Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Starbucks adalah salah satu tempat nongkrong anak muda yang banyak digandrungi. Tempat ngopi ini ada hampir di setiap kota besar di Indonesia. Sebagai sebuah brand multinasional, popularitas Starbucks memang sudah menembus pasar berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bahkan, di Indonesia ada Starbucks terbesar se-Asia Tenggara lho.

Starbucks Reserve Dewata di Bali menjadi outlet Starbucks paling besar yang ada di Asia Tenggara. Nggak heran kalau banyak orang yang penasaran dengan tempat nongkrong kawula muda yang satu ini. Tempat ini mendadak jadi hype dan selalu jadi destinasi pilihan buat nongkrong sekaligus menghabiskan waktu bersama rombongan wisatawan.

Sebagai sebuah gerai kopi dengan nama yang besar, Starbucks selalu berhasil memenangkan pasar dengan keluwesannya mengadopsi berbagai budaya sekaligus mengikuti perkembangan zaman. Perusahaan ini bisa dibilang tidak kaku dalam urusan konsep bisnis dan lain sebagainya. Nggak heran di tengah gempuran gerai-gerai kopi yang ada dewasa ini, Starbucks tetap menjadi salah satu pioneer gerai kopi paling digandrungi.

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Starbucks Reserve Dewata Bali

Hampir setiap orang pengen menjajal kopi atau kudapan yang ada di Starbucks. Saking populernya, di media sosial bahkan seperti tercipta budaya ngopi di Starbucks. Kamu pasti sering melihat orang-orang mengunggah aktivitasnya ditemani dengan satu cup kopi dari Starbucks. Hal ini seolah menciptakan budaya di media sosial di mana kopi paling keren dan wajib di kunjungi adalah Starbucks. Dengan begitu, popularitas brand yang satu ini merajai pasaran kopi hingga saat ini.

Bicara soal Starbucks Reserve Dewata, gerai Starbucks ini menjadi salah satu yang paling unik di dunia. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa dinamai Starbucks Reserve? Padahal ada banyak gerai Starbucks lainnya yang sudah berdiri di Indonesia. Dalam kamus bisnis Starbucks, kata ‘Reserve’ ini sendiri merupakan sebutan untuk kelas premium gerai Starbucks. Di dunia, ada beberapa gerai yang mendapat predikat Reserve, salah satunya yang ada di Bali ini.

Konsep Starbucks Reserve Dewata yang terletak di Bali ini mengadopsi tema Sanctuary. Saat memasuki bangunan Starbucks Reserve Dewata, kamu akan disuguhkan bangunan berdinding kayu coklat yang memperlihatkan kesan sanctuary atau alam tropis yang eksotis. Kamu juga akan melihat logo lotus atau bunga teratai di Starbucks ini. Konon, logo ini melambangkan kemakmuran, kesuburan, dan kecantikan. Di Bali, bunga teratai melambangkan Dewi Laksmi yang begitu dihormati.

Beralih ke bagian dalam, setiap sudut tempat ini, nuansa alam dengan kayu, pohon, tanaman hijau mendominasi ruang kosongnya. Konsep ini membuat pengunjung bakalan betah karena disajikan sensasi adem, berbeda dengan gerai nongkrong dan minum kopi pada umumnya yang berkonsep industrial maupun scandinavian.

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

5 Hal Unik di Starbucks Reserve Dewata

Kamu akan merasakan sensasi mewah, klasik, sekaligus vintage di area bar serta area makan bawah di Starbucks Reserve Dewata. Ada anyaman bambu besar dengan desain indah yang tergantung di langit-langit bangunannya. Ada dua bar yang bakal kamu jumpai di sini, yakni Core Bar dan Reserve Bar. Dua bar tempat memesan menu Starbucks ini memiliki konsep yang berbeda.

Konsep Bar

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Area Reserve Bar memiliki konsep bertingkat yang unik banget. Sementara area Core Bar atau bar inti ini konsepnya sama dengan bar-bar Starbucks pada umumnya. Yang unik lagi dari Starbucks Reserve Dewata adalah tempat ini menyediakan tempat penjualan souvenir yang didesain khusus untuk gerai yang satu ini.

Tangga kayu dan karya seni futuristik

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Keunikan lainnya dari bangunan Starbucks Reserve Dewata yang didesain oleh studio arsitek Indonesia yakni Ma-Ru.Co tersebut punya tangga kayu yang ikonik. Desainnya sangat klasik, namun diberi sentuhan futuristik dengan hamparan ukiran kayu besar yang menempel di dinding di dekat area tangga. Membuat perjalanan kamu ke lantai dua bakal terasa berbeda.

