Pantai Balangan adalah salah satu dari banyak pantai-pantai indah di Bali. Kalau kamu ingin menikmati suasana pantai selain Kuta, Pantai Balangan bisa menjadi salah satu opsi. Tempatnya jauh dari pusat kota, dan cocok banget buat kamu yang pengen melarikan diri dari hiruk-pikuk keramaian dan mencari tempat tenang.

Pantai ini terlihat indah dengan karpet pasir putih yang landai. Tebing karang yang mengelilinginya menambah keindahan penampakan Pantai Balangan. Nggak heran kalau tempat ini jadi salah satu spot favorit buat pasangan yang lagi melakukan foto prewedding. Tempat yang bisa dibilang sebagai salah satu hidden gem di Bali ini cocok untuk mengambil foto dan video estetik.

Buat kamu yang kurang familiar sama Pantai Balangan, letaknya itu nggak jauh dari Dreamland Beach yang memang namanya jauh lebih terkenal. Dua objek wisata ini masih terletak dalam satu garis pantai. Tapi, keduanya terpisah jarak tempuh hingga 15 kilometer lho. Jadi kalau kamu mau pergi ke Pantai Balangan dari Dreamland Beach, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 35 menit.

Daya Tarik Pantai Balangan

Foto: Instagram/@luhdevy22

Bagi kamu yang belum pernah datang ke sini pasti penasaran deh, apa sih yang menjadi daya tarik Pantai Balangan? Selain menjadi salah satu pantai yang sangat terkenal karena hamparan pasir putihnya, pantai ini juga memiliki pesona sunset yang begitu cantik. Apalagi posisi pantai ini memang menghadap ke barat laut. Untuk menikmati panorama sunset dengan berbeda, kamu bisa naik ke atas tebing untuk melihat matahari tenggelam.

Selain pemandangan alamnya yang indah, daya tarik Pantai Balangan lainnya adalah ombaknya yang tinggi, panjang, dan cukup besar. Tidak heran pantai ini menjadi salah satu pantai favorit peselancar yang ingin memacu adrenalin. Karena ombaknya yang cukup tinggi, buat kamu peselancar pemula sebaiknya tidak berselancar di sini tanpa pendampingan ahli ya.

Spot Favorit di Pantai Balangan

Jarak parkir ke bibir pantai memang cukup dekat dengan jalanan menuruni anak tangga. Tapi biasanya para wisatawan tidak langsung ke bibir pantai, melainkan naik ke tebing yang ada di sisi sebelah kanan area parkir kendaraan untuk menikmati pemandangan berbeda. 

Kamu bisa melihat cantiknya hamparan pasir putih dengan bentang pantai sejauh setengah kilometer di apit batu karang yang tinggi. Dari atas kamu juga bisa melihat para peselancar yang tengah mencoba menaklukkan ombak tinggi di Pantai Balangan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Balangan

Foto: Instagram/@leonidas.thle

Selain menikmati pemandangan pantai yang memanjakan mata, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan lain di pantai ini. Pengunjung Pantai Balangan biasanya akan menikmati aktivitas berenang, berselancar, berjemur, duduk santai di tepi pantai, atau hanya sekadar berfoto-foto dan membuat video estetik nih. 

Pantai Balangan ini menjadi salah satu tempat recommended di Bali buat bikin video estetik ala TikTok atau Instagram nih. Fasilitas di sini juga lumayan tempat, didukung oleh penginapan-penginapan di sekitarnya. Beberapa penginapan di sini menyewakan sun lounger buat kamu yang mau berjemur sambil beristirahat nih.

Kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Bali yang dijual di kafe-kafe atau restoran di dekat Pantai Balangan. Jangan lupa buat mencoba es kelapa muda utuh yang cocok banget buat menemani kamu berjemur nih. Karena suasananya yang cukup sepi, Pantai Balangan bisa jadi salah satu pilihan pantai romantis buat kamu.

Pemandangan unik lain yang bisa kamu saksikan di Pantai Balangan adalah aktivitas landing dan take off pesawat dari dan menuju Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Kamu bisa melihat pemandangan pesawat dari bibir pantai ini. Kamu juga bisa melihat pemandangan perahu nelayan dari kejauhan lho.

