Banyak wisatawan yang pergi ke Bali kini mengincar kawasan Canggu sebagai tujuan wisata. Terutama kalau kamu mau berwisata dan stay agak lama di Bali. Canggu memang kini jadi salah satu kawasan wisata yang tengah naik daun di Bali. Selain karena bisa berwisata alam, kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan di sini. Pantai-pantai di Canggu juga nggak kalah menariknya buat dieksplorasi. Apalagi lokasinya sangat strategis diapit oleh berbagai destinasi wisata populer yang ada di Bali.

Canggu lokasinya hanya berjarak sekitar 20 menit dari Seminyak, destinasi wisata recommended di Bali yang pastinya udah nggak asing lagi. Kawasan yang baru berkembang ini punya hamparan pantai sejauh 8 kilometer. Yang menarik dari kawasan pantai di Canggu adalah ombaknya yang cukup besar. Karena itu, banyak peselancar dari seluruh dunia yang datang ke Canggu untuk menaklukkan ombak yang menantang.

Awal mulanya, Canggu merupakan wilayah yang nggak banyak menarik perhatian. Namun, seiring perkembangan pariwisata di Bali, Canggu pun kini berkembang menjadi alternatif tujuan wisata setelah Seminyak. Ya, meski belum sebanyak Seminyak untuk lokasi wisata ataupun berbagai fasilitas yang ditawarkan, tapi pembangunan wisata di kawasan ini nggak pernah berhenti. Bahkan, nggak sedikit orang yang memilih untuk long stay di kawasan Canggu karena vibes atau suasana wisatanya yang sangat nyaman. Kamu bisa merasakan liburan super seru hingga yang private sekalipun di tempat ini.

Dibandingkan dengan wilayah Kuta, pantai-pantai yang ada di Canggu sebenarnya nggak kalah indah lho. Pesona alamnya pun nggak jauh berbeda, artinya Canggu patut diperhitungkan sebagai salah satu destinasi wisata pilihan kalau kamu bosan berkelana di tempat yang itu-itu saja. Di sini juga ada tempat-tempat nongkrong hits, kafe yang unik dengan berbagai konsep, spot-spot foto super Instagramable plus kamu bisa menikmati pantai berpasir putih maupun berpasir hitam yang nggak kalah memesona.

Buat kamu yang lagi berwisata ke kawasan Canggu atau lagi bingung mau ke mana aja selama di Bali, deretan pantai-pantai ini bisa jadi pilihan wisata kamu. Apa saja pantai yang ada di Canggu? Infoliburan.com telah merangkum dari berbagai sumber, 4 rekomendasi pantai di Canggu yang cocok buat kamu kunjungi di sela jadwal wisata.

Pantai Canggu

Pantai yang paling terkenal di Canggu tentu saja Pantai Canggu itu sendiri. Yang unik dari pantai ini adalah kamu bisa menikmati keindahan hamparan sawah hijau khas Canggu yang berseberangan dengan pesisirnya. Daya tarik lain dari pantai ini adalah ombaknya yang tinggi dan jadi salah satu lokasi terbaik untuk berselancar di Bali. Saking terkenalnya debur ombak di sini, banyak yang menjuluki kawasan ini sebagai Kota Peselancar. Namanya juga udah terdengar hingga mancanegara, tentunya karena banyak peselancar dari seluruh dunia yang datang untuk menaklukkan ombak di sini.

Kalau kamu pengen berwisata yang sedikit fancy gitu, jangan khawatir. Canggu juga sudah berkembang dengan pembangunan berbagai resort atau villa yang menarik banget. Di sekitar pantainya, kamu bisa menemukan penginapan yang menarik untuk stay. Tentu saja resort-resort ini nggak kalah menariknya sama kawasan lain seperti Seminyak, Kuta, atau Legian.

Tapi kalau kamu pengen berwisata yang serba murah meriah, kamu tetap bisa merasakan suasana eksotis waktu di Pantai Canggu kok. Nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam, soalnya kalau kamu ke Pantai Canggu, kamu cuma bakal diminta membayar retribusi parkir nih. Nggak ada tiket masuk yang harus kamu bayar. Cuma dengan parkir kendaraan, kamu bisa menikmati bentangan Samudera Hindia di kawasan Canggu dengan sangat leluasa.

Foto : Instagram.com/@awaluddinbahri

Alamat : 

Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Jam Buka : 24 jam

Check lokasinya di Google Maps

Pantai Echo (Pantai Batu Mejan)

Pantai Echo juga terkenal dengan nama Pantai Batu Mejan. Penamaan pantai ini diambil dari nama pura suci di Bali yaitu Pura Batu Mejan. Untuk penamaan Echo sendiri diambil dari restoran yang letaknya tepat di samping Pura Batu Mejan. Yaitu Echo Beach Club. Seiring berkembangnya waktu, memang pantai ini kemudian lebih dikenal sebagai Pantai Echo, menyesuaikan tempat hits yang ada di sana.

Seperti Pantai Canggu, Pantai Echo juga menjadi spot favorit untuk para peselancar. Namun, daya tarik Pantai Echo lainnya adalah pasir putih kecoklatan yang indah dan garis pasir yang landai. Pantai ini juga cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana pantai sepi tapi nggak jauh-jauh dari kawasan wisata terbaik di Bali.

