air terjun di Bali

Bali adalah ikon negara Indonesia, hampir sebagian besar masyarakat dunia mengenalnya. Terdapat belasan wisata air terjun di Bali hits dan instagramable. Pada artikel ini, kami akan membahas 9 air terjun di Bali yang sebagian diantaranya merupakan wisata terbaru di Bali yang tengah happening. Yuk, check ada air terjun apa aja yang bisa kita kunjungi selama di Bali.

Spot Wisata Terbaru di Bali

Bagi kamu yang sedang berwisata ke Bali, sempatkan waktu untuk mendatangi beberapa spot air terjun di Bali yang mempesona. Banyak diantara wisata air terjun di Bali ini merupakan hidden gem yang terbilang cukup baru, cocok untuk kamu yang bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu aja. Berikut kami berikan list air terjun daerah Bali yang super instagramable :

Foto: Instagram/@baligasm

Air Terjun Kanto Lampo, Gianyar

Wisata air terjun Kanto Lampo yang terletak di daerah Gianyar, Bali ini memang menarik perhatian wisatawan. Pesona alami air terjun yang ada di salah satu kabupaten terbesar di Bali ini memang tidak terelakkan.

Air terjun Kanto Lampo memiliki daya tarik tersendiri. Tempat ini mengagumkan. Bentangan alam yang bisa dilihat para pengunjung memang bisa menyembuhkan nurani.

Salah satu air terjun di Bali yang cukup terkenal ini memiliki banyak tingkat, sehingga aliran airnya tidak terlalu deras. Namun begitu, air terjun yang satu ini sangat direkomendasikan karena begitu instagrammable.

Alamat: Jl. Kaliasem lingk.kelod kangin, Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80513
Jam Buka: 07:00 – 17:30 WITA

>>Baca juga: Bloom Garden Bali, Informasi Lengkap dan Harga Terbaru

Foto: Instagram/@alvinorafky

Air Terjun Aling-aling, Buleleng

Salah satu tempat wisata berupa air terjun bernama Aling-aling Waterfall ini terletak di daerah Buleleng, Bali. Air terjun ini berbeda dengan air terjun Kanto Lampo yang cenderung terbuka.

Lokasi air terjun Aling-aling sendiri lebih privat, dengan area yang dilingkupi tebing tinggi yang asri. Sama seperti namanya, “Aling-aling” yang dalam bahasa Indonesia berarti “halangan” atau “terhalangi”, air terjun ini memang lebih tertutup dan seperti dihalangi sesuatu.

Namun begitu, pemandangan di tempat ini sangat cantik. Cocok buat kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang air terjun yang tak terlalu besar dan dilingkupi tetumbuhan serba hijau di sekelilingnya.

Alamat: Sambangan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

Foto: Instagram/@osisam

Air Terjun Tibumana, Bangli

Berbeda dengan dua air terjun sebelumnya yang kami sebut, air terjun Tibumana memiliki debit air tak terlalu besar, namun terletak di area yang cukup luas. Sehingga kesannya air terjun yang satu ini cukup kecil debit airnya.

Walaupun begitu, air terjun yang satu ini ada di daerah yang sangat strategis. Ada lahan berupa tanah cukup luas, sehingga pengunjung bisa berfoto dengan aman di sekeliling air terjun.

Berbeda dengan dua air terjun sebelumnya, yang tidak banyak memiliki area lahan kosong. Di air terjun yang lokasinya berada di daerah Bangli ini, kamu bisa asyik berfoto tanpa khawatir terpeleset karena area tak terlalu licin. 

Alamat: Jl. Setra Agung, Apuan, Kec. Susut, Kabupaten Bangli, Bali
Jam Buka: 08:00 – 18:00 WITA

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Bali Terbaru (2022)

Foto: Instagram/@360bali

Air Terjun Sekumpul, Buleleng

Air Terjun Sekumpul sangat terkenal di daerah Buleleng, Bali. Air terjun di Bali yang satu ini memiliki lokasi curahan air yang begitu tinggi. Dan ada beberapa air terjun kecil di dekatnya.

Perjalanan menuju air terjun Sekumpul atau Sekumpul Waterfall tidak terlalu susah. Untuk menuju air terjun ini, kamu harus menuruni tangga dan menyusuri jalan setapak.

Pemandangan di air terjun ini sangat indah dan begitu instagrammable. Cocok untuk para wisatawan yang memiliki ketertarikan kuat pada alam. Pemandangannya cantik, dan benar-benar mempesona.

Alamat: Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WITA

Foto: Instagram/@lingkarindonesia

Air Terjun Banyumala, Buleleng

Sama halnya dengan air terjun Sekumpul, air terjun Banyumala juga diketahui memiliki anak air terjun yang jumlahnya cukup banyak dan sering disebut sebagai air terjun kembali di Bali. Ukuran dari anak air terjun tersebut tidak terlalu besar, menyebabkan air terjun ini berbeda.

