Pantai Padang Padang/Instagram @felixdemin

Surga tersembunyi yang ada di Bali memang nggak pernah ada habisnya. Banyak tempat menawan yang belum dieksplorasi dan harus kamu kunjungi. Kalau kamu bosan dengan pantai yang itu-itu aja, kamu wajib pergi ke Pantai Padang Padang. Hidden gem di Pulau Dewata yang satu ini nggak kalah menariknya sama pantai-pantai lain yang sudah populer di Bali seperti Sanur, Kuta hingga Legian dan Seminyak. 

Warga lokal Bali menyebut Pantai Padang Padang ini sebagai Pantai Labuan Sait. Pantai ini lokasinya di bagian ujung barat daya Pulau Bali. Karena itu, pantai yang satu ini cocok banget buat kamu menikmati sunset jingga yang indah. Walaupun termasuk salah satu hidden gem yang ada di Bali, tapi Pantai Padang Padang namanya sudah cukup populer di kalangan wisatawan.

Pantai ini punya hamparan pasir putih yang teksturnya berbeda dari pantai lain. Pasir putih di Pantai Padang Padang terasa agak kasar, karena tercipta dari kikisan batu karang yang ada di sekitarnya. Pantai Padang Padang ini dikelilingi tebing batuan yang membuatnya tampak eksotis dan terasa seperti private beach. Tapi, pastikan kamu selalu hati-hati kalau sedang berwisata di sini. Sebagian batu ada yang tertutup lumut dan bisa bikin kamu terpeleset. Karena itu, kamu wajib selalu waspada ya.

Foto: Instagram/@bestinbali

Daya Tarik Pantai Padang Padang

Selain karena cantiknya hamparan pasir putih yang melimpah di sepanjang pantai serta air lautnya yang berwarna biru, panorama perbukitan hijau di belakang pantai dengan jajaran batu karang besar yang terjal di sekelilingnya juga menjadi salah satu daya tarik utama di Pantai Padang Padang. 

Tapi, sebelum kamu bisa menikmati segala keindahan yang ada di sini, kamu harus melewati jalan seperti goa batu lalu menuruni puluhan anak tangga yang hanya bisa dilewati satu orang saja. Di sepanjang anak tangga, akan ada beberapa kera liar yang masih satu spesies dengan kera-kera yang biasa kamu jumpai di Ubud Monkey Forest. Untuk menghindari kejahilan kera, kamu harus hati-hati saat membawa makanan, topi, handphone dan lain sebagainya.

Begitu menuruni anak tangga, kamu bakalan dihadapkan pada bibir pantai yang landai dengan pasir putih dan pemandangan air pantai yang biru dan menyegarkan mata. Bentang Pantai Padang Padang memang tidak terlalu luas, tapi hal ini nggak menghalangi keindahan pantai yang masih alami ini. Ada pantai di kelilingi bukit karang yang indah yang bakal jadi destinasi terbaik buat kamu.

Keindahan Pantai Padang Padang ini sampai membuat grup musik Michael Learns To Rock mengambil lokasi syuting video klip di sini. Bukan cuma itu, aktris dari film Eat Pray And Love yaitu Julia Roberts juga pernah mengambil salah satu adegan di pantai ini. Tidak heran kalau Pantai Padang Padang menjadi semakin populer keindahannya.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Padang Padang

Foto: Instagram/@arifdenkerdeck

Pantai ini bakal jadi salah satu destinasi terbaik kalau dikunjungi pada sore hari. Kamu bisa berjalan santai di sepanjang garis pantai untuk mengambil gambar yang keren. Kalau kamu datang di saat air laut tengah surut, kamu akan melihat banyak batu karang di sekitar area bibir pantai karena air lautnya yang dangkal. Pemandangan ini bakal bikin kamu menikmati suasana liburan yang berbeda. Kamu juga bisa merasakan sensasi berjemur di bawah terik matahari Bali yang hangat.

Pantai Padang Padang juga cocok untuk lokasi foto prewedding karena panorama pantai yang indah disertai langit biru yang cerah. Kamu bakalan mendapatkan hasil foto estetik sekaligus eksotis jika mengambil foto di pantai yang satu ini. Selain jalan-jalan dan berfoto, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain di antaranya selancar atau surfing.

