penjual sosis babi

Balikpapan kini menjadi sebuah kota yang cukup berkembang. Baik didukung oleh sumber daya alamnya, hingga tempat-tempat wisatanya yang nggak kalah menggoda. Tempat di pesisir pantai Kalimantan ini sekarang juga jadi destinasi yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Buat kamu yang ingin menjelajah Indonesia Timur, ada baiknya buat singgah ke Kota Balikpapan nih. Yang nggak boleh ketinggalan adalah mencicipi kuliner di tempat yang satu ini. Ada beragam kuliner yang bisa kamu coba. Balikpapan termasuk tempat atau kota multikultural yang menyediakan fasilitas seperti rumah ibadah, tempat makan dan lainnya untuk seluruh kalangan lho.

Foto: Unsplash/Thu Nguyen

Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau mau berwisata ke Balikpapan. Dari makanan halal, sampai makanan non halal bisa kamu temukan di sini. Khusus buat kamu yang sedang ingin menikmati hidangan non halal yang berbahan dasar babi, kamu wajib tahu dulu nih tempat-tempat makan legendaris dan super lezat untuk menyantap kudapan ini.

Di Balikpapan ada banyak banget tempat makan babi legendaris yang dijamin recommended deh. Udah ada sejak dulu, restoran-restoran ini pasti punya cita rasa lezat yang wajib kamu coba. Pokoknya nggak bakal rugi deh kalau kamu makan olahan daging babi di tempat-tempat ini.

Di mana saja ya tempat makan babi terbaik di Balikpapan? Berikut infoliburan.com merangkum 7 rekomendasi tempat makan babi di Balikpapan yang wajib kamu coba.

Depot Lo Ho Kok (Depot Akok)

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Kuliner Balikpapan yang Enak dan Murah

Foto: Google.com/Depot akok

Buat kamu yang berada di dekat Pasar Kebun Sayur, pasti banyak menemukan rumah makan. Salah satu yang paling terkenal adalah Depot Akok. Berdiri sejak tahun 1970, warung makan ini menyajikan berbagai macam masakan chinese food. Dan yang paling terkenal adalah Nasi Campur dan Mie Siram. 

Uniknya nasi campur yang disajikan di depot ini memiliki ciri khas yang sangat menggugah selera. Nasinya di goreng tanpa kecap dan diberi topping potongan babi panggang dan telur, siomay, ngohiang, dan sate babi. Nggak kalah sup sawi panas sebagai pelengkap. Menu lain yang bisa kamu nikmati adalah babi panggang, kwetiau, bihun, dan nasi goreng. Harus banget kamu cobain masakan di Depot Akok ini!

Alamat: Jl. Pandan Sari No. 24 Marga Sari, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76123
Jam Buka : 10.00-22.00 WITA
Check lokasinya di Google Maps

Lapo Lafaredo

Foto: Google.com/Emanuel Taufan

Meskipun Lapo Lafaredo memiliki lokasi yang nggak terlalu bagus, karena berada di jalan yang ramai dan sering kali bikin susah cari parkir,  tapi buat kamu pecinta makanan non halal wajib banget mengunjungi warung makan yang satu ini. Menu andalan babi panggang dicampur sayur daun singkong pasti buat kamu ketagihan. Untuk harganya pasti sesuai dengan rasa yang diberikan. Warung Makan Batak yang satu ini selalu ramai pengunjung lho. Wajib kamu coba!

Alamat: Komplek Ruko Balikpapan Permai, Jl. Jenderal Sudirman No. 2, Damai, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114
Jam Buka : 09.00-19.00 WITA
Telepon: 0812 1340 2257
Check lokasinya di Google Maps

BPK T164NNA

>>Baca juga: Amplang Sibayak Balikpapan

Foto: Google.com/Sudianto Chen

Untuk kamu pecinta masakan non halal, harus banget cobain warung makan yang satu ini. Uniknya, warung makan ini memiliki nama yang sangat tidak biasa. Yaps, BPK T164NNA. Memiliki menu makanan yang lezat yaitu babi panggang. Rasa krunchy dan juicy bisa kamu nikmati saat sekali gigit. Pelayanan warung makan ini juga recomended banget loh. Nggak akan mengecewakan kamu pokoknya.

