Pantai Tanjung Benoa Watersport

Berbicara tentang Pulau Dewata, tentu tidak akan jauh dari kata pantai. Yap! Pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau yang dijuluki Seribu Pura tersebut. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Tanjung Benoa, pantai ini menjadi salah satu obyek wisata pasir putih yang banyak didatangi wisatawan yang ingin menikmati wisata alam di Bali. 

Pantai ini berlokasi di dekat kawasan wisata Nusa Dua Bali, tepatnya di Bali Selatan. Alamat lebih lengkapnya adalah Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk mencapai lokasi ini apabila kamu berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai. 

Jika kamu berangkat dari kawasan wisata di Kuta Selatan, kamu perlu menempuh waktu sekitar 40 menit dengan jarak kurang lebih 16 kilometer. 

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Sejarah Singkat Pantai Tanjung Benoa 

Menurut catatan sejarah, Tanjung Benoa mulai tercatat sekitar tahun 1546. Dahulu pantai ini dijadikan sebagai pelabuhan kecil yang bernama Benoa dan dijadikan tempat berlabuh oleh pedagang China. 

Sebelum menjadi obyek wisata seperti sekarang, dulunya Tanjung Benoa adalah kampung nelayan. Kenapa disebut kampung nelayan? Karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan sebelum wisata di daerah ini mulai berkembang menjadi seperti sekarang.

Apa Saja yang Ada di Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa memiliki dua garis pantai yang berbeda. Satu garis menghadap ke arah timur dan satunya ke arah barat.

Mempunyai kedalaman air laut kurang lebih 6 meter membuat perairan di sini begitu tenang. Kendati demikian, kawasan perairan Pantai Tanjung Benoa bisa mengalami pasang surut ataupun surut.

Area Pantai Tanjung Benoa sekarang ini terbuka untuk umum dan tidak ada batasan jam buka atau tutup. Tapi kalau kamu penasaran kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Tanjung Benoa yang terkenal dengan watersport-nya ini, tentu saja pagi atau sore hari adalah waktu terbaik buat ke sini. Kalau kamu ingin melakukan aktivitas seperti olahraga air kamu perlu datang sekitar pukul 09.00 WITA. Tempat penyedia olahraga air atau watersport Tanjung Benoa biasanya buka mulai pukul 09.00-16.00 WITA. 

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Fasilitas Yang Kamu Dapat Saat Berada di Pantai Tanjung Benoa

Ada banyak fasilitas yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung kesini lho! Mulai dari area parkir yang cukup luas, resort dan hotel terbaik, warung wisata, restoran, kafe hingga pusat oleh-oleh dan souvenir lengkap tersedia di kawasan wisata Tanjung Benoa. 

Dan jangan sampai ketinggalan, sebab ada perahu wisata yang bisa kamu naiki bersama dengan keluarga! Kamu bisa melihat wahana bawah laut di Tanjung Benoa dan habitat ikan yang indah banget dari atas perahu tanpa perlu turun snorkeling lho.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berkunjung Ke Pantai Tanjung Benoa

Selain fasilitas lengkap yang bisa kamu dapatkan, wahana water sport di Pantai Tanjung Benoa juga wajib kamu coba lho! Apa saja wahana watersport yang ada di Tanjung Benoa?

Banana Boat

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Banana Boat merupakan permainan di tengah laut. Menggunakan perahu karet yang menyerupai buah pisang dengan ukuran yang lumayan besar dan dapat diisi 5-6 orang. 

Permainan ini dapat kamu temukan di beberapa tempat wisata di Pulau Bali salah satunya Pantai Tanjung Benoa. Kamu bisa seru-seruan sama teman, lebih seru lagi kalau banana boat kamu mendadak terguling nih.

Pantai ini memiliki perairan laut dengan ombak yang cukup tenang. Karena itu Tanjung Benoa menjadi salah satu lokasi yang recomended untuk kamu menikmati wahana olahraga air.

Perahu karet yang bentuknya menyerupai pisang ini akan ditarik oleh speed boat memutari Pantai Tanjung Benoa, untuk satu kali putaran biasanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Saat menaiki perahu banana boat terasa seperti kamu tengah menunggangi seekor kuda tapi di tengah air. 