Pantai Padang Padang terkenal memiliki ombak yang cukup besar sehingga bisa jadi salah satu pantai pilihan untuk berselancar. Pantai juga terkenal sebagai tempat event surfing berstandar Internasional di Pulau Bali. Banyak peselancar profesional dari berbagai belahan dunia mencoba menaklukkan besarnya ombak di Pantai Padang Padang. Namun, para peselancar harus berenang sedikit lebih jauh dari bibir pantai untuk mendapatkan ombak yang besar, karena air di bagian tepi pantai lebih tenang.

Untuk wisatawan yang ingin mencoba aktivitas satu ini tapi tidak membawa papan selancar, ada tempat yang menyediakan jasa sewa papan selancar dengan harga Rp. 100.000/2 jam, harganya sendiri bisa berubah sewaktu-waktu. 

Untuk kamu yang masih pemula tidak disarankan untuk melakukan aktivitas selancar ini. Karena ombak Pantai Padang Padang lebih cocok untuk mereka yang sudah mahir dan terlatih. 

Namun kalau kamu tetap penasaran ingin mencoba, kamu bisa menggunakan pemandu khusus selancar yang bisa kamu temui di tempat penyewaan papan selancar. 

Foto: Instagram/@balilivin

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Padang Padang

Sama seperti kebanyakan obyek wisata lainnya yang memerlukan biaya masuk, memasuki Pantai Padang Padang juga akan dikenakan tarif. Kabar baiknya tarif masuk ke tempat ini sangat terjangkau, jadi kamu nggak perlu terlalu khawatir soal biaya masuknya.

Harga tiket masuknya sendiri dikategorikan menjadi dua yaitu untuk wisatawan lokal dan mancanegara. 

Berikut harga tiket masuk Pantai Padang-Padang:

  • Wisatawan Lokal: Rp. 10.000/orang.
  • Wisatawan Mancanegara : Rp. 15.000/orang.

Harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu ya. Meskipun begitu, kamu nggak perlu khawatir karena biayanya tetap terjangkau. Selain harga tiket masuk yang terjangkau, ada beberapa fasilitas untuk kamu yang berkunjung ke pantai ini.

Ada fasilitas apa aja sih di Pantai Padang-Padang? 

Tempat Parkir

Fasilitas yang satu ini cukup penting buat wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi maupun bus pariwisata. Kamu nggak perlu jalan jauh-jauh dari tempat parkir menuju pintu masuk, karena lokasi tempat parkirnya dekat dengan pintu pintu masuk Pantai Padang-Padang. Untuk harga parkir sepeda motor Rp. 2000 sedangkan mobil Rp. 5000.

Selain itu ada banyak warung yang menjual makanan dan minuman. Kamu juga diperbolehkan membawa makanan dan minuman sendiri. Untuk wisatawan yang baru saja melakukan aktivitas di air misal, berenang atau selancar tersedia shower outdoor gratis. 

Penginapan

Selain tempat parkir yang luas, kamu juga akan dengan mudah menemukan beberapa hotel, villa, dan bungalow yang bisa kamu jadikan tempat untuk menginap

Berikut daftar penginapan yang ada di sekitar kawasan obyek wisata Pantai Padang-Padang. 

  • Guna Mandala Inn
  • Sriyana Homestay
  • Anantara Bali Uluwatu Resort & Spa
  • C151 Luxury Villas Dreamland
  • La Joya Bungalows
  • Sundaram’s Guest House
  • Bombora Surf Camp
  • Medori Putih Homestay
  • Uluwatu Cottages
  • Blue Point Bay Villas & Spa Hotel
Foto: Instagram/@niasanafilm_official

Alamat, Jam Buka, dan Lokasi Pantai Padang Padang

Alamat:

Jl. Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check lokasinya di Google Maps

Jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai akan memerlukan waktu tempuh sekitar 50 menit dengan kendaraan bermotor. Kamu tidak perlu khawatir soal akses jalan yang mesti kamu lewati untuk menuju Pantai Padang-Padang karena meskipun jalannya naik-turun tetapi jalan rayanya sudah memadai dan beraspal halus. 

Kamu juga akan melewati beberapa obyek wisata terkenal lainnya kalau kamu berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, seperti Pantai Jimbaran, obyek wisata GWK Bali (Garuda Wisnu Kencana), Kawasan Pecatu Indah Resort lokasi dari Dreamland Beach (New Kuta Beach).

By Weni Arfiyani

A professional writer.