tari bali

Pulau Bali yang juga disebut Pulau Dewata memiliki banyak pesona. Selain pantai, pegunungan yang memikat, Pulau Bali juga terkenal dengan ragam budaya yang unik. Budaya yang dimiliki Bali menarik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu budaya Bali yang menjadi tujuan wisata salah satunya adalah tarian tradisional.

Tarian Bali memiliki gerakan yang unik dan juga filosofi tersendiri. Tidak heran jika tarian Bali menjadi salah satu warisan dunia dan bahkan diakui oleh UNESCO. Banyak tarian bali yang dipertontonkan untuk para wisatawan berkunjung.

>>Baca Juga : 13 Rekomendasi Babi Guling Terenak di Bali

Berikut 15 tarian Bali terpopuler beserta rekomendasi tempat pertunjukan tari Bali terbaik versi infoliburan.com.

Tari Kecak

Tari yang sangat populer ini, merupakan kesenian tradisional sejenis seni drama tari. Tarian ini menceritakan tentang pewayangan Ramayana yang diceritakan dengan seni tarian dan gerak. Sejarah tari kecak pertama kali diciptakan oleh seniman bali yang bernama Wayan Limbak pada tahun 1930. Tari kecak ini dipercaya sebagai ritual mendatangkan dewi dan mengusir berbagai marabahaya baik bencana maupun penyakit.

Foto : Instagram.com/@tarikecak

Alamat : Uluwatu Kecak & Fire Dance – Kawasan parkir Pura Uluwatu, Jl. Uluwatu, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka : 07.00 – 19.00 WITA
Telepon : +6281237138559
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Legong

Kata Legong berasal dari bahasa bali yang berarti tarian yang gerakannya sangat berkaitan dengan musik dan gamelan pengiringnya. Konon tarian yang muncul pada paruh kedua abad 18 ini bermula dari mimpi seorang pangeran kerajaan. Nah jika kamu ingin melihat tarian ini kamu bisa berkunjung ke Puri Saren Agung ya.

>>Baca Juga: 13 Rekomendasi Restaurant Halal di Bali

Foto : Instagram.com/@khpothograph

Alamat :  Jl. Raya Ubud No.1, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka : 08.00 – 19.00 WITA
Telepon : +62361975057
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Puspanjali

Tarian yang satu ini merupakan tari penyambutan untuk para tamu yang datang ke pulau Dewata. Tari yang diciptakan tahun 1989 kini menjadi pelajaran tari untuk pemula. Gerakan yang ditampilkan dari tarian ini sangat indah dan gemulai karena ditampilkan oleh beberapa gadis berjumlah 5 hingga 7 anak.

Foto : Instagram.com/@sy_dmy02

Alamat : Werdhi Budaya Art Centre – Jl. Nusa Indah No.1, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80236
Jam Buka : 07.30 – 15.30 WITA
Telepon : +62361227176
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Trunajaya

Tari Trunajaya ini berasal dari Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Bercerita tentang seorang pemuda yang berusaha memikat hati wanita. Menarik bukan? Umumnya tarian ini berlangsung selama 11 menit saja.

Foto : Instagram.com/@ajikkiansantang

Alamat : Pura Luhur Batukaru – Jl. Penatahan – Wongayagede, Wongaya Gede, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali 85125
Jam Buka : Buka 24 jam
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Barong

Tarian Bali yang satu ini memiliki mitologis semi lion atau binatang beruang yang memiliki kekuatan gaib dan dapat melindungi manusia. Tari Barong juga menjadi tujuan pertunjukan para wisatawan. Untuk menonton tarian ini biasanya cukup merogoh kantong 75.000 sampai 100.000 rupiah saja. 

>>Baca juga: Informasi dan Harga Terbaru Wisata Tari Barong Bali

Foto : Instagram.com/@infowisatabali

Alamat :  Barong Dance Uma Dewi – Jl. Waribang No.21, Kesiman Petilan, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80237
Jam Buka : 09.30 – 19.30 WITA
Telepon : +62361285596
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Pendet

Tarian yang satu ini dulunya sering ditunjukkan saat upacara keagamaan atau upacara pemujaan. Namun, seiring berkembangnya waktu tari pendet juga sering dipersembahkan untuk penyambutan tamu. Berlibur ke Bali kurang lengkap rasanya jika tidak melihat tarian yang satu ini.

Foto : Instagram.com/@medayu_inspirasi_outfitkebaya

Alamat : Wayan Rindi – Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Buleleng Unit Pasar Banyuasri No. 174, JL. Ahmad Yani, Dauh Puri Kaja, Denpasar, Kota Denpasar, Bali 80231
Jam Buka : 08.00 – 17.30 WITA
Telepon : +6287863207770
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Baris

Tarian Bali yang satu ini, kebanyakan dipertunjukkan oleh laki-laki. Berbeda dengan tarian-tarian sebelumnya tarian ini menunjukkan tentang prajurit-prajurit yang akan berangkat perang. Ciri khas dari tarian ini adalah gerakan tubuh yang mencapai setara telinga.

