wanita menyantap makanan di cafe

Terkenal dengan banyak tempat hits dan keren, Bandung juga jadi salah satu tujuan berlibur yang banyak didatangi wisatawan. Suasana yang romantis di setiap sudut Kota Bandung selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Banyak pasangan yang menjadikan Bandung sebagai tujuan honeymoon mereka.

Menjadi kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, Bandung memiliki akses transportasi yang cukup gampang, terutama dari Jakarta. Banyak warga Jakarta yang memilih Bandung sebagai tujuan short escape mereka. Cukup berkendara lewat jalan tol, kamu bisa sampai Bandung dengan cepat. Untuk wisata alam di Bandung, nggak cuma terkenal dengan wisata puncaknya. Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang menarik buat dikunjungi. Seperti Lembang, Maribaya, Ciwidey, dan yang lainnya.

Foto : Instagram.com/@explorebandung

Bandung juga memiliki wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner dan masih banyak wisata-wisata yang ditawarkan di Bandung. Nah, berbicara tentang kuliner, Bandung memiliki banyak hidangan yang menggugah selera. Bahkan, banyak dari kudapan khas Bandung yang hits di dunia perkulineran. Salah satunya adalah seblak, batagor, cilok, dan lainnya. Hayo siapa nih yang jadi penggemar makanan-makanan khas Kota Kembang ini? Cita rasa gurihnya memang susah buat ditolak deh.

>>Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Bali Terbaru (2022)

Foto : Instagram.com/@ningstf24

Kalau banyak kuliner yang kha, nggak lengkap kalau tidak didukung dengan spot nongkrong yang asyik. Untungnya Bandung punya banyak tempat nongkrong atau cafe yang cozy dan konsepnya unik abis. Tempat-tempat tersebut nggak cuma cocok buat para kawula muda. Tapi, buat kamu yang berwisata bersama keluarga atau rombongan lain, cafe-cafe tersebut bisa dijadikan pilihan. Sambil menikmati suasana Bandung yang tentunya adem.

Salah satu cafe yang terkenal di Bandung adalah Cafe Bali. Seperti namanya cafe ini menawarkan sensasi makan dengan nuansa ala Bali di bagian desain bangunannya. Meskipun namanya Cafe Bali, tapi tuh menu yang ditawarkan beragam banget lho. Bahkan ada kudapan ala luar negeri juga di sini. Dengan desain interior yang apik dipadukan kayu ukir khas Bali, bikin suasana makan di sini berasa beneran kayak di Pulau Dewata.

Foto : Instagram.com/@cafebalibandung

Tempat Nongkrong Artis

Saking terkenalnya, sudah banyak artis ibukota yang singgah untuk makan di sini. Nggak cuma Masakan Bali, Cafe Bali juga menawarkan Masakan Indonesia, Masakan Eropa dan juga Masakan Asia. Semua hidangan yang ditawarkan dijamin akan menggugah selera.

Foto : Instagram.com/@cafebalibandung

Cafe Live Musik di Bandung

Cafe hits yang satu ini memiliki fasilitas live music juga buat menghibur pengunjungnya. Suasananya bakalan seru banget di sini, apalagi saat sore menjelang malam. Anak-anak muda pasti bisa merasakan keseruannya. Yang bikin betah di sini, kebersihan dan pelayanannya jawara banget deh.. Nggak heran kalau pengunjungnya selalu ramai, terutama saat weekend tiba.

Saat kamu memasuki Cafe Bali, ornamen Bali akan sangat kentara sekali. Terdapat patung-patung khas Bali. Ditambah alunan musik Bali membuat kamu serasa sedang ada di Pulau Dewata. Tempat yang satu ini juga Instagramable banget. Cocok buat kamu yang hobi foto-foto. Setiap spot di kafe ini layak buat dijadikan latar belakang foto di feeds kamu deh.

Foto : Instagram.com/@cafebalibandung

Meskipun terlihat kecil dari luar, Cafe Bali sangat luas lho bagian dalamnya. Ambience yang ditawarkan bisa bikin kamu betah lama-lama nongkrong di sini. Tempatnya juga rindang karena ada taman atau tanaman-tanaman hijau yang diletakkan di dalam cafe-nya. 

Foto : Instagram.com/@cafebalibandung

Interior berupa tempat duduk dan meja yang terbuat dari kayu menambah kesan otentik dari cafe yang satu ini. Nuansa kuno nan antik dipadukan banyaknya tanaman hijau dan ornamen khas Bali. Pasti buat mata betah memandangnya, nggak ngebosenin banget deh. 

