Wisata alam ke Bali nggak lengkap kalau belum mencicipi kulinernya yang beragam. Salah satu tempat wisata kuliner yang paling populer bagi wisatawan di Pulau Dewata adalah Warung Mak Beng Sanur. Warung ini meskipun penampakannya sederhana, tapi satu menu andalannya selalu jadi buruan wisatawan. Warung Mak Beng Sanur terkenal dengan sup ikannya yang mampu menggoyang lidah. Ya, menu di sini cuma sup ikan aja sebenernya, tapi kok bisa terkenal banget ya?

Usut punya usut, kelezatan masakan di Warung Mak Beng Sanur ini berasal dari resep turun temurun yang sudah berusia kurang lebih 80 tahun. Warung legendaris ini konon didirikan oleh Ni Ketut Tjuki sejak tahun 1941. Kini Warung Mak Beng dikelola oleh generasi ketiga, namun cita rasa otentiknya tetap nggak berubah selama 8 dekade ini.

Tempatnya sendiri tidak terlalu luas dan tidak menggunakan AC, hanya ada kipas angin baling-baling yang berputar di langit-langit. Namun, pelayanan disini sangat baik, para pelayan begitu ramah saat melayani pengunjung. Tapi jangan heran kalau kamu bakalan sedikit berdesakan saat berkunjung ke Warung Mak Beng. Maklum, banyak banget wisatawan yang memburu kuliner legendaris satu ini.

Menu Andalan Warung Mak Beng Sanur

Foto: Instagram/@ngidam.bali

Warung Mak Beng hanya memiliki satu menu sederhana yang menjadi andalan mereka, namun tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Sup kepala ikan dan ikan goreng bumbu pedas di sini menjadi menu andalan yang ditawarkan. Ikan yang digunakan biasanya tergantung dengan persediaan yang ada seperti ikan tongkol atau ikan cakalang. Ikan di sini terjamin kesegarannya karena ditangkap langsung oleh para nelayan lokal di Sanur ataupun di wilayah Bali lainnya. 

Rasa sup ikannya gurih dengan bumbu kuning dan rempah-rempah khas Bali. Bau amis ikan juga udah nggak tercium sama sekali. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau mau menyantap olahan ikan di sini, dijamin bumbu yang pekat dan aroma rempah yang kuat bakalan bikin kudapan kamu makin nikmat.

Ikan goreng dan sambal di sini juga nggak kalah populernya dari sup ikan legendaris tadi. Daging ikan empuk dan masih segar, serta bumbu yang meresap sempurna bikin kamu jadi pengen nambah deh. Apalagi kalau udah makan sama nasi hangat plus sambalnya, cita rasa makanan ala Indonesia yang sulit buat ditolak deh.

Meskipun dua menu andalan ini kelihatan simpel dan Indonesia banget, tapi justru kenikmatan rasa yang sederhana inilah yang bikin wisatawan selalu pengen berkunjung dan mencicipi masakan di Warung Mak Beng. Cita rasa ini yang bikin turis selalu pengen kembali ke Bali nih.

Harga Menu Makanan Warung Mak Beng

Foto: Instagram/@cblulaby

Menu makanannya sendiri hanya ada satu tidak ada pilihan menu lain selain sup kepala ikan serta ikan goreng. Makanan di sini juga dijual paketan sehingga kamu nggak perlu bingung mau pesan makanan apa. Satu porsi makan di Warung Mak Beng dibanderol dengan harga Rp 55.000/paket. Dengan membayar segini, kamu udah dapat paket makanan berisi nasi putih, semangkuk sup kepala ikan, dan ikan goreng.

Harga tadi belum termasuk minuman ya, kalau kamu mau memesan minuman, kamu bisa memesan secara terpisah. Di Warung Mak Beng Sanur ada banyak pilihan minuman yang bisa kamu pesan. Mulai dari air mineral, jus, hingga soft drink bisa kamu pesan buat menemani kudapan sup ikan dan ikan goreng yang enak di sini.

