Pernah mendengar tempat wisata Tirta Gangga Bali? Udah tahu belum nih di mana alamatnya? Terus berapa harga tiket masuk Tirta Gangga Bali? Buat kamu yang belum tahu, Tirta Gangga adalah tempat wisata yang dulunya merupakan taman air Kerajaan Karangasem. Letaknya berada di Bali Timur tepatnya di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit untuk sampai di tempat ini jika kamu mengendarai mobil dari Kuta. 

Tirta Gangga jadi salah satu wisata budaya sekaligus wisata alam di Bali. Seperti yang kita ketahui bersama, Bali memang jadi salah satu destinasi wisata paket lengkap yang bisa kamu kunjungi. Bali memadukan ornamen tradisional dengan budaya modern yang cocok banget buat siapapun yang berkunjung ke Pulau Dewata ini. Nggak heran kalau banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengincar Bali sebagai destinasi liburannya. Buat kamu yang pengen merasakan pengalaman wisata alam, budaya dan modern, cocok banget berkunjung ke sini.

Sebagai tempat wisata yang menyuguhkan elemen budaya sekaligus kekayaan alam Bali, Tirta Gangga bisa jadi pilihan spot healing favorit kamu. Suasana hati yang lagi penat bisa hilang kalau kamu berkunjung ke tempat ini. Rasa jenuh dan lelah yang lagi kamu rasakan, bakal mencair bersama sejuknya udara dan segarnya air di Tirta Gangga. Nggak heran kalau habis berkunjung dari tempat ini kamu akan merasa lebih fresh dan siap melakukan berbagai kegiatan lainnya. 

Foto : Instagram.com/@tirtaganggaa

Apa Saja yang Ada di Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga Bali terletak di area persawahan yang masih hijau dan asri. Mata airnya berasal dari mata air Rejasa. Luas taman air ini mencapai 1,2 hektar dengan 3 tingkatan bangunan. Di tingkat tertinggi terdapat mata air yang letaknya di bawah pohon beringin. Di bangungan kedua kamu akan mendapati area kolam renang. Sedangkan di bangunan ketiga ada kolam hias dengan air mancur yang cantik. Selain tiga tingkatan tersebut banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sini. Salah satunya adalah kebun, ornamen-ornamen dan patung khas Bali.

Kolam-kolam air di sini dihiasi ornamen khas Bali, patung-patung yang berbaris juga jalan setapak dari batu yang tersusun rapi. Yang paling menarik perhatian adalah menara air setinggi 10 meter di Tirta Gangga ini. Suasana alam di sini juga masih sangat sejuk karena berlokasi di bawah kaki Gunung Agung. Cocok banget buat kamu yang lagi mencari tempat healing terbaik di Bali.

Tirta Gangga Bali akan membuat pengunjungnya serasa berada di era Kerajaan Bali yang terdahulu. Banyak ornamen khas Bali yang megah dan menawan, memperlihatkan gagahnya Kerajaan Bali di masa lampau. Kamu bisa melihat ornamen-ornamen tersebut secara langsung. Selain bergaya Bali, bangunan yang ada di Tirta Gangga juga memiliki arsitektur khas China. Penggabungan dua budaya tersebut menjadi mahakarya tempat wisata yang luar biasa untuk dikunjungi.

Foto : Instagram.com/@tirtaganggaa

Spot Foto Hits di Bali

Tempat yang kental dengan budaya Bali ini juga sangat cocok buat kamu yang hobi hunting foto hits. Di sini ada banyak spot yang bisa dijadikan latar belakang foto super eksotis. Di bagian kolam adalah tempat favorit pengunjung untuk melakukan foto. Latar belakang ornamen Bali yang khas bakal bikin foto kamu jadi keren abis lho. Uniknya di kolam yang ada tempat pijakan batunya ini, banyak sekali ikan-ikan dengan ukuran yang sangat besar. Hasil foto kamu akan terlihat lebih estetik saat ikannya muncul ke permukaan.

