Nusa Penida adalah alternatif tempat liburan kece di Bali yang wajib kamu kunjungi. Pesona pulau ini nggak kalah indahnya, bahkan banyah hidden gem yang mungkin kamu temukan waktu berkunjung ke sana. Menyuguhkan pemandangan indah hamparan Samudera Hindia, Nusa Penida cocok banget buat kamu yang mengidamkan pengalaman liburan eksotik di Pulau Dewata.

Salah satu mahakarya alam yang indah di Nusa Penida adalah Diamond Beach. Buat wisatawan yang udah nggak asing dengan Atuh Beach di pulau selatan Bali ini, pas banget buat cari tahu soal Diamond Beach. Lokasinya masih satu kawasan dengan Atuh Beach. Pemandangannya tentu saja nggak kalah menawan.

Dengan ciri khas pantai Nusa Penida yang dikelilingi tebing karst, Diamond Beach patut jadi tempat pilihan wisata bak di surga. Batu-batu tersebut membentuk pola seperti berlian yang menginspirasi penamaan pantai yang satu ini. Belakangan, pantai ini memang jadi hits dan populer banget di kalangan wisatawan dengan keindahan lanskap yang disuguhkannya.

Foto: Instagram.com/@diamondbeach_nusapenida

Asal-usul Diamond Beach Bali

Setiap tempat pasti punya sejarah penamaan yang biasanya terinspirasi dari ciri khas tempat tersebut. Khusus buat Pantai Diamond Nusa Penida ini, seperti disebutkan tadi banyak batuan karst yang berbentuk seperti berlian. Kamu bakal menemukan tebing-tebing karst yang terpisah tapi masing-masing berbentuk runcing persis permata yang terbalik. Dari kejauhan, kamu akan melihat batuan ini seperti hamparan berlian dengan keindahan yang tiada duanya.

Pantai ini cocok banget kamu nikmati saat cuaca sedang cerah. Hamparan tebing karst yang membentuk pola berlian bakal memancarkan aura keindahan yang menyilaukan. Pasir putih yang menyelimuti pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Debur ombak, angin sepo-sepoi, dan kilauan air laut yang biru bak menyuguhkan secuil surga di Nusa Penida.

Foto: Instagram.com/@diamondbeach_nusapenida

Lokasi Diamond Beach Nusa Penida

Banyak wisatawan baru yang mungkin masih bertanya-tanya, dimana lokasi Diamond Beach Bali? Nggak perlu bingung ya, pantai ini terletak di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Kamu bisa langsung cek lokasi pantai yang satu ini di Google Maps.

Lalu, bagaimana cara menuju Diamond Beach Nusa Penida ini? Buat kamu yang berwisata ke Bali dan ingin merasakan eksotisme kepingan surga di Nusa Penida, kamu bisa menaiki speed boat yang bisa kamu temukan di pelabuhan Sanur. Karena Pulau Nusa Penida terpisah beberapa mil dari Pulau Bali, kamu harus menyeberang dulu nih. Dengan menaiki speed boat, kamu cukup menghabiskan waktu 30 menit buat sampai di Nusa Penida dari Sanur.

Harga Tiket Masuk Diamond Beach Nusa Penida dan Jam Bukanya

Sama seperti tempat wisata di Bali lainnya, tentunya buat masuk ke kawasan Diamond Beach kamu harus membayar bea masuk. Eits, tapi tenang ya, soalnya biaya alias harga tiket masuknya tuh murah meriah. Kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk memasuki kawasan Diamond Beach. Harga ini sangat terjangkau buat semua orang. Mulai dari orang tua, remaja hingga anak-anak.

Pantai ini terbuka 24 jam untuk wisatawan. Tapi, karena lokasinya yang berada di kawasan tebing karst, ada baiknya kamu nggak berkunjung waktu malam hari. Medan yang harus kamu tempuh mencapai bibir Pantai Diamond terbilang menantang. Pasalnya kamu harus melewati jalan setapak yang sangat terjal. Pencahayaan di tempat ini juga minim, sehingga akan berbahaya kalau kamu berkunjung saat suasana sudah gelap.

