Kata Bali tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura ini menawarkan berbagai objek wisata yang memiliki daya tarik bagi para turis. Banyak banget rekomendasi tempat wisata Bali paling hits yang cocok untuk liburan. Pasalnya, Pulau Dewata ini memang dibekali dengan keindahan panorama alam dan lanskap yang luar biasa indahnya.

Banyak destinasi yang sangat menarik salah satunya adalah wisata alam. Berbicara tentang wisata alam di Bali tentu kita tidak boleh melewatkan pantai-pantai cantik yang ada di sana. Pantai merupakan tujuan utama bagi pelancong yang ingin berlibur ke pulau Bali. Tapi selain pantai, ada juga tempat-tempat wisata alam lain yang bisa kamu kunjungi. Nggak cuma wisata alam, tapi ada juga wisata budaya, wisata hiburan dan lain sebagainya.

Infoliburan.com telah merangkum dari berbagai sumber, 17 rekomendasi wisata paling hits di Bali yang wajib kamu datangi untuk menghabiskan waktu liburan.

Pantai Kuta

Foto: Instagram/@peterwalkerz23

Siapa yang nggak kenal dengan pantai Kuta? Pantai yang satu ini bisa dibilang jadi pantai yang paling terkenal di Bali. Daya tarik pantai ini terdapat pada pasir putihnya dan panorama sunsetnya yang indah. Meskipun banyak pantai-pantai baru yang nggak kalah indahnya, tapi kayaknya nggak lengkap liburan ke Bali kalau belum mengunjungi pantai yang terletak di sebelah selatan Pulau Dewata tersebut. 

Selain itu, fasilitas di sekitarnya pun cukup sudah lengkap mulai dari akomodasi atau transportasi yang memadai, pusat perbelanjaan, tempat makan, hingga pusat hiburan yang bisa kamu datangi di malam hari. 

Alamat: 

Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kecamatan Badung. 

Jam Buka: Buka 24 jam. 

Check Lokasinya di Google Maps

Pantai Seminyak

Foto: Instagram/@bali_heaven_tour

Pantai ini berada di dekat area Seminyak yang hits banget dengan berbagai pusat hiburannya. Di pantai ini terdapat banyak ruang hiburan yang memadai seperti beach resort, cafe, bar, dan juga beach club. Pantai Seminyak juga sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati matahari terbenam bertemankan hamparan pasir yang lembut dan landai. 

Dengan jumlah pengunjung yang tidak seramai Pantai Kuta, menjadikan pantai ini sebagai alternatif pilihan untuk berwisata. Kafe-kafe di sini juga banyak yang langsung menghadap pantai. Jadi kamu bisa menikmati panorama indah pantai selatan sembari bersantap ria bersama teman-teman.

Alamat:

Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. 

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check Lokasinya di Google Maps

Pantai Kelingking

Foto: Instagram/@kelingkingbeach.id

Bali punya satu pulau terpisah yang masih masuk wilayah administratifnya nih. Apalagi kalau bukan Pulau Nusa Penida yang berada di selatan pulau Bali. Sebagai bagian dari Pulau Dewata, Nusa Penida tidak kalah menyajikan pemandangan indah yang patut kamu eksplorasi. 

Pantai Kelingking adalah salah satu rekomendasi tempat wisata hits di Bali yang wajib kamu datangi. Pantai ini memiliki bentuk yang unik dengan rangkaian tebing kapur menyerupai jari kelingking yang eksotis banget. Debur ombak yang membentur tebing di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang akan berkunjung kesana.  Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 kamu bisa menikmati indahnya pemandangan Pantai Kelingking.

Alamat: 

Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung. 

Jam Buka: Buka 24 Jam.

Check Lokasinya di Google Maps

Pura Tanah Lot

Foto: Instagram/@tanahlotid

Tanah Lot merupakan salah satu pura penting bagi umat Hindu di Bali, pura yang terletak di atas batu besar yang berada di lepas pantai ini menjadi salah satu obyek wisata terkenal di Pulau Dewata. Saking terkenalnya, wisata ini tidak pernah sepi pengunjung lho. Selain itu, Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali, ditujukan sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. 

Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari jelang terbenamnya matahari. Harga untuk masuk ke tempat ini relatif murah untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu terdapat pedagang makanan dan minuman, serta tempat penyewaan kamar kecil. Ada juga beberapa hotel yang dekat dengan pantai di area wisata yang menggelar acara di malam hari seperti Tari Kecak. 

Alamat:

Beraban, Kediri, Tabanan Bali. 

Jam Buka : 06.00-19.00 WITA

Telepon : (0361) 880361

Check Lokasinya di Google Maps

Tirta Gangga

Foto: Instagram/@tirtagangga

Rekomendasi tempat wisata Bali paling hits selanjutnya adalah Tirta Gangga. Taman air ini merupakan bagian dari sejarah kerajaan di Bali yang pernah eksis pada zaman sejarah. Tirta Gangga terletak di Karangasem, Bali dan memiliki daya tarik taman air suci yang dikelilingi oleh candi-candi khas Bali.

Taman air ini membuat pengunjung serasa di bawa kembali pada jaman kerajaan Bali dahulu. Berbagai macam ornamen kerajaan yang indah serta memanjakan mata terpampang begitu cantik dan menawan. Kamu juga bisa berfoto di area kolam yang dihuni ikan-ikan besar. Selain merasakan sensasi ala kerajaan Bali, kamu juga bakal merasakan aura sakral di tempat ini.

Alamat:

Jl. Raya Abang Desa Adat, Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem. 

Jam Buka: 08.00-17.00 WITA

Check Lokasinya di Google Maps

Pura Penataran Agung Lempuyang

Foto: Instagram/@pura_lempuyang_terkini

Pura ini adalah salah satu pura yang terbesar yang ada di Pulau Dewata. Dengan pemandangannya yang eksotis tentu tempat ini tidak mungkin dilewatkan oleh para wisatawan. Pura Penataran Agung Lempuyang ini dijuluki sebagai Gerbang Surga atau  Gate of Heaven. Lokasinya ada di wilayah timur Bali, tepatnya di Kabupaten Karangasem. Yang ikonik dari tempat ini adalah spot foto berlatar langit di antara gapura khas Bali yang eksotis.

Alamat: 

Jl. Pura Telaga Mas Lempuyang, Tri Buana, Kecamatan Abang, Karangasem.

Jam Buka: 06.00-19.00 WITA

Telepon: (0363) 4301326 

Check Lokasinya di Google Maps

Hidden Canyon, Beji Guwang 

Foto: Instagram/@hiddencanyonbejiguwang

Bali juga memiliki hidden gem yang sangat recommended buat kamu kunjungi. Salah satunya adalah Hidden Canyon di Gianyar. Merupakan obyek wisata alam di Pulau Bali berupa ngarai atau lembah yang dalam juga sempit. Lokasinya berada di dalam jalur aliran sungai beji yang dekat dengan Pura Dalem Sukawati, Gianyar, Bali. Tempat ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan tempat wisata Bali lainnya. Kamu yang hobi memacu adrenalin, cocok banget buat mengunjungi tempat wisata Bali paling hits yang satu ini.

Alamat: 

Jl. Sahadewa, Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar. 

Jam Buka: 08.00-17.00 WITA

Check Lokasinya di Google Maps

Taman Safari Bali

Foto: Instagram/@tasyakamila

Kamu pengen rekreasi bareng keluarga di Bali? Taman Safari adalah destinasi wisata pilihan yang cocok buat buat kamu. Memadukan kekayaan alam dengan kebudayaan kebudayaan khas Bali, menjadikan tempat ini sebagai alternatif pilihan wisata edukasi di Bali yang bisa kamu datangi bareng si kecil.

