sunrise batur instagramable

Keindahan Pulau Dewata nggak perlu diragukan lagi. Selain budaya yang memang unik keindahan alam Pulau Bali menjadi magnet tersendiri untuk wisatawan. Tapi, sudahkah kamu mengunjungi daerah-daerah di Bali selain kawasan pesisir pantai? Nggak cuma Kuta dan Legian, daerah dataran tinggi di Bali juga jadi spot wisata yang nggak kalah menariknya. Salah satu kawasan wisata yang udah nggak asing lagi tentunya daerah Kintamani.

Terkenal dengan ras anjingnya, Kintamani merupakan sebuah dataran tinggi dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk. Berwisata di sini akan sangat pas untuk beristirahat dan bersantai dari hiruk-pikuk kawasan kota. Kintamani juga merupakan rumah untuk gunung-gunung terkenal di Bali. Membuat panorama yang disajikan semakin memukau. Nah, sebelum sampai sana, yuk simak wisata mana saja yang wajib kamu kunjungi saat berencana liburan di Kintamani, seperti dirangkum infoliburan.com berikut ini.

Gunung Batur

Meskipun hingga saat ini Gunung Batur masih berstatus aktif, namun kepopuleran gunung di Bali  ini nggak perlu diragukan lagi. Bau belerang yang tercium saat mendaki Gunung Batur menambah pengalaman menarik saat mendaki gunung ini. Nggak setinggi Gunung Agung, Gunung Batur hanya memiliki ketinggian 1717 mdpl.

>>Baca juga: Akasa Kintamani Coffee Bali

Foto : Instagram.com/@gunungbaturexplore

Saat mendaki Gunung Batur, hal yang paling dicari adalah pemandangan Danau Batur dari ketinggian. Saking populernya, kamu akan menemukan banyak pelancong yang menyesaki puncaknya saat matahari terbit. Untuk mendaki Gunung Batur, akan banyak dijumpai jasa pemandu. Kamu nggak perlu takut untuk mendaki gunung sendiri karena bisa memakai jasa pemandu ini.

Alamat : Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Jam Buka : Buka 24 jam
Check lokasinya di Google Maps

Danau Batur

Danau Batur merupakan danau yang cukup terkenal di daerah Kintamani. Terbentuk karena letusan Gunung Batur, bentuk danau ini berbentuk mirip bulan sabit. Kedalaman danau sekitar 65 meter sehingga kamu harus memperhatikan keamanan saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Foto : Instagram.com/@rakaontrip

Kamu juga bisa menikmati suasana Danau Batur dengan menggunakan kano. Buat kamu yang hobi memancing, Danau Batur bisa menjadi salah satu tempat memancing yang pas. Sambil mendayung kano, memancing sambil dibantu jasa pemancingan membuat kamu yang nggak mahir memancing bisa tetap merasakan sensasi mendapatkan ikan yang pastinya bakal memuaskan. Udara sejuk yang ada disekitar danau cocok untuk kamu foto-foto.

Alamat : Songan B, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Jam Buka : Buka 24 jam
Check lokasinya di Google Maps

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur memiliki pemandangan yang eksotis apalagi kalau sekitarnya sedang diselimuti kabut. Jika kamu beruntung kamu bisa menyaksikan upacara religi di pura ini. Karena memang pura ini sering dijadikan tempat untuk upacara religi. Tapi, jangan sampai kamu mengganggu jalannya upacara ya.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Bali Instagramable Paling Hits

Foto: Unsplash/Sebastian Pena Lambarri

Selain pura, berbagai bangunan khas Bali dengan ornamen yang mengagumkan bisa kamu temukan. Jangan lupa untuk sedia kamera agar momen liburan di Pura Ulun Danu bisa terabadikan dengan baik!

Alamat : Jl. Raya Kintamani, Batur Sel., Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
Check lokasinya di Google Maps

Wisata Desa Penelokan

Desa indah nan asri yang berada di Kintamani adalah Desa Penelokan. Di desa ini terdapat view point yang keren banget. Spot di ketinggian yang bisa melihat Gunung Batur dan Danau Batur. Tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai dan beristirahat sejenak dari perjalanan jauh dari Kota Denpasar.

Foto : Instagram.com/@laxmiii_sbdr

Karena lokasinya berada di ketinggian, pastinya suasana pegunungan dan dingin masih sangat terasa. Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat saat mengunjungi wisata ini. 

Alamat : Suter, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Check lokasinya di Google Maps

Toya Devasya

Saat mengunjungi daerah Kintamani yang dingin, akan sangat pas jika berhenti sejenak untuk mandi air panas. Di daerah ini, kamu bisa menemukan pemandian air panas Toya Devasya. Dengan mengusung konsep waterpark, berbagai permainan air bisa dinikmati di sini. Untuk yang bawa anak-anak, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Harga tiket masuk pun relatif murah yaitu 100.000 rupiah untuk dewasa dan 60.000 rupiah untuk anak-anak.