Biasanya akan ada atraksi tambahan yang ditawarkan oleh pemandu. Atraksi tambahan tersebut semacam membalikkan perahu karet yang membuat wahana ini menjadi semakin seru!  

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati permainan ini sebesar Rp. 50.000/orang, dengan durasi permainan 15 menit.

Parasailing

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Parasailing merupakan wahana yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Kamu akan dibawa terbang bebas ke udara sembari menikmati sensasi pemandangan laut Tanjung Benoa yang berbeda dari atas. Permainan ini cocok untuk kamu yang masih pemula lho! Kamu juga nggak perlu punya keahlian khusus seperti penerjun payung professional. Karena payung parasut parasailingnya akan ditarik oleh speed boat untuk berkeliling mengitari Pantai Tanjung Benoa. 

Parasut payung yang digunakan menyesuaikan dengan berat badan kamu yang mau naik wahana ini. Tujuannya tentu agar tidak kelebihan beban dan tetap seimbang demi kenyamanan penikmat permainan ini. 

Panjang tali parasut yang digunakan sekitar 80 meter, untuk pengemudi speed boat sendiri ada dua orang. Satu sebagai sopir dan satu lagi sebagai pemandu. Saat mendarat kamu juga tidak perlu khawatir karena sudah ada pemandu lain yang menunggu dan membantumu. 

Keamanan permainan parasailing tentu saja sudah terjamin. Karena semua peralatan yang digunakan sudah berstandar keamanan internasional. Jika anak-anak berusia di bawah 10 tahun ingin mencoba, pemandu akan menemaninya terbang dengan senang hati begitupun dengan kamu yang belum berani untuk terbang sendiri. 

Tenang saja, kamu akan memakai jaket pelampung untuk menjagamu tetap terapung jika payung parasut jatuh ke laut. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati permainan ini sebesar Rp.200.000/orang, dengan durasi permainan 6 menit. 

Rolling Donut

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Rolling Donut adalah permainan air yang perahu karetnya menyerupai bentuk donat. Saat menaiki Rolling Donut kamu  juga bakal ditarik oleh speed boat untuk mengitari Pantai Tanjung Benoa.

Tersedia perahu Rolling Donut dengan kapasitas penumpang yang bervariasi, mulai dari dua orang hingga 5 orang. Penumpang yang menaiki perahu ini harus berada di sisi kanan dan kiri. Gunanya untuk menjaga keseimbangan saat speed boat menarik perahunya. 

Jarak antara perahu donat dan speed boat sekitar 5 meter. Posisi penumpang harus duduk terlentang sambil berpegangan pada tali yang ada di depannya.

Untuk satu kali putaran permainan ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. 

Alat-alat yang digunakan dalam permainan ini sudah berstandar internasional jadi kamu tidak perlu khawatir. Kamu juga akan memakai jaket pelampung saat menaikinya. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati permainan ini sebesar Rp.70.000/orang, dengan durasi permainan 15 menit. 

Jet Ski

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Jet Ski menjadi salah satu permainan paling diminati wisatawan saat berlibur ke Bali. Di Tanjung Benoa kamu juga bisa menikmati permainan ini lho. Buat kamu yang pengen memacu kecepatan di atas air, permainan ini pas banget buat kamu.

Jet ski bakal memberikan sensasi mengendarai motor di atas permukaan air layaknya berkendara di jalan raya. Para wisatawan biasanya sangat menyukainya apalagi bagi mereka yang berjiwa muda dan menyukai permainan memacu adrenalin seperti ini. 

Namun demi keselamatan bersama, wisatawan yang ingin menaiki jet ski tidak boleh menaikinya sendiri. Ada pemandu yang akan mendampingi, biasanya pemandu akan duduk di bagian belakang. 

Sebelum memulai permainan, pemandu akan mengenalkan bagaimana cara mengendarai jet ski seperti pengenalan mesin, gas, cara mengerem, teknik mengendarai di atas air, dan keamanan pengendara saat di atas laut. Hal ini bertujuan untuk menghindari tabrakan dengan perahu-perahu nelayan ataupun pengguna jet ski lainnya.

Untuk satu kali putaran, mengendarai jet ski berlangsung selama 15 menit. Untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun yang ingin mencobanya harus ditemani pemandu.  Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati permainan ini sebesar Rp.110.000/orang, dengan durasi permainan 15 menit. 

