diri untuk mendaki jika kamu merasa kurang enak badan atau sakit sebelum berangkat. Sebab, nantinya pendakian akan menguras tenaga yang banyak dan harus menghadapi cuaca di gunung yang bisa saja mendadak berubah ekstrim secara tiba-tiba.

  • Menentukan waktu yang tepat

Hal yang satu ini juga menjadi hal yang perlu kamu persiapkan dalam melakukan pendakian, sebab kondisi alam tidak ada yang bisa memperkirakan. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk memeriksa kondisi cuaca terkini di kawasan gunung tersebut.

  • Persiapkan perlengkapan mendaki serta bekal yang cukup

Jangan terburu-buru, kamu harus mempersiapkan peralatan mendaki yang lengkap, bila perlu cek beberapa kali sebelum berangkat sampai benar-benar tidak ada yang tertinggal. Hal penting lainnya, bekal selama perjalanan juga akan sangat membantu untuk menjaga stamina kamu selama perjalanan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mulai mendaki ke gunung yang satu ini. Dengan melakukan persiapan yang matang, pendakian pun akan berjalan dengan lancar.

Disamping itu, kamu juga perlu dipandu oleh seorang guide yang berpengalaman agar pendakianmu tidak tersesat atau bahkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah beberapa penjelasan seputar Gunung ini yang penting untuk kamu ketahui. Indonesia dengan alamnya yang indah, tentu menjadi keunikan tersendiri yang tidak dimiliki negara lain.

Jadi, jika kamu ingin berwisata, tidak ada salahnya untuk berkeliling dan menikmati keindahan destinasi di Indonesia, sebelum berjelajah di luar negeri. Salah satunya ke Bali, di Gunung Batur ini. Semoga perjalanan wisata kamu menyenangkan! Jika ingin melihat tempat wisata lainnya di Bali, kamu bisa mengunjungi blog kami untuk mendapatkan info lengkapnya.