Kamu akan menemukan berbagai satwa langka di sini, salah satunya adalah Harimau Sumatra. Kamu juga bisa berkeliling menggunakan mobil khusus.  Kalau kamu yang suka berpetualang di malam hari, paket night safari bakalan pas banget buat kamu. Kamu akan diajak memasuki hutan gelap menuju habitat harimau menggunakan Caged Tram. Menarik banget kan? 

Alamat: 

Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.km 19, Serongga, Kecamatan Gianyar, Gianyar.

Jam Buka: 09.00-17.30 WITA dan 18.00-21.00 WITA 

Telepon: (0361) 950000

Check Lokasinya di Google Maps

Air Terjun Aling-Aling

Foto: Instagram/@aling_aling_watersport_fall

Rekomendasi wisata Bali paling hits selanjutnya adalah air terjun aling-aling. Wisata air terjun yang terletak di Buleleng ini termasuk salah satu hidden gem yang ada di Bali. Jika kamu bosan dengan suasana pantai, kamu bisa mencoba mengunjungi tempat ini untuk menikmati suasana gemericik air yang menenangkan sekaligus menyenangkan.

Tebing-tebing dengan pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun akan menyegarkan mata kamu nih. Tempat ini cocok banget buat kamu yang liburan sambil mencari suasana tenang ditemani gemericik air terjun dan pemandangan yang eksotis abis. 

Alamat: 

Jl. Raya Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Jam Buka: Buka 24 Jam.

Check Lokasinya di Google Maps

Ubud Artisan Market

Foto: Instagram/@ubud.artisanmarket 

Buat kamu yang pertama kali datang ke Ubud, jangan sampai melewatkan Ubud Artisan Market. Pusat belanja berbagai pernak-pernik dan makanan khas Bali ini punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pasar yang lokasinya dekat dengan Monkey Forest Ubud ini menjajakan bermacam jenis barang dengan keunikan khas Bali yang tentunya cocok untuk anda berikan kepada mereka yang tersayang. Kamu bakal melihat banyak kerajinan khas Bali yang ditampilkan di stand-stand yang ada di sini.

Alamat: 

Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Gianyar.

Jam Buka: 10.00-17.00 WITA

Check Lokasinya di Google Maps

Gumitir Garden 

Foto: Instagram/@irene_lesm 

Taman bunga ini bisa menjadi tujuan wisata anti mainstream saat anda berlibur ke Bali. Tidak melulu pantai, kamu bisa menikmati wisata Bali yang murah sekaligus indah, seperti piknik di Taman Bunga Marigold yang Instagramable ini. Hamparan bunga cantik dengan perpaduan warna antara orange dan kuning menjadi daya tarik dari taman bunga ini. Sangat menarik untuk didatangi bukan? Eits, tapi kalau kamu ke sini, pastikan kamu selalu menjaga kelestarian bunga yang ditanam di Gumitir Garden ya.

Alamat:

Belok/Sidan, Petang, Badung Bali.

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check Lokasinya di Google Maps 

Tegalalang Rice Village 

Foto: Instagram/@tegalalangtripbaligianyar

Bentangan persawahan yang hijau dengan lanskap super indah membuat Tegalalang Rice Field ini banyak menjadi tujuan wisata bagi mereka yang senang menikmati suasana pedesaan asri khas Bali. Kamu bisa mengeksplor area persawahan ini dan bertemu dan berinteraksi dengan petani yang sedang bekerja lho. Tempat ini cocok banget buat kamu yang lagi bosan sama hingar-bingar perkotaan atau panasnya dataran rendah di Bali.

Alamat:

Jl. Raya Tegalalang, Kecamatan Tegallalang, Gianyar. 

Jam Buka: 08.00-18.00 WITA

Check Lokasinya di Google Maps

Pandawa Beach

Foto: Instagram/@pandawabeachbali 

Sudah bukan rahasia lagi kalau pantai yang satu ini jadi salah satu daya tarik Bali untuk wisatawan. Baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Pandawa Beach atau Pantai Pandawa berada di area Kuta Selatan. Pantainya terletak di balik perbukitan yang awalnya merupakan hidden gem di Bali. Tapi saat ini, pembangunan di Pantai Pandawa sudah berjalan terus menerus dan menjadikan kawasan pantai ini sebagai salah satu destinasi andalan di Bali. 