Foto : Instagram.com/@raiyanim

Alamat : Balerung Stage – Peliatan, Ubud, Peliatan, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Margapati

Diciptakan pada tahun 1942 arti kata margapati adalah binatang yang sudah mati. Tarian ini menceritakan tentang raja hutan yang begerak gerik mencari mangsa lho. Tarian yang berfungsi untuk hiburan di masyarakat ini juga wajib kamu tonton ketika pergi ke Bali ya.

Foto : Instagram.com/@taksu_tari_bali

Alamat : Keluarga Kesenian Bali Githa Saraswati – Student Dormitory Bali Viyata Tirthagangga, Jl. Dr. Otten No.15, Pasirkaliki, Cicendo, Bandung City, West Java 40171
Telepon : +62224209958
Check Lokasinya di Google Maps

Sanghyang Dedari

Tarian yang satu ini bukanlah pertunjukkan yang tidak bisa disaksikan sewaktu-waktu. Pertunjukkan ini ditampilkan oleh enam sampai tujuh penari, namun nanti saat pertunjukkan, salah satu dari penarinya tidak bisa melanjutkan karena kerasukan roh Sanghyang Dedari. Tarian ini merupakan tarian sakral dari Pulau Dewata lho.

Foto : Instagram.com/@polengbali_

Alamat : Museum Sang Hyang Dedari – Banjar dinas griana kauh, North Duda, Selat, kab Karangasem, Bali 80862
Jam Buka : 10.00 – 17.00 WITA
Telepon : +6282146587726
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Rejang

Memakai pakaian kuning dan berbaris rapi, para perempuan yang akan melakukan tarian tari rejang. Tari yang hanya bisa ditemukan di Bali ini sebagai penghormatan kepada para dewa yang turun ke bumi. Tari Rejang dapat disaksikan di Nusa Penida atau Batuan Sukawati.

Foto : Instagram.com/@niningperintis

Alamat : Banjar Mentigi – Batununggul, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
Check Lokasinya di Google Maps

Drama Tari Gambuh

Tarian yang satu ini merupakan tari klasik khas Bali. Diciptakan sekitar abad 15, tarian ini lakonnya bersumber pada cerita Panji. Pementasannya juga seperti tarian yang lain, dilakukan ketika upacara-upacar di Bali.

Foto : Instagram.com/@dharmadana.id

Alamat : Sanggar Kakul Mas , Batuan – Batuan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Panji Semirang

Tarian yang satu ini merupakan tarian tunggal dari Bali yang diciptakan pada tahun 1942. Dalam tarian ini, bercerita tentang seorang pengembara yang mencari cinta sejatinya. Jika kamu berkunjung ke Bali pastikan untuk menonton tarian yang romatis ini ya.

Foto : Instagram.com/@guzzwier

Alamat : Pura Puseh Dan Pura Desa Sebunibus – Sakti, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
Check Lokasinya di Google Maps

Dramatari Wayang Wong

Merupakan seni pertunjukan topeng yang pewayangannya dengan pelaku-pelaku manusia. Para pemeran nantinya akan menggunakan bahasa kawi dalam berdialog. Pementasannya biasanya ada di beberapa desa di Bali.

Foto : Instagram.com/@dharmadana.id

Alamat :  Sulahan, Susut, Kabupaten Bangli, Bali
Check Lokasinya di Google Maps

Joged Bumbung

Tarian yang satu ini biasanya dipentaskan di acara sosial Bali. Namun, beberapa masyarakat salah persepsi terhadap tarian yang satu ini. Tari ini dianggap erotis untuk sebagian khalayak. Kedepannya diharapkan persepsi ini hilang dan joget bumbung bisa menjadi hiburan untuk wisatawan.

Foto : Instagram.com/@dikhabali.channel

Alamat : Tempekan Joged Bumbung – Jl. Batuyang, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Telepon : +628987356073
Check Lokasinya di Google Maps

Tari Keris

Tari keris Bali merupakan tarian sakral yang ekstrem. Tarian ini merupakan tarian yang para penarinya menusukkan keris ke tubuh mereka karena kemasukan dewa. Penonton akan dibuat takjub oleh tarian ini.

Foto : Instagram.com/nyomanmartawan

Alamat : Tari Barong Dan Keris Batubulan – Jl. Raya Batubulan No.295X, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Telepon : +62361298038
Check Lokasinya di Google Maps

Bagaimana? Menarik Bukan? Jika berkunjung ke Bali pastikan untuk mengunjungi salah satu rekomendasi di atas ya. Selain bisa healing dengan pemandangan yang menakjubkan kita juga menambah pengetahuan tentang budaya Bali yang luar biasa.