Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai dengan pasir putih yang indah di Bali. Nggak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa mengunjungi pantai eksotis yang terkenal ini. Saking terkenalnya, wisatawan asing dari Australia menyebut Pantai Pandawa sebagai The Secret Beach of Bali. 

Bukan Bali namanya jika destinasi wisatanya nggak menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, persawahan, desa wisata, sampai cafe-cafe hits semua lengkap bisa kamu kunjungi saat di Bali. Tak hanya Pantai Kuta, banyak juga pantai-pantai yang tergolong baru dan menarik banyak wisatawan. Seperti Pantai Pandawa ini yang baru dibuka aksesnya pada tahun 2012.

Sebelumnya, Pantai Pandawa merupakan pantai tersembunyi alias hidden gem di Bali. Namun sekarang, kamu akan melihat banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandawa setiap harinya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Foto : Instagram.com/@pandawabeach

Asal-usul Pantai Pandawa

Nama Pandawa diambil dari lima bersaudara Mahabarata. Yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Sadewa, dan Nakula. Kamu juga bisa melihat patung dari lima saudara Mahabarata di tebing kapur saat menuju Pantai Pandawa. Selain kelima saudara Mahabarata, patung ibunya yaitu Dewi Kunti bisa kamu lihat juga di sini.

Foto : Instagram.com/@romerosng

Pantai yang sering disebut sebagai Pantai Pandawa Kutuh ini memiliki keunikan yang menarik perhatian. Bagaimana tidak? Dulunya lokasi Pantai Pandawa berada di balik tebing batu kapur yang sangat tinggi. Saat memasuki area Pantai Pandawa, kamu akan disuguhkan dengan 4 akses masuk yang bisa dilewati kendaraan. Menariknya, 4 akses tersebut menyerupai jalan tol, namun dikelilingi tebing-tebing batu kapur putih yang menjulang tinggi. Jalan tersebut terbentang kurang lebih 1,5 km dengan pemandangan Samudra Hindia yang menanti kamu di depan mata.

Foto : Instagram.com/@ma.they_

Watersport di Pantai Pandawa

Daya tarik utama Pantai Pandawa adalah bentangan pantai yang bisa kamu lihat sejauh 1 km. Selain itu, tekstur pasir Pantai Pandawa yang berbeda dengan pantai pasir putih lainnya di Bali. Pasir di Pantai Pandawa sangat halus dan berwarna putih kekuningan. Daya tarik lainnya adalah ombak di Pantai Pandawa sangat tenang dan aman.

Jadi kamu nggak perlu khawatir jika ingin berenang di Pantai Pandawa ini. Berenang di pantai ini dibolehkan, tapi tetap harus waspada dan mengikuti peraturan ya. Kebersihan Pantai Pandawa sendiri nggak perlu kamu ragukan. Bahkan air lautnya sangat jernih sampai kamu bisa melihat ke dasar saat berenang. Jika kamu berdiri menghadap pantai, kamu akan melihat gradasi warna air pantai yang sangat indah. Mulai dari bibir pantai yang berwarna putih kehijauan dan semakin ke dalam warnanya berubah menjadi biru. 

Foto : Instagram.com/@pandawabeach

Buat kamu yang ingin memiliki pengalaman baru, kamu bisa melihat dan belajar budidaya rumput laut. Di Pantai Pandawa terdapat budidaya rumput laut yang bisa kamu lihat, mulai dari cara mengikat, menanam, hingga menjemur. Semua rangkaian tersebut dilakukan langsung oleh para petani rumput laut. 

Selain berenang, kamu juga bisa menikmati aktivitas air lainnya. Yaitu bermain kano. Ada kano single dan double. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu Rp. 25.000 per orang untuk kano single dan Rp. 50.000 per 2 orang untuk kano double. Durasi bermainnya juga cukup lama. Kurang lebih 1 jam. Kamu akan puas bermain air dengan pemandangan Pantai Pandawa yang indah. Kalau kamu takut tenggelam, di Pantai ini juga menyediakan pelampung yang bisa kamu sewa. Harga sewanya cukup Rp. 25.000 per satu jam. Kamu juga bisa menyewa sun deck + payung dengan harga Rp. 50.000 per jam. 