Bahkan kamu bisa melihat pemandangan indah pantai-pantai yang segaris dengan Pantai Balangan seperti Dreamland Beach, Pantai Bingin, Pantai Suluban, hingga Pantai Padang-Padang.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung ke Pantai Balangan

Foto: Instagram/@gale4ka.m

Kalau kamu sengaja datang kesini untuk melihat sunset maka waktu terbaik berkunjungnya adalah pukul 17.00 WITA. Waktu sunset di Pulau Bali sekitar pukul 17.40–18.30 WITA tergantung posisi matahari. Biasanya kalau sore menjelang, Pantai Balangan akan sedikit lebih ramai pengunjung. 

Sedangkan untuk kamu yang menyukai suasana tenang tanpa banyaknya pengunjung, kamu bisa datang pukul 08.00 WITA dan menikmati berjemur di bawah terik matahari pada siang harinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Balangan 

Tiket masuk Pantai Balangan gratis buat semua wisatawan. Kamu bebas menikmati pemandangan di pantai ini tanpa dipungut biaya apapun. Tapi, kamu bakal tetap dikenakan biaya parkir buat kendaraan yang kamu bawa. Masing-masing kendaraan punya tarif sendiri yang tentunya masih tergolong murah buat kamu.

Adapun tarif parkir kendaraan di Pantai Balangan adalah sebagai berikut:

– Sepeda Motor Rp. 5000

– Mobil Rp. 10.000

Transportasi Menuju Pantai Balangan

Transportasi umum yang bisa kamu naiki menuju Balangan Beach saat ini hanya ada taxi dan ojek online karena ketersediaan transportasi umum di sini masih terbatas terutama dari kawasan Pantai Balangan menuju ke arah kota. Biasanya para wisatawan memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor. 

Tenang aja, kamu nggak harus membawa mobil dari rumah kok. Kamu bisa menyewa kendaraan pas kamu sampai di Bali. Ada banyak penyedia jasa kendaraan yang bisa kamu pilih. Jasa rental kendaraan ini ada yang menyewakan motor hingga mobil dengan berbagai tipe yang kamu inginkan. Kamu bisa mendapatkan informasi soal rental kendaraan di Bali ini melalui media sosial atau mesin pencari.

Sewa Sepeda Motor

Kalau kamu menginap di salah satu hotel di kawasan Bali Selatan seperti Sanur, Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran dan lain sebagainya, jasa sewa motor lebih mudah ditemukan. Harga sewanya sendiri sekitar Rp. 75. 000 – Rp. 100.000/24 jam tanpa bahan bakar. Biasanya harga yang ditawarkan berdasarkan jenis sepeda motor. 

Sewa Mobil

Untuk sewa mobil sendiri kamu bisa menyewanya dengan sopir atau tanpa sopir. Harga sewa tanpa sopir dengan jenis mobil Avanza sekitar Rp. 225.000 – Rp. 250.000/24 jam. 

Tapi disarankan kamu hati-hati saat memilih jasa sewa kendaraan, pastikan jasa yang kamu pilih sudah terpercaya dan berpengalaman lama. Kalau kamu awam banget sama daerah di Bali, kamu bisa menyewa mobil beserta sopirnya biar nggak ribet dan bisa menghemat tenaga selama liburan nih.

Foto: Instagram/@tessastirling

Alamat, Jam Buka, dan, Lokasi Pantai Balangan

Buat kamu yang pengen berkunjung ke Pantai Balangan, kamu bisa menuju alamat berikut ini.

Alamat:

Jl. Pantai Balangan, Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali. 

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check lokasinya di Google Maps

Sedikit informasi buat kamu yang langsung menuju Pantai Balangan dari Bandara Ngurah Rai, kamu membutuhkan waktu sekitar 55 menit dengan jarak tempuh 20 kilometer menggunakan kendaraan roda dua atau empat. 

Kalau kamu berangkat dar daerah Canggu, jarak yang harus kamu tempuh adalah 34 kilometer atau sekitar 1 jam 15 menit perjalanan. Sedangkan dari kawasan Nusa Dua, jarak menuju Pantai Balangan sekitar 18 kilometer dengan waktu perjalanan 40 menit. Meskipun terkesan jauh, tapi pemandangan yang bakal kamu saksikan di Pantai Balangan bisa membayar lunas kelelahan selama perjalanan.

By Weni Arfiyani

A professional writer.