Pulau Menjangan/Instagram @pulaumenjangan.id

Banyak yang belum tahu, kalau Pulau Bali masih memiliki begitu banyak kekayaan alam yang belum dieksplorasi. Karena itu, kalau kamu berniat liburan ke Bali, jangan melulu pergi ke tempat wisata mainstream yang udah populer di sana. Kamu bisa mencari banyak surga tersembunyi di Pulau Dewata ini. Salah satu surga tersembunyi atau hidden gem di Bali adalah Pulau Menjangan. Kamu udah tahu belum nih soal wisata di Pulau Menjangan?

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah barat pulau bali dengan luas sekitar 175 hektar.Kalau kamu ingin mengunjungi objek wisata di Bali yang punya suasana dan keindahan alam yang unik tapi belum terlalu mainstream,Pulau Menjangan adalah salah satu destinasi wisata yang recommended.Pulau ini memiliki pesona yang eksotis dan keindahan bawah laut yang berwarna warni.Jadi gak heran,kalau banyak wisatawan yang pernah berkunjung ke Pulau Menjangan menyebutnya sebagai surga yang tersembunyi.

Asal-usul Pulau Menjangan

Sesuai namanya,Pulau Menjangan berasal dari nama hewan yang banyak hidup di Pulau ini,yaitu “Menjangan”.Dalam bahasa jawa Menjangan artinya Rusa atau Kijang.Suasana yang unik dan keindahan yang masih alami bisa kamu rasakan dan nikmati karena Pulau Menjangan adalah salah satu bagian dari Taman Nasional Bali Barat.Pulau ini dijadikan sebagai kawasan konservasi bagi Rusa atau Kijang untuk melindungi habitat dan populasinya dari kepunahan.

Apa Saja yang Ada di Pulau Menjangan?

Foto: Instagram/@pulaumenjangan.id

Ketika tiba di Pulau Menjangan,kamu akan disambut dengan indahnya pasir putih dan air laut berwarna biru kehijauan yang akan membuat mata kamu terasa sejuk.

Pulau yang gak berpenghuni ini menawarkan berbagai spot yang menarik dan aktivitas yang seru banget untuk semua wisatawan yang berkunjung.Kamu akan merasa nyaman dan worth it baik saat kamu berkunjung sendirian,bersama teman-teman ataupun saat kamu berlibur bersama keluarga dan anak-anak.

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di Pulau Menjangan antara lain sebagai berikut:

Berenang bersama ikan

Buat kamu yang hobi berenang dan pengen mencoba sensasi berenang bersama ikan di laut, Pulau Menjangan adalah salah satu spot yang tepat. Kamu bisa berenang bersama banyak spesies ikan dan melihat penampakan terumbu karang dari permukaan air.

Snorkeling

Pecinta watersport bakalan dimanjakan saat berkunjung ke Pulau Menjangan. Kamu bisa melakukan snorkeling dengan peralatan yang bisa kamu sewa di tempat penyewaan sekitar. Harga sewa alat snorkeling di Pulau Menjangan rata-rata Rp 40.000. Penampakan terumbu karang yang masih alami dan berbagai biota laut bisa kamu lihat dengan kacamata renang.

Scuba Diving

Aktivitas diving juga bisa kamu lakukan di Pulau Menjangan. Kamu bisa turun ke dasar laut dengan peralatan selam. Tapi, sebaiknya aktivitas ini dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman ya. Kalau kamu pengen menikmati diving tapi tidak memiliki pengalaman menyelam, sebaiknya meminta pendampingan profesional.

Naik Kapal Selam

Buat kamu yang nggak berani menyelam,kamu tetap bisa menyaksikan pesona keindahan alam bawah laut dengan terumbu karangnya yang masih asli melalui kapal selam odyssey.

Bali Rafting

Kalau kamu termasuk pecinta olahraga ekstrem,kamu juga bisa mencoba aktivitas yang memacu adrenalin seperti Bali Rafting di Pulau Menjangan.

Menunggang Kuda

Menikmati suasana hutan di area Pulau Menjangan juga bisa kamu lakukan dengan menunggang kuda. Aktivitas ini disediakan oleh The Menjangan Resort,jadi kalau kamu pengen melakukan aktivitas ini kamu harus menghubungi The Menjangan Resort terlebih dahulu.

