Liburan ke Bali tentu belum lengkap kalau belum ke Pantai Kuta.Pantai yang berlokasi di selatan Pulau Bali tersebut memiliki panorama laut yang indah serta hamparan pasir putihnya yang menawan. Nggak heran kalau tempat ini begitu diminati para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berlibur. Selain itu, yang terkenal dari pantai ini adalah sunset-nya yang indah banget dan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Pantai Kuta sendiri merupakan jantung pariwisata di Pulau Dewata, menjadikan kawasan ini tidak pernah sepi pengunjung dan menjadi obyek wisata paling ramai di Bali. Di sini kamu akan mudah menemukan restoran, hotel, tempat berbelanja, dan juga bar atau club buat kamu yang mencari hiburan malam di Bali.

Asal-Usul Pantai Kuta

Foto: Instagram/@360bali

Sejak tahun 70-an kawasan obyek wisata Kuta khususnya area pantai, masih menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan yang datang ke Bali, terutama bagi para kawula muda yang butuh hiburan dengan fasilitas super lengkap dan lokasi yang aksesnya mudah. 

Tapi kamu pernah nggak sih terpikir bagaimana sih awalnya Pantai Kuta hingga menjadi salah satu tempat wisata populer seperti sekarang? Usut punya usut, ternyata dulunya area ini adalah perkampungan para nelayan tradisional. Namun saat ini telah berubah menjadi kawasan wisata yang tak pernah sepi wisatawan.

Pantai Kuta di zaman sejarah, konon digunakan sebagai pelabuhan dagang dan banyak pedagang dari luar pulau Bali melakukan transaksi jual beli di sini. Seorang pedagang yang berasal dari Denmark bernama Mads Lange mendirikan sebuah tempat perdagangan di kawasan dekat Pantai Kuta pada abad ke-19. Berkat kemahirannya dalam bertransaksi serta bernegosiasi dagang, Mads Lange menjadi terkenal di kalangan para Raja di Bali. 

Selain itu, Pantai Kuta dulunya juga menjadi Habitat Penyu hijau. Penyu hijau merupakan hewan langka yang hampir punah sehingga menjadi salah satu hewan yang dilindungi pemerintah Indonesia. Saat ini, penyu hijau bisa kamu lihat di tempat penangkarannya di kawasan Pulau Penyu, Tanjung Benoa.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Kuta

Selancar

Pantai Kuta memiliki ombak yang besar cocok untuk para wisatawan yang ingin berselancar. Ada banyak jasa sewa papan selancar dengan harga yang bervariasi. 

Biasanya harga sewa papan selancar sekitar Rp. 150.000/2 jam. Untuk kamu yang belum berpengalaman dan ingin belajar jangan khawatir karena di sini tersedia pemandu selancar yang berpengalaman dan siap membantumu belajar surfing. 

Menikmati Sunset

Foto: Instagram/@sain.sartika

Sore hari menjelang matahari terbenam, banyak wisatawan yang datang untuk sekadar jalan-jalan atau mencari spot yang nyaman untuk menikmati sunset. Jika cuacanya sedang bagus, biasanya matahari akan terbenam sekitar pukul 18.00 WITA. 

Kuliner Pinggir Pantai 

Menikmati masakan seafood yang fresh di pinggir pantai tentu adalah hal wajib yang harus kamu coba. Kapan lagi kan, kamu menikmati makananmu di tempat yang begitu cantik bertemankan deburan ombak. 

Buat kamu yang ingin menghilangkan rasa lelahmu, akan ada ibu-ibu penduduk lokal sini yang menawarkan jasa pijat berbekal tikar, minyak urut dari kelapa bercampur garam dengan harga Rp. 75.000/jam. 

Kepang Rambut

Kamu juga bisa loh mengepang rambut ala anak pantai, biasanya akan ada jasa kepang rambut yang menawarkan keahliannya dalam mengepang. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan biaya yang cukup terjangkau untuk kamu wisatawan lokal, dan untuk turis asing biasanya akan dikenakan biaya Rp. 100.000. 

Tato Temporer

Di Pantai Kuta, kamu juga bisa mencoba memasang tato tanpa harus merasakan sakit. Yap! Apalagi kalau bukan pasang tato temporer. Biasanya ada banyak seniman lukis tato di pinggir pantai yang menawarkan jasa tato berbagai bentuk. Kamu bisa memilih gambar seperti apa yang ingin kamu jadikan tato mulai dari yang sederhana sampai yang rumit sekalipun!