Foto : Instagram.com/@marinaku_ina

Tempat Nongkrong Asik di Bandung

Cafe yang berdiri sejak tahun 1999 ini sangat cocok untuk acara gathering, meeting, arisan ataupun quality time dengan orang tersayang. Tempat ini bisa menampung sampai 100 orang lho. Selain live music fasilitas lain yang ada di Cafe Bali cukup lengkap. Ada mushola, parkiran, ruang VIP, smoking area, dan non smoking area. Selain itu lokasinya cukup strategis. Jadi, mudah dijangkau saat kamu berada di Bandung.

Foto : Instagram.com/@sinta_harsono

Cafe Bali ini terbagi menjadi dua tempat yaitu versi fancy dan versi prasmanan. Untuk yang fancy menunya lebih ke Western. Namun untuk yang prasmanan menu yang ditawarkan kebanyakan adalah makanan sunda. Misalnya saja sayur daun pepaya, jengkol, bistik sapi, nasi campur dan masih banyak yang lainnya. Kamu bisa memilih sendiri makanan yang ingin kamu nikmati. Kalau kamu ingin menikmati menu khas Bali, bisa banget mencicipi Nasi Bebek Bali. Rasanya sih udah pasti menggugah selera banget deh.

Setiap hari ada sekitar 60 menu makanan yang disajikan di cafe ini. Semua menu yang disediakan dipajang di etalase. Saat bulan Ramadhan, kamu bisa menikmati menu signature super lezat dari Cafe Bali. Yaps, apalagi kalau bukan menu kolak. Kolak yang disajikan di tempat ini berbeda dengan yang lainnya. Ada 10 menu kolak yang ditawarkan. Konsumen bisa memilih 5 menu kolak campuran dalam satu mangkok. Nah, berhubung udah mau bulan puasa, bisa banget nih kamu jadwalkan buat berbuka di cafe satu ini.

Foto : Inbstagram.com/@cafebalibandung

Harga Cafe Bali Bandung

Untuk harga, kamu perlu merogoh kocek 50.000 rupiah sampai 100.000 rupiah untuk makanan rumahan yang ditawarkan. Harga tersebut, tergantung dari pilihan lauk ataupun nasi yang diambil. Nasi yang ditawarkan di Cafe Bali juga cukup bervariasi. Ada nasi putih dan juga nasi merah. Untuk nasi campur harganya sekitar 40.000 rupiah per porsi.

Foto : Instagram.com/@yaniececilia

Selain makanan rumahan dengan konsep prasmanan, kamu juga bisa menikmati makanan Western. Misalnya seperti Sirloin Steak, Spaghetti Beef Cream, dan Troix de Fille. Semua masakan western tersebut memiliki rasa yang enak, juicy dan bentuk unik. Daging Sirloin Steak memiliki ukuran yang besar namun rasanya juicy dan teksturnya sangat lembut. Saus yang disajikan di spaghetti juga memiliki rasa yang sangat gurih dan teksturnya creamy. Menu Troix de Fille juga berupa 2 potong daging tenderloin dipadukan dengan mashed potato yang sangat creamy. Harga yang ditawarkan untuk menu Western ini sekitar 100.000 rupiah.

Foto : Instagram.com/@cafebalibandung

Buat kamu yang hobi ngopi, Cafe Bali juga menawarkan berbagai pilihan kopi. Dengan rasa yang enak dan kental membuat kamu pecinta kopi bakal dimanjakan dengan sensasi otentiknya. Apalagi kalau kamu menikmati kopi sambil ngobrol bareng teman tongkrongan.

Tertarik buat singgah dan menikmati hidangan dari Cafe Bali Bandung? Kamu bisa mengunjungi alamat berikut ini.

Alamat: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.211-215, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114. Atau bisa juga check lokasinya di Google Maps. 

Tempatnya dekat juga dengan tempat hits lainnya seperti Cafe Karnivor, Taman Superhero, dan Mie Kocok Bandung. Jam buka cafe ini mulai pukul 10.00 sampai 23.00 WIB. Untuk keperluan informasi atau booking tempat, kamu bisa menghubungi (022) 7217490.

Nah, tunggu apalagi jangan lupa untuk mengunjungi Cafe Bali saat kamu berada di Bandung. Rasakan nuansa Bali yang cukup otentik saat kamu berada di Kota Kembang. Kapan lagi kamu bisa merasakan sensasi wisata di Pulau Dewata tapi hanya beberapa jam dari Ibukota.

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.