Pulau Lihaga, Likupang

Nama Likupang mungkin masih asing di telinga wisatawan.Tapi, destinasi wisata yang terletak di Sulawesi Utara ini sejatinya merupakan salah satu dari lima destinasi Super Prioritas di Indonesia. Namanya memang belum sepopuler destinasi lain di Sulawesi seperti Wakatobi atau Bunaken. Tapi, jika kamu berniat liburan ke timur Indonesia, Likupang bisa jadi tujuan wisata yang menjanjikan.

Keindahan alam yang eksotik membuat bakal membuatmu merasakan pengalaman liburan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Cocok banget buat tempat escape bareng keluarga atau teman. Pantai yang sangat jernih dikelilingi bukit-bukit yang indah bakal memanjakan mata para wisatawan. Nggak heran kalau Likupang ditetapkan sebagai salah satu destinasi Super Prioritas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf).

banner foto
Foto: Kemenparekraf

Dengan statusnya saat ini, Kemenparekraf juga terus meningkatkan sarana prasarana dan infrastruktur di Likupang. Pembangunan bandara, jalan, air bersih hingga jaringan internet tengah digarap matang oleh pemerintah. Semua ini dilakukan dengan harapan nantinya Likupang menjadi destinasi pariwisata unggulan kelas dunia.

>>Baca juga: 15 Tarian Bali Terpopuler beserta Rekomendasi Tempat Pertunjukan Tari Bali Terbaik

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Likupang. Semua tempat wisata di Likupang menjanjikan pemandangan yang siap memanjakan mata. Tapi, ada beberapa tempat wisata yang wajib banget kamu kunjungi ketika berada di Likupang. Yuk simak rekomendasi tempat wisata terbaik di Likupang versi infoliburan.com berikut ini.

Bukit Pulisan

Bukit Pulisan Likupang merupakan destinasi wisata murah meriah yang menyuguhkan hamparan padang rumput dan pemandangan laut yang eksotis. Untuk sampai ke bukit ini memerlukan waktu 2 jam dari Kota Manado dan selanjutnya perlu menaiki perahu kecil dengan membayar 20.000 rupiah/orang. Perjalanan diteruskan dengan hiking selama kurang lebih satu jam. Meskipun terkesan melelahkan, namun semua itu terbayar saat melihat pemandangan dari atas bukit yang luar biasa.

Foto : Instagram.com/@dian_rosalia

Alamat : Pulisan, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Bukit Larata

Bukit yang berada di Desa Kinunang ini berjarak kurang lebih 1,5 jam dari Kota Manado. Bukit yang menghadap ke pantai Kinunang ini menawarkan pemandangan yang luar biasa bahkan sebelum sampai puncaknya. Hembusan angin yang meniup rerumputan membuat kamu ingin berhenti untuk mengabadikan foto di sana.

Foto : Instagram.com/@ulinmanado

Alamat : Tim., Pulisan, Likupang Tim., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

>>Baca juga: Kocak! Ini 17 meme liburan terlucu di 2022

Pantai Pulisan

Pantai Pulisan merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pesona pasir putih dan bukit savana menjadi daya tarik untuk pantai ini. Keindahan bawah laut pantai pulisan juga tidak kalah menawan. Pantai pulisan memiliki keanekaragaman biota alam yang wajib dieksplor oleh wisatawan.

Foto : Instagram.com/@kanatover010914

Alamat : Pulisan, Likupang Timur, Pulisan, Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pantai Sampiran Jaya

Pantai yang dikenal dengan Pantai Sampirang ini juga memiliki keindahan pasir putih yang lembut. Selain pemandangan pantai yang indah, ketika malam hari kamu akan disuguhkan pesona langit malam yang menawan. Suasana pantai Sampiran sangat cocok untuk menghilangkan penat. Pohon kelapa di sekitar pantai yang membuat teduh serta air laut yang jernih sangat ampuh untuk obat penghilang stress.

Foto : Instagram.com/@mondysnet

Alamat : Kalinaun, Likupang Tim., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pantai Surabaya

Berbeda dengan namanya, pantai ini terletak di Likupang, Sulawesi Utara. Pesona pantai yang melengkung dan memanjang serta hamparan pasir hitam akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Untuk anda yang takut kulitnya terbakar karena terik matahari, di pantai ini sudah disiapkan sabua-sabua dengan atap daun seho yang didalamnya sudah ada kursi-kursi panjang dari kayu kelapa. Deburan ombak di Pantai Surabaya juga bersahabat sehingga para pengunjung bisa berenang di pantai ini.

