Kalau kamu sudah sering mendengar eksotisme Pulau Nusa Penida, kamu pasti nggak bakalan ketinggalan buat mencari tahu soal Pulau Nusa Lembongan. Satu dari tiga pulau kecil di selat Badung, Bali ini nggak kalah kerennya sama Nusa Penida. Selain kedua pulau ini, ada juga Pulau Nusa Ceningan yang bisa jadi destinasi wisata pilihan.

Nusa Lembongan menawarkan pemandangan alam Bali yang luar biasa indah. Samudera di sekelilingnya membentuk pantai-pantai keren yang kadang belum terjamah. Tapi, saat ini Nusa Lembongan sudah menjadi salah satu objek wisata top di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Di tempat ini kamu juga bakalan ketemu ekosistem mangrove yang menarik buat dieksplorasi.

Pengembangan wisata di Nusa Lembongan kini sudah marak dilakukan. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau pengen berkunjung ke sini. Soalnya, fasilitas wisata yang ada di Nusa Lembongan sudah cukup lengkap buat para turis. Dengan  begitu, kamu bisa berpetualang di Pulau Bali tanpa ragu lagi.

Bagaimana cara menuju Nusa Lembongan dan berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan untuk pergi ke Nusa Lembongan? 

Biaya Wisata Di Nusa Lembongan

Foto: Instagram/@nusalembongantour

Buat kamu ingin berkunjung ke sini, jangan khawatir karena ada banyak jasa penyebrangan dari pulau Bali menuju Nusa Lembongan. Pantai Sanur dan Pelabuhan Serangan Bali adalah pelabuhan yang lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata bagian selatan Bali. 

Di sini ada banyak pilihan kapal yang bisa kamu tumpangi menuju Nusa Lembongan. Harga tiket fast boat dari Pantai Sanur tergolong murah lho! Karena Nusa Lembongan ini jaraknya hanya sekitar 10 kilometer dari kawasan wisata Sanur. 

Kamu bisa menggunakan fast boat untuk mencapai Nusa Lembongan dari Pulau Bali. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk harga tiket kapal yang ada di Sanur Rp. 75.000/orang. Sedangkan fast boatnya sendiri Rp. 150.000/per orang untuk one way. Buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk menyeberang, kamu bisa memilih menuju ke Nusa Lembongan melalui Pelabuhan Serangan Bali menggunakan fast boat. 

Berikut adalah pilihan fast boat yang bisa kamu ambil untuk menuju ke Nusa Lembongan.

Fast Boat dari Gili Gateway ke Nusa Lembongan

  • Dewasa & Anak (3-12 tahun) One Way: Rp 275.000/orang.
  • Dewasa & Anak (3-12 tahun) Round Trip: Rp 400.000/orang.
  • Anak di bawah 3 tahun (Gratis).

Lembongan Blue Water Express (Dari Serangan ke Nusa Lembongan)

  • Dewasa One Way: Rp 400.000/orang.
  • Anak (3-12 tahun) One Way: Rp 350.000/orang.
  • Dewasa Round Trip: Rp 790.000/orang.
  • Anak (3-12 tahun)Round Trip: Rp 690.000/orang
  • Anak di bawah 3 tahun (Gratis)

Ada wisata apa saja di Nusa Lembongan?

Foto: Instagram/@nusalembongantour

Buat kamu yang belum pernah berwisata di Nusa Lembongan, kamu wajib simak tips berikut ini. Ada beberapa kegiatan liburan yang bisa kamu lakukan di Nusa Lembongan. Salah satunya adalah mengunjungi Yellow Bridge untuk mengabadikan foto atau momen liburan yang menyenangkan. Kamu juga bisa melakukan snorkeling di tempat ini untuk melihat keindahan ekosistem bawah laut di Nusa Lembongan.

Nusa Lembongan juga menawarkan spot wisata keren dan super Instagramable buat kamu. Ada beberapa tempat di Nusa Lembongan yang wajib masuk daftar tempat wisata buat kamu kunjungi nih. Berikut deretan objek wisata di Nusa Lembongan yang wajib kamu kunjungi versi infoliburan.com.

Devil’s Tear

Foto: Instagram/@nusalembongantour

Objek wisata ini jadi salah satu ikon Pulau Nusa Lembongan. Kamu bisa merasakan sensasi hantaman ombak keras di bibir samudra saat berkunjung kesini. Berdiri di atas batu karang yang menjulur ke lautan, lalu menanti hantaman ombak yang sangat besar tentu saja membuat kamu bakalan merasakan sensasi memacu adrenalin. Pemandangan dan pengalaman liburan yang berbeda ini bisa kamu nikmati dengan gratis di Nusa Lembongan. Tidak ada biaya masuk yang ke objek wisata yang harus kamu bayarkan untuk masuk ke kawasan Devil’s Tear Nusa Lembongan.

Alamat: 

Jungut Batu, Nusa Lembongan, Klungkung Bali.

Jam Buka : Buka 24 jam.

Check Lokasinya di Google Maps

Dream Beach

Foto: Instagram/@nusalembongantour

Dream Beach Nusa Lembongan juga jadi salah satu spot ikonik yang wajib kamu kunjungi. Buat kamu pemburu foto Instagramable, di sini adalah lokasi yang pas buat kamu mengambil foto. Dream Beach juga memiliki fasilitas wisata yang sudah memadai, nggak heran kalau tempat ini selalu jadi spot utama yang dikunjungi wisatawan kalau berlibur ke Nusa Lembongan.