Saking indahnya Pantai Echo, bahkan pantai ini menempati posisi 39 dari 100 pantai terindah di muka bumi versi CNN. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, melihat sunset, bersantai dan berbagai aktivitas lainnya. Untuk menikmati aktivitas tersebut kamu nggak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Eits, tapi jangan salah kamu tetap harus membayar parkir kendaraan ya. Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. 

Foto : Instagram.com/@tono_vargas

Alamat : 

Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Check lokasinya di Google Maps

Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong Canggu juga jadi salah satu destinasi wisata yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Dibanding dengan pantai-pantai lain di Canggu, pantai ini memiliki daya tarik berupa dinding batu yang menyerupai tebing di Pantai Tanah Lot. Tapi bedanya, kamu bisa menikmati watersport seperti surfing, kite surfing, dan lain-lain di tempat ini. Soalnya, di Pantai Batu Bolong ada pesisir yang bisa jadi pusat berbagai kegiatan di pantai.

Di tempat ini juga sudah berdiri berbagai kafe untuk memanjakan perut kamu. Jadi nggak perlu khawatir untuk mencari tempat makan saat kamu berada di kawasan ini. Nah, selain fasilitas itu, paling pas sih ke sini kalau menjelang sunset. Pemandangan matahari tenggelam di Pantai Batu Bolong adalah salah satu yang terbaik di Bali, jadi sayang buat kamu lewatkan. Pukul 17.00 WITA adalah waktu yang tepat untuk menanti sunset di pantai ini. Meskipun pasir pantainya nggak putih, tapi tetap sangat eksotis untuk dikunjungi.

Kamu juga bisa belajar berselancar di pantai ini dengan menyewa papan dengan harga Rp. 100.000. Jika kamu pakai sebentar, kamu bisa menawar harganya lho. Pantai yang berjarak kurang lebih 12 km dari Seminyak ini tidak membanderol tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. Hanya sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Foto : Instagram.com/@marie_ulfa1989

Alamat :

Jalan Pantai Batu Bolong, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Check lokasinya di Google Maps

Pantai Nelayan

Pantai Nelayan memiliki pemandangan sunset yang nggak kalah spektakuler dari pantai-pantai di Canggu lainnya. Pantai yang lebih tenang ini membuat kamu bisa menikmati panorama alam dengan leluasa. Seperti namanya, kamu akan disuguhkan dengan kapal-kapal nelayan yang bikin pemandangan jadi makin unik. Perahu-perahu nelayan ini bisa jadi salah satu latar belakang foto kamu nih buat yang hobi mengambil gambar.

Foto : Instagram.com/@betta_vidali_

Suasana lengang di Pantai Nelayan cocok buat kamu yang ingin healing dari hiruk-pikuk perkotaan. Kamu juga bisa merasakan suasana tenang saat ke tempat ini. Pemandangan menarik bisa kamu temui saat para nelayan sedang bersiap untuk melaut atau saat mereka kembali dari melaut. Momen ini bisa jadi objek foto yang keren buat kamu nih. Kalau beruntung, kamu juga bisa membeli berbagai macam seafood yang sangat segar. Ada lobster, udang hingga tangkapan ikan nelayan yang pastinya masih fresh banget. Lebih menyenangkan lagi kamu bisa menikmati hasil melaut ini dengan harga yang lebih miring daripada di pasaran. Sama dengan pantai yang lainnya kamu tidak akan dikenai retribusi masuk ke Pantai Nelayan. Tapi, biaya parkir tetap ada ya.

Alamat : 

Jl. Nelayan No.31, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Check lokasinya di Google Maps

Keindahan pantai di Canggu bisa menambah daftar tempat wisata recommended yang ada di Bali. Buat kamu yang lagi jenuh sama pantai itu-itu saja, kamu bisa mencoba berwisata ke sini. Ada banyak pengalaman baru yang bisa kamu coba, terutama kalau kamu pengen watersport ya. Kebanyakan pantai di sini nggak menetapkan biaya masuk alias gratis. Tapi, kamu harus membayar parkir kendaraan sesuai peraturan yang sudah ditetapkan.

Keindahan alam Bali memang nggak pernah ada habisnya. Selain pantai, ada persawahan, air terjun, pegunungan, dan masih banyak yang lainnya. Canggu adalah salah satu destinasi wisata lengkap yang menawarkan keindahan alam dan budaya Bali sekaligus dalam satu kawasan. Nggak heran kalau sekarang Canggu sangat berkembang, dan nggak menutup kemungkinan bakal jadi salah satu wisata prioritas di kawasan Bali.

Jadi, udah siap liburan ke Canggu belum nih?

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis handal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di industri media massa. Dengan berlatar belakang pendidikan sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Weni merupakan seorang introvert yang memiliki kecintaan yang besar akan kucing, salah satu kucing weni bernama Keero (mukanya bulat banget) yang hobi goleran di selimut dan Milky yang hobinya lompat-lompat kesana kemari. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan tengah menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.