Foto : Instagram.com/@toyadevasya

Alamat : Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Telepon : 036651205
Check lokasinya di Google Maps

Wisata Desa Trunyan

Desa wisata yang wajib kamu kunjungi saat di Kintamani selanjutnya adalah Desa Trunyan. Di desa ini kamu bisa melihat prosesi adat dan tradisi tentang jenazah. Di mana jenazah tidak dibakar atau dikubur melainkan orang yang sudah meninggal akan diletakkan di bawah pohon yang memiliki usia ribuan tahun dan ditutupi ancak saji. Ancak saji terbuat dari bambu dan dedaunan. Uniknya, jenazah tersebut tidak mengeluarkan bau busuk layaknya jenazah pada umumnya.

Foto : Instagram.com/@genpiindonesia

Desa Trunyan juga merupakan salah satu trek pendakian ke Puncak Bukit Trunyan. Dengan ketinggian 1800 mdpl, kamu akan menikmati pemandangan indah saat sampai puncaknya. Pemandangan Gunung Batur, Gunung Agung dan Danau Batur bisa kamu nikmati dengan leluasa. Tersedia juga area perkemahan yang membuat pengalaman mendaki jadi maksimal. 

Alamat : Songan B, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
Check lokasinya di Google Maps

Desa Pinggan

Desa Pinggan sering disebut desa di atas awan karena berada di ketinggian dan sering diselimuti kabut. Saat kabut datang, serasa terbang di atas gumpalan awan lho. Kamu perlu menyiapkan baju tebal dan hangat saat berada di Desa Pinggan.

Foto : Instagram.com/@imadehariadana_

Terkenal dengan Pinggan Sunrise, Pinggan memiliki banyak lokasi yang bisa kamu jadikan spot foto Instagramable. Pastikan membawa kamera dan siap bangun pagi untuk melihat sunrise jika mau ke Pinggan!

Alamat : Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Check lokasinya di Google Maps

Gunung Abang

Gunung Abang merupakan salah satu gunung yang terkenal di Bali. Untuk kamu pendaki pemula, mendaki Gunung Abang akan menjadi pengalaman yang nggak bakal kamu lupakan. Belum sampai puncaknya, kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan indah dan menyegarkan mata. 

Foto : Instagram.com/@anggasugas

Keunikan dari Gunung Abang adalah memiliki pura di setiap posnya. Walaupun jalur pendakian di Gunung Abang tergolong ramah, namun untuk pemula tetap disarankan menggunakan pemandu ya. Kamu pasti nggak akan menyesal saat mendaki Gunung Abang.

Alamat : Abangsongan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Jam Buka : Buka 24 jam
Check lokasinya di Google Maps

Tirta Pancoran Solas Pura Pelisan

Nggak cuma terkenal di kalangan wisatawan, Tirta Pancoran yang berada di Pura Pelisan juga banyak didatangi warga Bali dari luar Kintamani. Tempat ini banyak dijadikan sebagai spot untuk melukat atau membersihkan diri untuk menyucikan pikiran. Air yang terasa hangat dan pemandangan Danau Batur akan terlihat jelas dari sini.

Foto : Instagram.com/@jalanmelali

Terdapat dua pancuran di Tirta Pancoran. Dimana pancuran atas untuk upacara dan pancuran bawah untuk melukat. Jika kamu datang di saat tertentu, kamu akan menemukan banyak warga yang sedang melukat lho.

Alamat : Jl. Kedisan, Kedisan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
Check lokasinya di Google Maps

Museum Geopark Batur

Kawasan Gunung Batur dan Danau Batur sudah diakui oleh UNESCO sebagai Global Geopark, yang artinya memiliki kekayaan di bidang arkeologi, geologi hingga budaya. Kamu bisa menikmati segala detail tentang Gunung Batur di Museum Geopark Batur.

Foto : Instagram.com/@roverparadise

Museum ini memiliki dua lantai yang bisa kamu telusuri. Keanekaragaman hayati, budaya, dan auditorium merupakan ruangan yang bisa kamu kunjungi untuk melihat koleksi dari Museum Geopark Batur. Serunya lagi kamu bisa mengamati aktivitas vulkanik Gunung Agung dari pos pengamatan lho. Menarik bukan?

Alamat : Jl. Raya Penelokan, Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WITA
Telepon : 036651088
Check lokasinya di Google Maps

Sukawana Sunrise Spot

Menikmati matahari terbit ditambah pemandangan indah di sekitar, siapa sih yang bisa menolak? Sukawana Sunrise Spot menyediakan dua pemandangan tersebut. Tempatnya pun sudah ditata rapi dan apik sehingga kamu bisa dengan mudah mencari spot yang sesuai dengan keinginan. 

Foto : Instagram.com/@irenench

Pemandangan sawah dan hamparan perumahan warga akan sangat indah saat kabut pagi mulai datang. Di sini terdapat juga area camping yang memudahkan kamu untuk bangun pagi lho. Sukawana Sunrise Spot juga memiliki fasilitas kafe yang bisa kamu nikmati saat sarapan tiba. Paket komplit sekali bukan?

Alamat : Jl. Pura Penulisan – Balingkang. Banjar Paketan Ds, Sukawana, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
Telepon : 081236708485
Check lokasinya di Google Maps

By Weni Arfiyani

A professional writer.