Pantai Sanur/Instagram.com @ryanleebanks

Siapapun yang berlibur ke Pulau Dewata sudah dipastikan akan berkunjung ke pantai ini. Soalnya, selain lokasinya strategis dan dekat dari pusat kota, Sanur juga merupakan pantai dengan ombak tenang yang pas buat liburan keluarga atau bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

Pantai ini dikenal dengan pemandangan sunrise alias matahari terbitnya yang indah. Kamu akan melihat panorama matahari terbit yang memanjakan mata jika datang ke sini saat pagi hari. Karena pesona sunrise inilah Pantai Sanur jadi dikenal oleh banyak turis, baik turis lokal maupun mancanegara. Setiap hari, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Nggak cuma waktu pagi aja, tapi sampai sore pun masih banyak orang yang berkunjung ke pantai ini untuk sekadar berenang di air yang tenang.

Pantai Sanur tidak hanya menawarkan pesona hamparan luas pasir putihnya yang lembut tetapi juga jadi tempat yang paling cocok buat kamu menjajal kegiatan watersport seperti snorkeling, sea walker, dan scuba diving. Selain itu kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas pantai lainnya seperti berenang, berjemur atau bersantai di hamparan pasir yang lembut. Kamu tidak akan merasa bosan saat berada di sini, karena ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan sendiri maupun bersama dengan orang terkasih.

Foto: Instagram.com/@nyomansuparta97

Asal-Usul Pantai Sanur

Sebagai objek wisata paling terkenal di Bali, Pantai Sanur ternyata memiliki sejarahnya sendiri. Pantai ini diperkenalkan sebagai tempat liburan di Pulau Bali pada tahun 1937 oleh seniman yang berasal dari Belgia yang bernama A.J. Le Mayeur. Ia memiliki istri orang Bali bernama Ni Polok. A.J. Le Mayeur memperkenalkan Bali ke mancanegara dengan cara membuat lukisan tentang keindahan pantai ini serta melakukan pameran lukisan ke mancanegara. 

Sejak itulah Pulau Bali mulai dikenal dunia dan menjadikan daerah Sanur sebagai tempat pariwisata paling terkenal hingga saat ini. 

Daya Tarik Pantai Sanur

Tidak seperti Pantai Kuta atau Pantai Padang-Padang, ombak di pantai Sanur cenderung lebih tenang. Dengan bentangan garis pantai berpasir putih yang lembut sejauh 8 kilometer kamu bisa jelajahi kawasan pantai ini, tentu saja sambil menikmati pemandangannya yang memukau.

Pantai Sanur sendiri tergolong pantai yang bersih dan terawat, hal ini tentu membuat para pengunjung merasa nyaman saat mengeksplor area pantai ini. Tentu tidak hanya itu saja, daya tarik lain pantai ini cukup banyak seperti:

  • Ombak yang tenang dan pesisir yang cenderung dangkal.
  • Fasilitas jalan setapak yang biasa digunakan para pejalan kaki ataupun pengguna sepeda.
  • Banyak pilihan aktivitas olahraga air yang bisa dicoba.
  • Menjadi lokasi favorit untuk menikmati sunrise.
  • Perahu tradisional yang berjajar di tepi pantai.
  • Menjadi lokasi penyebrangan dari Pulau Bali ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida dengan menggunakan fast boat.
Foto: Instagram.com/@gameltheleia

Harga Wahana Air Di Pantai Sanur

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Sanur, jadi kamu nggak perlu khawatir dan bingung harus melakukan apa saat berlibur ke tempat ini. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Berenang

Aktivitas yang wajib kamu coba saat berlibur ke pantai tentu saja berenang. Karena ombaknya yang tenang serta perairannya yang dangkal tempat ini sudah pasti aman untuk berenang. Para orang tua pun akan merasa tenang jika anak-anaknya berenang di pantai ini. Pokoknya tempat satu ini cocok banget buat liburan bersama keluarga tercinta. 

Watersport

Untuk kamu yang menyukai watersport di sini ada banyak pilihannya. Kamu tinggal pilih nih mau mencoba yang mana. 

Di bawah ini adalah daftar watersport yang ada di Pantai Sanur beserta harganya.

Seawalker Sanur Bali 

Seawalker Sanur Bali merupakan salah satu aktivitas wisata bahari yang cukup populer di Bali. Karena kegiatan satu ini dinilai menyenangkan dan juga mudah untuk dilakukan. Buat kamu yang masih pemula apalagi yang tidak bisa berenang, aktivitas seperti ini tentu saja wajib dicoba. Kamu juga akan mendapatkan pengarahan terlebih dahulu sebelum menjajal seawalker.

Pemandu akan memberikan arahan seperti cara menyelam, teknik pernapasan yang baik dan benar, serta hal lain yang mesti diperhatikan saat kamu berada di dasar laut. Waktu terbaik untuk menikmati aktivitas ini adalah pada pagi hari, dikarenakan cuaca belum terlalu terik dan air lautnya masih terlihat jernih. Adapun biaya yang mesti kamu keluarkan sebesar Rp 830.000/orang, dengan durasi 25-30 menit.

