Nasi Pedas Bu Andika/Instagram.com @nasipedasbuandika

Saat wisatawan berlibur ke Bali, biasanya yang pertama kali akan dicari adalah tempat menginap yang nyaman dan memiliki akses yang mudah dan dekat ke berbagai objek wisata. Selain tempat menginap, kuliner atau makanan enak dengan harga terjangkau juga jadi salah satu incaran wisatawan. Rumah makan di Bali memang kebanyakan menyediakan aneka kuliner non halal. 

Tapi jangan khawatir, buat kamu yang mencari menu makanan halal di Bali, saat ini udah ada banyak banget rumah makan halal yang bisa kamu temukan di setiap sudut kota. Kalau kamu menginap di sekitaran Kuta, salah satu rumah makan halal dan murah yang menjadi favorit para wisatawan domestik adalah Nasi Pedas Bu Andika yang legendaris. 

Menu Makanan Nasi Pedas Bu Andika

Foto : Instagram/@ompilot

Semua menu makanan halal yang tersedia di warung makan Ibu Andika adalah makanan khas rumahan. Lauk-pauk diletakkan dalam food pan stainless prasmanan yang tertata rapi di sebuah etalase kaca sehingga orang yang datang langsung bisa melihat menu makanan yang disajikan. 

Variasi menu yang ditawarkan tuh beragam banget dan bisa berbeda-beda tiap harinya agar para pelanggan nggak merasa bosan. Di antara menu tersebut ada perkedel jagung, ayam goreng, ayam sisit, sate ayam, hati ayam, keripik usus, semur daging sapi, ikan teri goreng kering, kacang goreng, olahan tempe, tahu, telur hingga aneka sayuran. Ada juga lauk yang selalu tersedia yaitu kulit ayam bumbu merah yang digoreng garing dan kriuk banget dengan sambal pedas yang menggugah selera. 

Buat kamu para pecinta makanan pedas, akan sangat cocok untuk mencicipi makanan yang tersedia di sini. Sambal pedas andalan yang legendaris banget dari rumah makan ini adalah sambal pedas khas Bu Andika yang pedasnya nampol banget. Level pedasnya itu sampai membuat para wisatawan mancanegara berpikir dua kali deh kalau mau mencicipi makanan di sini. Tapi kalau wisatawan lokal yang sudah terbiasa dengan makanan pedas khas Nusantara sih nggak bakal terlalu kaget dengan level pedas nasi di sini.

Harga Makanan di Rumah Makan Bu Andika

Nggak lengkap kalau ngomongin soal makanan tanpa ngomongin harganya. Nah, di Nasi Pedas Bu Andika ini kamu nggak perlu khawatir soal harga. Semua menu makanan di rumah makan Nasi Pedas Bu Andika ini termasuk standar lah di kawasan objek wisata. Satu porsi makanan bisa kamu peroleh dengan membayar harga kisaran Rp 18.000 hingga Rp 50.000 tergantung dari berapa jenis dan berapa banyak lauk pauk yang kamu ambil.

Jadi,semakin banyak kamu ambil lauk-pauk maka harganya pun akan semakin mahal. Bagi kamu yang ingin berhemat, kamu bisa menyesuaikan jumlah dan jenis lauk-pauk yang kamu pilih dengan budget kamu. Menariknya, setelah kamu memilih lauk-pauk kamu nggak perlu bertanya berapa harga yang harus kamu bayar,karena informasi total harga akan disisipkan menggunakan kartu di atas piring kamu.

Foto: Instagram/@like_eatanddrinks

Lokasi Nasi Pedas Bu Andika 

Rumah Makan Nasi Pedas Bu Andika yang berlokasi di Jalan Raya Kuta nggak jauh jaraknya dari objek wisata Pantai Kuta. Untuk menemukan lokasi rumah makan ini tuh gampang banget karena berada tepat di pinggir jalan raya utama. Konon pada awal berdirinya, Nasi Pedas Bu Andika ini hanya menggunakan tenda kaki lima. Seiring berjalannya waktu, untuk mengakomodir jumlah pengunjung yang semakin banyak, pemilik warung akhirnya mengembangkan usaha ini menjadi rumah makan sederhana. 