Dengan harga yang relatif murah mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung dengan tingkat kerumitannya, kamu bisa memiliki tato sementara. Tato ini juga bisa bertahan sampai satu bulan lho, jadi kamu gak akan rugi.

Bermain Boogie Board

Foto: Instagram/@liluxurys

Olahraga ini cukup bersahabat buat kamu yang belum berani mencoba berselancar. Boogie Board adalah sebuah papan selancar kecil yang kamu mainkan saat ada ombak menerjang lalu berseluncur. Harga sewanya pun cukup murah yaitu Rp. 50.000.

Jogging

Jogging di pinggir pantai dengan panorama yang menawan akan membuat olahragamu menjadi semakin menyenangkan. Tentu bukan hanya tubuhmu saja yang merasa bugar tapi hatimu juga bakal merasa senang.

Naik Delman

Siapa di antara kamu yang ingin menaiki sambil delman keliling pantai? Tenang saja, di Pantai Kuta kamu bisa mencobanya. Ada banyak delman di pinggir pantai yang siap mengajakmu mengitari Kuta sekaligus menikmati suasana khas Bali. Jangan ketinggalan untuk mengambil foto sebanyak dan sebagus mungkin saat kamu berjalan-jalan di Kuta ya!

Berjemur

Aktivitas yang satu ini cocok buat kamu yang hanya ingin bersantai sembari menikmati pemandangan pantai yang indah. Memang biasanya orang Indonesia jarang berjemur di pantai seperti ini. Kebanyakan adalah wisatawan asing yang gemar berjemur di siang terik. Jangan sampai lupa menggunakan sunblock agar kulit tidak terbakar dan tetap aman dari paparan sinar matahari saat kamu berjemur ya.

Fasilitas Yang Ada di Pantai Kuta

Foto: Instagram/@fresh_ally_love_

Tidak hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja, di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas yang cukup lengkap mulai dari tempat penginapan, restoran, kafe, coffee shop, pasar seni, bar, dan pusat perbelanjaan. Ada dua pusat perbelanjaan di area Pantai Kuta yaitu Beachwalk Shopping Center dan Discovery Shopping Mall.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta

Kabar baiknya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat masuk ke Pantai Kuta loh. Akses masuk ke pantai ini gratis buat para pengunjung.Buat kamu yang bingung harus menaiki transportasi apa untuk ke Pantai Kuta, tenang saja karena ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu ambil mulai dari kendaraan pribadi atau menggunakan bus pariwisata. Namun bus yang kamu tumpangi harus parkir di area pusat parkir Kuta, lalu dari sini kamu akan naik shuttle menuju Pantai Kuta. 

Kamu juga bisa menggunakan jasa taksi atau ojek online supaya kamu nggak perlu pusing memikirkan tempat parkir kendaraan. Ada banyak jasa penyewaan kendaraan yang bisa kamu pilih.

Jasa Sewa Sepeda Motor dan Mobil

Kalau kamu ingin berkeliling pantai Kuta dengan kendaraan tapi kamu tidak membawanya, kamu bisa menyewa kendaraan roda dua ini. Harga sewanya sendiri sekitar Rp. 75.000/24 jam, belum termasuk bahan bakar. 

Biasanya harga sewa akan disesuaikan dengan jenis sepeda motor atau tahun rakitnya. Untuk sewa mobil Toyota Avanza tanpa sopir, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 250.000/24 jam tanpa bahan bakar, sedangkan sewa mobil beserta sopir harganya Rp. 350.000/12 jam tanpa bahan bakar.

Biaya parkir kendaraan sendiri biasanya sekitar Rp. 5.000/mobil dan Rp. 2.000/motor. 

Alamat, Jam Buka, dan Lokasi Pantai Kuta

Foto: Instagram/@tidus.lin

Alamat:

Jl. Pantai Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Jam Buka: Buka 24 jam. 

Dengan letak pantai yang strategis kamu tidak perlu bingung saat akan datang ke sini. Kalau kamu berangkat dari Bandara Ngurah Rai menggunakan kendaraan seperti mobil ataupun motor akan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 15 menit jika tidak ada kemacetan di jalan raya.

Kamu bisa check lokasinya di Google Maps.

By Weni Arfiyani

A professional writer.