Area outdoor dan semi outdoor berkonsep tradisional

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Di lantai dua bangunan ini, ada area outdoor untuk merokok yang suasananya nyaman banget. Ada ruangan semi outdoor juga yang konsep interiornya unik. Hampir semua kursi di sini dibuat dengan anyaman rotan atau kayu. Kamu bakalan merasakan sensasi rumah tradisional Bali saat nongkrong di area semi outdoor ini. 

Kebun Kopi Arabika

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Pengunjung juga bakal dibuat kagum dengan Kebun Kopi Arabika yang ada di dekat pintu masuk Starbucks Reserve Dewata. Kebun kopi ini memiliki luas sekitar 10×10 meter persegi. Pengunjung bisa melihat dari dekat kopi Arabika yang ditanam di Starbucks yang satu ini. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat kebun ini dari area lantai dua Starbucks Reserve Dewata.

Ruang animasi dan Zoetrope

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Kelas premium dari Starbucks Reserve Dewata ini juga terlihat dari fasilitas Zoetrope atau perangkat animasi yang bisa memperlihatkan bagaimana biji kopi Starbucks tumbuh dari tunas hingga siap dipanen. Letak Zoetrope ini berada di tengah-tengah kebun kopi. Desain Zoetrope ini sangat unik dengan ukiran dan anyaman rotan tradisional Bali.

Selain itu, di tempat ini juga ada ruang animasi atau disebut Ruang Media Center yang digunakan untuk menceritakan tentang petani-petani kopi Starbucks. Ruangan ini sekaligus menjadi komitmen Starbucks untuk mendukung petani-petaninya. Kamu akan disuguhi video di proyektor dinding anyaman rotan tentang kegiatan Starbucks yang bekerjasama dengan petani-petani di Indonesia lho.

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Harga Menu dan Cara Memesan Kopi di Starbucks Reserve Dewata

Pada umumnya, menu dan harga menu di Starbucks Reserve Dewata sama dengan gerai-gerai Starbucks lainnya. Kamu bisa memesan menu Starbucks favorit kamu di sini dengan harga yang sama, tapi pengalaman bersantap yang berbeda. Meski pada umumnya menu dan harga yang dibanderol sama dengan gerai Starbucks lainnya, tapi kamu bisa menemukan beberapa menu kopi yang menjadi ciri khas Starbucks Reserve Dewata.

Menu yang nggak akan kamu temukan di tempat lain diantaranya adalah Ice Reserve Fredo Cafe, Dewata Latte, Butterfly Apple Tea dan masih banyak menu khas lainnya. Cara memesan kopi di Starbucks Reserve Dewata, kamu tinggal datang lalu menuju Core Bar untuk memesan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada barista mengenai menu kopi khas dan andalan di sini. Kamu juga bisa menanyakan menu kopi yang tidak ada di gerai Starbucks lainnya.

Jangan lupa juga untuk menanyakan harga per item tambahan yang kamu minta untuk pesanan kopi kamu sehingga kamu nggak akan kaget dengan total harga menu kopi pesanan kamu. Jika kamu mengganti susu, atau menambah topping biasanya akan dikenakan biaya tersendiri. Karena itu, kalau kamu baru pertama kali ke Starbucks jangan lupa buat menanyakan harga additional itemnya ya. Kalau kamu sudah terbiasa untuk pesan menu di Starbucks tentunya bakalan lebih mudah untuk menentukan pesanan favorit kamu. 

Foto: Starbucks Reserve Dewata/Instagram @starbucksdewata

Alamat, Jam Buka dan Lokasi Starbucks Reserve Dewata

Kalau kamu penasaran pengen menjajal sensasi menikmati kudapan serta kopi di Starbucks Reserve Dewata, kamu bisa datang ke alamat berikut ini:

Alamat:

Starbucks Reserve Dewata

Jl. Sunset Road No.77, Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Jam Buka: 08.00-22.00 WITA

Check lokasinya di Google Maps

Nggak ada salahnya untuk menjajal menu di Starbucks Reserve Dewata dan merasakan sensasi nongkrong di kedai Starbucks yang nggak ada duanya. Fasilitas di sini mulai dari toilet sampai nursery room juga lengkap banget, jadi kamu nggak perlu khawatir saat berada di Starbucks Reserve Dewata.

By Weni Arfiyani

A professional writer.