Foto: Instagram.com/@diamondbeach_nusapenida

Spot Foto Instagramable di Nusa Penida

Meskipun punya garis pantai yang terbilang kecil, tapi hal ini justru menjadi daya tarik bagi wisatawan buat berkunjung ke sini. Buat kamu yang hobi berfoto, terutama berfoto dengan latar belakang lautan biru, bakalan pas banget mengambil spot-spot menarik di tempat ini. Hampir setiap sudutnya adalah latar belakang sempurna untuk foto kamu.

Untuk membuat foto yang Instagramable di tempat ini, kamu bisa mengambil gambar di bagian tepi pantai, di dekat tebing ataupun di batuan-batuan yang tersebar di bibir pantainya. Didukung dengan cuaca cerah dan langit yang berkilau, bakal bikin foto kamu makin keren lagi nih. Kamu juga bisa berfoto di atas hammock yang terpasang di antara dua pohon kelapa di sini. Selain itu, jalan setapak berupa anak tangga menuju pantai juga jadi spot foto favorit wisatawan lho.

Foto: Instagram.com/@diamondbeach_nusapenida

Fasilitas Apa Saja yang Ada di Diamond Beach?

Dibanding dengan Pantai Atuh, Diamond Beach memang tergolong sebagai tempat wisata yang baru dikembangkan. Jadi jangan heran ya kalau fasilitas di sini mungkin belum memadai. Tapi tenang, fasilitas yang esensial seperti lahan parkir kendaraan tetap ada di tempat ini. Letaknya juga cuma sekitar 20 meter dari pantainya.

Kalau kamu mencari penjual-penjual makanan di sekitar pantai ini, mungkin jumlahnya masih minim ya. Jadi kalau kamu mau mencoba berwisata ke sini, alangkah lebih baik kalau kamu juga membawa persediaan makanan sendiri. Eits, tapi harus diingat ya, jangan sampai kamu meninggalkan bekas makanan atau sampah di kawasan wisata demi menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama.

Foto: Instagram.com/@diamondbeach_nusapenida

Gimana nih? Kamu udah tertarik belum buat berkunjung ke kawasan Nusa Penida dan menjajal hidden gem satu ini? Jangan melewatkan keindahan Diamond Beach saat kamu berkunjung ke Nusa Penida ya. Kamu bakal menemukan tempat eksotis buat menghibur diri di tempat ini. Diamond Beach juga cocok buat kamu yang lagi pengen healing dari penatnya hiruk pikuk perkotaan atau tempat wisata popular di Bali yang dikunjungi banyak orang.

Pesona Pulau Dewata memang nggak pernah ada habisnya. Hingga saat ini, Bali selalu jadi destinasi wisata pilihan buat kamu yang mau liburan singkat atau liburan agak lama. Keramahan masyarakat dan keunikan budaya yang tiada dua tentu saja bikin wisatawan makin penasaran. Banyak banget potensi wisata sekaligus tempat-tempat menawan yang bisa kamu gali di sini. Nggak bakal bosan deh buat berkunjung ke Bali. Apalagi tempatnya sangat strategis karena terletak di tengah-tengah hamparan pulau-pulau di Indonesia.

Selain itu, fasilitas wisata yang ada di Bali juga sangat lengkap. Buat kamu yang mau wisata tradisional hingga wisata modern ala-ala di luar negeri juga bisa banget di sini. Hampir setiap tempat di sini juga punya nilai keunikan tersendiri. Yang nggak boleh kelewatan adalah kuliner Bali yang super beragam. Masakan dengan rempah-rempah lengkap juga jadi ciri khas masakan di sini. Buat kamu para pecinta kuliner, Bali nggak pernah mengecewakan deh.

Jangan lupa buat selalu menyediakan waktu ekstra saat berlibur ke Bali. Dengan banyaknya tempat wisata yang wajib kamu kunjungi, nggak cukup deh kalau cuma eksplor satu hari. Siapin list liburan kamu di Bali, dan jangan lupa masukin Diamond Beach Nusa Penida di dalamnya ya.

By Weni Arfiyani

A professional writer.