Kamu perlu menunggu sekitar 10 menit sampai pesanan kamu datang untuk disajikan. Setiap harinya, tempat makan ini bisa menghabiskan puluhan kilo ikan loh. Memang sehari-harinya warung ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Rute Menuju Warung Mak Beng Sanur

Foto: Instagram/@bynee_roby_fanny

Kalau kamu baru mendarat di Bali dan langsung ingin mengisi perut di Warung Mak Beng Sanur, kamu bisa berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai dengan menempuh perjalanan sekitar 18 kilometer atau kurang lebih 30 menit melewati rute tol. Sedangkan kalau kamu tidak melewati tol akan membutuhkan waktu perjalanan sedikit lebih lama yakni sekitar 45 menit. 

Kalau kamu berangkat dari kawasan wisata yang sedang hits di Bali yakni Canggu, akan membutuhkan waktu sekitar 55 menit dengan jarak tempuh 19 kilometer. Buat wisatawan yang kebetulan sedang menghabiskan waktu di Balangan Beach Bali, jarak yang ditempuh cukup jauh yaitu 31 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke Warung Mak Beng Sanur. 

Transportasi Menuju Warung Mak Beng

Foto: Instagram/@bynne_roby_fanny

Transportasi umum yang biasanya digunakan dalam area wisata Bali Selatan seperti Kuta, Legian, Seminyak, Denpasar, Jimbaran, hingga Sanur adalah taxi atau ojek sepeda motor. Sedangkan untuk daerah lain sarana transportasi umumnya masih sangat terbatas. Untuk kamu yang tidak ingin menaiki kendaraan umum saat berlibur, ada opsi lain yaitu menyewa kendaraan seperti sepeda motor atau mobil. 

Ada banyak jasa sewa motor jika kamu menginap di kawasan Bali Selatan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencarinya di Google dengan keyword rental motor terdekat. Biasanya harga sewanya sekitar Rp. 75.000/24 jam tanpa bahan bakar.

Sama seperti sewa motor, jasa sewa mobil juga ada begitu banyak di Bali. Tapi saat ini agak sulit untuk menemukan sewa mobil lepas kunci, pilihan terbaiknya adalah sewa mobil beserta sopirnya. 

Harga sewa mobil dengan sopir cukup beragam tergantung jenis mobil yang akan kamu sewa. Contohnya harga sewa Toyota Innova Reborn dengan supir sekitar Rp. 550.000/12 jam pemakaian. Kalau mau harga sewa yang lebih murah kamu bisa menyewa mobil jenis Toyota Avanza beserta sopirnya. 

Alamat, Jam Buka, dan Lokasi Warung Mak Beng

Foto: Instagram/sellamarsilia

Buat kamu yang tertarik pengen mencoba dan mencicipi masakan di Warung Mak Beng Sanur, kamu bisa datang ke alamat berikut ini.

Alamat:

Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Jl. Hang Tuah No.51, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227

Jam Buka: 

Warung Mak Beng buka mulai dari pukul 08.00–22.00 WITA. 

Telepon: (0361) 282633

Check lokasinya di Google Maps

Paling enak menikmati kudapan di sini saat makan siang, tapi biasanya waktu tersebut cukup ramai pengunjung. Untuk waktu terbaiknya kamu bisa datang sekitar pukul 10.00 WITA yang belum terlalu ramai.

Kalau kamu berkunjung ke warung ini menggunakan kendaraan pribadi pastikan kamu bisa menemukan tempat parkir ya, soalnya kalau lagi musim liburan atau saat jam makan siang, bakalan sulit buat dapat slot parkir nih. Warung Mak Beng ini lokasinya dekat dengan pintu masuk pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida. Lokasi yang strategis ini juga bikin Warung Mak Beng gampang buat ditemukan oleh para wisatawan.

By Weni Arfiyani

A professional writer.