Pantai Nyang Nyang/Instagram.com @omangchemos_

Sudah menjadi rahasia umum kalau Pulau Bali menjadi primadona para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Pulau yang penduduknya mayoritas beragama Hindu ini memiliki berbagai macam wisata alam yang wajib di eksplorasi. Kalau kamu mengenal pantai-pantai seperti Kuta, Seminyak, Legian, atau Sanur, pantai-pantai terkenal ini adalah sebagian kecil dari banyak pantai di Bali yang masih tersembunyi dan keindahannya belum dieksplorasi. Salah satunya yakni Pantai Nyang Nyang di Uluwatu, daerah selatan Pulau Bali.

Kalau kamu ingin berlibur sekaligus mencari ketenangan, kamu wajib datang ke pantai ini. Selain menawarkan eloknya pemandangan pantai dengan pasir putih dan tepian yang panjang dan landai, Pantai Nyang Nyang juga menjanjikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Karena termasuk surga tersembunyi di Bali, memang pantai ini pengunjungnya tak seramai Kuta atau Sanur. Tapi justru inilah yang jadi daya tarik Pantai Nyang Nyang dibanding pantai terkenal lain di sekitarnya.

Untuk mencapai tempat ini kamu harus berusaha sedikit lebih keras karena letak tempatnya tersembunyi jadi akses jalannya belum sebaik pantai-pantai lain yang lebih dulu populer. Sama seperti kebanyakan pantai di Uluwatu, Pantai Nyang Nyang pun dikelilingi tebing karang eksotis yang bikin kamu harus sedikit naik turun buat mencapai hidden treasure ini. Tapi saat ini, masuk ke Pantai Nyang Nyang sudah jauh lebih mudah dengan fasilitas jalan yang baru dibangun.

Foto: Instagram.com/@ari_indraa

Daya Tarik Pantai Nyang Nyang

Daya tarik utama pantai ini adalah kebersihannya yang terjaga karena belum terlalu banyak pengunjung yang datang. Meskipun masih tergolong sepi tapi tempat ini worth it untuk kamu datangi. Kenapa? Karena sebagian orang memilih berlibur untuk menenangkan diri dan menjauh sebentar dari kesibukannya. Pantai Nyang Nyang cocok banget nih buat menikmati liburan sekaligus mencari ketenangan jiwa dan raga. Liburanmu sudah dipastikan menyenangkan sekaligus membuang stress yang tengah mendera. 

Kamu juga akan dimanjakan dengan perairan jernih berwarna biru dengan gradasi warna hijau yang indah. Selain itu pemandangan matahari terbenam dari garis pantai selatan Bali ini menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan inilah yang banyak diburu wisatawan di Pantai Nyang Nyang.

Ada dua waktu terbaik untung datang ke Pantai Nyang Nyang yaitu pada pagi atau sore hari. Untuk pagi hari kita sarankan untuk datang sebelum matahari terbit sekitar pukul 05.30 WITA, kamu bisa menikmati sunrise dari atas tebing supaya terlihat lebih jelas. Di sore hari kamu bisa datang pukul 16.30 WITA, waktu ini pas banget buat kamu menghindari terik matahari. Atau kamu bisa datang pukul 18.00 WITA saat matahari mulai terbenam. 

Untuk aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini selain berenang dan berselancar, kamu bisa loh duduk santai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan laut dan deburan ombak yang lembut di telinga.

Kalau kamu mau menjajal berenang di Pantai Nyang Nyang, disarankan untuk berhati-hati, karena ada banyak batu karang di bawah permukaan air. Jangan sampai anggota tubuh kamu terluka karena menabrak kerasnya karang. Pemandangan unik di pantai ini, kamu akan menemui kulit-kulit kerang yang berhamburan di pasir pantainya. Kalau kamu kesini bareng anak-anak, kamu bisa mengajari mereka untuk mengumpulkan kulit kerang, sebuah kegiatan yang seru dan bisa bikin anak nggak merasa bosan. Kulit kerangnya juga bisa loh kamu jadikan gelang ataupun kerajinan tangan lainnya. 

