plecing kangkung khas Lombok

Lombok dikenal sebagai tempat wisata dengan panorama alam yang luar biasa. Lebih dari itu, Lombok juga menawarkan wisata kuliner khas yang patut kamu coba. Tak lengkap rasanya jika tidak menikmati hidangan khas saat kamu pergi liburan. Cita rasa nusantara yang beragam bakal jadi pengalaman menarik selama kamu berlibur.

Foto: Instagram/@sheratonhyderabad

Kuliner Lombok ada beragam lho, salah satunya ayam taliwang yang pasti sudah kamu kenal. Tapi selain itu, ternyata ada banyak makanan khas Lombok yang harus kamu tahu. Makanan khas Lombok ini punya cita rasa yang khas, mulai dari cita rasa gurih hingga pedas. Pokoknya kamu wajib untuk wisata kuliner di Lombok deh. 

>> Baja juga: 13 Rekomendasi Babi Guling Terenak di Bali

Ada beberapa tempat kuliner di Lombok yang sudah berusia lebih dari 20 tahun. Kuliner legendaris ini tentunya wajib masuk ke daftar tempat kuliner Lombok yang wajib dikunjungi. Dijamin kamu bakal mendapat pengalaman makan makanan khas Lombok yang otentik banget. Berikut adalah 11 Rekomendasi tempat kuliner di Lombok legendaris yang wajib dikunjungi versi infoliburan.com.

Sate Bulayak Suranadi

Makanan khas sasak ini menyajikan sate sapi yang dihidangkan dengan bumbu kacang. Bumbu kacang dari sate bulayak ini disangrai kemudian ditumbuk dan direbus menggunakan santan dan bumbu khas sasak lainnya. Penyajiannya pun sangat berbeda dengan sate-sate sebelumnya. Dalam sate bulayak, lontong dibungkus menggunakan daun aren bukan daun pisang.

>> Baca juga: 7 Rekomendasi Sate Klatak Terbaik di Jogja

Untuk menikmati satu porsi sate bulayak hanya perlu merogoh kocek Rp. 20.000 saja. Warung sate khas Lombok yang berdiri sejak tahun 1990 ini juga menyajikan beberapa hidangan seperti ayam bakar plecingan, ayam goreng Suranadi, Ikan bumbu Rajang, dan masih banyak yang lainnya.

Foto : Instagram.com/vanchan_diaries

Alamat : Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 83371
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WITA
Check Lokasinya di Google Maps

Nasi Balap Puyung-Lombok Tengah

Kuliner Lombok yang satu ini paling banyak dicari untuk sarapan. Nasi yang berasal dari Kampung Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah ini sudah berjualan sejak tahun 90-an. 

Ciri khas dari nasi balap puyung ini adalah dari potongan kertas nasi yang menyerupai bunga dan juga disajikan di piring rotan. Bukan hanya itu, soal rasa dari hidangan ini juga tidak kalah khasnya karena nasi nya memiliki rasa yang pedas walaupun tidak ditambah dengan sambal. Nasi ini disajikan dengan ayam suwir, kering tempe, oseng buncis, dan kacang kedelai goreng. Harga dari satu porsi nasi balap puyung ini di banderol 17.000 rupiah.

Foto : Instagram.com/ jimmysie

Alamat : Jl. Raya Puyung, Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83561
Jam Buka: 08.00-22.00 WITA
Telepon : 0878-6421-1080
Check Lokasinya di Google Maps

Ayam Taliwang Irama

Hidangan yang satu ini pasti tidak asing untuk para pembaca. Ketika mendengar kata Taliwang pasti langsung tertuju ke ayam bakar dengan bumbu pedas yang menggugah selera. Asal mula dari hidangan ini memang dari daerah Karang Taliwang yang berlokasi di Kota Mataram Lombok. Harga satu porsi Ayam Taliwang Irama adalah 40.000 rupiah.

Foto : Instagram.com/ taliwangirama3.id

Alamat : Jl. Ade Irma Suryani No.53, Monjok, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83239
Jam Buka : 08.00-21.00 WITA
Telepon : +62370623163
Check Lokasinya di Google Maps

Sate Tanjung

Sate tanjung merupakan sate yang berbahan dasar ikan. Perpaduan rasa gurih dan pedas menjadi citarasa dari sate ini. Jika umumnya sate bersaus kacang, berbeda dengan sate tanjung yang tidak menggunakan saus apapun dalam penyajiannya.

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Restaurant Halal di Bali

Sesuai dengan Namanya sate ini akan banyak dijumpai di sepanjang jalan Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Di sepanjang jalan ini akan dijumpai puluhan penjual sate tanjung. Untuk harga sate tanjung sendiri hanya 1000 rupiah per tusuk.

Foto : Instagram.com/kulinerdilombok

Alamat : Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Jam Buka : Buka 24 Jam
Telepon :  +6281910626857
Check Lokasinya di Google Maps

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Berdiri sejak tahun 1988, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh menjadi tujuan wisata kuliner yang populer di Lombok. Kuliner yang satu ini berbahan dasar daging sapi dengan rasa yang pedas dan gurih. Daging sapi yang akan digunakan untuk sate rembiga ini sebelumnya telah di tumbuk dan direndam dengan cabai merah kering, terasi, bawang putih, dan gula jawa selama 2 jam sebelum selanjutnya dibakar dan disajikan saat panas.  Untuk satu porsi sate rembiga dibanderol sekitar 30.000 rupiah.

