Biaya Liburan Nusa Penida

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan pulau Nusa Penida? Pulau kecil yang berlokasi di bagian tenggara Bali ini menjadi salah satu pulau yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya di Pulau Dewata. Pertanyaannya, berapa sih biaya liburan di Nusa Penida? Apa saja yang perlu kamu tahu dari wisata Nusa Penida? Simak dulu yuk ulasannya!

Tahukah kamu? Nama Nusa Penida merupakan bahasa Bali yang terdiri dari kata Nusa yang artinya pulau, sedangkan Penida berasal dari dua kata Ped dan Ida. Ped berarti kematian serta Ida artinya kekuasaan. Maka dari itu Nusa Penida dapat diartikan pulau yang memiliki kekuasaan besar yang mematikan. 

Sejak awal 2014 Nusa Penida berkembang cukup pesat, apalagi sejak adanya media sosial yang membuat pulau ini populer dan mulai banyak dieksplorasi. Sejak popularitas Nusa Penida menanjak, penduduk setempat pun ikut berpindah mata pencaharian nih. Banyak dari mereka yang kini berbisnis di bidang pariwisata untuk memajukan Nusa Penida. 

Pulau kecil ini cocok kamu kunjungi saat ingin mencari ketenangan dari hingar-bingar kota Denpasar.  Akan ada banyak pemandangan alam yang masih ‘perawan’ yang bisa kamu nikmati di sini lho! 

Satu hal yang bakal membuat liburanmu di Nusa Penida terasa berbeda. Selain alamnya yang masih jarang dijamah, kamu juga bakal mendapati gugusan karang yang membentang dan membentuk pola tertentu. Membuat keindahan Nusa Penida begitu dikagumi dengan latar belakang laut Hindia yang berwarna kebiruan.

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Aktivitas Yang Bisa Kamu Dilakukan Saat Berlibur ke Nusa Penida Beserta Lokasinya

Aktivitas laut yang bisa kamu lakukan di Nusa Penida di antaranya yakni snorkeling dan scuba diving. Kamu bakal menemukan berbagai macam biota laut yang ekosistemnya masih alami dan sangat terjaga. Di Nusa Penida kamu akan melihat keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan langka Mola-Mola. 

Informasi bagi kamu yang pengen menjajal serunya diving dan snorkeling di Nusa Penida, kamu bisa mencoba beberapa titik lokasi berikut ini.

  1. Malibu Point.
  2. Penida Bay.
  3. Batu Meling. 
  4. Toyapakeh.
  5. Manta Point.
  6. Batu Abah.
  7. Batu Lumbung.
Foto: Instagram/@explorenusapenida

Rincian Biaya Transportasi Liburan Di Nusa Penida 2022

Sebelum memutuskan untuk liburan di Nusa Penida, sebaiknya kamu mengetahui rincian biaya yang harus kamu keluarkan. Termasuk biaya akomodasi yang bakal membawa kamu dari Pulau Bali menyeberang ke Nusa Penida. Melansir dari berbagai sumber, berikut harga liburan ke Nusa Penida terbaru 2022.

Pelabuhan Pantai Sanur Bali ke Nusa Penida

Cara pertama untuk mencapai Nusa Penida adalah dengan menyambangi pelabuhan di Pantai Sanur Bali. Lokasi ini cukup populer karena menawarkan transportasi fast boat menuju Nusa Penida dengan harga dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Selain fast boat ada pilihan transportasi lainnya yang bisa kamu naiki, yaitu perahu sampan. 

Dari Pantai Sanur ke Nusa Penida membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 50 menit, dengan jarak 16 kilometer. Ada banyak pilihan operator fast boat yang ada di Pantai Sanur. Di bawah ini adalah daftar fast boat yang bisa kamu naiki menuju Nusa Penida beserta harga tiketnya.

Maruti Express

Harga Tiket : 

Rp. 65.000 (lokal) 

Rp. 110.000 (turis)

Jadwal keberangkatan : 

Sanur – Toyapakeh : 07.30, 09.00, & 15.00 WITA

Toyapakeh – Sanur : 07.30, 12.30, & 16.00 WITA

TANIS Express

Harga Tiket :

Rp. 65.000 (lokal) 

Rp.110.000 (turis)

Jadwal Keberangkatan :

Sanur – Br. Nyuh : 08.00 & 12.00 

Br. Nyuh – Sanur : 10.00 & 16.30 WITA

Angel Billabong 

Harga Tiket :

Rp. 65.000 (lokal)

Rp. 110.000 (turis) 

Jadwal Keberangkatan :

Sanur – Penida : 07.30, 08.30, 14.00, & 17.00 WITA

Penida – Sanur : 06.30, 07.30, 13.00, & 16.00 WITA

Starfish

Harga Tiket :

Rp. 65.000 (lokal)

Rp. 110.000 (turis)

Jadwal Keberangkatan :

Sanur – Br. Nyuh : 08.15, 09.00, & 11.00 WITA

Br. Nyuh – Sanur : 14.15, 16.30, & 17.00 WITA

Semabu Express

Harga Tiket :

Rp. 65.000 (lokal)

Rp. 110.000 (turis)

Jadwal Keberangkatan :

Sanur – Br. Nyuh : 07.30, 08.00, & 13.00 WITA

Br. Nyuh – Sanur : 08.00, 13.00, & 16.30 WITA

Axe Stone

Harga Tiket :