Foto : Instagram.com/@pandawabeach

Fasilitas yang ada di Pantai Pandawa

Seperti objek wisata pada umumnya, Pantai Pandawa memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan mendukung. Terdapat toilet, ruang ganti, dan air bersih. Bahkan tempat parkir yang disediakan sangat luas. Jadi, kamu nggak perlu bingung saat ingin memarkirkan kendaraan. Lokasi tempat parkir pun cukup dekat dengan bibir pantai. Untuk tempat makan, kamu nggak usah khawatir.

Di sepanjang bibir pantai kamu dengan mudah mendapatkan warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Ada nasi goreng, ayam goreng, mie goreng, dan pastinya hidangan seafood yang nggak kalah menggoda. Berbagai toko oleh-oleh juga bisa kamu temukan di sepanjang jalan pinggir pantai.

Kamu juga bisa berjemur maupun bersantai di bibir pantai dengan menyewa kursi jemur dan payung. Eits, tapi kalau kamu nggak mau menyewa pastikan membawa tikar atau dari rumah ya. Kalau kamu capek setelah beraktifitas di Pantai Pandawa atau tempat lain, kamu juga bisa menikmati fasilitas pijat tradisional yang ada di Pantai Pandawa ini.

Sesuai dengan tempatnya, nama pijatnya adalah Pandawa Spa. Kamu bisa menikmati berbagai pilihan pijatan bahkan pedicure-manicure. Untuk beberapa pilihan massage dengan durasi 90 menit harganya Rp. 130.000. Kamu juga bisa memilih massage dengan durasi 60 menit saja lho. Harganya Rp. 100.000. Untuk back massage 30 menit harganya Rp. 50.000, pijat refleksi kaki 30 menit Rp. 40.000, pijat refleksi kaki 60 menit Rp. 80.000, manicure 60 menit Rp. 60.000, pedicure 60 menit Rp 60.000, dan manicure pedicure 60 menit Rp. 100.000. Sangat lengkap bukan pilihan pijatnya?

Foto : Instagram.com/@pandawabeachbali

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Berapa sih tiket masuk ke Pantai Pandawa? Jika kamu penasaran dengan harga tiket masuk Pantai Pandawa, kamu nggak perlu khawatir. Harga tiket masuknya sangat ramah dikantong. Untuk wisatawan domestik, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 8.000 untuk dewasa dan Rp 4.000 untuk anak-anak. Dan untuk wisatawan mancanegara, tiket masuknya hanya sebesar Rp. 15.000 saja. Tentunya ada biaya parkir juga ya. Kalau kamu mengendarai sepeda motor biaya parkir hanya Rp 2.000. Tapi, kalau kamu membawa mobil biaya parkirnya Rp. 5.000.

Alamat Pantai Pandawa dan Jam Bukanya

Pantai Pandawa bisa jadi rekomendasi tempat wisata ikonik dan murah di Bali bukan? Nggak perlu pikir-pikir lagi kalau mau ke Pantai Pandawa. Jika kamu ingin ke Pantai Pandawa, kamu bisa langsung mengunjungi alamat di bawah ini.

Alamat :

Jl. Pantai Pandawa, Nusa Dua, Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali 80361 atau bisa check langsung di Google Maps.

Pantai dengan pemandangan yang super indah ini buka mulai pukul 07.00 WITA sampai 18.00 WITA. Jadi, buat kamu yang ingin menikmati udara pagi sambil jogging bisa banget ke Pantai Pandawa sebagai destinasi olahragamu. Kamu juga bisa menikmati sunrise maupun sunset jika berkunjung ke Pantai Pandawa. Dengan berkendara kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kuta, kamu bisa menikmati panorama alam Bali yang sangat mengagumkan. Pasti kamu nyesel kalau nggak berlibur ke Pantai Pandawa. Apalagi kalau sudah sampai Bali.

By Weni Arfiyani

A professional writer.