Info Liburan, Sumatera – Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara atau yang biasa dikenal dengan Museum Sumatera Utara adalah museum terbesar di provinsi Sumatera yang dibangun pada tahun 1954. Museum yang diresmikan oleh  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef pada tanggal 19 April 1982 ini telah menyimpan ribuan peninggalan sejarah dan seni khas suku-suku di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Peninggalan sejarah yang disimpan dalam museum ini sangat beragam, mulai dari peninggalan pra sejarah, peninggalan zaman Hindu-Budha, peninggalan jaman penjajahan, peninggalan baju adat suku-suku di Sumatera Utara, senjata dan alat-alat kuno, hingga segala bentuk simbolis kesenian adat daerah setempat. Museum yang dibuka untuk umum ini memiliki luas kurang lebih 10.468 m2 dan terdiri dari berbagai bangunan yang diperuntukan oleh berbagai acara.


Foto: @tempatwisata.pro

>>Baca juga: 13 Rekomendasi Restaurant Halal di Bali

Museum yang sudah melegenda dan memiliki pengunjung tahunan mencapai puluhan ribu ini menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan domestik hingga mancanegara yang berkunjung ke Medan dan sekitarnya. Tidak jarang pula Museum Sumatera Utara menjadi destinasi utama bagi para pelajar sekitar Sumatera Utara untuk belajar lebih mengenai sejarah daerah ini secara lebih mendalam.

Selain peninggalan sejarah, Anda juga dapat menggunakan beberapa fasilitas umum museum seperti ruang animasi yang menyediakan film edukasi, ruang mikro film, hingga perpustakaan yang menyimpan banyak literatur edukatif seputar sejarah Sumatera Utara. Terdapat biaya masuk sebesar Rp 3.000 per orang untuk masuk ke destinasi wisata ini, cukup ramah dikantong.

Tertarik untuk mendatangi museum ini? Yuk langsung kunjungi Museum Sumatera Utara di sini:

Alamat dan Jam Buka Museum Sumatera Utara
Alamat : Jl. HM. Joni No.51, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20217
Jam Buka :
Selasa-Minggu pukul 08:00 WIB – 15:30 WIB (Senin tutup)
Check Lokasinya di Google Maps