cewek makan

Rekomendasi tempat bukber alias buka puasa bersama memang sedang menjadi incaran banyak orang. Seperti yang diketahui agenda buka puasa bersama atau bukber menjadi tradisi di bulan Ramadhan. Memang menjadi keseruan tersendiri jika bisa buber, lantaran tidak hanya sekadar menikmati hidangan yang sudah dipesan, melainkan menjadi ajang reunian atau sekadar ngumpul seru. 

Berbicara bukber, Bandung memiliki banyak rekomendasi tempat buka puasa untuk kamu. Kota Bandung, Jawa Barat memang menjadi salah satu tempat wisata yang banyak diincar orang. Tak heran jika banyak tempat-tempat keren di sana.

Buat kamu yang sekarang sedang mencari tempat rekomendasi tempat bukber di Bandung, berikut beberapa yang bisa menjadi pilihan kamu.

Warung Pasta

>>Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Staycation Bogor Untuk Self Healing

foto: Instagram/@warungpasta

Buat kamu yang suka dengan olahan menu kuliner olahan pasta, maka Warung Pasta yang berada di kawasan wisata Dago Atas ini siap menggoyang lidah kamu. Tentunya tidak hanya pasta saja, ada beberapa menu lezat lainnya, seperti pasta dan menu lokal lainnya.

Alamat: Jl. Ganesa No.4, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Telepon: (022) 2500416.
Jam Buka: 10:00 – 20:00 WIB
Telepon: (022) 2500416
Cek lokasinya di Google Maps

Waroeng Spesial Sambal Bawean

foto: Instagram/@waroengss

Bagi kamu ingin mendapatkan cita rasa makanan unik namun pas di lidah masyarakat Indonesia, waroeng spesial sambal bawean bisa menjadi rekomendasi untuk buka puasa bersama.

Rumah makan yang lebih mengusung cita rasa khas Sunda ini memiliki harga yang cukup ramah kantong lho. Makan enak, namun bayarnya senang, karena murah.

Alamat: Jl. Bawean No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Jam Buka: 15:00-22:00 WIB
Telepon: 0856-2575-039
Cek lokasinya di Google Maps

Sambal Bakar Mang Ujang

foto: Instagram/@duolapar

Pecinta cita rasa pedas, kamu bisa mengunjungi sambal bakar mang ujang. Tempat makan satu ini memiliki metode memasak yang unik, di mana cabai yang digunakan langsung dibakar di atas cobek.

Ada beberapa menu spesial yang disediakan di sini bebek, ayam, ceker, udang, telur dadar, nila, wagyu dan cumi. Selain itu ada pula tiga varian sambal yang bisa kamu dapatkan seperti sambal gami, goang dan jeletot.

Bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan masakan atau makanan pedas, jangan khawatir karena di sini juga menyediakan jenis sambal lainnya, seperti sambal tomat.

Alamat: Jl. Sasak Gantung No.19, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251
Jam Buka: 10:00-22:00 WIB
Telepon: 0812-9014-4072
Cek lokasinya di Google Maps

Atmosphere Resort Cafe

foto: Instagram/@atmospherecafe

Salah satu tempat yang cukup nyaman untuk nongkrong adalah atmosphere resort cafe. Selain memang tempatnya syahdu dan romantis, menu makanan yang disajikan juga cukup menggugah selera. Kamu bisa puas makan makanan khas nusantara, European food, dan Asian Cuisine. 

Alamat: Jl. Lengkong Besar No.97, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261
Telepon: (022) 4262815
Cek lokasinya di Google Maps

Dakken Restaurant

foto: Instagram/@dakken_bandung

Kamu yang suka dengan tema vintage, wajib nih mengunjungi Dakken restaurant. Kamu bisa menjadikan restoran ini sebagai tempat nongkrong, ngopi, bahkan meeting, dan juga buka puasa bersama. Makanan nusantara dan western akan membuat kamu ketagihan untuk balik lagi ke sini.

Alamat: LLRE Martadinata St No.67, Citarum, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40113
Jam Buka: 12:00-21:00 WIB.
Telepon: (022) 4209507
Cek lokasinya di Google Maps

Nasi Bancakan

foto: Instagram/@nasibancakan.bdg

Tempat makanan paling banyak diincar di Bandung, Nasi Bancakan. Tempat makan yang sudah buka sejak 2007 ini menyediakan makanan sederhana khas Sunda. Menariknya lagi, banyak display di tempat makan ini yang memakai seng. Sehingga suasana kampung Sunda semakin terasa.