Deretan tebing tinggi yang mengelilingi Dream Beach bak bingkai eksotis yang menambah kecantikan tempat tersebut. Buat kamu yang menyukai aktivitas watersport, kamu juga bisa melakukan snorkeling di tempat ini. 

Kamu bisa berkeliling menikmati Nusa Lembongan dengan menggunakan sepeda motor yang bisa kamu sewa di sekitar area Dream Beach. Atau jika kamu tidak ingin mengendarai sepeda motor ada jasa sewa mobil beserta sopirnya juga lho.

Untuk mencapai Dream Beach kamu perlu menaiki fast boat dari Sanur dengan rute menuju Dermaga Jungut Batu atau Mushroom Bay. Harga untuk menaiki fast boat sekitar Rp. 70.000/orang dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Waktu operasional boat sendiri setiap satu jam sekali.  

Fasilitas yang bisa kamu dapat jika berkunjung ke Dream Beach di antaranya:

Parkir

Area parkir di tempat ini cukup luas, kamu hanya perlu membayar Rp. 5000 untuk mobil dan Rp. 2000 untuk motor. 

Cafe dan Restoran di Nusa Lembongan

Nggak usah bingung jika kamu tiba-tiba lapar saat sedang berkeliling menikmati wisata di sini, karena ada banyak kafe dan restoran yang tersedia. 

Penginapan

Di sini juga tersedia penginapan untuk kamu yang ingin bermalam. Lokasinya di sebelah kiri Dream Beach, hotel-nya sendiri bernama Dream Beach Hut. Penginapan kelas atas tidak hanya menyediakan tempat untuk kamu istirahat tapi ada restoran serta infinity pool yang dapat juga digunakan untuk pengunjung luar hotel dengan membayar Rp. 50.000.

Kalau kamu ingin berjemur di kursi milik villa dan restoran tapi kamu tidak menginap di tempat tersebut, kamu cukup membeli makanan dan minuman yang tersedia atau bisa membayar Rp. 50.000 untuk menikmati kursi berjemurnya.  

Sewa Kendaraan

Kamu bisa menyewa sepeda motor dengan harga Rp. 80.000/hari di sekitar Dream Beach Nusa Lembongan. Kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk karena gratis buat pengunjung.

Alamat: 

Jungutbatu, Pulau Lembongan, Kabupaten Klungkung. 

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check Lokasinya di Google Maps

Mushroom Bay Beach

Foto: Instagram/@nusalembongantour

Mushroom Beach merupakan kawasan dermaga tempat berlabuhnya para penumpang yang menyeberang ke Nusa Lembongan. Selain sebagai dermaga, tempat ini juga menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan. Kamu bisa berenang, diving, snorkeling, atau mencoba bermain kano.

Selain aktivitasnya yang menyenangkan, kamu juga bisa menikmati makanan di tepi pantai karena di sepanjang jalannya terdapat beragam restoran yang menawarkan banyak menu menggiurkan. Untuk bisa kesini kamu perlu menggunakan perahu atau kapal laut. 

Rute yang bisa kamu tempuh menuju Mushroom Bay yakni menuju ujung jalan Hang Tuah untuk bisa menaiki perahu tradisional. Jam Keberangkatan menuju Nusa Lembongan pada pukul 10.30 WITA. Nantinya perahu akan berlabuh di Jungut Batu atau Mushroom Bay. Meski waktu tempuh dengan perahu tradisional cukup lama, tapi banyak wisatawan yang lebih suka menggunakan perahu ini karena harga tiketnya cukup terjangkau yakni Rp. 100.000 sekali jalan.

Alamat:

Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check Lokasinya di Google Maps 

Mangrove Point

Foto: Instagram/@nusalembongantour

Perairan Nusa Lembongan yang sangat jernih serta bersih cocok untuk kamu menikmati snorkeling dengan pemandangan indah terumbu karang yang masih sangat terjaga. Kamu juga bisa bertemu biota laut seperti ikan pari dan ikan mola-mola. Salah satu tempat snorkeling yang bisa kamu datangi di Nusa Lembongan adalah Mangrove Point.

Selain itu, di Mangrove Point Nusa Lembongan juga ada perahu kecil atau kano yang memuat sampai 6 orang penumpang untuk kamu naiki berkeliling Mangrove Point. Biasanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengitari kawasan ini. Kamu akan dibawa menjelajahi hutan mangrove yang sejuk di antara pantai yang panas. Untuk harga sewanya sendiri cukup murah, hanya Rp.100.000 dan bisa kamu naiki bersama 6 orang. 

Alamat:

Nusa Lembongan, Nusa Penida, Jungutbatu, Klungkung. 

Jam Buka: Buka 24 jam. 

Check Lokasinya di Google Maps

Pantai Jungut Batu

Foto: Instagram/@nusalembongantour

Pantai Jungut Batu nggak kalah populer dari obyek wisata lainnya di Nusa Lembongan. Walaupun Jungut Batu merupakan dermaga untuk berlabuh para penumpang. Tapi kamu nggak akan menyesal jika mampir kesini sebentar. 

Pantainya memiliki air yang tenang dan juga jernih, menyuguhkan pemandangan bawah laut yang begitu cantik. Cocok untuk melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving. Selain pemandangan alamnya yang indah, pantai Jungut Batu juga menghasilkan rumput laut. Untuk menuju ke tempat ini kamu perlu menggunakan transportasi air seperti speed boat atau kapal cruise.

Alamat:

Gg. Nusa indah, Jungutbatu, Nusa Penida, Klungkung.

Jam Buka: Buka 24 jam. 

Check Lokasinya di Google Maps

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis dengan pengalaman 5 tahun di industri media massa. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.