Foto: Instagram.com/@diegoprietos

Selain itu kamu bisa banget mengabadikan momen liburanmu disini dengan background keindahan alam yang menawan. Pemandangan menarik di pantai ini, ada bangkai pesawat Boeing 737-200 di atas tebing Pantai Nyang Nyang. Dulunya pesawat ini digunakan oleh maskapai Mandala Air. Kini, lokasi tebing Pantai Nyang Nyang tempat pesawat Boeing 737-200 bertengger itu begitu populer sebagai sebuah spot foto ikonik buat wisatawan. Pastikan kamu tetap hati-hati saat kamu berfoto di sini, karena tidak ada pembatas antara area tebing dan jurang. 

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Nyang Nyang:
Paragliding

Buat kalian yang menyukai tantangan, aktivitas satu ini tidak ada salahnya untuk dicoba karena kamu bisa merasakan sensasi terbang sambil menikmati panorama keindahan laut dari atas. Tapi olahraga satu ini tidak disarankan buat kamu yang phobia ketinggian dan memiliki penyakit jantung lemah.

Surfing

Ombak yang cukup besar di  pantai ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan selancar. Tentu saja untuk berselancar di pantai ini, butuh keahlian khusus. Buat pemula, sebaiknya tidak menjajal berselancar di sini tanpa pengawasan ya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Nyang Nyang

Foto: Instagram.com/@sallsecrets_

Biaya tiket masuk yang perlu kamu keluarkan untuk bisa masuk ke pantai ini sebesar Rp 5.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Walaupun tergolong masih sepi pengunjung namun Pantai Nyang Nyang memiliki fasilitas yang lumayan memadai. Ada tempat parkir yang luas, tempat bermain ramah anak, toilet umum, penyewaan papan selancar dan masih banyak lagi. Ada juga hotel dan penginapan terdekat dengan harga yang ramah di kantong.

Kamu juga bisa mencoba menginap di bubble hotel yang memiliki keunikan yang nggak akan kamu temukan di penginapan lain. Penginapan ini memiliki konsep ala gelembung sabun transparan yang di dalamnya ada fasilitas hotel seperti kasur dan berbagai perlengkapan lain. Kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai sekaligus suasana di sekitar kamu dengan cara yang berbeda.

Buat kamu yang mempunyai dream wedding di tepi pantai, Pantai Nyang Nyang bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk mewujudkannya. Di sana terdapat Plenilunio Villa yang bisa jadi lokasi sempurna untuk mewujudkan pernikahan impian kamu. Background pantai yang indah bakalan bikin pernikahan kamu tak terlupakan deh. 

Alamat, Jam Buka, dan Lokasi Pantai Nyang Nyang

Foto: Instagram.com/@sallsecrets_

Pantai Nyang Nyang letaknya sangat dekat dengan lokasi Pura Uluwatu, Pura Luhur yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan. Pantai ini memiliki dua akses pintu masuk, yakni pintu masuk timur dan pintu masuk barat. Akses melalui pintu masuk sisi timur, akan membawa kamu melewati kawasan Pantai Nunggalan yang letaknya satu garis lurus dengan Pantai Nyang Nyang. Dari Pantai Nunggalan kamu tinggal berjalan sebentar ke arah barat menuju Pantai Nyang Nyang.

Dulunya untuk mencapai Pantai Nyang Nyang kamu harus menuruni jalan setapak berkapur. Jalannya tak terlalu lebar dan turunannya cukup curam, karena hal tersebut dulu wisatawan hanya bisa menggunakan sepeda motor untuk menuruni akses jalan menuju pantai. Namun kini kamu tidak perlu khawatir lagi sebab sudah ada akses jalan dari atas tebing menuju bibir pantai sudah cukup memadai.

Alamat:

Jl. Raya Uluwatu Pecatu, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali. 

Jam Buka: Buka 24 jam. 

Check lokasinya di Google Maps

By Weni Arfiyani

A professional writer.