Rumah makan ini memang jauh dari kata mewah, penampilannya nggak jauh berbeda dengan warung makan biasa yang banyak kamu temui di kota lain. Para pengunjung disediakan fasilitas meja dan bangku berbahan kayu yang tertata rapi di dalam ruangan yang cukup luas. Meskipun cukup lapang, tapi akan terasa agak gerah dan berkeringat saat kamu menyantap makanan yang pedasnya nampol banget. 

Di rumah makan ini tidak tersedia fasilitas AC atau pendingin ruangan, hanya memakai kipas angin untuk menghalau kegerahan. Jadi kalau kamu termasuk tipe orang yang cepat berkeringat, ada baiknya kamu memilih meja yang paling dekat dengan kipas angin atau meja yang paling luar agar kamu tetap merasa nyaman saat menikmati Nasi Pedas Bu Andika.

Foto: Instagram/@margaretlusiana

Meskipun sederhana, rumah makan ini setiap harinya nggak pernah sepi dari pengunjung yang ingin menyantap masakan khas rumahan ala Bu Andika. Sayangnya, rumah makan ini nggak memiliki lahan parkir khusus yang luas sehingga ketika kamu hendak makan di tempat, kamu harus memarkirkan kendaraan kamu di ruas Jalan Raya Kuta.

Pada sore hari, kendaraan yang parkir di ruas jalan biasanya akan menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas di jalan menuju Pantai Kuta. Jadi buat kamu yang baru pertama kali ke Bali dan pengen singgah ke Nasi Pedas Bu Andika ini, ada baiknya kamu menggunakan layanan transportasi online atau sepeda motor saja. Kamu akan lebih cepat sampai ke lokasi dan juga nggak perlu repot mencari tempat parkir kosong untuk kendaraan kamu.

Selain rumah makan utama yang berlokasi di Jalan Raya Kuta, Nasi Pedas Bu Andika juga mempunyai dua cabang lain dengan menu masakan yang sama di Jalan Blambangan No. 55 Badung dan Jalan Patih Jelantik Ruko No. 9 Legian.

Foto : Instagram/@p.anti

Jam Buka Nasi Pedas Bu Andika

Rumah makan Bu Andika yang sudah beroperasi kurang lebih selama 30 tahun ini selalu buka selama 24 jam. Jadi jam berapa aja kamu merasa lapar, kamu bisa singgah dan membeli makanan di sini. Pada waktu jam makan siang sekitar pukul 12:00 – 14:00 dan jam makan malam sekitar pukul 19:00 – 21:00 Nasi Pedas Bu Andika bakalan ramai dikunjungi oleh pembeli. Mulai dari anak kos, pegawai kantor, karyawan toko, maupun masyarakat sekitar selalu antri untuk membeli makanan di sini. Buat kamu yang ingin menghindari keramaian untuk menikmati makanan di Nasi Pedas Bu Andika, sebaiknya jangan datang pada saat jam makan siang dan jam makan malam ya.

Alamat Nasi Pedas Bu Andika

Rumah makan Nasi Pedas Bu Andika saat ini sudah ada 3 cabang dengan menu masakan dan cita rasa khas yang sama. Kamu bisa mengunjungi salah satu cabang yang terdekat dengan tempat kamu menginap tanpa perlu khawatir masakan dan harganya berbeda.

Cabang 1 

Alamat : Jalan Raya Kuta No.100 Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Telepon : 0812-4605-7860

Check lokasinya di Google Maps

Cabang 2

Alamat : Jalan Patih Jelantik Ruko No.9 Legian, Kabupaten Badung, Bali 80232

Telepon : 0812-3821-1020  

Check lokasinya di Google Maps

Cabang 3

Alamat : Jalan Blambangan No. 55 Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Telepon : 0813-5301-9123

Check lokasinya di Google Maps

Rumah makan ini masih tetap eksis di tengah persaingan bisnis kuliner modern di Bali yang menjamur di mana-mana. Banyak yang bilang belum afdol liburan ke Bali kalau belum mencicipi Nasi Pedas Bu Andika. Coba deh singgah di sini dan buktikan sendiri seberapa pedas sambal legendarisnya.

By Weni Arfiyani

A professional writer.