Di Nasi Bancakan ini ada lebih dari 30 menu makanan Sunda yang bisa kamu pilih.

Alamat: Jl. Diponegoro No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: 10:00-22:00 WIB
Telepon: (022) 20539306
Cek lokasinya di Google Maps

Nasi Goreng Mafia

foto: Instagram/@nasgormafia

Nasi goreng mafia dipati ukur dikenal sebagai salah satu tempat makan paling enak di Bandung. Kenapa namanya nasi goreng mafia ya? Hal ini dikarenakan pengunjung akan duduk makan menikmati menu kuliner nasi goreng bersama dengan kelompok mafia dan Preman, seperti Yakuza, GodFather, Triad, Gangster, dan lainnya.

Alamat: Jl. Dipati Ukur No.51A, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam Buka: 9:00-23:30 WIB
Cek lokasinya di Google Maps

Paskal Food Market

foto: Instagram/@paskalfoodmarket

Tempat kuliner paling terkenal di Bandung, Paskal Food Market yang tidak pernah sepi pengunjung. Tempat kuliner satu ini mengusung tempat terbuka, dan terdapat kurang lebih 50 stand di sini. Jadi sudah bisa dipastikan, berbagai kuliner bisa kamu cicipi dengan puas.

Meski memiliki konsep ruang terbuka, namun mengenai keamanan kamu tidak perlu khawatir. Karena kawasan ini dikenal cukup aman.

Alamat: Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181
Jam Buka: 10:00-23:30 WIB
Telepon: (022) 86060789
Cek lokasinya di Google Maps

RM Alas Daun

foto: Instagram/@nifa_junila

Tidak hanya menjadi daya tarik bagi masyarakat setempat, RM Alas Daun juga merupakan tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan luar kota. Tempat kuliner ini terbilang cukup unik, hal ini terlihat dari penyajiannya, menggunakan daun pisang bukan alas piring. 

Semua makanan, seperti nasi hingga lauk pauk, tidak lagi menggunakan bakul ataupun wadah, semua dikemas menjadi satu yakni menggunakan alas daun pisang yang memanjang dan kemudian dinikmati bersama-sama. cocok kan buat kamu yang ingin buka bersama.

Alamat: Jl. Citarum No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116
Jam Buka: 12:00-22:00 WIB
Telepon: (022) 7231101
Cek lokasinya di Google Maps

Paviliun Sunda

foto: Instagram/@paviliunsundabdg

Bagi kamu pecinta makanan tradisional Sunda, Paviliun Sunda akan menjadi tempat paling menarik untuk dikunjungi. Dibuka sejak 2015, restoran ini menyediakan berbagai menu lezat. Kamu tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ditawarkan, di sini akan sangat nyaman dijadikan tempat berkumpul. 

Paviliun Sunda kerap digunakan untuk pertemuan besar, seperti meeting dan acara pernikahan. Jadi mengenai tempat sudah pasti sangat nyaman.

Alamat: LLRE Martadinata St No.97, Citarum, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40115
Jam Buka: 10:00-22:00 WIB
Telepon: (022) 4267700
Cek lokasinya di Google Maps

Gubug Makan Mang Engking

foto: Instagram/@mangengkingbsd

Warung makan yang sudah berdiri sejak 2002 ini mengusung tema rumah makan bernuansa alam pedesaan di tengah hiruk pikuk perkotaan. Bangunan tradisionalnya membuat pengunjung nyaman berada di sini. Ditambah lagi dengan makanannya yang lezat dan khas.

Di sini menyediakan menu seperti kepiting lada hitam, cumi saus padang, iga bakar madu, karedok, sambal terasi dadak, dan banyak lainnya. Namun menu andalan di sini adalah berupa udang bakar madu dan gurame bumbu cobek.

Alamat: Kampus UI Jalan Danau Salam, RW.3, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Jawa Barat 16424
Jam Buka: 10:00-19:30 WIB
Telepon: 0816-1117-751
Cek lokasinya di Google Maps