Alamat: Jl. Balikpapan Regency, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76115
Jam Buka : 08.00-20.00 WITA
Telepon: 0821 5666 0556
Check lokasinya di Google Maps

Depot Lusiana

Foto: Google.com/Astrid Yap

Buat kamu yang cari chinese food di Balikpapan pergilah ke Depot Lusiana. Olahan babi di tempat ini memiliki bermacam variasi menu yang sangat menggoda lidah. Nasi campur babi, nasi goreng babi, dan mie siram cocok banget buat kamu pecinta makanan non halal. Warung makan ini merupakan salah satu tempat makan babi tertua di Balikpapan dengan cita rasa yang nggak pernah berubah. Masakannya tanpa banyak penyedap loh, tapi rasanya tak kalah lezat.

Alamat: Jl. Pandan Sari No. 43 RT 20, Kec. Baru Ilir, Marga Sari, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76123
Jam Buka : 10.00-21.00 WITA
Telepon : (0542) 736005
Check lokasinya di Google Maps

Kedai Tirai Bambu

Foto: Google.com/SJP

Salah satu warung makan enak dan lezat di Balikpapan adalah Kedai Tirai Bambu. Nasi campur dan sate babinya wajib banget kamu coba. Buat kamu yang ingin ke tempat ini, hati-hati ya saat hari libur atau tanggal merah karena pasti akan menunggu lama untuk antrinya. Untuk rasa jangan salah lagi, Kedai Tirai Bambu memiliki rasa yang sangat lezat. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Alamat: QV6C+245, Damai, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114
Jam Buka : 11.00-14.00 WITA dan 17.00-23.00 WITA
Telepon : (0542) 871216
Check lokasinya di Google Maps

Lapo BPK Arih

Foto: Google.com/Elia Hutajulu

Pengen makan masakan non halal? Lapo BPK Arih merupakan rumah makan dengan sajian daging babi yang cukup terkenal di Balikpapan. Babi panggang dengan cita rasa enak, gurih, manis menjadi menu andalan di warung ini. Selain babi panggang, sangsang juga memiliki rasa yang nggak kalah lezat. Kalau kamu pergi kesini beramai-ramai pas banget buat memesan babi panggang kiloan.

Alamat: Jl. Al – Makmur No.5, Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114
Jam Buka : 10.00-20.00 WITA
Telepon : 0853 8981 3067
Check lokasinya di Google Maps

Lapo RM Lapoondi

Foto: Google.com/Mikha Marthen

Warung Makan Lapo Lapoondi menyajikan berbagai macam hidangan babi yang sangat menggugah selera. Kamu nggak akan salah pilih kalau mencoba masakan warung makan yang satu ini. Cita rasa lezat dan kaldunya yang sangat terasa membuat kamu pasti ingin lagi dan lagi. Sup babi merupakan makanan signature warung ini. Selain rasa yang enak, ruang yang bersih dan nyaman membuat kamu betah menyantap hidangan di tempat ini.

Alamat: Jalan MT. Haryono. Komplek Ruko BDI Blok.I-11 (RM. Lapoondi, Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114
Jam Buka : 09.00-22.00 WITA
Telepon : 0811 5425 007
Check lokasinya di Google Maps

Gimana nih? Kamu udah nggak asing dengan deretan tempat makan ini? Atau kamu lagi mau mencoba kenikmatan hidangan yang disajikan oleh tempat makan babi di Balikpapan yang legendaris ini? Sebagai penikmat makanan non halal, kamu bisa lho mencoba datang dan bersantap makanan di tempat-tempat tadi. 

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.