Foto : Instagram.com/@arietamp

Alamat : Likupang II, Likupang Tim., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pulau Lihaga

Pulau yang tidak berpenghuni ini menjadi alternatif yang seru untuk dikunjungi. Pemandangan laut yang bergradasi indah dapat kamu nikmati saat berlibur ke pulau ini. Untuk mengunjunginya, kamu perlu menyewa perahu dari Pelabuhan Serai seharga 800.000 rupiah untuk 20 orang. Meski harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam namun akan terbayarkan ketika melihat pemandangan indah di pulau ini.

Foto : Instagram.com/@pulau_lihaga

Alamat : Gangga Satu, Likupang Bar., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pantai Paal

Pantai yang terletak di Desa Marinsow, Kabupaten Likupang Timur Pantai Paal dikenal dengan pemandangan eksotis yang indah dengan gradasi warna biru tosca di lautnya. Pasir putih dan air yang terdapat di Pantai Paal ini masih sangat bersih sehingga akan membuat betah berlama-lama. Untuk beristirahat juga terdapat rumah-rumah panggung di dekat pantai untuk beribadah dan bercengkrama bersama keluarga

>>Baca juga: 7 Tips Liburan ke Bali yang Murah, Asyik, dan Aman

Foto : Instagram.com/@kanatover010914

Alamat : Likupang Timur., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Ekowisata Desa Bahoi

Hutan bakau merupakan ekosistem yang paling terkenal dan masih alami di tempat ini. Selain itu, perairan di Desa Bahoi menawarkan pesona bawah laut yang sangat indah. Kamu bisa menyewa perahu-perahu yang akan membawamu ke tempat snorkeling. Sejak dikelola tahun 1999 ekowisata ini mengusung tema ramah lingkungan bukan hanya di lautnya namun juga permukimannya.

.

Foto : Instagram.com/@getlokal

Alamat : Likupang Barat , Kabupaten Minahasa Utara ,Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pulau Gangga

Pulau Gangga terletak di Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara. Pulau ini berpenghuni sekitar 2 desa dan Sebagian besar bekerja sebagai nelayan yang juga menjaga pulau ini. Untuk menikmati pulau ini, biasanya pengunjung membangun tenda untuk bermalam. Namun, jika tidak membawa tenda, pengelola pantai sudah menyediakan pondokan-pondokan yang bisa digunakan untuk bermalam.

Foto : Instagram.com/@ganggaislandresort

Alamat : Gangga Satu, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pulau Talise

Talise merupakan desa yang terletak di Likupang Barat. Memiliki luas 200 hektar dengan panjang 6 km dan lebar 2 km di Pulau Talise juga terdapat hutan dengan satwa yang beragam. Beberapa hewan diantaranya monyet, rusa dan tarsius. Dalam Pulau Talise juga terdapat spot diving yang mirip dengan Bunaken sehingga Pulau Talise berpotensi sebagai ekowisata.

Foto : Instagram.com/@enolwandy

Alamat : Desa Tambun, Pulau Talise, Likupang Barat, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pulau Kinabuhutan

Likupang digadang-gadang akan menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas. Salah satu pulau yang ada di Likupang adalah Pulau Kinabuhutan. Pulau yang disebut sebagai Hidden Gem ini digunakan sebagai tempat budidaya ikan kerapu. Perjalanan dari Likupang sekitar tiga jam ditempuh menggunakan perahu motor.

Foto : Instagram.com/@ hiskiabororing

Alamat: Kunabuhuta, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pantai Kinunang

Pantai Kinunang memang pantai yang belum banyak diketahui wisatawan. Berbeda dengan Paal dan Pantai Pulisan, Pantai Kinunang merupakan pantai yang masih baru di kawasan Likupang. Untuk sampai ke Pantai ini cukup dengan jogging dari Bukit Larata yang hanya perlu berjalan sekitar 5 sampai 10 menit. Ketika sudah sampai di Pantai ini, mata akan dibuat terpana dengan keindahan pantai yang sepi dan menenangkan. Suasana ini akan sangat cocok untuk self healing terbaik dan obat mujarab untuk mengatasi penat.

Foto : Instagram.com/@ _partofme_25

Alamat : Pulisan, Likupang Tim., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Pulau Paniki

Pulau yang sangat unik ini akan muncul dari jam 10.00 – 14.00 waktu setempat. Untuk sampai ke pulau ini memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan darat. Selanjutnya perlu perjalanan dengan perahu yang bisa disewa dari nelayan dengan harga 100.000 rupiah untuk antar jemput dan menempuh perjalan sekitar 15 menit dengan pemandangan hamparan air yang sangat bersih.

Foto : Instagram.com/@ mrs.pandaleke

Alamat : Desa, Palaes, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
Check Lokasinya di Google Maps

Kamu tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata di Likupang ini? Sebaiknya kamu mempertimbangkan Likupang sebagai tujuan wisata jika berniat untuk berlibur ke Indonesia timur. Destinasi wisata di atas cocok bagi kamu yang mencari suasana tenang saat liburan. Yuk ke Likupang!