Rp. 65.000 (lokal)

Rp. 110.000 (turis)

Jadwal Keberangkatan :

Sanur – Br. Nyuh : 08.00 WITA

Br. Nyuh – Sanur : 16.30 WITA

Idola

Harga Tiket :

Rp. 65.000 (lokal)

Rp. 110.000 (turis)

Jadwal Keberangkatan :

Sanur – Sampalan : 08.15 WITA

Sampalan – Sanur : 16.30 WITA

The Angkal 

Harga Tiket : 

Rp. 60.000 (lokal)

Rp. 100.000 (turis)

Jadwal Keberangkatan :

Kusamba – Sampalan : 06.30, 07.00, 08.00, 09.30, 11.45, 13.45, 16.00 & 17.00 WITA

Sampalan – Kusamba : 06.30, 07.00, 07.30, 08.00, 10.45, 12.45, 14.30 & 16.00 WITA

Jangan lupa untuk perhatikan waktu keberangkatan fast boat ya! Supaya kamu nggak ketinggalan perahu dan tentunya tetap sesuai dengan jadwal liburan kamu. Check lokasi Pelabuhan Sanur Bali di Google Maps.

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Pelabuhan Padang Bai Karangasem

Dari Pelabuhan Padang Bai kamu bisa ke Nusa Penida menggunakan kapal ferry besar (Kapal Roro Nusa Jaya Abadi) yang bisa juga mengangkut kendaraan milikmu dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Kapal ini akan berlabuh di pelabuhan utama Nusa Penida.

Biasanya wisatawan yang menggunakan jasa penyebrangan kapal ferry ini menginap di kawasan wisata Bali Timur atau wisatawan yang membawa atau menyewa kendaraan pribadi. Check lokasi Pelabuhan Padang Bai di Google Maps.

Pelabuhan Serangan Bali

Lokasi Pelabuhan Serangan Bali berdekatan dengan Pelabuhan Benoa. Di sini ada beberapa operator fast boat yang menyediakan jasa penyeberangan ke Nusa Penida, seperti Gili Gateway. Tapi kebanyakan sih operator fast boat menyediakan jasa untuk menyebrang ke Gili Trawangan dan Lombok Nusa Tenggara Barat. 

Pelabuhan Serangan dekat dengan kawasan wisata Kuta Bali. Jadi jika kamu berangkat dari Pantai Kuta menuju pelabuhan akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh 14 kilometer. 

Kenyamanan fast boat di Pelabuhan Serangan sangat terjamin loh! Karena fast boat tersebut didesain khusus dengan fasilitas yang memadai. Di sini tersedia restoran, serta ruang tunggu yang nyaman. Check lokasi Pelabuhan Serangan di Google Maps.

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Pelabuhan Tribuana Kusamba Klungkung

Pelabuhan ini biasanya digunakan warga lokal yang bertempat tinggal di Klungkung untuk menyebrang ke Nusa Penida menggunakan kapal cepat. Sebab lokasi pelabuhan Tribuana Kusamba lebih dekat dengan tempat tinggal mereka ditambah harga tiketnya lebih murah. 

Selain warga lokal, banyak juga wisatawan yang menginap di Ubud menggunakan jasa kapal cepat dari sini.

Ada sekitar tiga operator kapal cepat di pelabuhan Tribuana Kusamba. Waktu perjalanan dari Kusamba ke Nusa Penida sekitar 1 jam. Biasanya fast boat akan berlabuh di Pelabuhan Toya Pakeh atau Sampalan. 

Harga tiket perahu ke Nusa Penida di pelabuhan Tribuana :

Rp. 50.000 (lokal) 

Rp. 100.000 (turis) 

Check lokasi Pelabuhan Tribuana di Google Maps.

Foto: Instagram/@explorenusapenida

Setelah sampai di Nusa Penida, mungkin kamu akan membutuhkan kendaraan untuk mengeksplorasi alamnya. Karena belum ada transportasi umum di sana, jadi pilihannya menggunakan kendaraan pribadi atau jika kamu tidak membawanya tenang saja, ada banyak jasa sewa kendaraan seperti sepeda motor bahkan mobil.

Untuk penyewaan sepeda motor bisa ditemukan saat kamu tiba di pelabuhan Nusa Penida. Dengan harga rental Rp. 75.000 per 24 jam belum termasuk bahan bakar. Sebelum kamu menjelajahi Nusa Penida, alangkah baiknya mengisi penuh bahan bakar motor yang kamu sewa. 

Soalnya kamu bakalan dihadapkan pada lanskap alam yang tidak terduga, selain itu mengisi penuh tangki bahan bakar juga bakal menghindari kemungkinan kamu kehabisan bensin. Kamu juga harus mengetahui kondisi jalan yang akan kamu lalui, karena ada beberapa jalan yang belum sebagus jalan raya pulau Bali.

Pilihan lainnya adalah merental mobil beserta sopir (termasuk bahan bakar). Biaya yang perlu dikeluarkan untuk sewa mobil plus sopir di Nusa Penida sebesar Rp. 550.000. Pilihan ini lebih praktis buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk mengeksplorasi alam di pulau selatan Bali ini.

Gimana nih? Biaya liburan ke Nusa Penida ternyata masih ramah di kantong kan? Jangan lupa buat mampir ke pulau satu ini buat mendapatkan sensasi liburan yang berbeda. 

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis dengan pengalaman 5 tahun di industri media massa. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.