Penampilannya seperti bercabang cukup banyak, dan areanya cukup luas. Sangat cocok bagi pengunjung yang mengutamakan keindahan area air terjun daripada pengalaman mendatangi air terjun yang cukup deras.

Air terjun Banyumala ada di daerah Buleleng, Bali. Air terjun yang satu ini tidak hanya memiliki arah jatuh vertikal, ada juga yang jatuh airnya yaitu tampak diagonal. Memuat air terjun ini begitu unik.

Alamat: Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Jam Buka: 08:00 – 18:00 WITA

Foto: Instagram/@penguyanganwaterfall

Air Terjun Peguyangan, Klungkung

Berikutnya, kami merekomendasikanmu untuk datang berwisata ke air terjun Peguyangan, Klungkung. Air terjun yang sangat indah ini terletak di tepi laut, menambah eksotis pemandangannya.

Air terjun yang terdapat di daerah Klungkung, Bali ini memiliki pesona alam yang begitu layak untuk dieksplorasi. Air terjun Peguyangan memiliki cukup banyak anak air terjun, dan letakkan curahannya ada di tepi tebing yang cukup tinggi.

Kamu bisa berfoto di bawah air terjun tanpa harus terkena percikannya. Selain itu, kamu juga diberi “bonus” pemandangan alam berupa lautan dan tebing batu yang sangat indah.

Alamat: Batukandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
Jam Buka: 06:00 – 19:00 WITA

Foto: Instagram/@yansugik

Air Terjun Jembong, Buleleng

Di daerah Buleleng, memang cukup banyak air terjun yang indah bentuknya. Berikutnya, kami juga merekomendasikanmu untuk datang ke area air terjun Jembong, yang sangat cantik dan indah.

Air terjun ini memiliki arah curahan air yang berbeda dari air terjun biasanya. Jika air terjun biasa memiliki arah vertikal ke bawah, maka curahan air di area waterfall yang satu ini yaitu diagonal.

Sehingga jika dilihat dari jauh, air terjun Jembong berbentuk seperti kepangan rambut yang unik dan tak terlupakan. Tempat wisata yang satu ini juga bisa dijadikan destinasi yang tak terlupakan, lho!

Alamat: Ambengan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Jam Buka: 06:00 – 17:00 WITA

Foto: Instagram/@tarinaminusta

Air Terjun Cemara, Buleleng

Masih di Kabupaten Buleleng, kami merekomendasikanmu untuk mengunjungi air terjun Cemara di daerah tersebut. Air terjun Cemara memiliki debit air yang sangat besar, hingga curah airnya begitu deras.

Bagi para pembaca yang ingin memacu adrenalin dengan mengunjungi tempat wisata air terjun dengan spot cukup tricky, datang saja ke lokasi wisata yang satu ini.

Ketika datang ke tempat ini, kamu akan disambut dengan area air terjun yang begitu sejuk namun juga licin. Jika tidak berhati-hati, kamu mungkin akan terpeleset atau bahkan hanyut ke aliran airnya.

Alamat: Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Jam Buka: 08:00 – 18:00 WITA

Foto: Instagram/@indonesia_paradise

Air Terjun Leke Leke, Tabanan

Yang terakhir, kami akan merekomendasikanmu untuk datang ke area air terjun Leke Leke atau Kipuan Kebo. Lokasi air terjun yang satu ini ada di Tabanan, Bali, dan termasuk salah satu air terjun terpopuler di daerah tersebut.

Air terjun Leke Leke ini memang sulit dijangkau dengan kendaraan biasa, dan harus diraih dengan mode berjalan kaki hingga ke lokasi. Air terjun yang satu ini memiliki bentuk yang anggun.

Berbeda dengan air terjun lainnya yang airnya memercik kesana kemari, air terjun Leke Leke memiliki debit air tak terlalu besar dan lokasinya tinggi. Sehingga air akan langsung tercurah ke bawah. Area wisata yang satu ini juga begitu instagrammable.

Alamat: Antapan, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Foto: Unsplash/Oktomi Jaya

Bali memiliki banyak sekali surga dunia yang sudah atau belum terjamah oleh tangan manusia. Datang ke area-area yang menyajikan pemandangan alami seperti air terjun di Bali bisa menjadi sarana healing masa kini.

Kamu akan merasa sangat damai ketika berhasil menjangkau area-area wisata yang telah kami sebutkan di atas. Udara sejuknya, udara bebas polusinya, lokasinya yang indah, hingga sensasi menemukan air terjun di daerah terpencil memang tak mudah dilupakan.

Itulah ke-9 lokasi air terjun di Bali yang sangat kami rekomendasikan bagi para traveler. Yuk, kunjungi sedini mungkin!