Flying Fish

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Fly Fish merupakan permainan air yang menggunakan perahu karet berbentuk seperti ikan terbang. Fly Fish tergolong permainan yang cukup menegangkan dibandingkan dengan permainan air lainnya. 

Kapasitas perahu maksimal 3 orang, terdiri dari satu orang pemandu dan 2 orang penumpang dengan posisi tidur terlentang atau duduk seperti menaiki motor. Namun, yang paling aman adalah posisi tidur terlentang. Peserta diwajibkan berpegangan pada tali yang ada. 

Cara menerbangkan Fly Fish adalah speed boat menarik perahu karet dengan kecepatan tinggi dari pantai menuju tengah laut. Dikarenakan ada daya dorong dari angin membuat perahu akan terbang dengan tinggi kurang lebih 2 meter di atas permukaan air laut. Namun, ketinggian ini biasanya tergantung oleh kecepatan angin. Dan yang paling aman adalah terbang pada ketinggian 2-3 meter di atas permukaan air laut. 

Semua peralatan sudah memenuhi standar internasional karena keselamatan dan kenyamanan menjadi hal yang paling utama. Untuk dua kali terbang, permainan ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati permainan ini sebesar Rp.110.000/orang, dengan durasi permainan 15 menit (2 kali terbang).

Ocean Sea Walker

Tahu nggak sih? Di Pantai Tanjung Benoa kamu bisa menikmati sensasi berjalan di dasar laut dengan menggunakan alat keamanan seperti helm kedap air. Aktivitas ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki pengalaman atau keahlian menyelam.  

Kamu tidak perlu memiliki keahlian berenang atau menyelam untuk mencoba aktivitas yang satu ini. Kegiatan ini bisa dicoba mulai dari usia 13 tahun ke atas. 

Peserta akan mendapatkan pengalaman berbeda dengan berjalan di dasar laut sembari menikmati keindahan alam yang ada. Tidak perlu takut karena kehabisan nafas sebab helm kedap air yang digunakan sudah dialiri oksigen murni sehingga kamu bisa bernapas dengan nyaman layaknya saat berada di darat. 

Kamu juga masih bisa menggunakan kacamata atau kontak lens yang sedang kamu pakai, karena air laut tidak akan masuk. 

Kegiatan ini berlangsung selama kurang sekitar 30 menit di dalam air. Dengan total durasi satu jam jika dihitung dari persiapan. Waktu terbaik untuk mencoba Ocean Sea Walker adalah jam 09.00-11.00 WITA. Karena udara masih sejuk juga air laut masih jernih dan sinar mentari belum terlalu menyengat. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati aktivitas ini sebesar Rp.250.000/orang, dengan durasi 30 menit. 

Snorkeling

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Pengen mengintip dasar laut tapi nggak bisa menyelam? Tenang, di Tanjung Benoa kamu bisa melakukan snorkeling nih. Kamu bisa snorkeling di Tanjung Benoa dengan dan tanpa pelampung lho. Eits, tapi kalau kamu nggak menggunakan jaket pelampung kamu harus ahli dalam berenang dan jika tidak ahli berenang kamu diwajibkan memakai jaket pelampung untuk menunjang keselamatan. 

Peralatan lain yang dibutuhkan untuk snorkeling adalah sepatu kaki katak dan baju selam. Tujuannya agar suhu badan tetap hangat dan terhindar dari sengatan ubur-ubur. 

Kamu akan menaiki perahu motor untuk mencapai lokasi snorkeling. Para pemandu pastinya sudah terlatih dan berpengalaman juga akan bersenang hati menemanimu selama snorkeling. Ada biaya tambahan untuk yang satu ini, biasanya satu pemandu akan dikenai biaya Rp. 50.000/jam.

Selama satu jam, kamu akan disuguhi pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Ada batu karang, tumbuhan laut dengan beragam jenis, ikan hias, dan hewan laut lainnya. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati aktivitas ini sebesar Rp.110.000/orang, dengan durasi 60 menit. 