Kayaking

Kalau kamu pengen menikmati keindahan alam Pulau Menjangan lewat perairan,aktivitas kayaking bisa kamu jadikan salah satu opsi. Aktivitas ini dilakukan di perairan Teluk Bajul berkeliling melewati hutan bakau hingga sampai ke area pemandian air panas Banyuwedang. Kamu bisa memilih untuk melakukan aktivitas Kayaking sendiri atau dengan menyewa seorang pemandu. Aktivitas Kayaking ini juga disediakan oleh The Menjangan Resort,jadi kamu harus menghubungi pihak resort untuk memesan tiket sebelum melakukan aktivitas Kayaking.

Melihat Rusa

Di area Pulau Menjangan,kamu bisa dengan mudahnya melihat Rusa yang merupakan spesies hewan dilindungi. Rusa yang ada di Pulau Menjangan tidak akan lari ketakutan saat kamu dekati karena mereka udah terbiasa melihat manusia.Bahkan kamu juga bisa memberi makan hingga berfoto bersama Rusa di Pulau ini.Tapi harus dicatat ya,kamu nggak boleh melakukan perbuatan yang terlalu over sehingga malah berpotensi menyakiti mereka. 

Foto: Instagram/@pulaumenjangan.id   

Harga Tiket dan Transportasi Menuju Pulau Menjangan

Letak Pulau Menjangan yang terpisah dari daratan Pulau Bali mengharuskan kamu menggunakan transportasi laut untuk menyebrang. Jika kamu berada di Bali, lokasi penyeberangan yang biasa digunakan oleh para wisatawan adalah Labuhan Lalang dan Pemuteran. 

Dari Labuhan Lalang menuju Pulau Menjangan memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kapal boat atau perahu motor. Harga sewa kapal boat/perahu motor sekitaran Rp 550.000/perahu. Kalau kamu jago nawar, kemungkinan besar kamu bisa dapat harga sewa yang lebih murah lho

Untuk menuju ke Pelabuhan Labuhan Lalang, kamu bisa menyewa sepeda motor atau kendaraan roda empat. Pasalnya, di Bali memang tidak banyak tersedia transportasi umum. Sehingga, bakalan lebih nyaman buat kamu menuju ke tempat-tempat wisata dengan menyewa kendaraan. Tenang, di Bali ada banyak tempat penyewaan kendaraan yang bisa kamu temukan melalui media sosial maupun mesin pencari. Harga sewa sepeda motor di Bali berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 125.000/hari tergantung dari jenis sepeda motor yang kamu sewa.Adapun Harga sewa mobil lengkap+driver dan BBM berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1.000.000/hari.

Untuk masuk area Pulau Menjangan,kamu juga perlu menyiapkan biaya tiket masuk seharga Rp 15.000 /orang untuk turis lokal. Sementara untuk turis mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp 200.000/orang. 

Hal lain yang perlu kamu tahu sebelum kamu berkunjung ke Pulau Menjangan adalah setiap wisatawan nggak diizinkan untuk menginap atau bermalam di dalam area Pulau Menjangan.Jadi kamu harus kembali ke Pelabuhan Labuhan Lalang dan sebaiknya mencari penginapan terdekat yang banyak tersedia seperti di wilayah Gerogak dan Pemuteran untuk beristirahat setelah seharian lelah beraktivitas. Kecuali kalau kamu menyewa kendaraan roda empat+driver kamu bisa langsung kembali menuju pusat kota.  

Foto: Instagram/@pulaumenjangan.id

Alamat, Jam Buka dan Lokasi Pulau Menjangan

Buat kamu yang tertarik untuk berwisata ke Pulau Menjangan, kamu bisa datang ke alamat berikut ini.

Alamat:

Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

Jam Buka : 08.00 – 18.00 WITA

Check lokasinya di Google Maps

Kamu harus coba deh liburan ke Pulau Menjangan kalau kamu pengen dapat pengalaman yang seru, unik, dan tentunya sangat menarik.

By Weni Arfiyani

A professional writer.