patung bali

Belanja oleh-oleh menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat pergi berwisata. Hampir di semua tempat wisata pasti menyediakan berbagai macam oleh-oleh. Mulai dari oleh-oleh yang lucu hingga yang unik. Oleh-oleh yang unik dan memiliki ciri khas daerah tersebut pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Nggak terkecuali oleh-oleh khas Bali. Kamu akan menjumpai berbagai macam oleh-oleh atau cinderamata di hampir semua tempat yang kamu kunjungi waktu berlibur ke Pulau Dewata. Terkenal dengan wisata alam yang sangat indah, Bali juga memiliki banyak sekali ragam budaya yang tentunya tak kalah menakjubkan. Nggak heran kalau oleh-oleh yang ditawarkan juga beragam dan biasanya terinspirasi dari tempat wisata atau budaya Bali itu sendiri.

Foto : Instagram.com/@dinny_hariyani

Biasanya oleh-oleh identik dengan merchandise atau aksesori unik dengan ornamen-ornamen khas. Kamu pasti udah hafal banget deh aksesori seperti gantungan kunci, gelang, kalung, cincin dan lainnya. Nah, tapi kalau kamu bosan sama oleh-oleh yang gitu-gitu aja, dan pengen barang lebih keren atau yang bisa kamu pakai buat gaya, tenang, Bali punya tempat khasnya. Kamu bisa menemukan toko oleh-oleh khas Bali yang beda dari yang lainnya. Toko oleh-oleh ini sangat terkenal hampir di seluruh kalangan lho apalagi anak-anak muda yang doyan tampil kece. Keunikan dari tempat ini adalah karena produknya punya ciri khas kata-kata yang sangat menarik dan nyentrik. Yaps, apalagi kalau bukan Joger Bali.

Joger Bali  atau yang lebih dikenal dengan Pabrik Kata-kata Joger merupakan toko oleh-oleh khas Bali yang menyediakan kaos, sandal, tas, dan barang lainnya. Menariknya, dalam setiap barang yang dijual terdapat kata-kata yang inspiratif, lucu, menarik, dan bahkan nyeleneh. Nggak cuma desainnya yang unik, bahan yang digunakan juga memiliki kualitas yang oke banget.

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Pusat Oleh Oleh di Bali

Foto : Instagram.com/@nuqi_ardiarsari

Hampir semua wisatawan menjadikan Joger Bali sebagai tujuan berburu oleh-oleh mereka selama berwisata di Bali. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara nggak ketinggalan buat beli oleh-oleh di sini. Selain nggak dijual di luar toko Joger itu sendiri, keunikan Joger memang tak perlu diragukan lagi. Apa saja sih keunikan Joger yang membuat jadi terkenal? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Joger

Menjadi tempat belanja ikonik di Bali, Joger dulunya merupakan toko kecil yang terletak di Jl. Sulawesi tepatnya di depan Pasar Badung. Berdiri pada tahun 1981, Dinas Perdagangan meminta nama toko untuk membedakan toko satu dan yang lain. Nama Joger didapat dari gabungan nama pendiri yaitu JOseph Theodorus Wulianadi dan temannya Mr. GERhard Seeger yang telah menyumbang $20.000 untuk hadiah pernikahan.

Foto : Instagram.com/@ariikar21

Menurut pemiliknya, nama Joger juga mudah diingat, enak didengar, dan berbau jantan. Sehingga pada tanggal 19 Januari 1981 nama Joger resmi dipakai untuk toko di Jl. Sulawesi ini. Nggak cuma dipajang di papan atas toko, nama Joger juga didaftarkan ke dinas perdagangan.

Joger Hanya Ada di Bali, Tidak Buka Cabang

Buat kamu yang penasaran mengapa Joger cuma bisa ditemui di Bali, alasannya sangat unik lho. Pemiliknya, Joseph memiliki strategi pemasaran yang sangat hebat. Menurutnya, jika Joger dibuka di luar Bali, produknya akan sangat laris manis namun akan menjadikannya pasaran. 

Dengan hanya ada di Bali, eksklusivitas dari brand Joger akan terjaga. Selain itu, wisatawan akan mengunjungi langsung toko Joger. Walaupun era sekarang sudah marak penjualan online, tapi Joger masih menggunakan prinsip tersebut sampai sekarang.

Selain alasan diatas, Joseph menyebutkan bahwa dengan adanya Joger di Bali membuat wisatawan berkunjung ke Bali. Jadi, keuntungan nggak hanya milik Joseph, tapi untuk penjual barang dagangan lainnya. 