Pulau Penyu dan Glass Bottom Boat

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Bali menjadi tempat penangkaran penyu hijau yang lokasinya berada di kawasan obyek wisata Tanjung Benoa. Penangkaran penyu hijau dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Tanjung Benoa, yang sebelumnya bekerja sebagai nelayan. 

Tidak hanya penyu hijau, ada pula satwa lainnya seperti ular piton, burung, dan masih banyak lagi. 

Aktivitas yang satu ini cocok untuk dilakukan bersama keluarga terutama si kecil. Mereka tentu akan senang melihat berbagai hewan yang ada dalam penangkaran.  

Lalu apa sih Glass Bottom Boat? 

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Glass bottom boat adalah perahu yang akan membawa para wisatawan dengan kapasitas maksimum 9 penumpang. Menariknya, sebagian lantai perahu dari kaca tembus pandang. Unik bukan? 

Perahu ini akan berangkat dari pesisir Pantai Tanjung Benoa menuju tengah laut dengan jarak kurang lebih 300-500 meter. Dari atas perahu, kamu dan keluarga dapat menikmati panorama keindahan bawah laut tanpa harus menyelam. 

Kamu juga bisa memberi makan ikan dengan roti yang sudah disediakan dalam perahu. Setelahnya, perjalanan akan dilanjutkan ke lokasi penyu dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Ketika sudah sampai di lokasi, kamu akan diantar ke gerbang masuk penangkaran penyu hijau oleh pengemudi. Kamu akan membayar tiket masuk dan dana yang terkumpul dari biaya tiket masuk akan sangat berguna untuk perawatan serta pelestarian penyu hijau dan pemeliharaan lokasi penangkaran. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati kegiatan ini sebesar Rp.400.000/boat, dengan durasi 90 menit. 

Diving

Foto: Instagram/@tanjungbenoa.watersport

Diving di Tanjung Benoa akan dimulai dengan perkenalan peralatan menyelam. Seperti tabung gas oksigen, pakaian selam, sepatu kaki katak, masker, dan peralatan berstandar internasional lainnya. 

Kamu juga akan mendapatkan informasi seputar cara berenang dan teknik pernapasan yang baik di dalam laut. 

Selanjutnya kamu akan diantar perahu motor menuju tengah laut. Kamu akan ditemani pemandu yang sudah berpengalaman juga terlatih. Pemandu akan membawamu ke tempat yang memiliki pemandangan indah bawah laut. Kamu dapat menikmati kegiatan ini selama 40 menit di dalam laut. Aktivitas ini tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan selama kamu berlibur di Pulau Bali.

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati kegiatan ini sebesar Rp.250.000/orang, dengan durasi 40 menit. 

Wake board

Wakeboard adalah semacam papan yang ditarik oleh perahu dengan kecepatan sekitar 25 km/jam. Namun, kecepatan dari wakeboard tergantung dari ukuran, berat badan peserta, serta gerakannya. Jenis speed boat yang dipakai juga berpengaruh kecepatan wakeboard. 

Kegiatan ini memerlukan keseimbangan dan staminamu. Akan ada arahan dari instruktur wakeboard dan kamu wajib menggunakan jaket pelampung saat menaikinya. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati kegiatan ini sebesar Rp.190.000/orang, dengan durasi 15 menit. 

Harga dan Biaya Masuk Pantai Tanjung Benoa

Kabar baik untuk kamu yang berniat datang ke Pantai Tanjung Benoa. Di tahun 2021 harga tiket masuk sudah dihapuskan. Kamu tidak akan dipungut biaya lagi untuk memasuki wisata yang satu ini. Namun, kamu perlu mengeluarkan biaya jika ingin mencoba wahana yang tersedia di Tanjung Benoa. Dan biayanya tergantung jenis aktivitas apa yang akan kamu coba.

Kalau nanti kamu berlibur ke Pulau Dewata, jangan lewatkan Pantai Tanjung Benoa dari daftar destinasi wisata yang akan kamu datangi ya! 

Untuk mempermudah kamu menemukan tempatnya kamu bisa check lokasinya di Google Maps.

By Weni Arfiyani

Weni merupakan seorang penulis dengan pengalaman 5 tahun di industri media massa. Saat ini Weni tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan menghandle beberapa media online meliputi Brilio.net , Infoliburan.com, dan beberapa client dari agensi tempat ia bekerja.