Foto : Instagram.com/@tirtaganggaa

Nggak cuma berfoto hits ala selebgram, kamu juga bisa menikmati wisata air ala di Venice, Italy lho. Bedanya, kalau di sini latar belakang kanalnya bukanlah perkotaan, tapi bangunan-bangunan yang menjadi saksi kejayaan Bali sejak zaman dahulu. Kamu bisa berkeliling Tirta Gangga dengan menaiki perahu yang disediakan. Untuk kamu yang datang berombongan, perahu ini hanya berkapasitas antara 3 sampai 5 orang aja ya. Selain itu, aktivitas yang paling disukai wisatawan saat di tempat ini adalah memberi makan ikan-ikan. Kamu bisa membeli makanan ikan ini di toko-toko yang ada di bagian luar Tirta Gangga.

Foto : Instagram.com/@tirtaganggaa

Sejarah Tirta Gangga Bali

Nama Tirta Gangga berasal dari kata Tirta yang berarti air suci dan Gangga salah satu sungai suci di India. Dibangun oleh Raja Karangasem tahun 1946 yang bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Pada tahun 1963, komplek taman air ini pernah hancur oleh letusan Gunung Agung, tapi kemudian dibangun kembali oleh Pemerintah Karangasem dengan tujuan sebagai tempat wisata.

Foto : Instagram.com/@rannypradnya

Air yang mengalir di Tirta Gangga sangat jernih karena bukan berasal dari air olahan. Mata air di Taman Tirta Gangga dianggap suci untuk masyarakat Hindu. Air ini banyak digunakan sebagai sarana upacara keagamaan umat Hindu di Bali.

Banyak fasilitas yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke tempat yang satu ini. Tentu saja fasilitasnya termasuk lengkap ya untuk wisatawan yang berkunjung. Tirta Gangga Bali memiliki fasilitas toilet, restaurant, bahkan ada juga hotel nih. Saat berlibur ke sini nggak perlu khawatir tentang makanan dan penginapan ya. Semua tersedia dalam satu tempat dengan paket super komplit. Bahkan pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh di toko oleh-oleh yang berada di kawasan Tirta Gangga.

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga Bali

Untuk menikmati kesegaran mata air Rejasa di Taman Tirta Gangga kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang saja. Harga ini sangat ramah di kantong, terutama buat kamu yang berwisata dengan budget minim. Tapi kalau kamu ingin berenang di sini, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 per orang ya. Dengan harga tersebut kamu akan merasakan sensasi segar mata air Rejasa yang nggak akan kamu dapatkan di tempat lain. Selain air yang jernih, pemandangan hijau di sini bakal menyejukkan mata kamu deh. Berkunjung ke Tirta Gangga bisa jadi pengalaman berlibur yang nggak akan kamu lupakan selama di Bali.

Foto : Instagram.com/@burgu.travelphoto

Lokasi Tirta Gangga Bali dan Jam Bukanya

Jika kamu tertarik untuk berwisata ke tempat bersejarah ini, kamu bisa berkunjung ke alamat berikut ini.

Alamat:

Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Kec. Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852 atau cek langsung di Google Maps

Kamu nggak perlu khawatir, soalnya akses ke tempat wisata ini cukup mudah kok. Karena memang berada di lingkup tempat wisata yang udah berkembang di Bali, jadi kamu bakalan gampang menemukan lokasi Tirta Gangga ini. Setelah wisata di sini, kamu juga bisa mengunjungi berbagai wisata lain yang ada di kawasan Karangasem. Wisata air yang sangat populer di kalangan Bule ini buka mulai pukul 08.00 WITA sampai dengan 17.00 WITA. Untuk mendapatkan pesona alam yang indah dan udara yang segar kamu bisa berkunjung ke tempat ini pukul 08.00 WITA sampai 10.00 WITA, atau bisa juga berkunjung di siang menuju sore hari di jam 13.00 WITA sampai 16.00 WITA. 

Berkunjung ke tempat yang satu ini memang paling pas kalau cuacanya lagi cerah banget. Cuaca yang cerah akan membantu kamu mendapatkan hasil foto yang bagus. Kamu juga bisa leluasa menyusuri setiap bangunan indah yang ada di Tirta Gangga ini. Jangan lupa untuk membawa baju ganti jika kamu ingin bermain air di sini. Pakai outfit terbaikmu dan siapkan kamera untuk hasil foto yang kece abis di Tirta Gangga Bali.

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.