Produk yang Dijual Joger

Produk Joger terkenal dengan produksi kata-kata lewat kaos, jaket, sandal, dan yang lainnya. Selain berbagai produk bisa pakai, Joger juga memproduksi jam, DVD, cangkir, gantungan kunci, dan berbagai pernak-pernik lainnya. Uniknya jam yang ada di Joger dibuat mundur untuk orang yang maju. 

Tak hanya fokus pada tulisan – tulisan yang menarik, Joger juga memperhatikan kualitas bahan dari setiap produk yang ada. Untuk ukuran pakaian yang ada, Joger memiliki variasi ukuran yang sangat banyak. Bahkan kamu juga bisa mencari kaos untuk si kecil. Ukuran yang disediakan di Joger mulai dari XXS sampai XXL.

Memilih kaos atau pakaian yang pas ukuran dengan kata-kata yang unik akan lebih bagus jika dipadukan dengan pilihan warna yang beragam. Joger memiliki banyak pilihan warna untuk setiap produknya. Selain warna, pastinya kamu juga bisa memilih kata-kata yang pas sesuai dengan selera atau suasana hati kamu saat itu.

Foto : Instagram.com/@novakoesoema_d

Harga Joger

Dengan kualitas bahan yang apik, harga yang ditawarkan Joger lumayan terjangkau lho. Untuk kaos oblong harga ditawarkan mulai dari 80.000 rupiah. Jaket joger dibanderol mulai dari 135.000 rupiah. Nah, untuk sandal harga mulai dari 12.000 rupiah saja. Nggak kalah unik, tas selempang harganya mulai 200.000 rupiah. 

Buat kamu yang ingin memberikan oleh-oleh khas Joger, kamu bisa beli gantungan kunci dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari 5.000 rupiah saja kamu bisa dapat gantungan kunci khas Joger Bali. Untuk dompet Joger harga mulai 50.000 rupiah dan totebag dibanderol mulai dari 120.000 rupiah.

Harga yang sangat terjangkau bukan? Dengan budget yang terbatas kamu tetap bisa belanja oleh-oleh khas Bali yang unik dan menarik ini.

Tips Belanja di Joger Bali

Saat kamu belanja di Joger, kamu perlu memperhatikan hal-hal ini :

Pertama, keamanan di Joger lumayan ketat ya. Jangan kaget ketika masuk barang bawaan kamu akan dicek, menggunakan sinar X-Ray dan metal detector. Seperti layaknya ketika kamu di bandara..

Kedua, saat memasuki pintu masuk outlet, kamu akan disambut ramah oleh para staf dan ditempeli stiker tanda masuk. Stiker yang ditempel biasanya bertuliskan VIP (Very Iseng People). Dengan stiker tersebut, kamu bisa menikmati ruangan yang memperlihatkan kebutuhan sandang, barang khusus anak-anak, dan barang-barang mahal khas Joger.

Foto : Instagram.com/@rambu_estri_mboru_mala

Jam Buka Joger

Ketiga, jangan datang pukul 10.00 WITA dan 17.00 WITA. Joger menggunakan jam khusus saat buka maupun tutup toko yaitu WIJO (Waktu Indonesia bagian Joger). Sehingga, jam buka toko bisa lebih dari jam 10.00 WITA dan jam tutup toko bisa kurang dari jam 17.00 WITA.

Foto : Instagram.com/@agungbaraka

Buat kamu yang penasaran dan tertarik dengan Joger bisa banget kunjungi alamat di bawah ini ya.

Joger Kuta

Lokasi Joger yang satu ini cukup strategis dekat dengan berbagai wisata. Salah satunya pantai yang terkenal dengan sunsetnya, yaitu Pantai Kuta. Untuk alamatnya berada di Jl. Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Buka pukul 10.00 WITA sampai 17.00 WITA. Kamu juga bisa check lokasinya di Google Maps. Dengan No Telp (0361) 752523.

Teman Joger Luwus

Buat kamu yang berkunjung ke daerah wisata Bedugul, kamu bisa mampir ke Joger yang satu ini. Di tempat ini kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Joger yang sangat unik. Alamatnya berada di Jl. Mekarsari – Baturiti Bedugul No.16, Luwus, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191. Outlet yang satu ini memiliki jam buka yang lebih panjang yaitu mulai pukul 10.00 WITA sampai 20.30 WITA. Dengan No Telp : (0368) 2033324. Kamu bisa langsung check lokasinya di Google Maps.

Buat kamu yang ke Bali, pastikan Joger masuk ke salah satu destinasi tempat oleh-oleh yang wajib kamu kunjungi. Selain barang yang ditawarkan unik, kamu akan terhibur dengan kata-kata yang disajikan. 

By Weni Arfiyani

A professional writer.