Parasailing

Nggak perlu punya sayap dulu untuk bisa terbang, kamu bisa melayang diudara dengan menaiki wahana parasailing. Dengan permainan ini, kamu bisa langsung merasakan sensasi terbang di atas laut layaknya burung.

Parasailing merupakan permainan air berupa parasut yang hampir sama dengan terjun payung. Namun, di permainan ini kamu tidak perlu terjun, melainkan akan ditarik oleh speed boat dengan kecepatan tertentu sehingga bisa terangkat ke udara. Untuk keamanannya sendiri sudah terjamin, karena peralatan yang digunakan sudah berstandar internasional. Lalu berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati parasailing? Cukup merogoh kocek sebesar Rp 225.000/orang, kamu sudah bisa merasakan pengalaman terbang di atas permukaan laut. 

Banana Boat 

Permainan satu ini sepertinya tidak asing bagi kalian para pecinta olahraga air. Perahu karet yang berbentuk seperti pisang ini menjadi salah satu permainan favorit bagi wisatawan yang berlibur ke pantai. Perahu ini berukuran lumayan besar dan bisa memuat 5-6 orang. 

Sama seperti parasailing, banana boat juga ditarik oleh speed boat tetapi tidak terbang melainkan berputar-putar di perairan pantai. Permainan ini berdurasi kurang lebih 15 menit dengan harga sekitar Rp 200.000/orang.

Rolling Donut 

Seperti namanya Rolling Donut adalah perahu karet berbentuk menyerupai donat. Permainan ini bisa dinaiki dua sampai lima orang dengan posisi duduk terlentang di kanan dan kiri agar tetap seimbang. Adapun peralatan yang digunakan seperti perahu karet, speed boat, pelampung, dan juga pemandu yang tentu saja berstandar internasional. Kamu bisa menikmati permainan yang menyenangkan ini bersama teman ataupun keluarga dengan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 210.000/orang.

Sewa Jetski

Kalau mengendarai sepeda motor di darat sih sudah terlalu  biasa ya, bagaimana kalau mengendarainya di atas permukaan air? Pasti seru sekali. Nah, misal kamu berkunjung ke Sanur bisa dicoba nih bermain jet ski supaya liburanmu makin terkesan. Jangan bingung karena tidak tahu bagaimana cara mengemudikannya, tenang saja sebab akan ada petugas yang akan membantumu. 

Biasanya sebelum menaiki jet ski kamu akan diberi semacam arahan bagaimana berkendara di atas permukaan air dengan aman. Harga sewanya sendiri tergolong cukup mahal yaitu sekitar Rp 300.000/orang. Namun, harganya sebanding dengan pengalaman yang tidak bisa kamu dapatkan setiap hatinya.

Sewa Kano 

Aktivitas yang satu ini akan membuatmu merasakan sensasi menaiki perahu kecil dan tantangan menjaga keseimbangan. Perahu kecil ini harus kamu yang dayung sendiri, oleh karena itu kamu wajib mencobanya. Kamu bisa mendayung bersama dengan teman liburanmu sambil menikmati indahnya matahari terbit di Pantai Sanur.

Diawal menaikinya mungkin kamu akan sedikit kesusahan menyeimbangkannya, tapi lama-lama pasti akan bisa. Tarif sewanya pun lumayan terjangkau sekitar Rp 25.000/kano, tanpa ada batas waktu. 

Foto: Instagram.com/@wulandari_hsoediro

Jogging dan Bersepeda

Di sini juga tersedia sarana jalur jogging dan bersepeda di sepanjang garis pantai. Kamu juga bisa menemukan tempat sewa sepeda di Pantai Sanur, harga sewanya berkisar Rp 15.000/jam. 

Menikmati Pemandangan Matahari Terbit  

Aktivitas yang satu ini cocok buat kamu penikmat sunrise. Kamu bisa duduk santai di gazebo yang tersedia di pinggir pantai sambil menikmati terbitnya matahari di ufuk timur.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Sanur

Pantai Sanur tidak mengenakan biaya tiket masuk untuk kamu yang ingin berwisata di sini. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2000/motor dan untuk mobil sendiri Rp 5000/mobil.

Tanpa biaya masuk kamu bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas yang sekiranya dibutuhkan seperti art shop, minimarket, kafe, restoran, bar, dan money changer sebagai penunjang fasilitas di pantai ini. Dan jangan lupakan tempat penginapan sesuai kebutuhanmu seperti hotel, villa, resort, dan bungalow jadi kamu tidak perlu bingung lagi harus bermalam di mana.

Foto: Instagram.com/@cecilepruneau

Alamat, Jam Buka, dan Lokasi Pantai Sanur

Letak Pantai Sanur berada di bagian timur kota Denpasar dengan jarak tempuh dari Bandara Internasional Ngurah Rai sekitar 17 kilometer melalui rute tol, perkiraan waktu tempuhnya kurang lebih 35 menit tergantung padatnya arus lalu lintas yang menuju Sanur. 

Sedangkan dari Pura Uluwatu berjarak sekitar 35 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 10 menit perjalanan. Dan dari Bali Safari Marine Park akan menempuh jarak 18 kilometer, dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 25 menit. 

Alamat:

Jl. Kusuma Sari No. 1, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar Bali. 

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check lokasinya di Google Maps

By Weni Arfiyani

A professional writer.