Yang ikonik dari Pantai Pandawa yakni tebing-tebing kapur yang dipahat lima patung Pandawa dan Dewi Kunti. Pahatan patung ini menambah eksotisme Pantai Pandawa sehingga menarik untuk dikunjungi wisatawan. Kamu bisa menikmati suasana pantai dengan debur ombak yang lembut serta hamparan pasir putih yang indah.

Alamat: 

Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Jam Buka: 08.00-18.00 WITA

Check Lokasinya di Google Maps

Desa Penglipuran

Foto: Instagram/@desa_adat_penglipuran 

Desa Adat Penglipuran adalah salah satu destinasi wisata Bali paling hits yang wajib kamu kunjungi. Desa yang memiliki predikat tiga sebagai desa paling bersih di dunia menjadi obyek wisata yang menawarkan keindahan budaya Bali, lengkap dengan ornamen-ornamen khas yang bisa kamu lihat di setiap sudutnya. Kamu bakalan menemukan bangunan-bangunan rumah atau sanggah-sanggah yang masih sangat tradisional di sini.

Desa Adat Penglipuran adalah komplek pemukiman yang ramah lingkungan. Bangunannya tertata begitu rapi dengan suasana khas perkampungan yang tenang, asri dan unik. Tidak heran kalau desa ini disemati predikat sebagai desa paling bersih. Jadi, jika kamu jenuh dengan wisata alam pantai, kamu bisa mengunjungi tempat ini sebagai alternatif wisata pilihan di Bali. 

Alamat:

Jl. Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Bangli. 

Jam Buka: 08.15-18.00 WITA

Telepon: 0821-4454-3439

Check Lokasinya di Google Maps

Sacred Monkey Forest Sanctuary

Foto: Instagram/@monkeyforestsanctuaryubud

Pernah kebayang nggak sih liburan sambil ditemani kera-kera, di dalam sebuah hutan yang hijau dan rindang? Kamu wajib datang ke Monkey Forest Sanctuary yang ada di Ubud nih. Di sini, kamu bisa berinteraksi dengan ratusan kera. Tidak hanya itu saja, ada banyak hal menarik yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke Monkey Forest Ubud. Seperti mengunjungi pura, berfoto dengan kera, dan juga menikmati suasana yang tenang serta rindang.

Alamat: 

Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Gianyar.

Jam Buka: 09.00-17.00 WITA

Telepon: (0361) 971304

Check Lokasinya di Google Maps

Pura Luhur Uluwatu

Foto: Instagram/@loving.life.tini 

Jangan sampai melewatkan Pura Luhur Uluwatu sebagai salah satu wisata Bali paling hits untuk liburan nih. Pura yang satu ini lokasinya terletak di atas bukit karang dengan ketinggian kurang lebih 97 meter di atas permukaan laut. Para pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan luas Samudra Hindia yang sangat eksotis. Sunset di sini juga sangat recommended lho buat kamu yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas bukit.

Alamat: 

Pecatu, Kuta Selatan, Badung Bali. 

Jam Buka: 07.00-19.00 WITA

Check Lokasinya di Google Maps 

Pantai Melasti

Foto: Instagram/@melastibeach.official

Disebut Pantai Melasti karena memang pantai ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk Upacara Melasti dalam rangkaian Hari Nyepi. Tapi, saat ini Pantai Melasti malah menjadi destinasi wisata hits Bali yang recommended buat wisatawan. Kamu bisa menikmati keindahan pantai Bali dengan air yang berwarna biru serta hamparan pasir putih yang dikelilingi perbukitan. Nggak bakalan menyesal deh kalau kamu datang ke tempat wisata Bali yang satu ini.

Alamat: 

Kuta Selatan, Badung, Bali.

Jam Buka: Buka 24 jam.

Check Lokasinya di Google Maps

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis dengan pengalaman 5 tahun di industri media massa. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.