Foto : Instagram.com/foodilombok

Alamat : Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83124
Jam Buka : 09.00- 22.00 WITA
Telepon  : +6281917991747
Check Lokasinya di Google Maps

Depot Kelebet (Bebalung)

Bebalung atau yang disebut sop tulang ini berlokasi di belakang kantor gubernur NTB.  Bahan utamanya adalah tulang iga sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu pedas cabai yang khas suku sasak atau biasa disebut dengan ragi Rajang. Makanan ini merupakan hidangan wajib untuk hajatan di Lombok. Dengan 29.0000 rupiah saja kita dapat menikmati hidangan bebalung ini.

Foto : Instagram.com/bebalung_lombok

Alamat : Jl. Hos Cokroaminoto No.10, Monjok Tim., Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83122
Jam Buka : 07.00 – 15.00 WITA
Telepon : 0813-3978-6972
Check Lokasinya di Google Maps

Rumah Makan Em Dua

Rumah makan yang berdiri sejak tahun 1993 ini menyajikan berbagai macam makanan khas Lombok. Menu andalan dari rumah makan ini adalah Ayam Taliwang Bakar. Penyajiannya dengan cara ayam dikukus terlebih dahulu sebelum kemudian dibakar membuat cita rasa asli dari ayam bakar taliwang ini tidak tergantikan.

Foto : Instagram.com/@taliwangduaem

Alamat : Jalan Transmigrasi No.99, Karang Taliwang, Cakranegara, Karang Taliwang, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83239
Jam Buka : 10.00-22.00 WITA
Telepon : +6281998882299
Check Lokasinya di Google Maps

Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang

Rumah makan khas Lombok Tanjung Karang menyediakan berbagai macam makanan khas Lombok. Salah satunya adalah sayur ares. Sayur ares merupakan makanan yang diolah dari pelepah atau gedebok pisang yang masih muda. DImasak dengan santan, sayur ares memiliki rasa yang manis dan gurih. Pada awalnya sayur ares hanya disajikan ketika masyarakat Sasak mengadakan acara pernikahan. Namun, sekarang sudah bisa dijumpai di tempat makan yang berada di Lombok.

Foto : Instagram.com/@penaviana

Alamat : Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang – Jl. Arya Banjargentas No. 88X Ampenan Sekarbela, Tj. Karang, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83115
Jam buka : 08.00 – 22.00 WIB
Telepon : +6281805244479
Check Lokasinya di Google Maps

Rumah Makan Taliwang Nada Alam Nyaman

Rumah makan Taliwang Nada Alam Nyaman yang berlokasi di Mataram ini menyediakan berbagai macam masakan khas Lombok. Makanan favorit dari rumah makan ini adalah ayam taliwang, plecing kangkung dan beberuk terong.

>>Baca juga: 7 Tips Liburan ke Bali yang Murah, Asyik, dan Aman

Beberuk terong merupakan sambal khas Lombok yang biasanya menjadi pendamping ayam taliwang. Makanan ini tidak cuma bercitarasa pedas namun asam dan manis. Beberuk juga biasanya disebut sebagai saladnya orang Lombok karena terbuat dari beberapa sayuran mentah seperti terong dan kacang panjang.

Foto : Instagram.com/@susie.agung

Alamat : Jalan Saleh Sungkar 2, Kebon Talo, Ampenan Utara, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83511
Jam Buka : 09.00 – 22.00 WITA
Telepon : 0819-1746-7935
Check Lokasinya di Google Maps

Rumah Makan Kania II

Rumah Makan Kania II ini merupakan salah satu rumah makan terbaik dalam cita rasa dan  menyajikan hidangan khas Lombok. Selain rasa masakan yang nikmat, tempat yang disuguhkan sangat unik. Ketika masuk terlihat meja-meja yang bergaya lesehan namun tidak terlihat seperti lesehan karena bangunannya dibuat pendopo-pendopo yang lumayan tinggi.

Salah satu hidangan yang wajib dicoba dari rumah makan ini adalah plecing kangkung. Kangkung yang agak besar disajikan dengan kacang tanah, tauge dan parutan kelapa bakar dicampur dengan ulekan sambal terasi yang sangat menggugah selera.

Foto : Instagram.com/@ arsipfoodie88

Alamat: Jl. Panca Usaha No.22A, Cilinaya, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83239
Jam Buka :  09.30 – 21.00 WITA
Telepon : +62370625547
Check Lokasinya di Google Maps

Phoenix Food Showroom

Untuk tempat yang satu ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Lombok. Salah satu jajanan khas Lombok yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh adalah dodol rumput laut. Jajanan ini bertekstur kenyal dan berasa manis.

Foto : Instagram/@ phoenixfood_online

Alamat : Jl. A. A Gede Ngurah, Cakranegara Sel. Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83232
Jam Buka : 09.00 – 17.30 WITA
Telepon : 0819-0792-4109
Check Lokasinya di Google Maps

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner di Lombok yang wajib kalian kunjungi. Jangan lupa untuk mampir dan melengkapi liburanmu dengan makanan khas Lombok yang punya citarasa otentik.